Saturday 1 September 2012

Apply Visa Taiwan at TETO Jakarta

Sesuai judul, langsung aja yah... Buat apply Visa itu tentu hoki-hokian... Tapi yang terpenting asal surat lengkap, surat sponsor kuat dan mendukung n asli, buku tabungan oke, harusnya smua lancar terpenuhi... Kadang bingung yah, mau ke negeri orang kan kita nih mau buang duit, masih aja di tolak. Memang sih melihat banyak yang ngabur sebagai pekerja illegal. Tapi TKI aja yang mau jadi pembantu visa di setujui, masa kita yang ceritanya tampang bos, ditolak. Hehehe…

Prolog dulu dong, hehehehe... Jadi Taiwan itu ndak punya kedutaan di Indonesia, sebagai gantinya untuk pengurusan dokumen-dokumen dan visa gitu diserahkan ke TETO alias Taipei Economic and Trade Office. Lokasinya di Gedung Artha Graha Sudirman, Jakarta (pokoknya kalau yang bingung, langsung aja tancap gas ke Pasific Place Ritz Carlton, nanti kalau di sebelah kanan PP, nah di sebelah kiri itu si gedung Artha Graha).

TETO (Taipei Economic and Trade Office Jakarta)
Gedung Artha Graha
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
Jakarta 12190, Indonesia
Bagian Visa (Lt.12)
INFORMASI VISA :  021-515 1111 EXT : 820


Pertama, sebelum ini dan itu, yu cek dulu kelengkapan dokumen kita. Apa aja yang diperlukan. Menurut web TETO Indonesia http://www.roc-taiwan.org/ID/ :

1. Print-an Aplikasi Form yang sudah terisi secara online
2. Pas Foto enam bulan terakhir 4x6 background putih, 2 lembar
3. Passpor Asli (min. 6 bulan masa berlaku)
4. Surat Sponsor (pakai kop surat resmi)
5. F.C Akte Kelahiran
6. F.C Kartu Keluarga
7. F.C Rekening Tabungan
8. F.C Surat Nikah/Cerai (kalau sudah menikah/cerai)
9. F.C Tiket Pulang-Pergi (optional)
10. F.C Bookingan Hotel (optional)
11. F.C Booking Travel / Tour (optional)

Yang optional itu sebagai pendukung biar lebih pasti dapet, tapi ga menjamin dapet visa juga sih, tanpa yang optional itu juga bisa keluar visa nya.


Kalau semua sudah siap, back to no.1, Aplikasi Form yang udah terisi secara online. Nah mulai 1maret2012 lalu, TETO sudah memberlakukan aplikasi secara online. Jadi kudu isi form via online. Nanti kalau udah beres, tinggal di print. Isi nya langsung di https://visawebapp.boca.gov.tw . Ikutin saja step by step. Kalau ada bingung, leave comment aja, nanti dibantu sebisa mungkin.

Begitu udah beres, di print, nah siap deh smua. Di kasih waktu sekitar 1 bulan-an untuk serahkan dokumen ke TETO, sblm data online yang kamu masukkan di reset alias hilang. Kalau udah lewat 1 bulan ya kamu harus isi ulang lagi dari awal.

Oh ya, saya kasih contoh surat sponsor yah... :) Semoga bermanfaat, tapi jangan lupa harus menggunakan kop surat resmi.


Semua oke, mari kita datang ke TETO. Hihihih… Yang harus kamu perhatikan, jam kerjanya nih. Jadi TETO punya aturan untuk memasukkan dokumen untuk apply visa, ataupun untuk mengambil dokumen yang sudah kelar.
- PEMASUKAN VISA : 08.30 – 11.30
- PENGAMBILAN VISA : 13.30 – 16.00
BIAYA VISA : 460.000 IDR ***single entry
PROSES 3 HARI KERJA

Jadi, diperhatikan yah, jangan kesiangan, jangan juga kepagian. ^_^ Jangan lupa dokumen jangan sampai ketinggalan, dan uang juga disiapkan. Oh ya, tambahan, karena daerah Sudirman, jam segitu waktunya “three in one”, jadi siapkan pasukan atau sewa joki. Nyahahaha….

<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> 


Oke, jadi secara teori sudah beres. Sekarang implementasinya. Sampai di gedung Artha Graha ternyata ga bisa parkir di gedung, karena parkir gedung khusus yang punya stiker. (Kalau asumsi ku, mungkin yg punya gedung banyak musuh –you know who- jadi ketakutan, sampe parkir aja ga bole). Jadi kalau mau parkir mobil paling dekat di electronic city. Habis itu tinggal jalan kaki dikit.

