Saturday, 1 September 2012

Apply Visa Taiwan at TETO Jakarta

Sesuai judul, langsung aja yah... Buat apply Visa itu tentu hoki-hokian... Tapi yang terpenting asal surat lengkap, surat sponsor kuat dan mendukung n asli, buku tabungan oke, harusnya smua lancar terpenuhi... Kadang bingung yah, mau ke negeri orang kan kita nih mau buang duit, masih aja di tolak. Memang sih melihat banyak yang ngabur sebagai pekerja illegal. Tapi TKI aja yang mau jadi pembantu visa di setujui, masa kita yang ceritanya tampang bos, ditolak. Hehehe…

Prolog dulu dong, hehehehe... Jadi Taiwan itu ndak punya kedutaan di Indonesia, sebagai gantinya untuk pengurusan dokumen-dokumen dan visa gitu diserahkan ke TETO alias Taipei Economic and Trade Office. Lokasinya di Gedung Artha Graha Sudirman, Jakarta (pokoknya kalau yang bingung, langsung aja tancap gas ke Pasific Place Ritz Carlton, nanti kalau di sebelah kanan PP, nah di sebelah kiri itu si gedung Artha Graha).

TETO (Taipei Economic and Trade Office Jakarta)
Gedung Artha Graha
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
Jakarta 12190, Indonesia
Bagian Visa (Lt.12)
INFORMASI VISA :  021-515 1111 EXT : 820


Pertama, sebelum ini dan itu, yu cek dulu kelengkapan dokumen kita. Apa aja yang diperlukan. Menurut web TETO Indonesia http://www.roc-taiwan.org/ID/ :

1. Print-an Aplikasi Form yang sudah terisi secara online
2. Pas Foto enam bulan terakhir 4x6 background putih, 2 lembar
3. Passpor Asli (min. 6 bulan masa berlaku)
4. Surat Sponsor (pakai kop surat resmi)
5. F.C Akte Kelahiran
6. F.C Kartu Keluarga
7. F.C Rekening Tabungan
8. F.C Surat Nikah/Cerai (kalau sudah menikah/cerai)
9. F.C Tiket Pulang-Pergi (optional)
10. F.C Bookingan Hotel (optional)
11. F.C Booking Travel / Tour (optional)

Yang optional itu sebagai pendukung biar lebih pasti dapet, tapi ga menjamin dapet visa juga sih, tanpa yang optional itu juga bisa keluar visa nya.


Kalau semua sudah siap, back to no.1, Aplikasi Form yang udah terisi secara online. Nah mulai 1maret2012 lalu, TETO sudah memberlakukan aplikasi secara online. Jadi kudu isi form via online. Nanti kalau udah beres, tinggal di print. Isi nya langsung di https://visawebapp.boca.gov.tw . Ikutin saja step by step. Kalau ada bingung, leave comment aja, nanti dibantu sebisa mungkin.

Begitu udah beres, di print, nah siap deh smua. Di kasih waktu sekitar 1 bulan-an untuk serahkan dokumen ke TETO, sblm data online yang kamu masukkan di reset alias hilang. Kalau udah lewat 1 bulan ya kamu harus isi ulang lagi dari awal.

Oh ya, saya kasih contoh surat sponsor yah... :) Semoga bermanfaat, tapi jangan lupa harus menggunakan kop surat resmi.


Semua oke, mari kita datang ke TETO. Hihihih… Yang harus kamu perhatikan, jam kerjanya nih. Jadi TETO punya aturan untuk memasukkan dokumen untuk apply visa, ataupun untuk mengambil dokumen yang sudah kelar.
- PEMASUKAN VISA : 08.30 – 11.30
- PENGAMBILAN VISA : 13.30 – 16.00
BIAYA VISA : 460.000 IDR ***single entry
PROSES 3 HARI KERJA

Jadi, diperhatikan yah, jangan kesiangan, jangan juga kepagian. ^_^ Jangan lupa dokumen jangan sampai ketinggalan, dan uang juga disiapkan. Oh ya, tambahan, karena daerah Sudirman, jam segitu waktunya “three in one”, jadi siapkan pasukan atau sewa joki. Nyahahaha….

