Wednesday, 23 January 2013

How to Study in Taiwan ?

Mau sekolah bahasa mandarin di taiwan tapi bingung caranya? Nah tulisan ini dibuat untuk bantu teman-teman yang mau urus sendiri ga pake agent, mulai dari pilih-pilih sekolah, daftar, bayar, apply visa, cari kost, sampai menjejakkan kaki di taiwan. Cuma postingnya satu persatu ya. Yang pasti kalau malas cari tau, jangan urus sendiri... Kalau malas ya lewat agent aja :)

Sebelum masuk ke topic utama, saya mau berterima kasih juga kepada http://study-in-taiwan.com/ dimana informasi di sana juga membantu memberi informasi-informasi yang berguna bagi saya. Dan tulisan ini dibuat bukan hasil plagiat, tetapi semuanya berdasarkan pengalaman pribadi.

-PILIH KOTA-
Paling awal itu pilih sekolah. Nah ini nih yang paling ngebingungin. Yg mana ya yang bagus, yang mana yang murah, yang mana ya yang terkenal. Sebelum masuk ke bagian itu, saya saranin pilih dulu mau di kota apa. Paling sering dan paling rame di Taipei (ibukota Taiwan), ga dikit juga d Kaohsiung, atau Taichung, atau Tainan, atau lainnya. Jelasin dikit deh ya.

Biasanya orang pilih Taipei karena maunya d kota besar, dan plg deket di capai kalau dr luar negri. Maksudnya apa? Pesawat mendarat nya rata-rata di Taoyuan Int'l Airport, kalau d jakarta kaya cengkareng kan, dr situ paling deket ke Jakarta di banding ke Bandung Bogor Bekasi kan? Jadi family kadang kl mau jenguk jg ga susah.

Kalau Kaohsiung, ini kota ke2 yang termaju atau teramai atau ter-rapih lah di banding Taipei (kalau saya rasa sih begitu). Banyak orang mau di sini biasanya karena kalau udh pernah ke sini, pasti lgs jatuh hati. Soalnya kelihatan lbh rapih drpd Taipei. Dan lebih mirip kampung halaman kata orang-orang indo. Dan tentu, di sini untuk biaya kehidupan dari kost dll lebih murah dikit lah daripada Taipei. Biasanya ini alternatif orang kalau ga mau di Taipei yang ibukota besar, rame, padat banget. Hehehe...

Tainan, Taichung, Hualien, Chiayi dll itu juga ada yang sekolah di sana. Biasanya dipilih karena alasan lebih suka yang pedalaman, untuk menghindari ketemu orang indo lagi orang indo lagi. Heheheh biar lbh cpt belajar. Dan d sini alias pinggir kota, jelas apa-apa jauh lbh murah dibanding Taipei. Taichung adanya di tengah-tengah pulau, ga gitu jauh ga gitu kota banget, jadi banyak juga yang memilih belajar di sini. Dan hualien itu tempatnya bagus banget! Karena di sana terkenal wisata alamnya yaitu Taroko.

-PILIH SEKOLAH-
Udah tentuin mau di kota apa, saatnya pilih sekolah. Karena di sini fokusnya buat kursus bahasa, jadi kita bahasnya jangan yang universitas ya. Karena saya prakteknya cuma sekolah bahasa. Sekarang cuba buka web nya dulu, ini web yang disediakan oleh pemerintah Taiwan untuk para calon student.


Di web itu kamu ikutin petunjuknya, centang bagian language center nya, artinya kamu cari universitas yang ada sekolah bahasanya. Nanti search, muncul deh semua, dan masing-masing ada alamat website sekolahnya.


Keluar begitu banyak sekolah, pasti bingung. Nah ini tips-nya biar tau mana yang jadi inceran kamu. Yang penting sesuaikan sama budget!! Caranya gmana? Saranku, siapin kertas sama pen, nah siap untuk browsing! Rajin dan bersabar. Harus buka satu demi satu web-nya. Cari web language center nya yah. Karena biasanya untuk language center atau sekolah bahasa, mereka ada web-nya sendiri.

Yang perlu di catat adalah hal yang perlu untuk membandingkan. Biasanya:
-nama sekolah
-biaya per semester
-1 semester brapa bulan (ada yg 3 bulan ada yg 4 bulan)
-1 kali pertemuan berapa jam (ada yg 2 jam ada yg 3 jam)
-biaya registrasi
-biaya buku (kalau dicantumkan)
-biaya asuransi (kalau dicantumkan)
Kalau saranku, langsung totalin 1 tahun kalau mau ambil 1 tahun, atau 9 bulan kalau mau ambil 9 bulan, atau 2 tahun kalau mau ambil 2 tahun. Maksudnya ditotalkan berdasarkan lama kamu mau belajar, jadi ktauan mana yang lebih murah mana yang lebih mahal.

 
Dari sini (kalau bener-bener browsing) akhirnya kamu akan tau dan merasakan (cie elaaaa main perasaan) mana yang kira-kira mau kamu pilih. For info, untuk sekolah bahasa paling murahhhhhh se Taipei (atau bahkan se Taiwan) adalah wenhua atau MLC atau sering juga di sebut chinese culture university  http://mlc.sce.pccu.edu.tw/  Untuk sekolah yang terkenal di kalangan pelajar di Taipei adalah Shida atau NTNU http://web.mtc.ntnu.edu.tw/. Untuk yang terkenal di Taichung (banyak pelajar Indo bersekolah di sini) adalah Feng Cia atau Feng Jia University http://www.clc.fcu.edu.tw/

-DAFTAR SEKOLAH-
Nah, step selanjutnya adalah daftar sekolah dulu. Jadi untuk mengajukan Visa pelajar, kita harus menyertakan admission letter (alias surat penerimaan yang menjelaskan bahwa kita sudah di terima di suatu sekolah tertentu). Tanpa itu kita ga bisa dapat visa pelajar. So? Kita harus daftar sekolah dulu biar dapat admission letter. Hampir seluruh sekolah di Taiwan kalau bisa menerima siswa asing, biasanya semua serba online, jadi kita bisa daftar online. Jadi ga usah ribet bolak-balik buang ongkos tiket pesawat buat ngurus daftar sekolah. Untuk kasus kali ini saya ambil contoh cara daftar sekolah secara online di Wenhua MLC ya.

Jadi langsung masuk ke web MLC  http://mlc.sce.pccu.edu.tw/ , pasti ada pilihan bahasa Inggris, malah kalau banyak siswa dari Indonesia ada pilihan bahasa Indonesia juga.
-pilih menu pendaftaran online
-untuk pertama kali, register atau buat id baru
-isi semua data diri yang perlu di isi (kadang kan dokumen blm lengkap semua, bisa di save dulu, jadi besok-besok lanjutin ga perlu isi dari pertama lagi)
-upload hasil scan dokumen yang diperlukan
-terakhir adalah submit

Setelah berhasil di submit semua dokumen, nanti kurang lebih dalam waktu 1 minggu (apply 7nov, di email 15nov), dia akan email balasannya, apakah diterima atau nggak. Otomatis kalau persyaratan semua terpenuhi, ya harusnya diterima donk!


Waktu itu saya dapat email dari webmaster@sce.pccu.edu.tw. Memberitahukan bahwa kamu diterima dan disuruh bayar sebelum tanggal xxx. Trus ada link yang kalau di klik keluar detail kursus yang kita ambil. Dari link itu kita bisa langsung bayar via credit card.

------------------------------------------------

Satu lagi saya kasih contoh pendaftaran sekolah bahasa di FCU alias FengCia University - Taichung ya. Langsung ke webnya http://www.clc.fcu.edu.tw/,pilih bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
-Masuk ke tab "admissions", pilih menu "requirements".
-Di sini kamu butuh application form, bisa 2 cara mau apply online atau download application form.
-Saya pilih apply online / apply now.
-Isi semua data diri yang perlu di isi.
-Terakhir submit.
Belum selesai sampai di situ, setelah submit, kamu harus mengirim email ke clc@fcu.edu.tw berikut attachment dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Setelah semua berhasil di kirim, kurang lebih dalam waktu max 3hari kerja (waktu itu saya cuma 1x24jam, hari ini kirim besok di balas), dia akan kirim email balasan pemberitahuan bahwa kamu diterima atau nggak, jika diterima kamu disuruh balas email lagi untuk konfirmasi alamat surat menyurat untuk dikirimkan admission letter nya dan konfirmasi bahwa attachment yang sebelumnya kamu kirim itu semua bener informasinya.


Biasanya apa aja sih dokumen yang dibutuhkan? Tergantung sekolahnya, tapi paling umum:
(scanned of Ijazah terakhir)
(scanned of passpor depan dan belakang)
(foto 6 bulan terakhir)
(financial statement 3 bulan terakhir – kalau saya pakai hasil printan e-banking yang udah bahasa inggris, jadi ga usah repot-repot minta financial statement dari bank)
***jangan lupa ya dokumen harus setidaknya bahasa inggris
Kadang ada juga sekolah yang minta tambahan seperti (health certificate - HIV test, study plan, dll).

-CONTOH DOKUMEN-
Kalau diminta study plan, pasti pada bingung dhe. Teorinya study plan itu harus berisi latar belakang kenapa mau belajar mandarin, mau belajar apa aja dan apa aja yang akan kamu lakukan ketika belajar di negara orang, terakhir apa tujuan kamu belajar mandarin dan nantinya kamu mau apa setelah selesai belajar. Daripada panjang lebar, aku kasih contoh study plan ya buatanku ya.


Bank Statement / Financial Statement, banyak univ sekarang mintanya bukan fotocopy tabungan lagi. Sekarang hampir semua ga menerima financial statement berupa f.c buku tabungan. Jadi minta yang bener-bener surat keterangan dari bank yang ada kop surat, cap, dan tanda-tangan bank, and of course must be written in English.

Nah kalau aku apply pakai print-out ebanking, tau sendiri kan sekarang jamannya teknologi. Bisa bahasa inggris pula, so ga rempong. Ni contoh bank statement yang kupakai buat apply, dan 2-2nya lolos. So pasti at least 3 bulan terakhir ya, ini kan contoh jadi sepotong aja.



-ADMISSION LETTER-
Seperti yang sudah pernah disinggung sebelumnya, surat ini penting banget. Nah admission letter ini harus kamu simpan baik-baik, karena surat ini adalah syarat utama untuk mengajukan visa student. Tanpa surat sakti ini, dijamin ga lolos deh visa studentnya.

Nah untuk surat penerimaan alias admission letter, nantinya sekolah yang akan ngasih suratnya tanpa harus bayar dulu sepserpun termasuk biaya kirim surat, tapi ada juga yang mengharuskan kita bayar dulu baru dapat admission letternya.

Kalau kasus feng cia university-taichung dan national cengkung university-tainan, suratnya di kirim tanpa harus bayar dulu. Lain halnya dengan wen-hua taipei dimana kita harus bayar dulu baru bole dapat suratnya. Sepertinya untuk universitas-universitas prosesnya seperti itu semua deh (admission letter segera dikirim begitu sudah confirm, tanpa harus bayar dulu). Kalau wen-hua kan special language center, bukan university dan biayanya jauh lebih murah, jadi beda pelayanan mungkin :)


Nantinya surat itu bisa kamu terima lewat post. Jadi sekolah akan kirimin surat admission-nya lewat post. Biasa waktu nya 2-4minggu sampai ke rumah kalian. Jadi semua nya serba praktis, ga perlu yg namanya survey-surveyan bolak balik buang ongkos psawat.