Masuk gedung, ada pemeriksaan tas dan detector badan kaya di bandara-bandara. Trus di lanjutkan ke penukaran Kartu Identitas diganti dengan Visitor Card yang harus selalu dipakai. Naik deh pake lift ke lt.12. Sampai lt.12 udah keliatan yang ramainya kaya pasar, nah itulah kantor TETO. Hehehe… Akhirnya!!

Eitss, blom kelar nih. Begitu masuk ada ruangan kecil di batasi kaca di sebelah kiri begitu kita melewati pintu masuk, yak bagian informasi. Di tanya mau ngapain, bilang aja mau apply visa visitor. Di cek kelengkapan dokumen (sebenernya cuma di liat apakah form aplikasi online yg nomor 1 td kuceritain itu, udah ada atau blom). Kalau sudah, di kasih tau, di suruh tempel fotonya satu di pojok kanan atas, satu di pojok kiri atas. Lem tersedia ^_^ Di kasih juga nomor antrian.

Habis lem, udah deh nunggu aja nyambil duduk di bangku. Walaupun ramainya kaya pasar, tapi semua teratur. Jadi antriannya ada A-B-C-D-E-F. Masing-masing huruf loketnya sendiri-sendiri. Saya sampai di lokasi sekitar jam 9an. Dapat nomor antrian A009, di loket nomor 1. Di tampilan layar sih loket nomor 1 lagi melayani A006, jadi ga lama lah. Kurang lebih nunggu 20menit (kayanya sih ga sampe), ting-tong! Kucuk-kucuk-kucuk, jalan ke loket nomor 1, serahkan dokumen, di cek lagi kelengkapannya, di sortir urutannya. Trus di kasih tagihan (dapet ga dapet jadi harus bayar ceritanya).

Invoice diterima, langsung ke kasir (kalau bingung kasir di mana, tanya aja si informasi, baik kok orangnya mau kasih tau). Bayar, habis itu langsung balik lagi ke loket 1 yang tadi (ga perlu antri lagi lah). Trus di suruh isi nomor telpon yang bisa dihubungi, dan di kasih tau suruh balik lagi tanggal berapa, jam berapa.



Udah deh, ngurus visa Taiwan ga sesusah ngurus passport. Ga sampe 1 jam juga beres, karena hanya nyerahin dokumen, tinggal, waktunya ambil tinggal ambil. Yang paling bikin tercengang, ternyata proses 3 hari kerja itu dimulai dari kita menyerahkan dokumen. WOW! Jadi misal tanggal 10 kita kasih dokumen, di suruh ambil lagi tgl 12 jam 13:30. Artinya LUSA!!!!! Cepeetttt yahhh… Ckckckckkkk…



Lusanya, saya kembali ke TETO di gedung Artha Graha Lt.12 jam stengah 3-an sore untuk mengambil dokumen (kan batas pengambilan dokumen sampai jam 4pm). Begitu masuk pintu, seperti biasa nanya bagian informasi mau ambil passport dan visa. Langsung di suruh ke Loket 1 (ga pake ini itu, ga pake antri), kasih tanda terima yang kemarin kita terima pada saat pemasukan dokumen, ga sampe 3 menit, di cari dokumen yang sudah disipain, langsung di kasih passport yang sudah tertempel Visa Taiwan di dalamnya. Dan di cek kembali jangan sampai salah. Taraaaaa~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ DONE!!!



Sebenernya kalau dokumen lengkap, harusnya apply sendiri saja, selain lebih irit dan murah dibanding apply via travel, lebih cepat juga. Kalau via travel paling dikit 5 hari kerja. Huyuhhh~~~ Cuman kadang orang kan males ke Sudirman, jam macet lagi, three in one lagi, pagi-pagi lagi. Padahal ga seribet yang kita bayangin.



Oh ya, ini hasil googling-googling ke web travel, biaya Visa via travel :
# genta tour  515.000
# bayu buana  525.000
# kia travel  550.000
# avia tour   550.000
# dwidaya     565.000
# golden rama 620.000


Nah, ada info tambahan buat yang mau apply Visa Taiwan alias R.O.C. Memang susah-susah gampang, karena Taiwan takut banyak masuk TKI illegal kan. Tapi teman saya passport kosong (asli kosonggg, blm ada secuil cap pun), namun surat lengkap termasuk surat sponsor, copy tabungan isinya ga sampe 20jt, trus tabungannya blom sampe 1 bulan lagi (kesannya kan riskan banget yahh?!!!! Tabungan baru gitu kaya mengada-ada). Optional ditambahkan copy tiket Pulang-Pergi. Kita semua dag-dig-dug, taunya keluar tuh Visanya. Hihihih….