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> 


Oke, jadi secara teori sudah beres. Sekarang implementasinya. Sampai di gedung Artha Graha ternyata ga bisa parkir di gedung, karena parkir gedung khusus yang punya stiker. (Kalau asumsi ku, mungkin yg punya gedung banyak musuh –you know who- jadi ketakutan, sampe parkir aja ga bole). Jadi kalau mau parkir mobil paling dekat di electronic city. Habis itu tinggal jalan kaki dikit.

Masuk gedung, ada pemeriksaan tas dan detector badan kaya di bandara-bandara. Trus di lanjutkan ke penukaran Kartu Identitas diganti dengan Visitor Card yang harus selalu dipakai. Naik deh pake lift ke lt.12. Sampai lt.12 udah keliatan yang ramainya kaya pasar, nah itulah kantor TETO. Hehehe… Akhirnya!!

Eitss, blom kelar nih. Begitu masuk ada ruangan kecil di batasi kaca di sebelah kiri begitu kita melewati pintu masuk, yak bagian informasi. Di tanya mau ngapain, bilang aja mau apply visa visitor. Di cek kelengkapan dokumen (sebenernya cuma di liat apakah form aplikasi online yg nomor 1 td kuceritain itu, udah ada atau blom). Kalau sudah, di kasih tau, di suruh tempel fotonya satu di pojok kanan atas, satu di pojok kiri atas. Lem tersedia ^_^ Di kasih juga nomor antrian.

Habis lem, udah deh nunggu aja nyambil duduk di bangku. Walaupun ramainya kaya pasar, tapi semua teratur. Jadi antriannya ada A-B-C-D-E-F. Masing-masing huruf loketnya sendiri-sendiri. Saya sampai di lokasi sekitar jam 9an. Dapat nomor antrian A009, di loket nomor 1. Di tampilan layar sih loket nomor 1 lagi melayani A006, jadi ga lama lah. Kurang lebih nunggu 20menit (kayanya sih ga sampe), ting-tong! Kucuk-kucuk-kucuk, jalan ke loket nomor 1, serahkan dokumen, di cek lagi kelengkapannya, di sortir urutannya. Trus di kasih tagihan (dapet ga dapet jadi harus bayar ceritanya).

Invoice diterima, langsung ke kasir (kalau bingung kasir di mana, tanya aja si informasi, baik kok orangnya mau kasih tau). Bayar, habis itu langsung balik lagi ke loket 1 yang tadi (ga perlu antri lagi lah). Trus di suruh isi nomor telpon yang bisa dihubungi, dan di kasih tau suruh balik lagi tanggal berapa, jam berapa.



Udah deh, ngurus visa Taiwan ga sesusah ngurus passport. Ga sampe 1 jam juga beres, karena hanya nyerahin dokumen, tinggal, waktunya ambil tinggal ambil. Yang paling bikin tercengang, ternyata proses 3 hari kerja itu dimulai dari kita menyerahkan dokumen. WOW! Jadi misal tanggal 10 kita kasih dokumen, di suruh ambil lagi tgl 12 jam 13:30. Artinya LUSA!!!!! Cepeetttt yahhh… Ckckckckkkk…



Lusanya, saya kembali ke TETO di gedung Artha Graha Lt.12 jam stengah 3-an sore untuk mengambil dokumen (kan batas pengambilan dokumen sampai jam 4pm). Begitu masuk pintu, seperti biasa nanya bagian informasi mau ambil passport dan visa. Langsung di suruh ke Loket 1 (ga pake ini itu, ga pake antri), kasih tanda terima yang kemarin kita terima pada saat pemasukan dokumen, ga sampe 3 menit, di cari dokumen yang sudah disipain, langsung di kasih passport yang sudah tertempel Visa Taiwan di dalamnya. Dan di cek kembali jangan sampai salah. Taraaaaa~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ DONE!!!



Sebenernya kalau dokumen lengkap, harusnya apply sendiri saja, selain lebih irit dan murah dibanding apply via travel, lebih cepat juga. Kalau via travel paling dikit 5 hari kerja. Huyuhhh~~~ Cuman kadang orang kan males ke Sudirman, jam macet lagi, three in one lagi, pagi-pagi lagi. Padahal ga seribet yang kita bayangin.



