Saturday 20 February 2016

Living cost a.k.a biaya hidup di Taiwan

Ini pertanyaan umum dan paling utama ketika kita memikirkan kesempatan untuk study ke taiwan, dari sini juga keputusan apakah yakin atau nggak untuk merantau ke Taiwan. Secara dana cukup apa nggak, kan itu intinya.

Sayangnya jawaban yang didapat dari hasil browsing-browsing kurang membantu, ga ada yang secara jelas menjabarkan, terkecuali bener-bener rajin search sana sini. Karena pertama kalinya saya memutuskan mau study ke taiwan, saya hitung-hitung sendiri dengan sumber di website-website universitas yang ada di Taiwan, dan hasilnya cukup akurat sesuai dengan rencana.

Biar temen-temen lebih ga capek-capek browsing lagi, di sini saya bantu jabarkan yah. Buat perbandingan aja, kalau ini biaya hidup di Taichung, dengan biaya normal, ga ngirit banget, ga foya-foya juga.


Biaya makan
Kalau tahun 2013 lalu nasi 3 macam sayur dan 1 daging, harga 60nt masih banyak bertebaran dimana-mana, sekarang 2016 sembako jg udah naik, jadi skrg rata-rata 65nt-70nt. Masih ada sih yang 55nt-60nt, cm kalau lagi budgeting itu itungnya ga boleh pas-pasan banget kan.

Nasi 3 sayur 1 daging, makanan warteg di sini lah, di Taiwan disebutnya 便當(read: bian dang), alias nasi kotak atau bento. Penamaan ini jaman dulu katanya di ambil dari bahasa jepang, yang di translate ke pengucapan mandarin.
Normal Bian Dang 65NTD + Bubble Milk Tea 30NTD
Seafood Udon Noodles 65NTD
Makan sehari 3 kali
3 x 70nt x 30hari = 6300 NT$ /bulan.

Sebenernya dari sini kita udah ada uang lebih yang bisa di sisihkan buat makan enak skali-skali, kan pengen juga. Dari makan pagi, makan pagi biasanya ga makan nasi lah, paling lazim di sini pada makan nasi kepal atau sandwich, ditambah teh susu hangat. Hehehe satu set paling harganya 40nt.



Biaya kost

Buat yang ini, udah jelas makin gede makin bagus design nya, makin mahal. Tapi ada lagi pertimbangan yang buat harga sewa lebih mahal atau murah, lantai nya. Di taiwan, bangunan 5 lantai kebawah jarang ada lift, so makin tinggi makin murah, karena musti ngerangkak 5 lantai tiap pulang ke rumah. Hehehe...
1 Bedroom with Wifi + Internet Cable, TV, Fan, Air Conn, Toilet Inside , 3500NTD/month, 5Floor w/o Lift
Kost
Bersih, kamar mandi dalam, ada tv, ac, internet, kulkas 3500 NT$ ~ 4000 NT$ /bulan.
Bersih, kamar mandi luar, ada tv, ac, internet 2500 NT$ ~ 3000 NT$ /bulan.

Biasa kost di Taiwan paling umum musti kontrak 1 tahun, ada yang 6 bulan, walaupun bayarnya ga langsung 6 bulan juga gpp. Ada juga yang bisa minimal 3 bulan kontrak, tapi jarang bangettttttt. Selain itu juga harus siapkan uang untuk jaminan, biasa jaminan itu sebesar 1-2bulan harga sewa kost, jaminan dikembalikan kalau kamu sudah selesai sewa menyewa.

Kost di Taiwan, kalau nggak ada kulkas pun, boleh nanya ke pemilik kost 房東(read: fang dong) kalau di indo si ibu kost, mau nambah kulkas ada apa nggak. Kalau ga ada ya apa boleh buat, ga ada kulkas, kalau ada biasa biayanya tambah 200nt per bulan.



Listrik, Air, Gas

Kalau di Indo, yang namanya kost itu ga perlu pake bayar listrik air dll, tapi beda sama di Taiwan loh. Khusus listrik, udah pasti bayarnya terpisah sesuai pemakaian, tapi kalau air dan gas tergantung kost nya. Karena ga setiap kost harus bayar air dan gas.