So?? Intinya surat lengkap deh. Surat asli jangan yang mengada-ada. Trus ada tambahan optional jg kan enak tuh. Ibarat ada nilai plus nya. Semoga info ini bermanfaat deh buat teman-teman smua yah.

185 comments:

  1. Gan, mau nanya, pas sy masuk web yg untuk isi formulir, kan ada beberapa pilihan, itu pilih yg mana ya? Untuk tujuan kuliah di taiwan. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. visanya pilih visitor visa, tapi nanti d bagian bawah ada pilihan untuk tujuan nya pilih study :)

      Delete
    2. kalau "domestik ktp number" itu nomor passport atau ktp ya Gan?

      terus kan ada pilihan "Select Where You Will Be Applying For Your Visa" itu banyak banget pilihannya ya , pilihnya yg mana ya? kan cuma mau ke taiwan doang tapi di sana ada tulisan negara2 laen . Thnx

      Delete
    3. Yap domestic no itu nomor ktp, nanti d bagian bawah ada isi nomor passpor.
      Untuk di indonesia kita cm bisa apply di jakarta teto, jd kamu pilih aja Indonesia Teto, kecuali mau apply d negara lain :)

      Delete
    4. Gan, nanya lagi, takut salah... kalau "given name" itu maksudnya nama panggilan sehari-hari ya? terus kalau misalnya belom ada nama Chinese atau "former or other name" itu boleh dikosongin ya di formnya? thx

      Delete
    5. Given name itu last name, surname itu nama keluarga.
      Sesuai nama d passpor aja isinya.
      Ga ada nama chinesse kosongin saja.

      Delete
    6. Gan, nanya lagi dong. Kalau ditanya pekerjaan, jawabnya pengangguran atau pelajar ya? kan lulus sma-nya udah beberapa tahun yang lalu (gak kuliah)

      Delete
    7. Pas interview ya? Jawab nya yg baik aja, kl memang bantu orang tua ya bilang saja bantu2 orang tua. Kalau sudah kerja blg aja sdh kerja, walaupun misal kerjanya bkn fulltime. Kan blm kerja ya blg blm kerja, tp plg enak kl mmg ada bisnis ortu blg nya bantu orang tua.

      Delete
  2. surat sponsor harus dari perusahaan ya?
    kalau kita mau travelling biaya sendiri gmna dong? atau kalau yang buat teman kita yang ditaiwan boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi...Surat sponsor kl ga dari perusahaan boleh buat sendiri, jadinya surat pernyataan. Yang pentig isinya menjelaskan kl pengeluaran selama pergi pakai uang sendiri dan akan segera pulang setelah selesai travelling, dan tujuan kmu travelling. Pakai contoh surat di atas jg boleh tinggal kamu ganti nama penjaminnya dan nama yg di jamin nama kamu 2-2nya.

      Kalau pakai surat undangan dr Taiwan nanti prosedurnya malah repot takutnya.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang tua ga ada usaha? kl ada usaha, pakai usaha orang tua, jadi biar orang tua yang jamin.

      Kalau ga ada, mungkin bisa di coba buat surat pernyataan bahwa kmu mau jalan-jalan dan ga akan mencari suaka dan akan pulang ke negeri asal tepat waktu, dan sebagai jaminan kamu sertakan buku tabungan kmu yang menjelaskan kamu punya cukup uang untuk jalan-jalan dan beli tiket pulang pergi.

      semoga aja bisa, seharusnya untuk apply visa taiwan asal jelas, ga sulit kok. ga usah pakai materai.

      Delete
  4. Gan kalo bikin surat yang menyatakan kita kerja bantu usaha keluarga dan orang tua yang jadi penjaminnya gmn ya? Ada contohnya ga ya? Lieur gan. Hahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di atas surat pengantar dr orang tua yang menjamin anaknya.... cuba di baca d atas deh :)

      Delete
  5. Permisi gan. numpang tanya

    Berikut sy ingin menanyakan beberapa pertanyaan seputar visa dan kelengkapan dokumen :



    Di akte akte ganti nama ayah saya tertulis : Roby Gandajaya, sedangkan di ktp dan kk tertulis dan paspor tertulis : Robi Gandajaya. Beda huruf i dan y. Gmn gan?

    Bila di paspor sy tertulis : Lusi Gandajaya Gan, dan di kk/ktp/ akte lahir tertulis : Lusi Gandajaya, bgmn jg gan?

    Bila di ktp ibu sy tertulis : Teny Suteno al the sioe teng, dan di kk / paspor / akte ganti nama : Teny suteno, sedangkan memang nama ibu sy sebelumnya adlh : The sioe teng.. itu juga bagaimana bu?