Oh ya, ini hasil googling-googling ke web travel, biaya Visa via travel :
# genta tour  515.000
# bayu buana  525.000
# kia travel  550.000
# avia tour   550.000
# dwidaya     565.000
# golden rama 620.000


Nah, ada info tambahan buat yang mau apply Visa Taiwan alias R.O.C. Memang susah-susah gampang, karena Taiwan takut banyak masuk TKI illegal kan. Tapi teman saya passport kosong (asli kosonggg, blm ada secuil cap pun), namun surat lengkap termasuk surat sponsor, copy tabungan isinya ga sampe 20jt, trus tabungannya blom sampe 1 bulan lagi (kesannya kan riskan banget yahh?!!!! Tabungan baru gitu kaya mengada-ada). Optional ditambahkan copy tiket Pulang-Pergi. Kita semua dag-dig-dug, taunya keluar tuh Visanya. Hihihih….

So?? Intinya surat lengkap deh. Surat asli jangan yang mengada-ada. Trus ada tambahan optional jg kan enak tuh. Ibarat ada nilai plus nya. Semoga info ini bermanfaat deh buat teman-teman smua yah.

65 comments:

  1. Gan, mau nanya, pas sy masuk web yg untuk isi formulir, kan ada beberapa pilihan, itu pilih yg mana ya? Untuk tujuan kuliah di taiwan. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. visanya pilih visitor visa, tapi nanti d bagian bawah ada pilihan untuk tujuan nya pilih study :)

      Delete
    2. kalau "domestik ktp number" itu nomor passport atau ktp ya Gan?

      terus kan ada pilihan "Select Where You Will Be Applying For Your Visa" itu banyak banget pilihannya ya , pilihnya yg mana ya? kan cuma mau ke taiwan doang tapi di sana ada tulisan negara2 laen . Thnx

      Delete
    3. Yap domestic no itu nomor ktp, nanti d bagian bawah ada isi nomor passpor.
      Untuk di indonesia kita cm bisa apply di jakarta teto, jd kamu pilih aja Indonesia Teto, kecuali mau apply d negara lain :)

      Delete
    4. Gan, nanya lagi, takut salah... kalau "given name" itu maksudnya nama panggilan sehari-hari ya? terus kalau misalnya belom ada nama Chinese atau "former or other name" itu boleh dikosongin ya di formnya? thx

      Delete
    5. Given name itu last name, surname itu nama keluarga.
      Sesuai nama d passpor aja isinya.
      Ga ada nama chinesse kosongin saja.

      Delete
    6. Gan, nanya lagi dong. Kalau ditanya pekerjaan, jawabnya pengangguran atau pelajar ya? kan lulus sma-nya udah beberapa tahun yang lalu (gak kuliah)

      Delete
    7. Pas interview ya? Jawab nya yg baik aja, kl memang bantu orang tua ya bilang saja bantu2 orang tua. Kalau sudah kerja blg aja sdh kerja, walaupun misal kerjanya bkn fulltime. Kan blm kerja ya blg blm kerja, tp plg enak kl mmg ada bisnis ortu blg nya bantu orang tua.

      Delete
  2. surat sponsor harus dari perusahaan ya?
    kalau kita mau travelling biaya sendiri gmna dong? atau kalau yang buat teman kita yang ditaiwan boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi...Surat sponsor kl ga dari perusahaan boleh buat sendiri, jadinya surat pernyataan. Yang pentig isinya menjelaskan kl pengeluaran selama pergi pakai uang sendiri dan akan segera pulang setelah selesai travelling, dan tujuan kmu travelling. Pakai contoh surat di atas jg boleh tinggal kamu ganti nama penjaminnya dan nama yg di jamin nama kamu 2-2nya.

      Kalau pakai surat undangan dr Taiwan nanti prosedurnya malah repot takutnya.

      Delete
  3. Hi, saya mau bkn visa ke taiwan, tapi saya blm kerja + baru lulus kuliah. Surat sponsor bisa diganti dengan surat pernyataan? Apa perlu materai? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang tua ga ada usaha? kl ada usaha, pakai usaha orang tua, jadi biar orang tua yang jamin.

      Kalau ga ada, mungkin bisa di coba buat surat pernyataan bahwa kmu mau jalan-jalan dan ga akan mencari suaka dan akan pulang ke negeri asal tepat waktu, dan sebagai jaminan kamu sertakan buku tabungan kmu yang menjelaskan kamu punya cukup uang untuk jalan-jalan dan beli tiket pulang pergi.

      semoga aja bisa, seharusnya untuk apply visa taiwan asal jelas, ga sulit kok. ga usah pakai materai.