-APPLY VISA STUDENT SEKOLAH BAHASA TAIWAN-
Sudah terima admisson letternya, skrg sudah boleh apply visa student ke kedutaan. Proses apply visa untuk sekolah bahasa pada umumnya sama saja dengan visa tourist, cuma di tambah interview (kl visa kunjungan wisata kan ga pake interview). Sebenarnya semua persyaratan sudah bisa cek di web TETO Indonesia, dari situ sudah lengkapppp kap kapp kapp... http://www.roc-taiwan.org/

Jadi pertama isi form online, dan kita tetep isinya apply visa visitor, jgn yang resident, namun tujuannya tulis mau study bahasa. Mau single atau multiple tergantung kamunya, kl mmg rencana bolak balik ya apply multiple. Tapi perlu di ingat, untuk yang pertama kali apply visa (sblmnya blm pernah apply visa taiwan), disarankan ambil yg single entry aja krn untuk multiple chance nya lebih sulit, drpd di reject kan tuh. Trus untuk alamat tempat tinggal di taiwan, kalau belum tau di mana, isi saja nama dan alamat sekolah bahasa yang kita apply.

Print form online yang sudah selesai di isi, dan siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
Waktu penyerahan passpor sama waktunya, senin-jumat jam 8:30-11:30.
Terus nanti akan di suruh datang interview, waktunya senin/kamis jam 14:00.
Selesai interview, besoknya di suruh balik lagi jam 13:30-16:00 buat ambil passpor dan dokumen lainnya.
Pada saat penyerahan passpor, kamu akan di kasih nomor urut untuk nantinya interview dan ambil balik dokumen kamu.

-INTERVIEW-
Apa aja yang di tanya? Kalau udh denger kata interview pasti udh dagdigdug tegang duluan deh. Tenang saja, sebenarnya kalau kamu jelas tujuannya, dokumennya lengkap dan benar, ga perlu kuatir. Karena tujuan kita kan sungguh2 mau belajar, bukan mau jadi orang illegal kan.

Suasanya interview biasanya ada 2 orang, yang pertama orang taiwan asli yang bisa bahasa mandarin dan inggris, kemudian ada seorang lagi yang membantu menterjemahkan. Jadi ga perlu bingung mau pake bahasa apa. Kalau mau bahasa inggris ya oke, indo ya oke juga, campur sari juga oke.

Jadi pada saat datang, kasih tau petugas informasi paling depan, bahwa kamu sudah janji interview visa student. Nanti isi formulir kecil, duduk deh nunggu di panggil. Apa saja yang biasa di tanya sih? Nah ini yang paling di tunggu2.

• kenapa kamu mau belajar mandarin di taiwan • kok kamu bisa pilih sekolah yg ini? • rencana berapa lama nanti mau stay di taiwan • sudah tau mau tinggal di mana? • gimana cara kamu ngomong sama pemilik kost secara kamu ga bisa bahasa mandarin? • orang tua kerja apa? • berapa penghasilan/omzet ortu per bulan? (kalau ortu yg sponsorin) • sudah pernah bekerja di mana saja? (kalau sudah lulus sarjana dan sudah pernah bekerja) • kerjanya ngapain? • dulu sekolah ambil jurusan apa?

Kurang lebih seperti itu, tapi tenang saja, yang interview baik kok, di bawa santai saja, setelah melewati tahap interview baru deh sadar, ternyata seperti ngobrol biasa. Kaya di ajak kenalan, walaupun pada awalnya kita gugup pasti. Wajah jg ga judes-judes (kaya orang imigrasi), alias sopan dan murah senyum.

Sejujurnya tujuan interview untuk mengenal si pemohon visa, apakah niatnya bener-bener sekolah apa mau ngapain. Kalau kita sungguh-sungguh memang niatnya murni belajar, harusnya semua lancar. Tentu dengan persyaratan dokumen yang benar, lengkap, dan akurat. Kan kalau orang mau ngebohong malah ketauan tuh gerak geriknya sama jawabannya terlalu berlebihan apa gmana.

276 comments:

  1. bro gw jga rencana mau ngambil skolah bahasa di ntnu dan skrg sdh sampe tahap menunggu admision letternya tp sangat2 lama e.. khawatir gak sempat urus visa.. btw bro bsa bantu suggest untuk msalah tempat tinggal dan buka rekening bank disna pake bank apa ya?

    ReplyDelete
  2. Halo... :)
    Wah memang nunggu admission letter agak lama, soalnya pake pos gitu kan, 2-3minggu biasanya. Mustinya apply lebih awal. Cuma harusnya bisa.

    Kalaupun agak telat datangnya, biasanya sekolah bahasa akan tetap terima kamu, tapi kmu jangan lupa email kasih tau skulnya kl kmu akan telat datang.

    Untuk buka rekening bank gampang banget, ngomong2 udah d atas 18tahun kan? Biasanya untuk urusan buka bank, di language center bisa bantu kasih tau/ajarin. Karena mayoritas murid language center pastinya warga negara asing, jadi mereka udah paham kesulitan-kesulitan kita.

    Untuk tempat tinggal, ini agak susah sih, jujur aja. Soalnya kadang di foto ga sama aslinya, jadi harus visit kan. Lebih enak kalau ada family atau sodara. NTNU di taipei ga ada dorm ya?

    ReplyDelete
  3. mau tanya itu kalau lum bisa bahasanya apa bisa belajar disono y??

    ReplyDelete
  4. hey mau tanya kalau lum bisa bahasa mandarinnya itu bisa gak y klau kita mau belajar bahasa disno langsung???

    ReplyDelete
  5. Bisa dong pastinya.
    Dr lv 1 mulai. Smua bisa :)

    ReplyDelete
  6. Hello!
    Jujur blog ini ngebantu banget sih hehehe aku niat awal pake agen, akhirnya buka2 websitenya sendiri :D
    Nah ternyata ini masalah tempat tinggal yg masih sulit aku temuin
    Pertama di NTNU gak sedia dorm untuk mhhswa yang cuma mau sekolah bahasa mandarin disana, terus aku cb buka MLC, mereka juga ternyata gak punya dorm mahasiswa. Untuk tempat tinggal mereka kasi referensi homestay atau budgeted hotel. Aku prefer budgeted hotel sih, tp kenapa harganya mahal ya? Pdhl temen aku cerita kl kontrakan2 disana prr bulan cm NT6000 -NT 10000. Boleh bantu sarannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Budget hotel berarti hotel tp murah, jd semurah-murahnya hotel tentu beda price dengan kost/kontrakan so pasti.
      Nah untuk masalah tempat tinggal nih, ini sebabnya knapa akhirnya saya milih di Taichung FengJia, soalnya ada dorm! Hahahah apalagi buat yg first time dateng tanpa temen yang udh duluan di sini, dorm dr skul sangt diperlukan memang.
      Oke, saran aku, cuba buka web 591.com.tw pake google chrome, d situ kamu bisa liat-liat plan-plan pahami kalau sekolah kamu di daerah mana, cari yang deket.

      Kalau hasil pengalaman pribadi, web 591 di foto dengan aslinya 90-99% persis. Jadi oke lah, trus kamu bisa cuba tell dr indo, kalau ada temen d indo atau family bisa ngomong mandarin minta bantuin telp. Kan telp dr indo ke taiwan murah pake xl apa three apa as murah deh.

      Oh ya, kan kmu pasti ga mau yg byk org indo kan, di FCU jg ga banyak-banyak amat kok, sebenernya banyak westerner jg, jd kl mmg dtg niatnya improve mandarin bener-bener, jangan terlalu sering hang out bareng orang indo :) jadi tergantung kitanya jg, jadi jgn kuatir soal banyak orang indo apa nggak.

      Dan biasanya orang indo yang selalu nongkrong bareng sama orang indo, biasanya ya krn mereka dr Indo bareng pake satu agency.

      Delete
  7. Thank you banget buat sharingnya..sangat membantu..mau tanya dong, di application form kan ditanya application date, itu tanggal pas kita apply visa ato pas kita isi online ya?trus klo kita salah isi and udah keburu jadi bole ulang lagi ga ya?thank you

    ReplyDelete
  8. application date itu nanti keisi otomatis, pas kita submit. itu tanggal kita submit online.
    waduh jgn sampe salah isi dong... kan ini apply visa bukan main-main. cuba kl salah isi buat ulang deh, dia mau trima ga sistem onlinenya. semoga aja bisa.

    ReplyDelete
  9. Asli lengkap bgt.
    Thanks abudently....

    ReplyDelete
  10. thanks utk info2nya...best...

    ReplyDelete
  11. Bro..tny dong..utk kelas maret, pendaftaran hrs sblm kapan ya bro? Dr sejak isi form pendaftaran sampai dpt visa wkt brp lama yah?thanks infonya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa plg lambat pendaftaran 2-1minggu sblm kelas d mulai, tiap skul beda, mesti liat websitenya pasti d jelasin.

      Tp mendingan pagian, kl bisa 1stengah bulan sblm kelas d mulai dah daftar, krn surat penerimaan dr taiwan d kirim ke indo butuh waktu 2-3minggu baru sampe d indo.

      Blum lgi proses visa 3-5hari. Trus pastinya nyiapin dokumen yang kayanya mudah ternyata makan waktu. Lbh awal lebih baik :)

      Delete
  12. Bro, utk financial statement kalo berupa deposito gmn ya? Thanks before..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga masalah, yg penting statement nya resmi dr bank, minta bank kluarin statement yg ada kop surat sama cap gitu.

      Delete
    2. Thankyou bro bt jwbnnya. Utk dokumen spt ijazah perlu dilegalisirkan dl di teto ngga ya? Lalu utk pembyrn uang sekolah, lgsg bayar dl utk 3 bln ya bro?

      Delete
    3. Ijasah copy aja sama aslinya d bawa. Ga perlu legalisir,kecuali mau study univ gitu. Hhehee kl study bahasa ndak ribet kok.

      Untuk uang skul, bayarnya lgs 3 bulan tp bayarnya nanti pas kmu sudah d taiwan.

      Delete
    4. Bro, seandainya mau dftr utk kelas maret 14 dan misal bulan november admission letter udh dapet, ajukan visa nya kapan ya? Denger2 visa cm berlaku 60 hari dl ya..brarti baru ajukan visa bln februari 14? trs tiket pp taiwan apa prl disiapkan dulu sblm apply visa? Enak apply utk single entry atau multiple entry ya? Untuk financial statement jika berupa deposito baru saya masukkan dana nya bulan ini gmn yah apa bs?Thank you broo

      Delete
    5. kmu mau skul bahasa kan? kl skul bahasa blm bisa multiple entry, temen baru-baru ini udah pernah tanya, dan TETO bilang student bahasa ga bisa multiple entry walaupun udah pernah ke taiwan bolak balik.

      untuk tiket, blakangan saja kl sudah dapat visanya baru bli tiket psawat.

      mmm, kl untuk kelas maret kamu applynya bulan feb saja, kl bulan nov kepagian.
      dan betul, masa berlaku visa 60hari semenjak d keluarkan, jadi misal visa kamu keluar tgl 10, maka kmu harus ke taiwan dalam waktu 60hari ke depan dari tanggal visa di keluarkan, kalau ndak visa kmu hangus.

      untuk deposito, kl kmu bulan feb br apply visa, harusnya masih ada waktu kan uangnya di endepin 1-2bulan. lebih baik di endepin uangnya 2-3bulan, dan financial statementnya keliatan uangnya sudah ada 2-3bulan lebih baik.