    Minta tlng saran n pendapat nya gan..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. KTP dan KK dan Passpor sama kan, pakai huruf I, jadi ikut huruf I semua, karena kan pas buat visa ga di minta surat ganti nama. Itu jika ada waktu di urus cuba KTP dan KK dan passpornya. Emang pejabat setempat kadang salah cetak, hasilnya bikin kita yang susah.

      Kalau passpor otomatis ikut KTP/KK/Akte Lahir, biasanya passpor ga akan salah cetak, karena sebelum di cetak kita di suruh cek lagi hurufnya bener atau nggak, trus pas buat passpor misal KTP dan KK atau Akte lahir beda nama / huruf, pasti ada proses yang harus dilalui sebelum passpor di proses.

      karena sudah ada ganti nama jadi Teny Suteno, makanya semua KK dan passpor ikut Teny Suteno, ga pakai lagi the sioe teng. Mungkin untuk KTP ada khusus buat penjelasan, makanya setelah nama Teny Suteno ada huruf "al", mungkin itu kode untuk orang pemerintahan, menjelaskan bahwa pernah ganti nama.

      Semoga membantu ya.

      Delete
  6. Minta pencerahannya mas,
    Nama saya lengkap saya di KTP
    Dyah Apriastuti Chandra Heryati Putri tapi nama yang tercantum di passport cmn sampe Chandra karna menurut kantor imigrasi namanya kepanjangan. Yang saya tanyain nanti sewaktu pengisian form online nama nya mengacu ke passport atau KTP ya? Karena saya takut ini jadi masalah. Mohon bantuannya ya.. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ingat, pada saat kita keluar negri, dokumen yang diakui hanyalah passpor, jadi pada saat daftar apapun itu selalu ikuti passpor.

      Delete
    2. Kak saya mau nanya nih di teto cuman liat formulir online ny doang kan , ngak cek isi visa online yang telah kita buat?

      Delete
  7. Mau tanya saya pernah jadi TKI Taiwan 11thn 11 Bln 21 hari.kemarin saya bisa masuk Taiwan.,dan dipulangkan.,padahal masih 2 minggu.,sedang kontrak kerja 3 tahun.,kok teto bisa beri visa dan kenyataan nya sampai Taiwan ditolak.,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, mau tanya kamu jadi pekerja rumah tangga atau kerja di pabrik yah?
      Kedua, TETO memberikan visa, karena kamu masih ada 9 hari, jadi tetap bisa masuk taiwan. Kontrak kerja itu adalah urusan pabrik-ejensi-pekerja, tentu depnaker Taiwan mengetahui adanya kontrak kerja, tapi mreka ga akan baca satu-persatu selama tidak ada masalah.
      Ketiga, kalau kamu pekerja rumah tangga/ perawat, memang ada aturan baru bahwa kamu bisa bekerja di Taiwan sampai maksimal 14tahun, tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, syarat utama adalah kamu kembali bekerja di majikan yang sebelumnya, jadi intinya pakai sistem direct-hiring.

      Delete
    2. Mau tanya gan...itu setelah proses TETO ( buat tki) apakah visa langsung keluar apa kita harus nunggu...makasi

      Delete
    3. ini kamunya ke teto rekaman sidik jari apa gmana kah? seharusnya kl udah proses teto artinya tinggal menunggu visa keluar.

      Delete
  8. Replies
    1. hallo, jakarta di sebrang GI, namanya gedung artha graha.

      Delete
  9. hello bro.. mau tanya..
    saya mau lanjut kuliah di taiwan..
    visa pelajar itu termasuk visa resident atau visitor?
    kemarin udah terlanjur buat resident & multiple entrance sih.. hahaha
    thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya dulu sih visitor visa awalnya, trus nanti di taiwan br ganti resident visa dan jadi ARC (alient resident card). Cuma itu untuk sekolah bahasa, kalau kuliah denger temen-temen bisa lgs multiple entry. Gpp sih, kl udah terlanjur buat.

      Delete
    2. ooo.. ok la.. hahaha
      thanks y bro infonya

      Delete
  10. financial statement itu sama dengan rekening koran gak? atau sama dengan surat referensi dari bank?

    ReplyDelete
    Replies
    1. financial statement itu bisa rekening koran, bisa surat referensi dari bank. yang pasti resmi menjelaskan nilai uang yang kamu miliki.

      Delete
  11. kalau financial statement nya di cetak melalui e-banking bisa gak?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau rekening itu milik sendiri dan jelas ada keterangan nama kamu di print-an e-banking itu harusnya bisa, yang penting ada jelas:
      - tanggal
      - total saldo
      - nama pemilik rekening
      - nomor rekening
      - nama bank

      Delete
  12. mau tanya kak, kalau misalanya ijazah belum keluar pake surat keterangan kelulusan dari sekolah bisa ga ya? atau raport gitu?