Pasti ada yang bingung, kl ga ada dapur trus bayar gas apaan? Nah di Taiwan banyak pemanas air mandi gitu pakai gas, jd kl yang pemanas air mandi nya pakai listrik berarti ga ada biaya gas.

Listrik di Taiwan biasanya setiap kamar punya meteran listrik sendiri, jadi jelas perhitungannya smua. Kalau standarnya biasa skitar 3,5nt, tapi ada juga yang 4nt sampai 4,5nt per 1 meteran. Bayarnya ke pemilik kost, ada yang 2 bulan skali, ada yg 3-6bulan skali malah. Kalau air skitar 4,5nt per 1 meteran. 

Listrik, Ac kalau malam, ada kulkas kecil, ada kipas angin, kalau kepanasan buka ac 500 NT$ /bulan.
Gas, 1 tabung 840 NT$, buat mandi air panas bisa 2-3 bulan.
Listrik, air, gas siapin 1000 NT$ /bulan.

Kalau saya sih kostnya ga ada bayar gas sama air lagi, jadi biaya listriknya agak mahal 4,5nt per meteran, pdahal temen yang lain cuma 3,5nt. Sebulan saya karena jarang di rumah, kecuali malam tidur atau pas libur, summer skitar 350 NT/bulan, winter skitar 200NT/bulan.



Transportasi

Kalau di Taichung kalau buat transportasi, jarang banget kluar duit. Soalnya bus-bus umum di Taichung sudah semenjak 4 tahun sebelumnya (pastinya kapan saya juga lupa sih) itu naik bus kalau masih 8KM itu gratissss kalau pake kartu easy card (semacam kartu flazz).
Ditambah lagi, sekarang ada Ubike, penyewaan sepeda yang disiapkan pemerintah, jadi tinggal pake Ubike, selama masih dalam 30menit itu gratizzzzz. Lain kali saya ceritain soal Ubike.

8KM itu jauh juga loh, bisa kemana-mana kalau di Taichung. Kalau saya ya, isi ulang kartu 100nt bisa dipakai sampai 3-6bulan. Kecuali pergi jauhan deh, karena mau jalan-jalan keluar Taichung. Hehehe


Pulsa dan Internet

Nah trakhir ga lupa dimasukkin adalah biaya ngobrol. Kalau pulsa nelpon itu lumayan penting kalau awal-awal, soalnya kan mau nyari kost lah, mau nanya ini nanya itu.

Kalau udah lama, biasanya jarang isi pulsa, soalnya udah pke internet. Di sini internet ada yang unlimited sama yang kuota juga. Karena di kost ada internet, anak-anak di sini blakangan jarang pakai yang unlimited, karena internet biasa cuma dipakai untuk line dan komunikasi.

Pulsa 300NT$ skali isi.
Internet 1G 180NT$ /bln, unlimited 500 NT$ /bln.



Kesimpulannya nih pengeluaran di Taiwan per bulan, kalau di banding di Jakarta sebenernya ga jawuhhh bedaaaaa. Makanan aja yang lebih mahal dikit, karena di Indo murah kan kalau makan warteg, hehehehe... Tapi dipikir-pikir kalau pengeluaran sama, kok di Taiwan rakyatnya lebih makmur? Karena pendapatan orang taiwan lebih besar di banding Indo.

Pendapatan gaji pegawai orang taiwan mulai 23000nt per bulan - 25000nt per bulan. Ini paling rendah, untuk para fresh graduate loh. Kalau di Indo, sayangnya gaji bulanan buat biaya hidup aja masih kurang, gmana mau ngebesarin anak? Hahahaha....

61 comments:

  1. hehehe menarik kak. cuma masih bingung semua itu tadi kalo di rupiahkan berapa ya😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ummm kurs saat ini 1NTD = 415 IDR. kurs kan berubah-ubah naik-turun. hehehe....

      Delete
  2. Mau tanya dong kak, biasanya klo sm universitas udh di dorm gitu biayanya brapa trus isinya brapa org? Makasih ka heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dorm yang disediakan kampus berbeda-beda sih, tergantung kampus nya, jadi plg bener nanya langsung ke kampusnya(by email aja). Kalau pengalaman saya sih 1 kamar ber 2 yah. untuk biaya juga tergantung univ nya. musti rajin-rajin browsing cari informasi.