      Delete
  4. Gan kalo bikin surat yang menyatakan kita kerja bantu usaha keluarga dan orang tua yang jadi penjaminnya gmn ya? Ada contohnya ga ya? Lieur gan. Hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di atas surat pengantar dr orang tua yang menjamin anaknya.... cuba di baca d atas deh :)

      Delete
  5. Permisi gan. numpang tanya

    Berikut sy ingin menanyakan beberapa pertanyaan seputar visa dan kelengkapan dokumen :



    Di akte akte ganti nama ayah saya tertulis : Roby Gandajaya, sedangkan di ktp dan kk tertulis dan paspor tertulis : Robi Gandajaya. Beda huruf i dan y. Gmn gan?

    Bila di paspor sy tertulis : Lusi Gandajaya Gan, dan di kk/ktp/ akte lahir tertulis : Lusi Gandajaya, bgmn jg gan?

    Bila di ktp ibu sy tertulis : Teny Suteno al the sioe teng, dan di kk / paspor / akte ganti nama : Teny suteno, sedangkan memang nama ibu sy sebelumnya adlh : The sioe teng.. itu juga bagaimana bu?

    Minta tlng saran n pendapat nya gan..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. KTP dan KK dan Passpor sama kan, pakai huruf I, jadi ikut huruf I semua, karena kan pas buat visa ga di minta surat ganti nama. Itu jika ada waktu di urus cuba KTP dan KK dan passpornya. Emang pejabat setempat kadang salah cetak, hasilnya bikin kita yang susah.

      Kalau passpor otomatis ikut KTP/KK/Akte Lahir, biasanya passpor ga akan salah cetak, karena sebelum di cetak kita di suruh cek lagi hurufnya bener atau nggak, trus pas buat passpor misal KTP dan KK atau Akte lahir beda nama / huruf, pasti ada proses yang harus dilalui sebelum passpor di proses.

      karena sudah ada ganti nama jadi Teny Suteno, makanya semua KK dan passpor ikut Teny Suteno, ga pakai lagi the sioe teng. Mungkin untuk KTP ada khusus buat penjelasan, makanya setelah nama Teny Suteno ada huruf "al", mungkin itu kode untuk orang pemerintahan, menjelaskan bahwa pernah ganti nama.

      Semoga membantu ya.

      Delete
  6. Minta pencerahannya mas,
    Nama saya lengkap saya di KTP
    Dyah Apriastuti Chandra Heryati Putri tapi nama yang tercantum di passport cmn sampe Chandra karna menurut kantor imigrasi namanya kepanjangan. Yang saya tanyain nanti sewaktu pengisian form online nama nya mengacu ke passport atau KTP ya? Karena saya takut ini jadi masalah. Mohon bantuannya ya.. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ingat, pada saat kita keluar negri, dokumen yang diakui hanyalah passpor, jadi pada saat daftar apapun itu selalu ikuti passpor.

      Delete
  7. Mau tanya saya pernah jadi TKI Taiwan 11thn 11 Bln 21 hari.kemarin saya bisa masuk Taiwan.,dan dipulangkan.,padahal masih 2 minggu.,sedang kontrak kerja 3 tahun.,kok teto bisa beri visa dan kenyataan nya sampai Taiwan ditolak.,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, mau tanya kamu jadi pekerja rumah tangga atau kerja di pabrik yah?
      Kedua, TETO memberikan visa, karena kamu masih ada 9 hari, jadi tetap bisa masuk taiwan. Kontrak kerja itu adalah urusan pabrik-ejensi-pekerja, tentu depnaker Taiwan mengetahui adanya kontrak kerja, tapi mreka ga akan baca satu-persatu selama tidak ada masalah.
      Ketiga, kalau kamu pekerja rumah tangga/ perawat, memang ada aturan baru bahwa kamu bisa bekerja di Taiwan sampai maksimal 14tahun, tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, syarat utama adalah kamu kembali bekerja di majikan yang sebelumnya, jadi intinya pakai sistem direct-hiring.

      Delete
  8. Replies
    1. hallo, jakarta di sebrang GI, namanya gedung artha graha.