      Delete
  13. Halo.. utk d feng chia kalo dftr dokumen cm dikirim by email ya?
    di feng chia enak gak? Byk org indo? Rata2 di sana yg belajar mandarin umur brp bro?thanks so much

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, lewat email aja, dari fengchia fast response kok by email. enak atau tidak relatif yah :) smua namanya jauh dari rumah pasti ada ga enaknya ada enaknya... segala umur ada, ada yg sudah married, ada yang sudah punya anak, ada yang baru lulusan sma...

      Delete
  14. thanks bgt atas info nya sgt membantu sekali.

    cuma saya mau tanya bebrapa hal, boleh ya :
    1. kalau mau belajar bahasa mandarin saja, apakah ada beasiswa nya?
    2. di feng jia dpt dorm walaupun cm bljr mandarin? brp?
    3. wenhua bukan univ ya? knp bs disebut chinese culture univ?
    4. biaya hidup disana /bln kira2 brp ya, dari murah-mahal?

    pengen belajar kesana sih, cm masih kmplin info2 nih soal language center nya, biaya disana dan tempat tinggal.

    mohon info nya ya
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung jawab yah.
      1. ada, beasiswa ada dari sekolah dan dari pemerintah. untuk dr pemerintah ada pendaftaran setahun sekali. kalau dari sekolah tergantung masing-masing sekolah, paling baik kamu cek di web sekolah masing-masing.
      2. di fengcia justru dapat dorm untuk siswa yang baru pertama kali, tapi semester selanjutnya diusahakan kmu sudah cari tempat tinggal sendiri lagi, karena dia mengutamakan untuk pelajar baru yang sama skali blum mengerti bahasa mandarin dan kesulitan mencari tempat tinggal. sebulan sekitar 2600-2800nt untuk dorm, blum termasuk biaya listrik yang di bayarkan sesuai pemakaian, dan kalau sekamar ber2, jadi bayarnya dibagi 2.
      3. eh, kl ternyata dia univ ya berarti univ. hehehe saya kurang tau juga sih, selama ini taunya dia hanya sebuah pusat untuk belajar mandarin ^_^ sorru yah kl ternyata info mengenai wenhua salah.
      4. biaya hidup yah, mari aku jabarkan.
      tempat tinggal 3500nt-8000nt/bln
      listrik air gas 500nt-2000nt/bln
      skali makan antara 60nt-250nt jg ada, tergantung kamu lagi mau makan sederhana atau yang mewah dikit, kamu makan sehari brapa kali :)

      masih ada biaya lain-lain pastinya, seperti transport, pulsa handphone.

      Delete
  15. hallo..mau nanya donk..
    untuk sekolah bahasa ga boleh apply multiple visa yah?
    jadi kalo udh dua bulan skolah bahasa,,ada perlu harus pulang indo harus apply ulang visa sekolah bahsa yah?
    ada cara lain ga??
    mohon infonya..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sekolah bahasa memang tidak bisa multiple visa stau saya yah, kmrn itu sdh pernah d tanyakan walaupun kita sudah bilang ada saudara mau nikah.

      Jadi kl sudah 2bulan skul, dan mau pulang indo, nanti pas kembali ke taiwan harus urus visa kembali. Memang sudah gitu prosedurnya. Namun ga perlu kuatir, untuk proses visa kedua, tidak pakai interview, cukup masukkan data dan passpor, 3hari kemudian visa keluar.

      Delete
  16. hai kak blog ini bener2 ngebantu banget infonya heheh thankyou.
    Btw aku mau nanya2 nih, rencana mau sekolah bahasa di taiwan habis lulus SMA baru lanjut univ.
    Kira2 sekolah bahasa yang bagus dan terjangkau itu dimana ya?
    kalo sekolah bahasa di wen hua atau feng cia kisaran brp ya harganya?
    kalo aku bener2 bljr dr nol bisa ga ya?
    Oia kak boleh minta contact nya ngga? hehe mau nanya nanya kalo boleh;)

    Btw thanks yaaa buat infonya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Denger rencana kamu, kl boleh saran kmu skalian ambil s1 nya d taiwan, jgn lama2 blajar bahasa trus balik indo lanjut univ. Atau nggak s1 dulu d indo, baru blajar bahasa d taiwan. Kalau ndak kmu ga pegang ijasah apa2 loh, cuma tamatan sma, dan nanti biasa temen2 yang baru lulus sma ke taiwan blajar bahasa, lalu balik indo pada males kuliah lagi. Tapi semuanya kembali ke kamu, mana yang baik mnurut kmu saja. Aku cm saranin. Heeehee

      Contact yah boleh, cuba by email dulu yah, aku balas email cepat kok, jgn d publik :)

      Semua banyak yg nanya, kl ga bs sama skali apa mungkin bisa? Jawabannya bisa! Gurunya akan ajarin kmu dr basic, dari 0, jd dont worry. Yang penting niat saja.

      Untuk price, wenhua lbh murah tapi living cost mahal nya jauh lbh mahal daripada di taichung (fengchia). Cuba plan2 d bandingin dari harga sekolah, lalu harga kost, makan dan transport.

      Delete
  17. Hehe iya kak maksutnya abs dr sekolah bahasa disana mau lanjut kuliah disana juga, kalo di indo sama juga boong haha:p
    Jadi makin yakin aja buat kesana nih hehe thanks kk.
    Btw wenhua kok webnya bahasa mandarin semua aku jadi nga ngerti kak buat cek nya:( itu di letak sekolahnya persis di taipei ya?

    btw thankss for info yakk hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap wenhua lokasinya di taipei... ada bahasa inggrisnya kok, cuba kamu liat plan2 webnya... dia biasa ada pilihan untuk ubah bahasa.... email kmu nggak ku publish ya, kl ada yg penting by email boleh....

      Delete
  18. jadi pingin belajar ke taiwan ^^
    kalau misalnya beasiswa pemerintah taiwan itu , daftarnya sekolah dulu atau beasiswa pemerintah dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar sekolahnya itu mudah, yg penting daftar beasiswa pemerintah taiwanya terlebih dahulu...:)

      Delete
  19. haii...
    mau tanya aku ada rencana abil d2 di taiwan jurusan ke bagian hospitality ato bakery. kira" ada recomend skola yang bagus ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang gitu paham yg bagus d mana, tp untung d taichung ada di tunghai university, cuba d google google yah.

      Delete
  20. Halo... mo minta pendapatnya dong. Dulu aku pernah ambil degree di shanghai. Tapi international class so mandarinnya gak terasah. Yah, kira2 hsk level 2 or 3 aja. Basic banget. Mau melancarkan mandarin tp bingung antara ke taiwan atau balik ke china. Kira2 better aku ke mana yah?
    Itu kalu belajar mandarin di taiwan, ujiannya hsk atau yg lain yah? Setahu aku, hsk kan simplified dan taiwan traditional characters.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Taiwan test standarisasi bahasa mandarinnya namanya TOCFL...
      Cuba kamu main ke Taiwan dl 2-3minggu, liat lebih betah d mana, setidaknya kan kmu masih bisa basic, jadi bisa lah hidup d taiwan 2-3minggu nyobain.... hehehe

      Kata orang-orang kl mau blajar mandarin di china bagus dalam pengucapannya, lebih tepat.... tapi kl incer uang sambilan, ya ke Taiwan....
      Kamunya rajin ndak? heheheh
      Mungkin ada yang mikir, ke Taiwan lbh ada peluang kerja sambilan, tp kl orngnya aga malas jg, sama aja boong...

      Delete
  21. Sorry, mau nanya. Kalau seandainya sekarang baru apply buat sekolah bahasanya, kira2 masih bisa gak ya? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang masih keburu, jadi harus gerak cepet dikit, paling penting pertama daftar sekolah dulu karena surat undangan dr sekolah dikirimnya bisa 2-3minggu, sekarang kan bulan agustus yah, biasanya agustus akhir adalah waktunya habis semester, september awal mulai semester baru....

      kalau cepetan di urus masih keburu harusnya....

      Delete
  22. Numpang nanya dong.. kita klo mw daftar univ kan dokumen hrs d translate tempat translatenya tuh dmn y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih ada kenalan, semacam calo tukang urus-urus dokumen.... heheheh itu jg dikenalin temen... soalnya kl nyari sendiri biasanya harganya lebih mahal....
      atau nggak, kamu ke teto deh, di situ ada satpam kan, biasa satpam kenal tuh orang-orang yg bisa bantu dokumen-dokumen...

      Delete
  23. mau tanya nih agan bazket
    untuk program d2 di feng chia apa sama dengan sekolah bahasa yang dimaksud ?
    jadi d2 = skolah bahasa atau beda ya ?
    trimss

    ReplyDelete
    Replies
    1. D2 dan sekolah bahasa beda loh.... kl sekolah bahasa itu khusus belajar bahasa mandarin (baca tulis denger ngomong), kl program D2 tergantung ambil program apa.... kl belajar bahasa, dapat sertifikatnya semacam sertifikat kursus...

      Delete
  24. oo begitu, soalnya saya ditawarin untuk ambil D2 yang kejuruan (padahal saya tidak bisa mandarin sama sekali).
    apa bisa ya kira2 bisa jago mandarin sampai sana ?
    mau tanya juga apakah sekolah D2 sprti di feng jia, ming chuan semua murid asing atau ada murid lokal dari taiwan sendiri ?
    trimss

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau D2 biasanya campur sama org lokal taiwan dan murid asing, tergantung dia punya program internasional apa bukan, kl bkn international berarti bahasa pengantarnya pakai mandarin, harus berusaha lbh keras lagi karena blajar mandarin jg selain belajar pelajaran pokok.
      walaupun kamu ga bisa bahasa mandarin sama skali, asal kmu niat, pasti bisa.

      Delete
  25. hai mau tanya ni, kaloau saya mau sekolah di TW dan mau buka bank bagusan pakai bank apa ya?

    ReplyDelete
  26. Maksudnya bank di Taiwannya? kl bank di Taiwan itu kan smua sama, ga ada potongan admin tiap bulan, tapi jg ga ada bunga (ada sih bunga, tapi kecil bangetttt mungkin 6 bulan skali baru dapet bunganya). Cuma saya sih recommend bank china trust, karena tiap 7-11 biasanya ada mesin atm bank china trust, jd lebih praktis kl kemana-mana.

    ReplyDelete
  27. ia untuk buka rekening bank gitu. apa aja si yang biasa diperluin unutk buat rek. bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena kmu pelajar dan baru tiba di Taiwan,otomatis belum punya arc kan, kamu musti siapin nomor arc walaupun kmu blm punya arc, nomor arc itu bisa di dapat di kantor imigrasi taiwan, caranya bawa data diri kamu ke imigrasi trus bilang mau buka bank di taiwan, nanti dia akan buatin semacam surat pengantar yg isinya ada nomor arc sementara kmu, dengan kertas surat pengantar itu sudah bisa buka rekening.

      jadi bawa surat pengantar itu sama passpor sama uang buat buka bank pertama (500-1000nt juga cukup), dan ke bank deh.

      Delete
  28. Hallo, mau tanya dong...
    Aku kan mau sekolah bahasa di NTNU mtc, nah lagi binggung sama tempat tinggalny... menurut kamu, lbih bagus aku liat lsg ke t4 ny ato harus wanti2 dulu dari sekarang? Rencana mw ambil musim dinginnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya wanti-wanti gimana nih neng? kl ada asrama lbh baik kmu ambil asrama dl, nah ini kmu harus wanti-wanti sama sekolah untuk menyiapkan tempat untuk kmu, hehehe.