      Delete
  3. Halo,
    Kuliah di Asia University ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo juga... hehehe nggak loh, dulu sekolah di FengChia, tp udah lama lulusnya sih... :)

      Delete
  4. Halo, ada info/rekomendasi kost deket2 MLC Wenhua ga? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih, cm FYI aja yah kelas di Taipei beda jauh dengan di Taichung...
      boleh leave email kmu ga biar bisa PM? :)

      Delete
    2. rayofsunshinee525@gmail.com thank you...

      Delete
  5. Kak kalo tertarik tapi gak punya kenalan org indo sm skali gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl niatnya bulet, ga usa takut, sy jg awalnya ga ada keluarga or kenalan sama skali ke Taiwan, bahkan basic mandarin jg ga ada sama skali, cm bisa bilang xiexie... hahahah... tp kl niatnya belajar mah bisa kok, nanti di Taiwan jg banyak temennya.hehehe

      Delete
  6. + kalo mau daftar msh bingung sm rek korannya sih.

    ReplyDelete
  7. Kl ga ada rekening koran, bisa pakai tabungan. Yang biayain siapa, kl parents ya pake tabungan parents + surat sponsor dr parents. Semoga bisa memberi semangat untuk study ke Taiwan yah.

    ReplyDelete
  8. Kak pernah tau national taichung univ kah? Kalo univ negri dsna biasanya lebih mudah dpt beasiswa atau tdk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beasiswa ada 2 macem, dari pemerintah taiwan biasanya beasiswa full termasuk biaya hidup, satu lg beasiswa dari university biasanya hanya uang sekolahnya.
      Kalau dari pemerintah, setahun dibuka 1kali, di univ mana terserah yang penting dpt dulu beasiswanya. Kalau dari univ, biasanya asal syarat di penuhi, ga susah untuk dapat beasiswanya.

      Delete
  9. kak boleh minta emailnya untuk tanya2 tentang Taichung? Makasih :D

    ReplyDelete
  10. Sis blhkan sy mnt almt emailny? Sy lg membutuhkn byk informasi sekitar taiwan /taichung.mudah2an sis mau membntu saya.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.... kmu tinggalin emailnya ya... nanti saya email ke kamu...

      Delete
  11. Kak mw nanya biaya kost/dorm dket MLC wenhua dkt daan park email sy brianyosua@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau jg dong ttg kost mlc wenhua dket" yg murah
      taniabethania@gmail.com

      Delete
  12. mau juga kak ,dan_huang68@yahoo.com,ada yg mau ditanyakan,xie2

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tanya apa ya? hehehe.. kl yg umum boleh d blog, jd temen2 yang lain bisa sama-sama belajar. cm kl soal dorm, by email ya.

      Delete
  13. Masih tinggal di Taiwan? Pengen sekolah Mandarin di sana. Ada facebook atau instagram ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ga di Taiwan sih, cm kl butuh informasi soal sekolah mandarin, hampir semuanya lengkap di sini, kl butuh informasi soal kost baru by PM. Kalau pengen urus sendiri (ga lewat agent) ya harus rajin2 cari informasi... yg ga paham d mananya, silahkan tanya, kl bisa d bantu jawab kok.

      Delete
    2. Kak aku lg bingung cari kos di daan park.

      Delete
  14. Hi kak,,saya rencana bulan depan ke wenhua...lagi cari tempat tinggal,, yg seperti difoto uda okeh banget cocok buat saya sepertinya..haha...kak boleh ya email kesaya kalau ada info... uekanato@hotmail.com makasih banyak,,saya tunggu yaa

    ReplyDelete
  15. gimana caranya kuliah di taiwan? sy g punya kenalan sama sekali dan info beasiswa adanya dimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di baca dong bro, kl males baca ya susah, lewat agent aja gampang... hehe... ga ada saudara ga masalah kl niatnya bener-bener sekolah... beasiswa ada d websitenya TETO.