      Delete
  9. hello bro.. mau tanya..
    saya mau lanjut kuliah di taiwan..
    visa pelajar itu termasuk visa resident atau visitor?
    kemarin udah terlanjur buat resident & multiple entrance sih.. hahaha
    thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya dulu sih visitor visa awalnya, trus nanti di taiwan br ganti resident visa dan jadi ARC (alient resident card). Cuma itu untuk sekolah bahasa, kalau kuliah denger temen-temen bisa lgs multiple entry. Gpp sih, kl udah terlanjur buat.

      Delete
    2. ooo.. ok la.. hahaha
      thanks y bro infonya

      Delete
  10. financial statement itu sama dengan rekening koran gak? atau sama dengan surat referensi dari bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. financial statement itu bisa rekening koran, bisa surat referensi dari bank. yang pasti resmi menjelaskan nilai uang yang kamu miliki.

      Delete
  11. kalau financial statement nya di cetak melalui e-banking bisa gak?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau rekening itu milik sendiri dan jelas ada keterangan nama kamu di print-an e-banking itu harusnya bisa, yang penting ada jelas:
      - tanggal
      - total saldo
      - nama pemilik rekening
      - nomor rekening
      - nama bank

      Delete
  12. mau tanya kak, kalau misalanya ijazah belum keluar pake surat keterangan kelulusan dari sekolah bisa ga ya? atau raport gitu?

    ReplyDelete
  13. jd perlu blg ga kalo misalnya ijazah dr sekolah belum keluar gitu?thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di tanya gak papah jawab sejujurnya, kl ga di tanya ajukan pakai surat keterangan kelulusan cukup, atau kalau kmu ada ijjasah sebelumnya jg gpp.

      Delete
  14. Koh. Kalau tiket itu gimana ya?

    Takut ga tembus kalau uda beli sayang tiket hangus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu beli tiket dulu gpp kok. kan seperti saya sebutkan, tiketnya optional. yang penting syarat-syarat utama-nya lengkap.

      Delete
  15. jadi kalau udh dpt admission letter ... apply visa jenis apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kmu niatnya belajar apa ngapain? kl belajar ya pakai visa visitor tapi pelajar, kalau niatnya kerja ya pakai visa visitor tapi kerja, kalau buat jalan-jalan ya pakai visa visitor aja (yang ga bisa d perpanjang, max 30hari).

      kl ada admission letter harusnya pelajar dong.

      Delete
  16. oh iya yang di website 591 itu buat kamar dll itu gk ad bahasa inggris atau indo nya yaa?gk ngerti bahasa mandarin 

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sayang sekali web 591 itu ga ada bahasa inggris apalagi indo, cuba di translate pakai google translate, dikit banyak membantu kok.

      Delete
  17. nnya dong pas apply visa student gk ada interview yaa ?trus interview nya pas hari kita serahin pendaftaran visa nya apa hari lain? total brp kali kita bolak balik ke teto nya? soalnya aku di Ponti bukan di jakarta ... bingung jugaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sih pake wawancara, cuma di websitenya teto sekarang katanya bisa juga tanpa wawancara (suka-suka mereka apakah perlu wawancara atau tidak).

      Normalnya proses pembuatan visa cuma 3 hari kerja.

      Gini aja, saya ajarin caranya, biar kamu ga usa lama2 di Jakarta.
      Ini dari data lama saya yah, jadi kmu cek lagi jadwalnya di web teto / telp teto untuk tanya jadwal wawancara biasa hari apa.
      Misalkan:
      Waktu penyerahan passpor, senin-jumat jam 8:30-11:30.
      Waktunya interview biasanya senin/kamis jam 14:00. (DULU)
      Selesai interview, besoknya di suruh balik lagi jam 13:30-16:00 buat ambil passpor dan dokumen lainnya.

      Kalau saya biasanya akalinnya hari rabu saya serahin dokumen, jadi kamisnya dapat jadwal wawancara, jumatnya ambil visa deh. 3 hari beres kan.

      Kalau kamu misal hari senin serahin dokumen, kamu musti nunggu kamis wawancara, hari jumat baru bisa ambil visa, jadinya buang waktu 5 hari.