      Tapi kl mau cari kost sendiri di luar, kmu bisa cuba cek di http://www.591.com.tw/ untuk lihat-lihat sebagai patokan, tapi untuk pelaksanaannya pun kmu harus ke lokasi liat lalu kasih dp atau uang sewanya ke landlord, kalau blm kasih uang atau dp biasanya landlord nya ga akan tungguin tu kamar buat kamu, kan landlord jg pasti takut kita ga jadi sewa pdhl udah d tunggu2in. Tapi ga ada salahnya di bicarakan dengan landlord, siapa tau dia mau tungguin.

      Sebaiknya ke lokasi langsung, janjian sama landlord bilang mau liat kamar, di gambar kadang ga sesuai sama imajinasi kita, tapi sesuai pengalaman saya, website 591 itu 90% sesuai dengan aslinya.

      Delete
  29. financial statement itu sama gk dengn deposito? masih bingung dgn yg ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. financial statement intinya menunjukkan ekonomi kamu...
      jadi boleh berbentuk deposito, boleh berbentuk tabungan....
      yang penting harus tercetak nama kmu atau ortu kamu, lalu total tabungan atau deposito dari 3 bulan trakhir sampai yang terbaru....

      Delete
  30. Haloo broo..
    Bisa di bantu gak cara2 apply beasiswa di univ taiwan?
    Bgg nih antara lanjut s2(mba) atau ambil sekolah bahasa saja, mana lebih murah yah?(personal Budgeted)
    Soo, menurut kamu tempatvyg recomended apa yah yg murah tp gak murahan? Feng chia atau wenhua?
    Apakah bisa part time di deket fengchia?
    Apakah ada mrt di feng chia?
    Thanks banget broo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beasiswa ada dr pemerintah dan ada dari sekolah, kl dr pemerintah tiap tahun di buka 1kali, ada waktunya (biasanya harus daftar sampai sebelum maret)
      cuba cek di http://www.roc-taiwan.org/ID/lp.asp?ctNode=11022&CtUnit=1034&BaseDSD=7&mp=292

      kalau biaya pasti lebih murah sekolah bahasa, karena sekolah bahasa kan per semester 3 bulan, ga terikat, sekolahnya sehari hanya 2-3 jam.
      Kl living cost jelas lebih murah di feng chia (taichung), kalau wenhua (taipei) pastinya apa-apa jauh lebih mahal.
      Part time di mana-mana bisa, asal niat, cuma harus tau ya, part time itu illegal kl tidak punya ijin part time.
      MRT hanya ada di Taipei dan Kaohsiung, untuk di taichung sementara lgi dalam proses pembangungan, blm kelar... kemana-mana naik bus jg lebih hemat drpada mrt....

      pastinya apa-apa lebih murah di taichung, secara di taichung naik bus aja 8KM masih gratis, biaya kost lebih murah, makanan jg lebih murah....

      Delete
  31. Haiii ka..trimakasih.. info nya sangat membantu banget...bantu dong ka... sy rencana mau masukin anak saya ke SMA disana.. untuk tembus kesana sulit ga yaa ? Mahal ga ya ? Kira2 biaya hidup perbulan plus biaya sekolah brp yaa ? Ada asrama kah ? Maap ya pertanyaan nya banyak banget.. makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, ga semua SMA di sini bisa menerima siswa/i internasional, jd harus pastikan dulu sekolahnya....

      Selanjutnya setelah masuk SMA apakah berencana kuliah di Taiwan juga? karena ada pengalaman yang sekolahin anaknya SMA di Taiwan, trus tamat SMA pulang indo ga lanjut kuliah, percuma, di Indo kerja tetep pendidikannya hanya dinilai tamatan SMA, paling kelebihan bahasa mandarin, jadinya susah jg kerja karena cuma tamatan SMA. Kalau recana lanjut kuliah jg di Taiwan ga masalah, ada jg pendapat lebih baik SMA nya biarkan di Indo, kuliah di Taiwan baru masuk hitungan untuk masa depan kerja nya.

      Biasanya SMA ataupun kuliah ada asrama yang disediakan sekolah, karena pasti jangka panjang, dan asrama dari sekolah biasa lebih murah drpd kost sendiri di luar.

      Mahal/Tidak? biasanya di Taiwan untuk biaya sekolah ada standarnya, jadi kurang lebih sama, paling beda dikit-dikit, yang jadi pertanyaan adalah biaya hidup... cuba cari tau dl sekolah yang trima siswa/i internasional, lalu br liat biaya per semester brapa....

      Biaya hidup, tergantung kota tempat tinggalnya, dan kebiasaan si anak, apakah boros atau bisa berhemat, yang paling penting di kasih budget agar tidak lepas kontrol. Kalau sudah tau di kota mana, bisa di perkiraan biaya hidupnya....

      Tembus ke Taiwan, tidak sulit asal semua lengkap dokumen yang diperlukan, dan jelas tujuannya bener-bener untuk sekolah. Yang dibutuhkan adalah waktu... hehehe atur waktu daftarnya, jangan sampe telat, kl telat akhirnya musti nunggu semester depannya, akhirnya anaknya nganggur ga sekolah...

      Delete
  32. ka aku rencana kuliah di taiwan dan lagi cari tau untuk formulir bank pelajar disana untuk aku pelajari dulu, bisa dikasih link atau contoh
    mohon bantuannya ya ka thankkyou^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya formulir untuk buka rekening bank atau gmana yah say? kurang paham nih... :)

      Delete
    2. formulir buka rekening bank ka

      Delete
  33. Hi there, thanks a lot before untuk blog nya. Very helpful and useful!

    Mau tanya terkait dengan daftar visa nya,
    1. Pendaftaran visa itu langsung otomatis ke submit online? nanti tinggal dapet info waktu interview aja? atau tetap kita harus print dan kita ke TETO baru dapat jadwal interview? Jadi, tombol submit itu untuk apa yah?
    2. Berarti in total kita akan 3x ke TETO yah (menurut blog): pertama untuk menyerahkan paspor, kedua untuk interview, ketiga untuk mengambil visa dan paspornya?
    3. Jadwal interview keluar kira-kira berapa lama setelah penyerahan paspor? ga mungkin interview pada hari yang sama yah?

    thanks a lot!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii~~ langsung aja dijawab yah...
      1. habis submit online, tetap harus print dan serahkan formulir pendaftaran beserta dokumen yang diperlukan ke TETO, nanti baru dapat jadwal interview. Jadi tombol sumbit, intinya kamu sudah daftar online. hahahaha mungkin mempermudah mreka untuk dokumentasi kali, jadi ga usah ketik-ketik lg.
      2. iyah, kl ada interview total 3 kali. Kalau pertama kali daftar sekolah, pasti ada interview.
      3. pada saat nyerahkan passpor, langsung di kasih tau hari apa datang interview (senin atau kamis), rasanya tidak bisa langsung daftar langsung interview, kecuali urgent dan bayar yang express (biayanya lebih mahal). Boleh telpon ke TETO untuk tanya lbih jelasnya.

      Delete
    2. Hi, baru liat balesannya. thanks alot sebelumnya..

      untuk 1 dan 2 sudah sangat jelas.
      untuk no 3, siaaapp! well noted! soalnya saya berangkat 21, lalu rencana mau buat tanggal 10 (Rabu) nanti, takut ga keburu. kalo bikin lama2, nanti visa nya takut keburu hangus duluan. hehe

      Delete
    3. oh ya ko, mau tanya, apa perlu surat referensi dari bank?

      Delete
    4. Hai... tgl 10 feb aplikasi visa, tgl 21 terbang keburu kok... dan visanya akan berlaku 3 bulan kok, jadi ga usah kuatir visanya keburu angus... hehehe ngomong-ngomong rencana ke mana sekolahnya?
      surat referensi apa nih? yg perlu adalah bukti keuangan loh... kl referensi bank jg boleh intinya menunjukkan dana di dalamnya brapa.... hehehe

      Delete
    5. siap. will report back to you tomorrow hehe.
      doakan saya semoga interview bs dapet hari kamis ini saja, jadi langsung selesai.

      bakal ke NTU ko :p

      Delete
    6. anw, blog nya sangat berguna, dan krn moderator nya respond well bikin tambah helpful.

      sabar2 yah ko atas semua pertanyaan yang diajukan (karena maybe bs lebih dari 1-2x)

      gong xi gong xi!

      Delete
    7. hi melia!!! Gong Xi Fa Cai to you too~~~ Happy CNY!
      Hari ini interview yah? hehehehe TETO ga libur panjang yah, kl di Taiwan smua lagi libur sampai hari minggu, kaya di Indo libur lebaran aja.
      Boleh share kl ada pertanyaan yg agak aneh... buat temen-temen lainnya persiapan... hehehe....
      Semoga lancar, dan even its too early, but welcome to Taiwan!! :D

      Delete
  34. kak,mao nanya kalao ga punya ijazah, bisa ga sekolah mandarin di sekolah bahasa di fengjia.? makasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu ijasah sma atau smp atau sd ga punya?

      Delete
  35. TQ Kak atas reviewnya...
    nih saya sedang bingung antara feng jia atau national chung hsing untuk sekolah bahasa..
    kira-kira dimana yah, kalau saya mau mencoba kerja part time juga...
    ada kenalan tempat kos daerah sana gak?
    boleh minta email kk agar lebih gampang berkomunikasi...

    Thank you...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl kerja pasti peluangnya banyakan di pasar malam, dan di feng jia ada pasar malam, begitu juga di chung hsing, tapi kl pasar malam lebih besar di feng jia. jadi jawabannya adalah, 2-2nya ada peluang, asal ada niat, dan ga ragu-ragu (kerja apapun dijalanin).
      kl kenalan tempat kost, sy taunya di fengjia, ada beberapa lumayan bersih dan murah.

      Delete
    2. Feng jia saya belom apply karena masih belom sempat medical check up..
      di feng jia kira2 berapa NTD yah kak untuk kosan? karena katanya gak disediakan dorm yah untuk FCU CLC...sumpah ini galau di antara 2 univ aja sih, Feng Chia atau Chung Hsing, butuh pencerahan kk sepertinya hahha....kk skg di taiwan apa di indo?

      Delete
    3. ohhh iyaa, sekarang feng jia harus medical tbc, soalnya dulu ada yg kena TBC bawa dari negara asalnya masuk Taiwan, trus blakangan baru ketauan, alhasil semua student yang sekolah bahasa musti medical ulang takut ketularan. repotttt....

      untuk kost daerah feng jia skitar 3500-4000NTD per bulan, udah kamar mandi dalam. dulu di FCU disediain dorm, tp skrg udah ga ada lagi, soalnya di utamakan untuk pelajar university.

      jgn galau... hehehe dr segi biaya di chung hsing brapa 1 semester (berapa bulan dan berapa jam belajar nya?) kl di fcu boleh cari sy... ^_^
      anyway, udah ada basic mandarin blm kmu?

      Delete
  36. kak mau tanya ada recomend sekolah bahasa di daerah dekat keelung? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga semua sekolah atau kampus ada language center/sekolah bahasa loh...
      cuba di cek dulu di sini, http://english.moe.gov.tw/ct.asp?xItem=14462&CtNode=11424&mp=1
      itu daftar sekolah bahasa / language center di seluruh Taiwan.