      Delete
  16. Hai kak..aku mau nanya kosan di Taichung kak.. Kalau boleh bisa minta reverensi kosan di taichung yang dekat NCHU?
    Makasih banyak

    Ps : AwalliaYanti@gmail.com
    beatrice.glorianna@gmail.com

    ReplyDelete
  17. effra.cantik@gmail.com

    saya mau ke fengchia university buat belajar mandarin selama 9 bulan untuk dapet nilai TOCFL setingkat B1 kak...

    ReplyDelete
  18. Hello, bazk3t... Boleh bantu info/saran tuk kos/apartemen sekitaran NTUH..? atau mungkin yg akses transportasinya mudah gitu?
    Trims,
    psychonsky@yahoo.com

    ReplyDelete
  19. Hay kak, ada kos yang seperti itu gak? Infonya dong makasih

    ReplyDelete
  20. Email : mualipab12@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Buat yang nyari kost-kost di Taiwan, bisa coba cari di website https://www.591.com.tw/ kalau ga paham bahasa mandarin, bisa pake google translate. Foto dan aslinya bisa dipercaya sih sepanjang pengalaman ku.

    ReplyDelete
  22. Halooo kak, untuk biaya hidup di Pingtung gimana kak? NPUST. Kok agak susah yaa cari2 biaya hidup di daerah ini. Atau dormnya ada nggaksih kak?

    lyaniasartika@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa kurang lebih sama deh, malah mungkin tempat kost nya lebih murah, cuma transportasi aja yang membedakan, biasanya transportasi kalau naik bus itu dihitung per KM, tapi biasanya jarak pendek 20nt skali naik.

      untuk dorm, cuba kamu tanya di NPUST ada menyediakan dorm tidak untuk mahasiswa internasional. by email aja hubungin, di Taiwan mreka sangat cepat tanggap kok kalau komunikasi lewat email, ga seperti di negara kita, email hanya buat pajangan dan ga pernah di cek hehehe....

      Delete
  23. Hai ka makasih banyak infonya, saya dapet beasiswa parsial dari NCUT di taichung berupa biaya satu tahun kuliah gratis sama uang 6000 NTD dari prof, biaya kuliah nya tuh satu semester sekitar 52.000 NTD nahh ka kalau tahun ke dua nilai bagus dpt potongan setengahnya, menurut kaka itu worth it gak ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. uang 6000NTD itu per bulan apa gmana? tahun kedua harus bayar full ya, kecuali nilai nya bagus br dapat potongan setengah? jadi beasiswa sekolahnya aja ya, biaya hidup tanggung sendiri kan? hitung dl biaya hidup di Taiwan, sama kemampuan keuangan kita. Kl memang mampu, dan kmu memang ngejar beasiswa itu krn memang kepingin (bukan karena iseng-iseng apply) ya jalanin.

      Delete
  24. Waktu kita ke taiwan gak mungkin kita gak bawa uang sama sekali kan ka walaupun nanti bakal dpt uang dari advisor, mah kira kira berapa minimal bekal uang yg harus dipersiapkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya donggg.... harus bawa uang sendiri buat bekal. kalau mau kerja sambilan pun, kl bahasa belum mumpuni ga bisa dapat kerja sambilan. biaya hidup cuba d hitung sebulan brapa, ya itulah yang kmu harus siapkan.

      Delete
  25. hai boleh info dunk dunk dlu kosnya di pas sekolah di feng chia dan cari kos2annya dimana?
    terima kasih

    aori_chocolate@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.591.com.tw/ cek d sini yaaa.... kl ga, bisa tanya temen-temen....

      Delete
    2. Kak mohon di bantu kasih petunjuk,
      Sy mau kursus mandarin di MLC
      Mohon di bantu cari kos.
      Rencana sy ambil 6 bln

      Delete
    3. https://www.591.com.tw/ kalau ga ngerti karena smua tulisan mandarin, akalin pake google translate.