    ReplyDelete
  13. jd perlu blg ga kalo misalnya ijazah dr sekolah belum keluar gitu?thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di tanya gak papah jawab sejujurnya, kl ga di tanya ajukan pakai surat keterangan kelulusan cukup, atau kalau kmu ada ijjasah sebelumnya jg gpp.

      Delete
  14. Koh. Kalau tiket itu gimana ya?

    Takut ga tembus kalau uda beli sayang tiket hangus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga perlu beli tiket dulu gpp kok. kan seperti saya sebutkan, tiketnya optional. yang penting syarat-syarat utama-nya lengkap.

      Delete
  15. jadi kalau udh dpt admission letter ... apply visa jenis apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah kmu niatnya belajar apa ngapain? kl belajar ya pakai visa visitor tapi pelajar, kalau niatnya kerja ya pakai visa visitor tapi kerja, kalau buat jalan-jalan ya pakai visa visitor aja (yang ga bisa d perpanjang, max 30hari).

      kl ada admission letter harusnya pelajar dong.

      Delete
  16. oh iya yang di website 591 itu buat kamar dll itu gk ad bahasa inggris atau indo nya yaa?gk ngerti bahasa mandarin 

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sayang sekali web 591 itu ga ada bahasa inggris apalagi indo, cuba di translate pakai google translate, dikit banyak membantu kok.

      Delete
  17. nnya dong pas apply visa student gk ada interview yaa ?trus interview nya pas hari kita serahin pendaftaran visa nya apa hari lain? total brp kali kita bolak balik ke teto nya? soalnya aku di Ponti bukan di jakarta ... bingung jugaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu sih pake wawancara, cuma di websitenya teto sekarang katanya bisa juga tanpa wawancara (suka-suka mereka apakah perlu wawancara atau tidak).

      Normalnya proses pembuatan visa cuma 3 hari kerja.

      Gini aja, saya ajarin caranya, biar kamu ga usa lama2 di Jakarta.
      Ini dari data lama saya yah, jadi kmu cek lagi jadwalnya di web teto / telp teto untuk tanya jadwal wawancara biasa hari apa.
      Misalkan:
      Waktu penyerahan passpor, senin-jumat jam 8:30-11:30.
      Waktunya interview biasanya senin/kamis jam 14:00. (DULU)
      Selesai interview, besoknya di suruh balik lagi jam 13:30-16:00 buat ambil passpor dan dokumen lainnya.

      Kalau saya biasanya akalinnya hari rabu saya serahin dokumen, jadi kamisnya dapat jadwal wawancara, jumatnya ambil visa deh. 3 hari beres kan.

      Kalau kamu misal hari senin serahin dokumen, kamu musti nunggu kamis wawancara, hari jumat baru bisa ambil visa, jadinya buang waktu 5 hari.

      Delete
  18. Haloo om..
    Mintaa pencerahan donkk..
    Apakah bisa seorang tki memohon visanya sendiri tanpa bantuan atau pengawas dari agency pt. yg bersangkutan..?
    Maksih yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. logikanya bisa, asal ada surat undangan dari majikan di Taiwan, dan surat undangan dari depnaker Taiwan. Asal dokumen dan surat-surat lengkap sesuai yang dibutuhkan, bisa aja. Cuman tanpa agency pt. kan sulit mendapatkan majikan, dan mengurus dokumen sendiri itu repot, wasting time, ribet. hehe... soalnya mesti legalisir blablabla...

      Delete
  19. Kakak .. mau tanya dong , sy dlu prnh bkrja d taiwan tp kabur . Trus sekarang ingin mngajukan visa turis taiwan . Kira" bisa egk ya ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah brapa lama terakhir pulang dari Taiwannya? Biasanya agk sulit, kalau pernah ada overstay di suatu negara dan menjadi ilegal, minimal biasanya harus tunggu 5 tahun baru bisa apply lagi.

      Delete
  20. Halo, saya mau nanya surat pernyataan itu beda ya sama surat sponsor?
    Kalau saya pake surat sponsor atas nama ortu saya, tapi ortu saya bukan pemilik dari perusahaan, tetap harus pake kop surat perusahaan tempat dia bekerja?
    Thank you..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya yang dibutuhkan itu kan namanya surat sponsor dari perusahaan tempat kamu bekerja, tapi bykan ga bekerja sama perusahaan or perusahaan ga mau mengeluarkan surat seperti itu, jadinya pakai surat sponsor dari orang tua (yakni disebut surat pernyataan).

      Dan iya berdasarkan persyaratan harus pakai kop surat perusahaan, kalau yang menanggung adalah orang tua, berarti sertakan surat sponsor (bisa disebut jg surat pernyataan) dari orang tua, + copy buku tabungan orang tua yang menjamin.

      semoga dapat membantu ya.

