Friday, 12 August 2016

Perpanjang STNK di SAMSAT Keliling

Bisa punya motor, bisa punya mobil, tapi ga bisa bayar pajak stnk tahunan tepat waktu? Nanti dimiskinkan loh, bukan lagi sama negara tapi sama Yang di Atas. Biar bagaimanapun, agama juga mengajarkan kita untuk taat bayar pajak toh.

Sebenarnya yang bikin masyarakat malas bayar stnk tepat waktu itu karena pikiran masyarakat yang sudah negatif dengan proses yang berbelit-belit dan lama dalam mengurus suatu dokumen, karena itu pemerintah berusaha sebisa mungkin memperbaiki sistem pemerintahan yang ada saat ini.
Sekarang ada yang namanya SAMSAT keliling, selain itu ada juga SIM keliling. Jadwalnya update tiap hari, langsung cek d web polri aja ya / google. Dengan layanan Ini, masyarakat ga perlu lagi antri ke kantor pusat samsat, cukup cari samsat keliling terdekat dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan. Prosesnya cepet ga sampe 30menit boowww!

Jadi dokumen harus lengkap:
  1. KTP f.c & asli
  2. STNK f.c & asli
  3. BPKB f.c & asli
  4. Duit cash!
Yang wajib di perhatikan adalah, alamat stnk dan ktp harus sama loh yhaaa, kalau ga sama ga bisa. Dia ga akan melayani. 


F.A.Q
?? Kalau ktp & stnk alamatnya sama, tapi yang ngurus perpanjang diwakilkan bagaimana, misalnya anaknya gituh.
!! Bisa, siapkan aja KK f.c (asliny di bawa buat siap-siap) yang membuktikan kalau hubungan si pemilik dan anak memang ada hubungan kelurga. 

?? Kalau sudah lewat dari masa aktifnya stnk gimana tuh. Gosipnya kalau sudah terlambat ga bisa di samsat keliling.
!! Ga masalah, samsat keliling masih terima perpanjangan stnk yang terlambat, tetap bawa dokumen yang diperlukan yah, nanti dendanya akan dihitung langsung.

?? Alamat KTP di jakarta pusat, apakah bisa perpanjang di samsat keliling jakarta barat misalnya.
!! Bisa, asal alamat ktp dan stnk sama, dokumen juga lengkap. 


Jadi pengalaman saya, kemarin terlambat 2-3hari, ktp dan stnk jakarta pusat,sampai di samsat keliling jakarta utara, langsung urus perpanjangan. Prosesnya:
  1. Minta formulir, lalu isi formulirnya, ikuti aja datanya sesuai stnk kamu. Kalau bingung ada petugas yang siap membantu.
  2. Serahkan data2 asli dan foto copy beserta formulir yang susah lengkap terisi ke petugas, petugas akan susun dan cek kelengkapan datanya.
  3. Lalu serahkan ke loket pendaftaran, dan tunggu agar diberikan tanda bukti yang harus dibayarkan.
  4. Siapkan uang dan antri di loket pembayaran, dan bayar. Beres dehhh, selamat STNK anda berhasil diperpanjang. Sampai ketemu tahun depan ya.

Satu hal lagi yang mau saya jelasin, gimana sih itungan denda keterlambatan? Yuk mari saya jelaskan. Di kertas bukti pembayaran stnk tahunan, ada jelas tertulis PKB dan SWDKLLJ. Jadi dendanya juga ada 2 perhitungan.
- Denda PKB per bulan
 PKB x 25% x 1/12
 2.140.000 x 25% x 1/12 = 44.583 IDR
 Tapi kemarin pas bayar ga tau itungnya gimana, denda yang saya bayar tuh 42.800 IDR.
- Denda SWDKLLJ per tahun
 Untuk mobil 100.000 IDR per tahun
 Untuk motor 32.000 IDR per tahun
 Jadi telat 1 hari sama juga tetap dihitung per tahun.

So teman-teman paham yah, lebih baik lebih awal deh bayar, drpd telat, lumayan kan duitnya daripada bayar denda, mending buat jajan. hehehee.....

8 comments:

  1. wah makasih infonya.. pny ku udah telat 2 bulan berarti sama seperti telat 1 thn ya @_@

    Download Film Warcraft

    ReplyDelete
  2. Supaya ga telat lagee, tanggal berlaku STNKnya diubah ke bulan October aje, pasti ga lupa dehh...

    ReplyDelete
  3. Saya bayar di SIM keliling telat 1 bulan, tapi g diterima sama abang2nya.disuruh ke Polda 😪
    Sampe sekarang belom keurus tuh,,sapa suruh orang mau bayar malah dipersulit..dikira saya pengangguran apa 🙄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa broo... kl SIM ga bisa telat kayanya.... ke polda masih bisa kl telat 1 bulan... cm ga bisa d keliling... kl STNK bisa di keliling walaupun sudah telat...

      Delete
  4. mau tanya nih!!!...
    klw alamat stnk sama ktp nya gk sama gmna? soalnya aq beli motor di sorum,.. alamat pemilik pertama kejauhan soalnya,... masih bisa gk bayar di samsat keliling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang perpanjang STNK harus membawa ktp asli, apalagi di samsat keliling, harus bawa ktp asli pemilik yang tertera namanya di STNK.
      Mau ga mau dirimu harus balik nama kl pemilik asal ga mau pinjamkan ktp-nya untuk perpanjangan STNK.

      Delete
  5. Klo cuma punya resi bisa di ganti pake sim gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. resi apa yah? ga paham nih... yang diganti apa? hehehe

      Delete