      Delete
  26. Halo kak, punya info kos-kosan daerah new taipei? khususnya yang dekat NTPU (Sanxia district).. kalau ada mohon bantuannya diemail ya kak (devianalaorensya@gmail.com)

    ReplyDelete
  27. Hai Ci, salam kenal. Entah kenapa saya bersyukur bisa ketemu blogpost ini ketika saya lagi browsing tentang sekolah Mandarin di Taiwan. saya mau bilang makasih atas usahanya untuk menjelaskan seluk-beluk sekolah bahasa di Taiwan, karena ini sangat berguna banget. berhubung saya ketemu blog ini sudah malam, jadi baru saya baca sepintas-pintas saja.

    sebelumnya saya memang sudah cari-cari dan yang populer di internet adalah Wen Hua, di Taipei. hari ini saya nemu Feng Chia University di Taichung yang punya biaya kursus mulai dari 91.000 NTD/tahun, sedangkan Wen Hua harga setelah diskon early bird 92.700 NTD/tahun. saya mau tanya ci, dengan begini apakah sekolah bahasa yang lebih terjangkau ada di Feng Chia dibandingkan Wen Hua?

    karena concern saya adalah biaya sekolah dan biaya hidup, ingin mencari yang lebih terjangkau. Menurut cici bagaimana? Juga, untuk soal bekerja part-time, apakah lowongan di Taichung sama banyaknya dengan di Taipei? karena saat ini secara hitungan kasar saya lihat biaya di Feng Chia lebih murah dibandingkan Wen Hua.
    Namun, saya juga penasaran karena Wen Hua adalah Language Center dan bukan Universitas.

    Bisa minta pendapatnya ci? saat ini saya sedang bekerja sambil menabung dahulu rencananya awal tahun 2020 baru mendaftar. Terima kasih atas waktunya ci

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii Steven, maaf banget sebelumnya saya baru aja online, dan banyak banget comment2 yang baru hari ini saya bisa balas. Jadi Tahun 2020 nih, tabungan sudah mulai mencukupi? semoga lancar yaaa rencananya...


      Okay, good question akhirnya. hehehe tetep saya pilih Taichung karena biaya hidupnya jauh lebih murah dibanding Taipei. Dari kost sampe urusan perut, Taichung lebih murah.

      Di Feng Chia itu pas di pasar malam, jadi loker part time banyak, so don't worry.

      Dan mengenai Uni atau Language Center, sebenernya walaupun kamu di Feng Chia University namanya, kmu jg hanya di Feng Chia language center nya kalau ambil bahasa. Memang gedungnya didalam area universitas, tapi tetep aja kamu adalah murid language center. jadi ijasah kamu juga sama kaya wen hua, ijasah les-les aja, ga ada degree bener-bener.

      Delete
  28. Kak ada kos kosan diaerah taipe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.591.com.tw/ cari disitu ya dek :)

      Delete
  29. Kak, aku akan studi bahasa di FengChia bulan maret ini tapi kesulitan cari tempat tinggal, apakah kakak bisa share info tempat tinggal kakak disana ? karena aku cari yang harganya terjangkau juga hehe.. tolong dibantu yah kak, aku sudah pakai website 591 itu tapi harus registrasi dulu untuk kirim pesan ke pemilik tempatsedangkan aku belum punya nomor taiwan. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies

    1. Hi Jeje, mmm kmu sudah cuba email ke fengchia untuk minta dibantu dicarikan dorm? biasa untuk student yang baru datang pertama kali, ada disediakan dorm sementara selama 1 semester. cuba deh kmu hub fengchia clc via email, tanya apakah mreka bisa bantu.... kl ga bisa, terpaksa kmu nginep di hotel dl 2-3 hari. sambil cari tempat tinggal, dan ya mau ga mau harus cari via 591.

      Delete
  30. kak minta info kost di Taichung deket stasiun donk

    ReplyDelete
  31. masih bingung mau ngekos apa bertahan di dorm ama ora banyak pusing q.kalau rame2 apalagi kalau hari libur

    ReplyDelete
  32. Halo mbak, saya sudah cek ke https://www.591.com.tw/ tapi mata uangnya yuan, saya cek mahal banget ya jadinya. Bukannya sekarang mata uangnya taiwan dollar ya? makasih mbak..

    ReplyDelete
  33. Kita kira harga kosan di Taiwan berapa ya bingung cari kosan yang harga nya pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kk daerah mana dulu, di Taipei lebih mahal pastinya, di Taichung lebih murah. Cuba cek di https://www.591.com.tw/

      Delete