      Delete
  37. oke thanks..kalau sekolah D2 apa harus lancar bahasa mandarin baru bisa sekolah D2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl ada internasional nya, kira-kira 80% pakai bahasa inggris, nah sisanya ya tetap hrs berusaha belahar mandarin, namanya jg di Taiwan. Biasanya kampus ada siapin kursus mandarin yang basic.

      Delete
  38. Hi, mau tanya, gw ada rencana buat ambil sekolah mandarin di Taiwan pertengahan taun ini, gw ada baca" katanya sekarang udah ga bisa kerja part time ya, karena ada peraturan pemerintahnya, tolong konfirmasinya. trus kalo saya ada rencana abis sekolah bahasa trus tinggal di sana bisa ga ya? tolong infonya, thanks!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, sekalian bro, deket wen hua ada tung hai kan ya? ada temen ngomong di situ lumayan, boleh infonya bro... Thanks!!

      Delete
    2. Dari dulu sudah ada peraturan pemerintah kalau pelajar asing tidak boleh kerja sambilan (kecuali sudah sekolah 6 bulan untuk mahasiswa yg kuliah dengan nilai rata-rata mencukupi, atau sudah sekolah 1 tahun untuk mahasiswa yang sekolah bahasa dengan nilai rata-rata mencukupi).
      Tidak ada perubahan sampai sekarang ini.

      Wen hua itu adalah nama sekolah yang lokasinya di Taipei, sedangkan Tung Hai adalah nama sekolah yang lokasinya di Taichung... mungkin pertanyaannya salah ketik, cuba di cek lagi... hehehe

      Info apa nih yg diperlukan? untuk biaya bisa langsung cek di web nya masing-masing...

      Delete
    3. iya bro salah, maksudnya fengjia sama tung hai...

      Delete
    4. iya fengjia sama tunghai deket ... heheheh

      Delete
  39. hai...gua mau nanya...di fengchia uni ,asramanya kamar mandinya bener kamar mandi dalam yah? gua kalo jadi bulan 2 berangkat buas d2 disana.. gua sebelumnya udah ada basic mandarin HSk 5 ,tp ini kan baru mau mulai sekolah yah, kira2 gua bisa ngak yah langsung apply izin buat surat kerja parttime disana?atau gua mesti nungu 6bulan? hehehhe thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk izin kerja part time tetep harus nunggu 6 bulan, trus nilai nya harus mencukupi selama belajar 6 bulan. Di feng chia uni, asramanya ada beberapa gedung, pisah-pisah, jadi blm tau dpt yg mana, tapi smuanya kamar mandi dalam setau saya. Kalau mereka bilang kamar mandi dalam, jadi percaya aja. Karena info nya akurat kok.

      Delete
  40. kak mau nanya... aku masi sma kelas 1 terus mau pindah kesana sekolah di NOCSH ya klo ga salah? tapi aku agak susah menemukan walinya nih kak... kakak ada saran ga? soalnya aku uda ke sponsor disini terus dokumen aku semuanya uda hampir lengkap cuma kurang surat pernyataan dari wali di taiwan yang harus ada legalisir pengadilan... kakak ada saran ga cari wali yang bisa bantuin gitu? makasi kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya yang kmu butuhin itu surat undangan yang menyatakan benar bahwa sekolah sudah menerima kamu sebagai calon student di sekolah itu, ya bukan? kl memang kurang dokumen itu, kmu harus hubungin sekolah di Taiwan nya, untuk minta surat itu, suratnya aslinya harus dikirim ke kmu, dan seharusnya kl memang sekolah sudah menerima kamu, harusnya surat itu bukan jadi masalah.

      sponsor di indo buat apa ya, kok pake sponsor segala?

      Delete
    2. bukan kak tapi yang dibutuhin itu wali yang bersedia buat menjamin aku... terus harus ada surat dari pengadilannya gitu kalo dia menjamin gitu... sponsor itu katanya buat daftar jd dr TETO diarahin ke sponsor wkwkwk kakak ada saran buat cari wali yang bisa bantuin? wkwkwkk sekolahnya blom nerima aku kak... soalnya walinya aja blom ketemu gimana mau daftar... saran dong kak.. putus asa bgt tgl 20 uda tutup pendaftarannya..

      Delete
    3. untuk daftar sekolah dibutuhkan wali yang bersedia jamin gitu ya? karena masih SMA, dianggap anak dibawah umur, makanya harus ada wali yang jamin mungkin. kamu cuba hubungin sekolah lewat email, tanya dulu jika tidak ada wali yang bisa jamin di Taiwan gimana, adanya wali di Indo, tapi wali di Indo bersedia jamin.
      Ga bisa lah sembarangan orang jadi wali, harus yang kamu kenal. Saya jg ga bisa bantu apa-apa. cuba kamu email ke sekolah tanya dulu. Mepet banget kl pendaftaran tgl 20 tutup... ke Taiwan loh, musti atur baik-baik, bukannya ke puncak or ke Bandung doang... hehehe

      Delete
  41. artikelnya komplit banget. Mau minta saran untuk usia kerja sebaiknya di Taichung apa Taipei ya? Maksudnya dari segi wawasan / network yang didapat, peluang ide bisnis dan sejenisnya lebih bagus dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Taiwan kebetulan rasanya tidak ada batasan usia untuk bekerja (sebagai Tenaga Kerja Asing), karena banyak yang udah 40an atau 50an aja masih aja masuk ke Taiwan kerja. Kalau untuk kerja, lebih baik sih di Taipei, karena peraturan lebih ketat di taipei, jadi menurut pendapat saya, sebagai pekerja lebih terjamin, karena ga akan d suruh kerja yang aneh-aneh, perhitungan gaji (pekerja pabrik) jg ga bisa sembarangan, intinya harus ngikutin peraturan resmi pemerintah, karena di taichung lebih ga ketat, jadi mungkin saja ada yang ga sesuai walaupun ga banyak.

      Peluang ide bisnis, heheheh kl niat bisnis, ya harus datang sendiri cek situasi dan kondisi, dan cari ide bisnis. Ga bisa cuma dari pendapat orang aja, ide orang kan beda-beda.

      Delete
  42. Assalamualaikum wr wb..
    Kak, rencananya saya ingin mengikuti seleski beasiswa Hanyu Enrichment Scholarship untuk studi bahasa Mandarin di Cheng Kung University. Nah untuk apply ke Cheng Kung saya harus upload financial statement. Jika financial statement nya dari bank a.n kakak saya bisa nggak ya? Soalnya saya gak pernah nabung di bank. Oh ya kak, kalau mau minta akun sosmed yang kira-kira pling sering dipakai boleh? Saya butuh banyak saran dan masukan. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi harus tambahkan surat pernyataan kalau memang benar kakak kmu yang akan menjamin seluruh pengeluaran kmu nantinya kalau jadi ke Taiwan, dan boleh sertakan copy KK yang menyatakan hubungan kmu dengan kakak kmu.

      Delete
  43. Lumayan pegel juga baca komen dari atas ampe bawah.

    Da bbrapa pertanyaan nich :
    1. Dulu saya pernah kena tb kisaran 4 tahunan kak, dan skrg sdah sembuh, apakah bisa untuk dftar kursus mandarin?
    2. Kbtulan ak jga mw ikutan beasiswa yg kyk mbak di atas tu, mw ambil di yung kang, kira2 sewa kamar dsna harga brapa ya?
    3. Oa untuk mbak annisa anggraeni bsa critakan pengalaman dftar beasiswa tsb?

    Trmakasih atas jawabnnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo... Yah, terkadang dari comment-comment yang teman lainnya nanya juga bisa membantu kan :) namanya juga mau urus sendiri, jadi harus rajin-rajin browsing...

      di jawab yah:
      1. kalau sudah sembuh dr TB, apalagi sudah 4 tahun, ga ada masalah harusnya, toh nanti kl di minta test medical, kl memang tidak ada penyakit pasti lolos kok. Ga perlu bilang soal history penyakitmu kl tidak diperlukan.
      2. Yung Kang di Tainan yah, Tainan wilayah paling selatan, seharusnya tidak lebih mahal dari kota besar, saya perkirakan juga sekitar 3000-4000nt per bulan.

      Jangan lupa di ingat, untuk yang mau daftar beasiswa, seingat saya ada tenggat waktunya, tiap tahun sampai akhir bulan maret ya? jadi di urus secepatnya, lebih jelasnya langsung ke web teto nya....

      Delete
  44. Halo kak, thanks a lot for the information! Membantu sekali :D
    Aku masih duduk dibangku SMA dan tertarik untuk belajar di Taiwan. Kebetulan, jurusan yang mau aku ambil adalah perhotelan. Apakah kakak punya refrensi atau sekedar tau mengenai universitas perhotelan terbaik di Taiwan? Aku cuma tau National Kaosiung University of Hospitality and Tourism (NKUHT) dan lagi nyari-nyari tapi ngga ketemu gitu hehe.

    Waiting for your reply :)Thank You

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa saran:
      Tamkang Univ (TKU), JinWen (JUST) di Taipei
      THTC di Hualien

      Sebetulnya ga harus univ khusus hospitality and tourism, yang penting di lihat program jurusannya apakah ada jurusan hospitality management atau tourism. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  45. haloo..maaf saya ingin bertanya mengenai pendaftaran beasiswa dan sekolah bahasa di taiwan.sya masih bingung ingin daftar ke sekolah bhasa yang mana.saya belum punya basic mandarin.saya boleh minta saran daftar ke sekolah bhasa yg mana?saya ingin daftar ke fcu tpi begitu melihat surat ket kesehatan, biasa cukup lama mengurusnya.bhan saya(aplikasi teto,kk,paspor,ijazah,transkrip,akte) sudah hampir cukup untuk daftar beasiswa teto hanya tinggal surat pendaftaran sekolah bhasanya saja.saya berniat ingin ambil program saat winter. saya ingin mendaftar ke sekolah bahasa yg tidak mewajibkan bayar dulu dan tidak ada surat kesehatan.karena pendaftaran beasiswa teto hnya smpai 31 maret.sya sudah bingung harus bagaimana.oh y, apa financial statement merupakan syarat wajib daftar sekolah bahasa??terima kasih..maaf saya terlalu banyak bertanya..saya baru sekali ingin mencoba..mohon bimbingannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. financial statement wajib untuk daftar sekolah bahasa, tapi karena kamu mau pake program beasiswa pemerintah, cuba aja financial statement kamu ganti jadi statement letter, yang menjelaskan bahwa kamu sedang berusaha untuk sekolah bahasa ke taiwan menggunakan beasiswa dr pemerintah, karena keterbatasan dana, jadinya akan ke taiwan kl dapat beasiswanya.

      kalau untuk sekolah bahasa yang tidak pakai cek kesehatan, kmu musti cek sekolah bahasanya satu per satu deh, cuba liat websitenya dan persyaratannya. mulai dari
      http://www.studyintaiwan.org/

      Delete
  46. Permisi kak bazket... mau minta email ny bole? saya mau tanya2 .... saya dri indo dan mau study ke taiwan FCU... karena abang sepupu kuliah di Providence Univ d Taichong.... biar area nya deket....