      Delete
  21. serahin dokumen visa dan ambil meski hadir sendiri atau boleh di wakilkan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh diwakilkan... pada saat pengisian formulir ada kolom untuk menuliskan diwakili oleh siapa.

      Delete
  22. Gan,klo kita masukin dokumen n daftar sendiri tpi pas ambilnya diwakilin bisa?sama misal bikin visa april tpi perginya juni ga masalahkan yah?30 hari itu dihitung dri masuk taiwannya kan?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh diwakilkan... yang penting bawa resi tanda bukti nya... dan bawa KK/KTP sebagai persiapan, yang menunjukkan memang ada hubungan keluarga dengan YBS...

      bikin visa April, perginya Juni ga masalah, karena visa nya ada masa berlaku 3 bulan biasanya, jadi bisa kapan aja ke Taiwannya sebelum masa berlakunya habis. Kalau maksimal stay di Taiwan 30 hari itu dihitung dari hari masuk taiwan. semoga membantu ya.

      Delete
  23. Hallo, mau tanya dong. Kal kitanya yang sponsor orang tua ke taiwan , yang di butuhin surat sponsor atau surat pernyataan gan?ada contohnya gak gan ? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl undang orang tua, kasih aja surat pernyataan... surat pernyataan seperti di atas tuh contohnya, tinggal kata-katanya tambahin dan diganti sedikit... tambahkan jg fotocopy KTP Taiwan/ARC taiwan kita, dan kirimkan ke orang tua, agar orang tua pas apply visa bisa skalian sertakan.

      Delete
  24. hallo om mau tanya nih, saya sudah pengajuan visa taiwan, semuanya sudah lengkap, cuma di tolak oleh embbasy karena masalah rekening tabungan saya. kalau sudah begitu apakah masih bisa pengajuan untuk kedua kalinya, atau bagaimana ? mohon pencerahannya ya, soalnya sayang tiket PP udah di tangan :((, perkiraan juni berangkat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo om... kmu rencana ke Taiwan untuk jalan-jalan kan yah? sebelumnya mau kasih info terbaru, kl kmu sudah pernah punya visa Jepang/Korea/USA/Australia/Canada/NZ/UK (salah satu aja dari yg saya sebutin barusan), kmu bisa pakai visa online free. Termasuk visa yang sudah expired, asal ga lebih dr 10 tahun aja expirednya...

      kl ga punya sama skali, memang harus apply visa manual, setau saya kl udah pernah d reject, bisa pengajuan lg tp harus tenggat waktu 3 bulan deh. cuma telp ke TETO bagian visa aja di 021-5151111, tanyakan apakah bisa apply visa lagi segera kalau pernah kena reject...

      Delete
    2. kalau misalya solusi lain bisa ga om, kan tiket saya tuh kebetulan untuk juni besok, 1 bulan lebih lagi, kalo memang ga bisa saya dapet visanya dan harus nunggu 3 bulan, apakah bisa apply visa korea, dan misal di terima saya bisa lansgung apply lagi yang ke taiwan, apakah bisa seperti itu ? terima kasih

      Delete
    3. visa jepang kali ya, kmu pake epasspor ga? kl ada epasspor kan bisa pake visa waiver jepang... visa korea malah lebih susah dapetnya loh...

      sblmnya yg aku mau tanya, kmu ga pernah ke Taiwan sebelumnya kan, pernah kerja di sana jd buruh atau gmana ga? (sorry jgn tersinggung ya, soalnya kl pernah jd buruh, bisa online ga berlaku).

      gini, cuba deh telp ke teto dulu, bagian visa (021-5151111), tanya kl visa kamu br di tolak krn masalah tabungan, kl saya pakai visa online krn saya punya visa jepang, boleh ga? kl boleh baru deh kmu apply visa jepang or korea kl kmu maunya korea. hehehe...

      mreka pihak teto siap membantu menjelaskan kok, tanya dl jd mendingan. kl misalnya ga bisa, tanya skalian, kl mau apply lg disertai tabungan yang memadai, bisa langsung apply ga, atau harus nunggu? gitu tanyanya...

      kmu kmrn apply visa pakai tabungan brp duit? ga sertain tiket PP yang udah kamu beli ya? jarang loh org kena reject, temen ku pake tabungan cm 10jt kayanya, lolos aja kmrn itu tuh.passpornya kg masih kosong padahal.