      Delete
  18. Haloo om..
    Mintaa pencerahan donkk..
    Apakah bisa seorang tki memohon visanya sendiri tanpa bantuan atau pengawas dari agency pt. yg bersangkutan..?
    Maksih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. logikanya bisa, asal ada surat undangan dari majikan di Taiwan, dan surat undangan dari depnaker Taiwan. Asal dokumen dan surat-surat lengkap sesuai yang dibutuhkan, bisa aja. Cuman tanpa agency pt. kan sulit mendapatkan majikan, dan mengurus dokumen sendiri itu repot, wasting time, ribet. hehe... soalnya mesti legalisir blablabla...

      Delete
  19. Kakak .. mau tanya dong , sy dlu prnh bkrja d taiwan tp kabur . Trus sekarang ingin mngajukan visa turis taiwan . Kira" bisa egk ya ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah brapa lama terakhir pulang dari Taiwannya? Biasanya agk sulit, kalau pernah ada overstay di suatu negara dan menjadi ilegal, minimal biasanya harus tunggu 5 tahun baru bisa apply lagi.

      Delete
  20. Halo, saya mau nanya surat pernyataan itu beda ya sama surat sponsor?
    Kalau saya pake surat sponsor atas nama ortu saya, tapi ortu saya bukan pemilik dari perusahaan, tetap harus pake kop surat perusahaan tempat dia bekerja?
    Thank you..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya yang dibutuhkan itu kan namanya surat sponsor dari perusahaan tempat kamu bekerja, tapi bykan ga bekerja sama perusahaan or perusahaan ga mau mengeluarkan surat seperti itu, jadinya pakai surat sponsor dari orang tua (yakni disebut surat pernyataan).

      Dan iya berdasarkan persyaratan harus pakai kop surat perusahaan, kalau yang menanggung adalah orang tua, berarti sertakan surat sponsor (bisa disebut jg surat pernyataan) dari orang tua, + copy buku tabungan orang tua yang menjamin.

      semoga dapat membantu ya.

      Delete
  21. serahin dokumen visa dan ambil meski hadir sendiri atau boleh di wakilkan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh diwakilkan... pada saat pengisian formulir ada kolom untuk menuliskan diwakili oleh siapa.

      Delete
  22. Gan,klo kita masukin dokumen n daftar sendiri tpi pas ambilnya diwakilin bisa?sama misal bikin visa april tpi perginya juni ga masalahkan yah?30 hari itu dihitung dri masuk taiwannya kan?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh diwakilkan... yang penting bawa resi tanda bukti nya... dan bawa KK/KTP sebagai persiapan, yang menunjukkan memang ada hubungan keluarga dengan YBS...

      bikin visa April, perginya Juni ga masalah, karena visa nya ada masa berlaku 3 bulan biasanya, jadi bisa kapan aja ke Taiwannya sebelum masa berlakunya habis. Kalau maksimal stay di Taiwan 30 hari itu dihitung dari hari masuk taiwan. semoga membantu ya.

      Delete
    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA ATAS NAMA PAK EKO ASAL MAJALENGKA KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI , PESUGIHAN YANG AKI BERIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL (1,5) MILIAR SAYA DAPAT, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNASI DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB KI_SHOLEH_PATI_085_244_669_169_SUPAYA LEBIH JELAS SILAHKAN KLIK-> PESUGIHAN UANG GAIB terima kasih.

      Delete
  23. Hallo, mau tanya dong. Kal kitanya yang sponsor orang tua ke taiwan , yang di butuhin surat sponsor atau surat pernyataan gan?ada contohnya gak gan ? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl undang orang tua, kasih aja surat pernyataan... surat pernyataan seperti di atas tuh contohnya, tinggal kata-katanya tambahin dan diganti sedikit... tambahkan jg fotocopy KTP Taiwan/ARC taiwan kita, dan kirimkan ke orang tua, agar orang tua pas apply visa bisa skalian sertakan.

      Delete
  24. hallo om mau tanya nih, saya sudah pengajuan visa taiwan, semuanya sudah lengkap, cuma di tolak oleh embbasy karena masalah rekening tabungan saya. kalau sudah begitu apakah masih bisa pengajuan untuk kedua kalinya, atau bagaimana ? mohon pencerahannya ya, soalnya sayang tiket PP udah di tangan :((, perkiraan juni berangkat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo om... kmu rencana ke Taiwan untuk jalan-jalan kan yah? sebelumnya mau kasih info terbaru, kl kmu sudah pernah punya visa Jepang/Korea/USA/Australia/Canada/NZ/UK (salah satu aja dari yg saya sebutin barusan), kmu bisa pakai visa online free. Termasuk visa yang sudah expired, asal ga lebih dr 10 tahun aja expirednya...

      kl ga punya sama skali, memang harus apply visa manual, setau saya kl udah pernah d reject, bisa pengajuan lg tp harus tenggat waktu 3 bulan deh. cuma telp ke TETO bagian visa aja di 021-5151111, tanyakan apakah bisa apply visa lagi segera kalau pernah kena reject...