    ReplyDelete
  47. kalau untuk sekolah bahasa gk bisa visa multiple.... jdi kalau udh 3 bulan qta di taiwan.... mesti pulang ke indo lgi buat perpanjang ? apa bisa d perpanjang d taiwan ?
    lalu kalau misalnya qta dri taiwan mau ke Hongkong.... minta visa nya ribet gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sekolah bahasa, tidak bisa multiple,karena kmrn temen sudah pernah tanya juga. Tapi visa sekolah bahasa bisa d perpanjang sampai max 6 bulan, tanpa harus keluar dari Taiwan. dont worry, nanti sekolah akan ajarin ke kamu cara perpanjang visa.

      kalau kamu mau keluar masuk taiwan tanpa repot urus visa, cara paling efektif kmu harus di taiwan minimal 4 bulan(Harus sudah stay minimal di Taiwan 4bulan tanpa keluar Taiwan), lalu kamu bisa buat arc (KTP taiwan ibaratnya), kalau sudah ada ARC kamu bebas keluar masuk taiwan selama arc kamu masih berlaku.

      Delete
  48. soalnya di Hongkong ada kluarga.... takutnya udh ke Hongkong liburan sebentar gk bisa lgi balik k taiwan 😂

    ReplyDelete
  49. Salah satu syaratnya itu harus ada bukti keuangan di bank, berapa minimal uang di bank untuk kursus bahasa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekening tabungan minimal berisi 50jt dan ada record selama 3 bulan terakhir. Ini sumbernya dari web resmi TETO.

      Delete
  50. Selamat siang kak,
    Addmision letter itu dikirim ke kedutaan atau ke rumah masing-masing ya kak, saya tunggu kok soalnya belum sampe,
    Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii, admission letter dikirim ke rumah masing masing, dia pake jasa pak pos, jadi kira-kira 2-3minggu... pastikan ada orang di rumah yang terima surat ya... :)

      Delete
    2. ce mau tanya lagi kira kira biaya hidup di taichung tuh sekitar berapa ya untuk kalangan mahasiswa undergraduate, dan juga untuk mahasiswa langsung bisa ambil parttime atau gak ya?
      terima kasih

      Delete
    3. untuk mahasiswa harus tunggu 6 bulan, dengan nilai belajar kamu juga ga dibawah dari standar yang ditentukan (jelasnya musti tanya sekolah), kalau nilai pelajaran kamu dibawah dari standar, ga boleh ambil izin kerja part-time.
      biaya hidup, cuba cek di http://bazk3t.blogspot.tw/2016/02/living-cost-aka-biaya-hidup-di-taiwan.html

      Delete
    4. untuk kerja part time untuk mahasiswa , biasanya mahasiswa di taichung kerja partimenya apa ya kak?

      Delete
    5. kerja part time harus minimal bisa komunikasi dikit biasanya loh, di seluruh Taiwan, kerja part time buat pelajar asing biasanya di night market atau di restoran gitu.

      sgala macam kerjaan ada, asal mau dilakuin aja. Mulai dari cuci piring lah, atau jualan minuman lah, bersih-bersih hotel, macem-macem deh.

      Delete
    6. pengen nanya lagi kak, antara THU,FCU,NCHU yang lebih bagus ya mana ya? soalnya saya keterima di 3 univ itu

      Delete
    7. sebenernya blajar mandarin smua oke, asal diri kitanya yang rajin blajar apa nggak.

      cuman kl denger2 temen bilang, THU lbh fokus ke komunikasi, jadi untuk tulisan ga ditekankan (tapi tetep blajar baca tulis kok) trus 1 semester belajar agak lebih panjang skitar 3-4bulan, tapi visanya dikasih sampai 6 bulan, jadi harga lbh mahal dikit krn waktu blajar dan visa lbh panjang. di sini ada pasar malam, cm ga gede-gede amat, peluang kerja sambilan ada, cm ga banyak.

      kalau fcu lbh fokus ke tulis, komunikasi juga ada, cm lbh fokus ke tulisan. 1 semester 3 bulan aja, jadi visanya cm 3 bulan, harganya jd lebih murah. di sini kan dekat pasar malam terbesar se-taichung, jadi peluang kerja sambilan jg banyak. trus buat yg br dateng, ada di bantu dicarikan tempat tinggal.

      kalau nchu, kurang gitu paham jg, cm ada beberapa temen di sana sih, nanti saya tanyain yah. :)

      Delete
    8. Dan mau tanya lagi kak, kalo buat living cost di keelung sana di taichung murahan mana ya?

      Delete
    9. keelung itu daerah utara deket taipei, jadi kurang lebih sama seperti Taipei.

      Delete
  51. Hai ci, salam kenal :)
    Boleh mnta contactny ga ci?hehe, aku lg d taichung, rncanany awal juni mulai skolah bhasa d feng chia. Skrg blom ad knalan siapa" dsini ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello~~~ wah boleh juga, sendirian ke Taiwan yahhh? Skrg udah di fengcia posisinya? mari mari, ketemuan yuk, tp saya kerja, sempetnya malam gimana?
      boleh minta email kmu... nanti saya kontek...

      Delete
    2. Iyaa nih ci, ksininya sndiri ga lwat agen, hehe. Aku ng-kost d dkt feng chia. Bolehh gpp ci, emailku riaputri.y@hotmail.com :)

      Delete
  52. hi,
    mau Tanya
    kalau di MLC itu hanya belajar bahasa mandarin atau ada program lain seperti travelling, competition, dll?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya blajar bahasa mandarin, karena mlc itu language center, kalau mau program lain, berarti harus ambil university S1 atau S2 gitu....

      Delete
  53. Hai,
    Mau tanya donk kalau mlc itu buat semua umur / hanya mahasiswa aja ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua umur, seperti les bahasa aja.

      Delete
  54. Hi mau tanya,
    Waktu di interview soal tempat tinggal d taiwan nanti,kalo jawab belum tau jd masalah ga yah? Atau baik nya gimana jawabnya?
    Terimakasih sebelum nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilang aja belom tau gpp, bilang 1-2hari cari hotel deket kampus, jadi kmu mulai browsing2 dulu daerah sekolah ada hotel apa... :)

      Delete
  55. hi:) mau nnya di taiwan kalo untuk jurusan ada berapa season? aku bingung nih taunya cuma ada utk bulan september utk overseas. boleh tolong info nya thankss:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jurusan maksudnya sekolah keterampilan? musti di cek satu-satu, tiap sekolah tiap daerah beda soalnya. Dan saya agak kurang paham pertanyaannya.

      Delete
    2. mksdnya buat kuliah s1 intake nya rata' kapan aja?

      Delete
    3. biasa ada fall sama spring, 1 tahun ada 2 semester.
      buat fall biasanya maret-april, tapi lebih awal lebih baik, bisa hubungi ke univ yang bersangkutan.
      kalau spring oct-nov.
      tapi balik lagi, tergantung univ, setiap univ ga sama.

      Delete
  56. kak, aku rencana mau ambil bahasa dulu, kira-kira visa nya pake visa pelajar atau visa turis? atau bisa dua' nya? makasih kak��

    ReplyDelete
    Replies
    1. musti visa pelajar dong, kalau visa turis cm bisa 30hari trus ga bisa diperpanjang. Pake visa pelajar bisa d perpanjang.

      Delete
  57. kalo mau apply visa student harus apply univ bahasa yg mau d tju dulu ngga? trus kalo uda apply visa student mgkn ga kalo di tolak?thankss

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau apply visa student harus ada admission letter, kaya surat undangan yang menjamin kamu beneran mau sekolah di univ / sekolah bahasa itu.
      Setelah ada letter nya, kamu bisa apply visa student, nanti ada di wawancara, kalau dokumen lengkap dan kamu bener-bener niat sekolah, harusnya ga ada masalah. Yang penting ga boleh bicara soal kerja sambilan dll.

      Delete
  58. Ka bisa minta alamat email nya ? Mau chat langsung boleh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo melda, boleh saja kalau mau chat langsung, email kmu apa ya? biar saya email...

      Delete
    2. Halo cik. Anak saya mau kuliah di taichung... Maw tanya lebih lanjut boleh tahu email ?
      Email mau saya : gerry.gunawan.1992@gmail.com

      Delete
  59. Hi, mau tanya nih
    Aku baru beres interview, tp ga langsung d kasih tau visa nya dapat apa ngga. kira2 pasti dapet ga ya klo kya gitu?

    ReplyDelete
  60. kita ga akan tahu, tapi biasanya ga ada masalah, 2 hari lagi di suruh ambil passpornya, periksa apakah ada visa Taiwan-nya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mulai sekolah 1 juli,udah telat 2 minggu. Kayanya visa d tolak deh ��

      Delete
    2. kamu udah kontek sekolah belom, kalau kmu terlambat datangnya, dan apakah sekolah mengizinkan? soalnya di surat rekomendasi dari sekolah ada tanggal masa berlakunya, kalau masih berlaku, harusnya visa tidak ada masalah.

      Delete
  61. Halo ka, mau tanya kalo skolah bahasa di taiwan itu ada ketentuan hrus brpa semester ya? Atau bebas ? Kaka sendiri ambil skolah bahasa yang brpa lama ? Dan setelah lulus dari sekolah bahasa, kita dapat bukti seperti sertifikt or sejenisnya?

    Thank you^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo silviana, sekolah bahasa ga ada ketentuan harus berapa lama, 1 semester biasanya 3 bulan, menurut musim aja, jadi tiap tahun ada 4 semester.
      banyak temen-temen dari Thailand cuma ambil 3bulan, atau 6 bulan aja, ga mesti, ada yang ambil sampai 2 tahun.
      Minimal ambil 1 tahun baru bisa komunikasi lah, kalau kamu memang awalnya sama skali ga ada dasar bahasa mandarin.
      Kalau kamu sudah tidak lanjut sekolah bahasa lagi, akan diberikan sertifikat yang menjelaskan berapa lama kamu sudah sekolah, dan nilai kamu selama sekolah. Tapi ga ada graduate-graduate-an, karena ini semacam kursus.

      Delete
  62. Kakkk.. bingung ni. Aku kn uda daftar terus kt TETOnya sih udh keterima gitu. Tp ktanya untuk apply visa mesti k VC Tour dan itu mahal banget sekitar 960IDR. Terus yg papa mama aku takutin itu, klo blom keterima. Aku bingung jadinya... apa aku bs apply visa untk jd student slain d vc tour? Terus untk pstiny aku keterima atau gk gimana ya? Bingung bgt soalny. Makasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarisa, kamu nih daftar apa yang udah ketrima? saya kurang paham... maksudnya dari univ udah ketrima? yang daftarin ke univ siapa? apply visa bisa apply sendiri tanpa lewat travel agency atau tour kok...

      Delete
    2. uda keterima kak.. sma aku, bukan univ... sma bisa apply sendiri? tp dr TETOnya blg dokumen aku dikirim k vc tour jd keknya aku gaada pilihan lain... terus sekalian dong kak mau nanya, tiket pesawat ke taiwan untuk student sama tiket pesawat biasa emang beda ya?

      Delete
    3. oh kamu jadi daftar sekolah SMA di taiwan ya....
      kok aneh TETOnya, perasaan ga ada yang seperti itu... tapi ya sudahlah, kalau memang TETO nya yang merekomendasikan, ikutin aja.

      tiket pesawat student biasanya tiket pulang pergi open 1 tahun, kalau mau pake tiket biasa jg gpp sih. :)

      Delete
  63. Halo kak.
    Mau nanya soal HES dari TETO.
    Untuk program beasiswa itu apakah akan dicabut jika nilai kita tidak dipertahankan?
    Untuk pembuatan VISA, rekening tabungannya apakah boleh atas nama perusahaan atau saudara lain (seperti tante kita)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. HES ya, saya kurang tahu ya, tapi harusnya ada persyaratannya, kan ga mungkin pemerintah membiayai tp di sia-siakan, tapi masa iya kamu mau nilai kamu dibawah rata-rata terus, udah dibayarin sama pemerintah jgn disia-siakan dong. heheheh...

      rekening bank boleh atas nama perusahaan atau saudara, tapi harus buat surat pernyataan lagi, yang menjelaskan memang benar perusahaan / saudara itu akan menjamin kamu dengan segala pengeluarannya di Taiwan.