      Delete
    4. belum pernah sama sekali ketaiwan sih, cuma sudah teratasi kok , seminggu kmarin ngurus e paspor dan lansgung ajuin visa jepang waiver, dan langsung daftar visa elektronik taiwan, dan sudah Approved, terima kasih sudah dapat pencerahan dari akang :D

      Delete
    5. Bang klo seanday y tabungan pake atas nama adek saya gmn jg ada tbungan ortu disna untuk brngkat ksna gmn bisa apa g untuk syrat pengajuan visa

      Delete
    6. pake surat pernyataan , yang menyatakan adek kamu atau ortu kmu yang akan jadi sponsor kmu, dan segala biaya keberangkatan, akomodasi, dan pengeluaran selama berada di Taiwan akan dicover oleh orang dengan tabungan tersebut.

      Delete
  25. alloo gan.. sy uda daftar visa taiwan online dan sudah di print.. tapi ada salah ketik.. kalau bikin ulang gpp yah ?
    pertanyaan kedua.. tadi ada tulis pengajuan tgl 10 may 2017 tapi ga bisa krn harus nunggu surat sponsor dr mama saya yg di taiwan biar lebih lengkap aja.. jd tgl 12 baru bisa ksana.. itu gpp kah ? krn saya baca max sebulan setelah tgl pengajuan.. makasi sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah ketik, gak masalah bikin ulang, yg lama di abaikan saja. bikin yang baru trus d print lg.

      pertanyaan kedua, jawabannya ga masalah, tanggal pengajuan itu otomatis keisi deh, sesuai tanggal kmu submit aplikasinya, tinggal kirim dokumen-nya ke teto saja.

      Delete
  26. halo kak, mau tanya nih kak, kalau kita sudah apply visa di online, dan menyerahkan dokumen ke TETO harus kita sendiri apa bisa di wakilkan kak?
    valenskitheresiakwe@gmail.com ini email aku kak, tolong infonya yah kak, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. say, kl soal visa, bisa diwakilkan kok. kan pas kmu apply visa di online ada kolom untuk diisi pas bagian trakhir tuh, kl memang diwakilkan oleh siapa, tinggal d isi aja.

      Delete
    2. Kak mau tanya kalo pengambilan visa nya boleh diwakilkan org lain g? Bikin surat ku as a g?

      Delete
    3. Boleh d ambilkan orang lain, yg penting bawa bukti kwitansi yang di kasih pas apply itu. Surat kuasa harusnya ga perlu ya karena waktu sy ambil visa, kita serahin bukti kwitansinya, ga lama dia panggil lagi, lgs d kasih aja passpornya, dan d suruh cek lg takut salah ambil passpor org. Cm ga ada salahnya siapin surat kuasa sih.

      Delete
  27. Hallo kak,
    Mw tny nih, saya tkw d hkg, rncna akhr bln ini mw cuti k indo dan mngrus visitor visa Taiwan d TETO surbya, nh utk prsyratan point no 4,klo d gnti dgn visa krj hkg bsa gk y kak??
    Dan maav utk ftocopy tbungan, ap d wajibkan nominal'nya,
    Mohon pencerahannya kak, trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merdeka!!! Hehehe soalnya pas 17 agustus br bales nih.
      Visa HongKong apalagi visa kerja hongkong ga bisa dipakai untuk sponsor. Dan untuk tabungan ga da nominal khusus sih, cuma memang katanya harus di atas 25jt dalam 3 bukan trrakhir, cm temen dulu apply uangnya cm 10jutaan jg dpt visa turisnya.

      Delete
  28. Siang mas
    Mau tanya, saya kan mau apply visa visitor wisata untuk mama saya cuma bingung sebenarnya surat pernyataan itu boleh pakai bahasa Indonesia atau harus berbahasa Inggris ya? soalnya takut berkas ditolak bakal ribet bolak balik kirim berkas. Kebetulan surat pernyataan yg diberikan kantor mama saya pakai bahasa indonesia.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat pernyataan harus bahasa inggris, karena yang bakal baca dan approve visa setiap calon turis itu adalah orang asli Taiwan, jadi jangan pake bahasa indonesia yaaa~

      Kalau surat nya dari kantor pakai bahasa indonesia, ada baiknya di terjemahkan ke bahasa inggris, pakai penerjemah tersumpah, biasanya biayanya 100rb gitu, ga perlu di legalisir lagi, jadi sertakan surat yang asli bahasa indonesia dan surat yang sudah di terjemahkan.

      Delete
  29. Mau ty kak.. saya prnh bkrja di taiwan Dan klu mo ksna liburan sndri tanpa travel agent urus visa nya ssh nggak ya.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ada record pernah bekerja di Taiwan dengan status kerah biru, jadi untuk apply visa kemungkinan akan lebih ketat dan selektif, jadi saran saya siapkan dokumen yang diperlukan, lengkap dengan rencana kamu berlibur berapa hari dan kemana saja, menginap di mana, dan tabungan juga d banyakin. kalau niatnya memang berlibur harusnya tidak akan ada masalah.