      Delete
    2. kalau misalya solusi lain bisa ga om, kan tiket saya tuh kebetulan untuk juni besok, 1 bulan lebih lagi, kalo memang ga bisa saya dapet visanya dan harus nunggu 3 bulan, apakah bisa apply visa korea, dan misal di terima saya bisa lansgung apply lagi yang ke taiwan, apakah bisa seperti itu ? terima kasih

      Delete
    3. visa jepang kali ya, kmu pake epasspor ga? kl ada epasspor kan bisa pake visa waiver jepang... visa korea malah lebih susah dapetnya loh...

      sblmnya yg aku mau tanya, kmu ga pernah ke Taiwan sebelumnya kan, pernah kerja di sana jd buruh atau gmana ga? (sorry jgn tersinggung ya, soalnya kl pernah jd buruh, bisa online ga berlaku).

      gini, cuba deh telp ke teto dulu, bagian visa (021-5151111), tanya kl visa kamu br di tolak krn masalah tabungan, kl saya pakai visa online krn saya punya visa jepang, boleh ga? kl boleh baru deh kmu apply visa jepang or korea kl kmu maunya korea. hehehe...

      mreka pihak teto siap membantu menjelaskan kok, tanya dl jd mendingan. kl misalnya ga bisa, tanya skalian, kl mau apply lg disertai tabungan yang memadai, bisa langsung apply ga, atau harus nunggu? gitu tanyanya...

      kmu kmrn apply visa pakai tabungan brp duit? ga sertain tiket PP yang udah kamu beli ya? jarang loh org kena reject, temen ku pake tabungan cm 10jt kayanya, lolos aja kmrn itu tuh.passpornya kg masih kosong padahal.

      Delete
    4. belum pernah sama sekali ketaiwan sih, cuma sudah teratasi kok , seminggu kmarin ngurus e paspor dan lansgung ajuin visa jepang waiver, dan langsung daftar visa elektronik taiwan, dan sudah Approved, terima kasih sudah dapat pencerahan dari akang :D

      Delete
  25. alloo gan.. sy uda daftar visa taiwan online dan sudah di print.. tapi ada salah ketik.. kalau bikin ulang gpp yah ?
    pertanyaan kedua.. tadi ada tulis pengajuan tgl 10 may 2017 tapi ga bisa krn harus nunggu surat sponsor dr mama saya yg di taiwan biar lebih lengkap aja.. jd tgl 12 baru bisa ksana.. itu gpp kah ? krn saya baca max sebulan setelah tgl pengajuan.. makasi sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah ketik, gak masalah bikin ulang, yg lama di abaikan saja. bikin yang baru trus d print lg.

      pertanyaan kedua, jawabannya ga masalah, tanggal pengajuan itu otomatis keisi deh, sesuai tanggal kmu submit aplikasinya, tinggal kirim dokumen-nya ke teto saja.

      Delete
  26. halo kak, mau tanya nih kak, kalau kita sudah apply visa di online, dan menyerahkan dokumen ke TETO harus kita sendiri apa bisa di wakilkan kak?
    valenskitheresiakwe@gmail.com ini email aku kak, tolong infonya yah kak, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. say, kl soal visa, bisa diwakilkan kok. kan pas kmu apply visa di online ada kolom untuk diisi pas bagian trakhir tuh, kl memang diwakilkan oleh siapa, tinggal d isi aja.

      Delete
  27. Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D





    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D

    ReplyDelete
  28. ASSALAMUALAIKUM SAYA ATAS NAMA PAK EKO ASAL MAJALENGKA KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI , PESUGIHAN YANG AKI BERIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL (1,5) MILIAR SAYA DAPAT, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNASI DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB KI_SHOLEH_PATI_085_244_669_169_SUPAYA LEBIH JELAS SILAHKAN KLIK-> PESUGIHAN UANG GAIB terima kasih.

    ReplyDelete