      Delete
  64. kalau boleh tau surat pernyataan nya itu gimana ya? buat sendiri atau dari bank atau gimana?thanks hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat pernyataan kurang lebih seperti surat sponsor buat apply visa visitor, lengkapnya lihat di http://bazk3t.blogspot.tw/2012/09/apply-visa-taiwan-at-teto-jakarta_1.html

      kalau dari perusahaan boleh pakai kop surat,jadi siapkan surat pernyataan dan tabungan yang menjamin kamu.

      Delete
  65. kalo misalnya seperti wali yang menjamin gimana buat pernyataan nya? untuk buat visa pelajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua boleh menjamin, yag penting tambahkan surat pernyataan dan tabungan yang menjamin.

      Delete
  66. kak, aku berminat nih untuk ambil kursus mandarin ke Feng Chia tahun depan. mau tanya, untuk pembayaran tuition feenya dilakukan kapan ya? waktu udah di taiwan atau pas kita pertama kali mendaftar untuk mendapatkan admission letternya?

    untuk dormnya sendiri gimana? apakah kita pasti dapet dorm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu sudah sampai Taiwan baru bayar tuition fee. dormnya boleh pesen sama fengchia, pastikan lebih awal mendaftar agar disiapkan dorm.

      Delete
  67. surat pernyataan nya perlu kop surat resmi juga ya? kalau usaha yg dijalanin gak ada kop surat gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus kop resmi kalau memang usaha kan ada UD apa PT atau UKM gitu.
      Buat aja kop suratnya, trus d print, ga masalah harusnya.

      Delete
  68. kak, mau tanya dong kalo isi form online passport type nya isi apa? reguler ya atau official atau yangmana? thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. passpor kamu reguler (kalau memang rakyat jelata seperti saya, hehehhe), kecuali passpor mu passpor pejabat, kayanya kalao pejabat pemerintah passpornya beda.

      Delete
  69. Kak.. Biaya hidup di taoyuan kisaran berapaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung pengeluaran pribadi masing-masing orang sih, ada yang boros ada yang bisa hemat. cuma kalau kost-kostnya sebulan sekitar 5000-6000an rasanya. cuba cek detail biaya hidup di http://bazk3t.blogspot.tw/2016/02/living-cost-aka-biaya-hidup-di-taiwan.html

      Delete
  70. mau tanya nih.... kalau mau buat visa pelajar perlu check up dulu tidak ya?....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang perlu ada yang nggak perlu, tetapi rata-rata perlu, liat di syarat-syaratnya sekolahnya aja.

      Delete
  71. ka boleh minta id line ga ya buat tanya tanya :(

    ReplyDelete
  72. Hi mau tanya, kalau khursus kecantikkan dan makeup di Taiwan kira2 tau ga ya dimana?
    Oh iya kalau misalnya sudah selesai ambil program bahasa di Taiwan, bisa lanjut langsung S1 dan bekerja kah disana? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah selesai program bahasa, boleh aja lanjut S1, atau langsung bekerja jg boleh kl ada perusahaan yang sudah ok siap hiring kamu.
      tanpa ambil program bahasa terlebih dahulu pun, juga bisa langsung ambil S1 yang internasional, jadi diajarnya menggunakan bahasa inggris.
      wah kalau kursus kecantikan dan make up saya kurang tahu jg nih, musti cari-cari info lagi. kalau ada infonya, boleh jg dibagikan di sini loh, makasih ya.

      Delete
  73. halo
    saya sudah baca blog kamu, saya mau tanya kamu dorm ya di mana ya? soalnya saya dapat penawaran dari feng jia kok dorm ya mahal ya sekitar 5000NT per bulan belum termasuk biaya lain2 kalau saya baca blok mau dorm kamu murah ad link ya?

    rencana saya mau ambil bahasa 1 tahun baru mau coba apply s2 menggunakan beasiswa dr sana bisa gak ya? mohon bantuannya kalau boleh minta no WA atau email kamu ya..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo candy, dorm yang disediakan fengjia saat ini memang segitu harganya, soalnya dorm yang dulu murah sudah ga disediakan lagi untuk pelajar asing. kalau mau lebih murah, musti cari kost sendiri di luaran, bisa dapat 3500-4000nt per bulan.

      silahkan lihat kost-kost dari https://www.591.com.tw/
      saya sendiri kl cari tempat tinggal dari sini kok, kondisi kamar hampir sama dengan yang di foto.

      Delete
    2. halo..
      oh memang segitu ya..terima kasih banyak, oh ya kalau boleh tahu kamu ambil di mana dorm ya? saya di tawarkan nama ya Tai Qing klo dr foto sih lumayan bersih..tapi gak ada web jd gak bisa lihat detailnya..ini sih recomend dari feng chia ya sendiri..
      klo buka link itu gak bisa baca mandarin semua.

      kamu di sana ambil brp lama?

      Delete
    3. halo
      dulu saat kamu apply berapa lama ya dapat kabar keterima atau tidak ya?
      kalau admision Letter kan 4 minggu baru sampe, biasa ya ad pemberitahuan dulu gak kalo kita keterima dan mau di kirimkan admision letter?

      Delete
    4. admission letter akan sampai rumah sekitar 3-4minggu (pastikan di rumah ada yang trima suratnya yah). kamu boleh tanya lewat email apakah sudah d kirim atau belum admission letternya.

      soal dorm yang sekarang, saya kurang gitu tahu sih jujur saja, karena sudah berbeda dengan yang dulu, dorm saya yang dulu di han lin tapi sekarang udah ga disediakan lagi untuk internasional student, saya tau harganya karena ada kenalan yang memang baru masuk, dan dia bilang memang segitu harganya. Untuk kebersihan, fengchia ga akan kasih dorm yang jelek kok, pasti layak huni dan bersih.

      kalau ada web tulisan mandarin smua, kan ga paham tuh, boleh gunakan google translate deh, kurang-lebih bisa membantu juga kok.

      saya dulu sekolah bahasa sekitar 1 tahun 3 bulan (jadi 5 semester). Rencana masuknya di bulan apa nih? kamu sudah pernah blajar mandarin sebelumnya?

      Delete
    5. halo
      saya rencana ambil desember ini karena di web kan ada yg bulan dec.

      tapi kemarin saya di kirimkan admissiol letter via email untuk bulan maret 2017 kira2 bisa di ganti gak ya? saya sih sudah email balik minta bulann dec ini.
      oh ya kalau seperti kamu 1 tahun 3 bulan kira2 sudah bisa ambil test TOFCL belum? rencana saya mau ambil dulu 1 tahun setelah itu mau ambil pelatihan guru karena kedepannya saya mau mengajar mandarin.

      kamu masih di taiwan apa sudah pulang?
      btw terima kasih banyak ya atas infomasi ya..

      Delete
    6. desember memang ada buka semester, mungkin pada saat isi formulirnya kamu ada salah isi, jadi di kasih maret 2017, gpp email lagi aja minta di ganti, tapi jadinya harus nunggu surat admission yang baru.

      kamu memang di Indo ga pernah les bahasa mandarin? heheheh kl udah pernah les mandarin, kamu boleh minta test penyesuaian level pada saat masa orientasi hari pertama, jadi ga harus mulai dr level 1. test TOFCL itu sama kaya TOEFL, jadi kl mau test, kapan aja juga bisa, cuma skornya ya tergantung kemampuan kamu. hehehe... 1 tahun untuk blajar dasar mandarin juga cukup kok, intinya lv 4-5 lah. Kalau 1 tahun tapi ga naik-naik levelnya ya sama aja boong dong.. heheheh

      Baru aja pulang kampung, tapi kalau butuh bantuan cari kost atau gmana, bisa dibantu kok, d sana kan masih banyak temen.

      Semoga sukses ya... kalau ada informasi terbaru mengenai proses sekolah ke Taiwan, moga-moga masih inget balik ke blog ini buat share informasinya, buat temen-temen yang lainnya lagi nanti. :)

      Delete
    7. halo

      jadi kalau setahun kemungkinan sudah bisa ambil test ya, wah boleh nih daftar kost2an yang dekat kampus dan murah rencana sih pergi berdua sama temen saya, jadi mau cari yang 1 kamar bisa berdua.
      pasti dunk kalau sudah sekolah di sana akan gw share hehe
      salam
      candy

      Delete
    8. Hi candy, rencana kapan terbang? 1 kamar 2 orang yah... di fengchia dorm situ pilihan 1 kamar 2 orang brp duit per bulan?

      Delete
  74. hallo

    surat admission ya sudah jadi yang dec ini dan lagi proses pengiriman kemarin di kabari dari kampus ya hehe. regiastrasi ya tgl 1-2 dec 2016 kelas mulai 5 Dec 2016 jadi rencana mau berangkat nov tgl 25/26 .

    iya mau 1 kamar bisa berdua klo di feng chia rekomen kan tai qing dorm itu 5000NT/ Month sudah termasuk maintenance dan internet fee cuma jarak 10 menit dr kampus, kira2 ada dorm lain yang lebih murah dan bisa berdua hehe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tgl 5 orientasi biasanya, mulai sekolah biasa tgl 7. semangatttt!!! hehehe...
      5000/month untuk 2 orang apa 1 orang bayar 5000? rata-rata kost di taiwan, apalagi deket kampus pasti termasuk internet (tp blm tentu wifi loh, biasanya internetnya cable, jadi harus siapkan wifi router sendiri). kalau maintenance, kl di apartemen kostnya baru ada bayar maintenance, kalo kostnya di rumah-rumah yang dijadikan kost ga perlu pake maintenance.

      kl memang 5000/month buat 2 orang, gpp masuk dorm aja dulu :) kalau seorang 5000/month, sy bisa bantu hubungin temen buat cariin kost yang lebih murah,

      Delete
    2. wah untuk 1 atau berdua saya kurang tahu, tapi dari suratnya tertulis capacity 1-2 person. dan itu sih bukan dorm ya fengchia cuma recomend dia.
      oh ya sekolah ke taiwan kita gak ada visa pelajar ya yg bisa langsung 1 tahun karena saya baca2 kudu perpanjangan terus, dan apa kudu pakai surat yang di legalisir segala dan med check juga? ribet juga ya hehe kalau hanya sekolah bahasa 1 tahun perlu seperti itu juga?

      Delete
    3. yap, visa kita akan diperpanjang setiap 60hari, sampai maksimal perpanjang 6 bulan, lalu harus ganti ARC (ktp Taiwan). Ga perlu kuatir kalau soal dokumen, yang penting jangan bolos sekolah, jadi pada saat diperpanjang visanya, tidak ada masalah.

      untuk surat ijasah gitu ga perlu legalisir kalau sekolah bahasa, ikutin persyaratan dari website teto saja biar ga salah, kalau med check apabila dipersyaratan harus, mau ga mau ya med check.

      Delete
    4. haloo saya sudah liat2 dan tanya2 ternyata gak ada med check buat sekolah bahasa, lebih di permudah ternyata. dokumen yang perlu dibwa apa saja ya untuk buat ARC ? di taichung musim dinginnya gak terlalu dingin kan?

