Saturday, 20 February 2016

Living cost a.k.a biaya hidup di Taiwan

Ini pertanyaan umum dan paling utama ketika kita memikirkan kesempatan untuk study ke taiwan, dari sini juga keputusan apakah yakin atau nggak untuk merantau ke Taiwan. Secara dana cukup apa nggak, kan itu intinya.

Sayangnya jawaban yang didapat dari hasil browsing-browsing kurang membantu, ga ada yang secara jelas menjabarkan, terkecuali bener-bener rajin search sana sini. Karena pertama kalinya saya memutuskan mau study ke taiwan, saya hitung-hitung sendiri dengan sumber di website-website universitas yang ada di Taiwan, dan hasilnya cukup akurat sesuai dengan rencana.

Biar temen-temen lebih ga capek-capek browsing lagi, di sini saya bantu jabarkan yah. Buat perbandingan aja, kalau ini biaya hidup di Taichung, dengan biaya normal, ga ngirit banget, ga foya-foya juga.


Biaya makan
Kalau tahun 2013 lalu nasi 3 macam sayur dan 1 daging, harga 60nt masih banyak bertebaran dimana-mana, sekarang 2016 sembako jg udah naik, jadi skrg rata-rata 65nt-70nt. Masih ada sih yang 55nt-60nt, cm kalau lagi budgeting itu itungnya ga boleh pas-pasan banget kan.

Nasi 3 sayur 1 daging, makanan warteg di sini lah, di Taiwan disebutnya 便當(read: bian dang), alias nasi kotak atau bento. Penamaan ini jaman dulu katanya di ambil dari bahasa jepang, yang di translate ke pengucapan mandarin.
Normal Bian Dang 65NTD + Bubble Milk Tea 30NTD
Seafood Udon Noodles 65NTD
Makan sehari 3 kali
3 x 70nt x 30hari = 6300 NT$ /bulan.

Sebenernya dari sini kita udah ada uang lebih yang bisa di sisihkan buat makan enak skali-skali, kan pengen juga. Dari makan pagi, makan pagi biasanya ga makan nasi lah, paling lazim di sini pada makan nasi kepal atau sandwich, ditambah teh susu hangat. Hehehe satu set paling harganya 40nt.



Biaya kost

Buat yang ini, udah jelas makin gede makin bagus design nya, makin mahal. Tapi ada lagi pertimbangan yang buat harga sewa lebih mahal atau murah, lantai nya. Di taiwan, bangunan 5 lantai kebawah jarang ada lift, so makin tinggi makin murah, karena musti ngerangkak 5 lantai tiap pulang ke rumah. Hehehe...
1 Bedroom with Wifi + Internet Cable, TV, Fan, Air Conn, Toilet Inside , 3500NTD/month, 5Floor w/o Lift
Kost
Bersih, kamar mandi dalam, ada tv, ac, internet, kulkas 3500 NT$ ~ 4000 NT$ /bulan.
Bersih, kamar mandi luar, ada tv, ac, internet 2500 NT$ ~ 3000 NT$ /bulan.

Biasa kost di Taiwan paling umum musti kontrak 1 tahun, ada yang 6 bulan, walaupun bayarnya ga langsung 6 bulan juga gpp. Ada juga yang bisa minimal 3 bulan kontrak, tapi jarang bangettttttt. Selain itu juga harus siapkan uang untuk jaminan, biasa jaminan itu sebesar 1-2bulan harga sewa kost, jaminan dikembalikan kalau kamu sudah selesai sewa menyewa.

Kost di Taiwan, kalau nggak ada kulkas pun, boleh nanya ke pemilik kost 房東(read: fang dong) kalau di indo si ibu kost, mau nambah kulkas ada apa nggak. Kalau ga ada ya apa boleh buat, ga ada kulkas, kalau ada biasa biayanya tambah 200nt per bulan.



Listrik, Air, Gas

Kalau di Indo, yang namanya kost itu ga perlu pake bayar listrik air dll, tapi beda sama di Taiwan loh. Khusus listrik, udah pasti bayarnya terpisah sesuai pemakaian, tapi kalau air dan gas tergantung kost nya. Karena ga setiap kost harus bayar air dan gas.