      Delete
    5. fengchia sih waktu itu denger-denger trakhir minta x-ray tuberculosis, cuma kalau sekarang berubah lagi, bagus dong lebih mudah. dulu waktu saya pertama kali dateng memang ga pakai medical.

      nanti untuk arc, baru musti medical di Taiwan, syaratnya cuba deh baca di halaman http://bazk3t.blogspot.co.id/2014/04/how-to-make-taiwan-arc.html

      di Taichung, cuaca lebih stabil, kalau musim dingin puncak dinginnya biasa bulan 1-2. di Taiwan, musim dingin bakal dingin bangettttt kalau pas ada angin dingin dateng, jadi 2-3hari dingin bangettt, anginnya lewat, lbh hangat dikit. gitu... siapkan selimut deh untuk winter.

      Delete
    6. wow dingin juga ya kalau gitu siapkan bed cover dan jaket deh, hehehe
      oh ya kan kalo kita datang awal2 udah bisa masuk kamar yang kita sewa belum ya? terus hitungannya gmn kan kita dtg pasti gak bener2 tanggal 1 ya pasti kan tanggal sebelumnya. dulu kamu gmn ?

      oh ya boleh donk minta nama2 dorm yang masih terima anak internasional sama contact person kalau bisa email atau handphone mana tahu bisa Whatssap hehe.. thank you ya

      Delete
    7. halo mau tanya lagi kira kamu dulu buat visa deket2 tanggal keberangkatan atau setelah terima surat langsung bisa buat tapi tanggal ya mengikuti tanggal kita mulai sekolah? surat admission ya sudah gw terima nih cepet juga 1 minggu sudah sampai. hehe

      Delete
    8. seinget saya akhir bulan sudah bisa masuk, dan harus keluar akhir bulan tgl 30, jadi walaupun kamu masuknya tgl 5 misal, kamu tetap harus keluar tgl 30. cuba di tanya lagi, udah lama, jadi lupa juga. Masuk-keluarnya jg per semester, jadi bukan per 30 hari, karena dorm itu disediakan sekolah kan, kecuali sewa sendiri di luar hitungannya akan sesuai tanggal kita masuk.

      kalau nama-nama dorm, enaknya kamu tanya langsung ke sekolah, soalnya belum tentu dorm nya selalu sama. Dulu sih saya di Han Lin, tapi skrg Han Lin sudah ga digunakan untuk siswa CLC.

      Untuk buat visa, begitu kamu dapat surat admission letter, boleh segera mungkin apply visa kok, setelah kamu apply visa, visanya akan berlaku sampai 3 bulan kok, dan kapan kamu mau terbang ke Taiwan, setelah dapat visa, mau langsung terbang juga gak papah walaupun sekolah masih belum dimulai (tpi kalau terlalu pagi datang ke Taiwan, takutnya dorm kmu belum tersedia loh, jadi harus diperhatikan juga yah).

      Delete
    9. jangan-jangan sudah di Taiwan yah, saking lambatnya respon saya... mmmm, kalau butuh bantuan untuk di Taiwan, cuba deh tinggalin emailnya. nanti saya email CP teman saya di fengchia. Hehehe... Siapa tau bisa membantu.

      Delete
    10. haloo saya masih di jakarta kok hehee, oh boleh buat sekarang entar visa ya jadi bulan ini punya donk, jangan ah sayang mending bualn nov aja buat ya biar pas hehe ( kayak gini gpp kan ? mepet2 buatnya ? ), saya jadi ya ambil dorm di luar deh ad refrensi ? saya cari2 di www.591.Tw ad sih beberapa yang sesuai di hati dengan harga cukup ,urah 3000 - 3500 hehe.

      Delete
    11. oh ya lupa ini email saya agustin_candy@yahoo.com, saya sih butuh dorm yang deket sama kampus dan kalau bisa ad internet dan mesin cuci + air minum hehe, bersih gak perlu yang terlalu wah kalau bisa harga ya kisaran 3000-3500/ bulan karena kemungkinan saya pergi sendiri temen gtakut gak keburu belum buat passport

      Delete
    12. candy, soal visa, gak papah kamu buat dulu. misal bulan 9 buat, visa berlaku 3 bulan, jadi sampai bulan 12, kamu brangkat bulan 11, ga masalah. itu masa berlaku visanya.

      tapi masa stay di Taiwan nya, beda lagi, visa kamu cuma bisa stay di Taiwan max 60hari, mulai dihitung dari hari pertama kamu menjejakkan kaki di Taiwan (bukan dihitung mulai dari kamu buat visa).

      iya cari di 591.com.tw aja, ada spesifikasinya. SO pasti harus cari deket kampus dong, dorm yang dari sekolah juga sedeket-deketnya musti jalan kaki 10-15menit. hahaha...

      mesin cuci dan air minum biasanya bukan prioritas pertama, yang penting ada internet, ac, dan kamar mandi dalam. anyway, kamu cari budget 3000-3500 itu untuk satu orang apa 2 orang nih? kmrn kan kamu bilang udh ada partner kan?

      harga 3000-3500 biasanya kamarnya agak tua, cuma bersih, dan biasanya agak tinggi lantainya, misal lantai 4 atau lantai 5, dan tidak ada lift. apa kmu ready? heheheh saya sih dulu 3500/bulan, lantai 5 tanpa lift, tapi smua lengkap, ada wifi ada internet cable (oh ya, kmu musti cek di 591.com.tw dia ada internet cable apa wifi loh). dan pas di tempat kost saya ada mesin cuci berbayar tapi murah cuma 20nt skali cuci udah ada rinsonya lagi, 40nt buat keringin, trus sebrang rumah ada mesin isi ulang air minum berbayar, cuma 10 nt dapat 1 galon air RO. hahahaha

      Delete
    13. halo

      kalau buat ya bulan nov gpp kan ya mepet2, soalnya saya kerja dan baru benar2 resign bulan nov.

      kamar 3000-3500 untuk saya sendiri, teman tidak jadi ikut ( padahal dia yang request taiwan wkwkwk )

      kamu ada recomend untuk tempat tinggal gak? atau ad temen yg masih di sana bisa kasih recomend yang sudah ad internet wifi , kamarmandi dalam dan ac..hehe laintai 5 gak masalah sih uda biasa dulu kuliah naik tangga sampai lantai 5 wkwkwk anggap aja olah raga wkwkwk

      terima kasih ya

      Delete
    14. halo untuk info sewa kamar kalau ad recomend dari teman2 kamu bisa tolong email ke email saya aja di agustin_candy@yahoo.com, thx ya..nanti klo visa sudah urus dan mau berangkat saya sharing2 lagi deh hehe

      Delete
  75. Halo...saya mau ty2 nih. Rencana anak sy thn 2017 lulus sma mau kuliah di taiwan. Bagusnya masuk qiao da dulu 1 th atw shida yg cukup 2 bln?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya untuk ambil sekolah bahasa basic mandarin gitu ya? Sebenernya sambil kuliah sambil belajar bahasa juga bisa kok, kuliahnya ambil yang bahasa pengantar inggris, lalu jadwal nya disesuaikan dengan sekolah bahasa.

      Delete
  76. Hai..
    Mau tanya donk, dlu kamu ambil jurusan bahasa doank atau sama kuliah ?
    Dimana dan biaya kalo idr nya berapa ya ?
    Sy galau... Td nya mau coba yg program pemerintah tp itu harus tes hsk ya katanya, tp kalo pake agen bisa smpe 100 jutaan.. Ada ga si biaya yang bisa di cicil per semesternya jd ga terlalu berat ? Kebetulan basic mandarin sy memang blm ada TT

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ambil bahasa aja di feng chia - taichung. biayanya seko;ahnya sama asuransi kurang lebih 25rb NTD / semester (3 bulan).

      program pemerintah maksudnya apa nih? beasiswa gitu? S1? kl beasiswa dari Taiwan harusnya ga pake test hsk dhe...

      Delete
  77. Menurut kakak, the best cities to live in taiwan tuh yg mana, taichung atau kaohsiung? Yg lebih mirip taipei suasananya & lingkungannya lbh nyaman dan bakal betah dimana kira2 kebanyakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yang baru pertama dateng, akan lebih suka di Taipei karena transportasi mudah, ada mrt yang ada bahasa inggrisnya, lalu taipei itu luas kan, banyak yg bisa dikunjungi selagi belajar disana.

      tapi kalau buat saya, saya suka di Taichung, karena lebih irit biaya hidupnya dan cuaca lebih stabil (kalau taipei sering hujan kan). Transportasi sebenernya lengkap, tapi bedanya kemana-mana harus blajar naik bus, dan biasanya agak memakan waktu kalau naik bus nunggu busnya kadang agak lama.

      Delete
  78. kalo misalnya udh ad admission letter dll nih cari tempat tinggal dll sblm sampe TW udh mesti di pesan dluan apa gmn ya? trus kalo aku sklh bahasa nya desember nnti .... lbh baik tgl brp ya ke TWnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari tempat tinggal bisa sebelum sampai Taiwan, biasanya minta tolong kenalan untuk dicarikan dulu, ada juga pelajar yang booking hotel sekitar kampus untuk 1-2hari pertama, sampai di Taiwan baru cari tempat tinggalnya. Karena namanya cari tempat tinggal kan tidak bisa percaya foto begitu saja, harus cek keadaan langsung, apakah cocok atau tidak.

      kalau sekolah bahasnya desember awal, kamu bisa datang akhir november, yah 3-7hari sebelum sekolah bahasa mulai jg gpp kalau mau beradaptasi. kalau mau 1 hari sebelum sekolah dimulai jg gpp.

      Delete
    2. mulai sklh ny itu kan tgl 5 des nih ... jdi gk mslh ya dtg ny tgl 27 nov gtu .... aku punya keluarga sih di taiwan .... cuma takut ny terlalu awal nnti visa nya jdi gk pas wktu ny

      Delete
    3. halo salam kenal , kamu juga ambil sekolah di bulan des ini ya? di fengjia juga ? barengan donk kita hehe..kamu jalan tgl berapa? gw rencana ya tanggal 28 nov nih masih cari2 tempat tinggal juga nih.

      Delete
  79. permisi... kalau saya sudah terlanjur daftar online application form dan di minta dokumen lainnya bagaimana? karena saya sekarang sedang berada di taiwan dan plg tgl 30 sept nnti.... apa tidak apa2 mengirimkan dokumen lainnya saat sudah bulan oktober? aku apply hari ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sekolah winter semester yaah (biasanya awal dec mulai semester), harusnya ga masalah, setelah pulang cepet2 di urus dokumennya, kita cuma takut admission letternya itu yang agak lama sampai ditangan kita, takut ga keburu apply visa aja, cuma harusnya kalau oktober masih keburu.

      eh tapi tapi, biasanya ada batasan waktu pendaftarannya loh, cuba kamu email ke sekolahnya, jelasin kalau kamu bisa email dokumen yang dibutuhkan awal oktober, karena saat ini masih di luar negri, gtu aja.... di Taiwan rata-rata emailnya aktif kok, jadi biasanya di balasnya cepat.

      Delete
  80. iya aku udh email ke mereka kok tp blom d balas ... nnti aku mw kesana buat liat2 dan nnya2 langsung...
    kalo misal nya sklh bahasa ada gk maksimal brp tahun gtu? atau kalo sudah slesai sklh bisa kerja di taiwan ?

    ReplyDelete
  81. Kalau perpanjang visa di taiwan. Yang urus sekolah bahasanya atau kita sendiri yang urus perpanjang visanya ?

    ReplyDelete