Pasti ada yang bingung, kl ga ada dapur trus bayar gas apaan? Nah di Taiwan banyak pemanas air mandi gitu pakai gas, jd kl yang pemanas air mandi nya pakai listrik berarti ga ada biaya gas.

Listrik di Taiwan biasanya setiap kamar punya meteran listrik sendiri, jadi jelas perhitungannya smua. Kalau standarnya biasa skitar 3,5nt, tapi ada juga yang 4nt sampai 4,5nt per 1 meteran. Bayarnya ke pemilik kost, ada yang 2 bulan skali, ada yg 3-6bulan skali malah. Kalau air skitar 4,5nt per 1 meteran. 

Listrik, Ac kalau malam, ada kulkas kecil, ada kipas angin, kalau kepanasan buka ac 500 NT$ /bulan.
Gas, 1 tabung 840 NT$, buat mandi air panas bisa 2-3 bulan.
Listrik, air, gas siapin 1000 NT$ /bulan.

Kalau saya sih kostnya ga ada bayar gas sama air lagi, jadi biaya listriknya agak mahal 4,5nt per meteran, pdahal temen yang lain cuma 3,5nt. Sebulan saya karena jarang di rumah, kecuali malam tidur atau pas libur, summer skitar 350 NT/bulan, winter skitar 200NT/bulan.



Transportasi

Kalau di Taichung kalau buat transportasi, jarang banget kluar duit. Soalnya bus-bus umum di Taichung sudah semenjak 4 tahun sebelumnya (pastinya kapan saya juga lupa sih) itu naik bus kalau masih 8KM itu gratissss kalau pake kartu easy card (semacam kartu flazz).
Ditambah lagi, sekarang ada Ubike, penyewaan sepeda yang disiapkan pemerintah, jadi tinggal pake Ubike, selama masih dalam 30menit itu gratizzzzz. Lain kali saya ceritain soal Ubike.

8KM itu jauh juga loh, bisa kemana-mana kalau di Taichung. Kalau saya ya, isi ulang kartu 100nt bisa dipakai sampai 3-6bulan. Kecuali pergi jauhan deh, karena mau jalan-jalan keluar Taichung. Hehehe


Pulsa dan Internet

Nah trakhir ga lupa dimasukkin adalah biaya ngobrol. Kalau pulsa nelpon itu lumayan penting kalau awal-awal, soalnya kan mau nyari kost lah, mau nanya ini nanya itu.

Kalau udah lama, biasanya jarang isi pulsa, soalnya udah pke internet. Di sini internet ada yang unlimited sama yang kuota juga. Karena di kost ada internet, anak-anak di sini blakangan jarang pakai yang unlimited, karena internet biasa cuma dipakai untuk line dan komunikasi.

Pulsa 300NT$ skali isi.
Internet 1G 180NT$ /bln, unlimited 500 NT$ /bln.



Kesimpulannya nih pengeluaran di Taiwan per bulan, kalau di banding di Jakarta sebenernya ga jawuhhh bedaaaaa. Makanan aja yang lebih mahal dikit, karena di Indo murah kan kalau makan warteg, hehehehe... Tapi dipikir-pikir kalau pengeluaran sama, kok di Taiwan rakyatnya lebih makmur? Karena pendapatan orang taiwan lebih besar di banding Indo.

Pendapatan gaji pegawai orang taiwan mulai 23000nt per bulan - 25000nt per bulan. Ini paling rendah, untuk para fresh graduate loh. Kalau di Indo, sayangnya gaji bulanan buat biaya hidup aja masih kurang, gmana mau ngebesarin anak? Hahahaha....

28 comments:

  1. hehehe menarik kak. cuma masih bingung semua itu tadi kalo di rupiahkan berapa ya😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ummm kurs saat ini 1NTD = 415 IDR. kurs kan berubah-ubah naik-turun. hehehe....

      Delete
  2. Mau tanya dong kak, biasanya klo sm universitas udh di dorm gitu biayanya brapa trus isinya brapa org? Makasih ka heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dorm yang disediakan kampus berbeda-beda sih, tergantung kampus nya, jadi plg bener nanya langsung ke kampusnya(by email aja). Kalau pengalaman saya sih 1 kamar ber 2 yah. untuk biaya juga tergantung univ nya. musti rajin-rajin browsing cari informasi.

      Delete
  3. Halo,
    Kuliah di Asia University ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo juga... hehehe nggak loh, dulu sekolah di FengChia, tp udah lama lulusnya sih... :)

      Delete
  4. Halo, ada info/rekomendasi kost deket2 MLC Wenhua ga? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih, cm FYI aja yah kelas di Taipei beda jauh dengan di Taichung...
      boleh leave email kmu ga biar bisa PM? :)

      Delete
    2. rayofsunshinee525@gmail.com thank you...

      Delete
  5. Kak kalo tertarik tapi gak punya kenalan org indo sm skali gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl niatnya bulet, ga usa takut, sy jg awalnya ga ada keluarga or kenalan sama skali ke Taiwan, bahkan basic mandarin jg ga ada sama skali, cm bisa bilang xiexie... hahahah... tp kl niatnya belajar mah bisa kok, nanti di Taiwan jg banyak temennya.hehehe

      Delete
  6. + kalo mau daftar msh bingung sm rek korannya sih.

    ReplyDelete
  7. Kl ga ada rekening koran, bisa pakai tabungan. Yang biayain siapa, kl parents ya pake tabungan parents + surat sponsor dr parents. Semoga bisa memberi semangat untuk study ke Taiwan yah.

    ReplyDelete
  8. Kak pernah tau national taichung univ kah? Kalo univ negri dsna biasanya lebih mudah dpt beasiswa atau tdk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beasiswa ada 2 macem, dari pemerintah taiwan biasanya beasiswa full termasuk biaya hidup, satu lg beasiswa dari university biasanya hanya uang sekolahnya.
      Kalau dari pemerintah, setahun dibuka 1kali, di univ mana terserah yang penting dpt dulu beasiswanya. Kalau dari univ, biasanya asal syarat di penuhi, ga susah untuk dapat beasiswanya.

      Delete
  9. kak boleh minta emailnya untuk tanya2 tentang Taichung? Makasih :D

    ReplyDelete
  10. Sis blhkan sy mnt almt emailny? Sy lg membutuhkn byk informasi sekitar taiwan /taichung.mudah2an sis mau membntu saya.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh.... kmu tinggalin emailnya ya... nanti saya email ke kamu...

      Delete
  11. Kak mw nanya biaya kost/dorm dket MLC wenhua dkt daan park email sy brianyosua@gmail.com

    ReplyDelete
  12. mau juga kak ,dan_huang68@yahoo.com,ada yg mau ditanyakan,xie2

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tanya apa ya? hehehe.. kl yg umum boleh d blog, jd temen2 yang lain bisa sama-sama belajar. cm kl soal dorm, by email ya.

      Delete
  13. Masih tinggal di Taiwan? Pengen sekolah Mandarin di sana. Ada facebook atau instagram ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ga di Taiwan sih, cm kl butuh informasi soal sekolah mandarin, hampir semuanya lengkap di sini, kl butuh informasi soal kost baru by PM. Kalau pengen urus sendiri (ga lewat agent) ya harus rajin2 cari informasi... yg ga paham d mananya, silahkan tanya, kl bisa d bantu jawab kok.

      Delete
  14. Hi kak,,saya rencana bulan depan ke wenhua...lagi cari tempat tinggal,, yg seperti difoto uda okeh banget cocok buat saya sepertinya..haha...kak boleh ya email kesaya kalau ada info... uekanato@hotmail.com makasih banyak,,saya tunggu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. By email ya... moga2 bisa membantu...

      Delete
  15. gimana caranya kuliah di taiwan? sy g punya kenalan sama sekali dan info beasiswa adanya dimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di baca dong bro, kl males baca ya susah, lewat agent aja gampang... hehe... ga ada saudara ga masalah kl niatnya bener-bener sekolah... beasiswa ada d websitenya TETO.

      Delete