      Delete
  30. Numpang tanya,saya punya usaha foto copy dan percetakan,tp ga ada siupp,apa saya bisa mensponsori anak saya,klo rek tabungan pake anak saya senidiri bisa dan berapa jumlah rekening yg ada,apanperlu melampirkan ktp saya di surat sponsor yg saya buat( soalynya ktp saya sampe sekarang blm jadi dan ktp lama sudah expire) makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, ga perlu pake siup kok, kalau mau sponsorin anak, bisa buat surat pernyataan saja.

      Kalau pakai rekening anak anda sendiri, ga perlu lg pake surat sponsor. Jumlah yang harus ada di tabungan ga ada pastinya, cuma biasa biar aman di atas 25juta sih sampai 40juta.

      Ga pakai ktp, pake KK.

      Delete
  31. Terimaksih infonya ya,jadi cukup surat keterangan dari kampus saja ya( anak saya kuliah si Univ.Katolik Atmajaya Jakarta)

    ReplyDelete
  32. Halo gan terima kasih ya infonya.
    Saya mau nanya, kalau mau apply visa untuk anak usia 9 tahun, pas ngisi form onlinenya nomor KTP siapa yg harus diisi dan siapa yg harus ttd formnya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk anak-anak yang belum ada ktp, No ktp silahkan diisi dengan nomor passpor, dan tidak perlu di tanda-tanganin. Cuma harus dicantumkan siapa yang mengisi data, dan siapa yang mengajukan, ada di akhir pengisian formulirnya.

      Delete
    2. Salam kenal,
      O'iy,Kak mau tanya sesudah interviu pernikahan dgn warga Taiwan di teto lolos, Dan ada kelas di teto, selebihnya proses apa aja ?dan untuk waktunya kira"brp lama ya Kak agar sampe ke Taiwan ?

      Delete
  33. mas mau tny, sy kmrn buat visa taiwan via travel agent udh ngg 1 minggu trnyt visa ditolak. pdhl syarat” ud lengkap, trs sy ngaju in lg melalui travel agent lain dan pihak loket TETO tidak mau memproses pengajuan visa sy. sy tny” lagi kt ny hrs dtg sendiri ke TETO. klo mas tau emang ad jangka waktuny dr penolakan untuk mengajukan visa kembali? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 bulan deh bro jangka waktu pengajuan ulang setelah di tolak... saya pernah baca di web teto kl ga salah ingat.

      Delete
  34. hallo, biasanya kl sudah pernah di tolak, harus tunggu 3-6 bulan lagi baru dapat mengajukan ulang. walaupun datang sendiri juga tidak akan diproses, lebih baik tunggu 3-6 bulan lagi baru ajukan ulang.

    ReplyDelete
  35. Hallo, saya mau tanya ni
    Kalo surat lengkap hanya saja 1 yg jadi pertimbangan saya
    Apakah harus ke kantor TETO serahkan surat atau bisa lewat pos atau JNE gtu?
    Supaya lebih hemat saja
    Lumayan pesawat pulang pergi jkt-pnk truas biaya nginap lagi
    Spya uangnya bisa di pake buat wisata di taiwan sih maksudnya
    Thx ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii, ummm saran sih kl jauh, mending lewat travel agent, paling lebih mahal 100-200rb daripada beli tiket pp plus hotel. Soalnya ga bisa lewat pos setau saya, apalagi JNE. Cuba ke travel besar seperti dwidaya / panorama / avia / antavaya dll.

      Ga pernah ada visa negara lain seperti Jepang korea? kl pernah ada kan bisa apply online sekarang, free lagi. ada di blog saya juga.

      Delete
  36. halo min, saya mau tanya, apakah untuk pembuatan visa, kalo orangnya sudah lansia, dan tidak kerja, apakah butuh surat sponsor? karena kan sudah lansia, tidak bekerja. lalu apakah anak perlu surat dari sekolah? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat sponsor dari family aja yang menanggung, atau nggak buat surat pernyataan menjelaskan kl akan pulang dr Taiwan setelah berlibur, berjanji ga akan cari pekerjaan selama di Taiwan.
      Kalau anak sih boleh aja pake surat dari sekolah, kl nggak ya orang tua buat serat sponsor.
      musti bahasa inggris ya.

      Delete
  37. Gan.mau tny ne..klu misalnya ud ex taiwan yg blacklist visa holiday...kira2 klu ud 1 tahun bloh ngajuin visa lgi nggk?klu untk visa visitor tp buat krj gmn ya caranya ya?thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa kalau blacklist itu mau 3-5tahun br bisa apply lg... kl visa visitor ya artinya visa turis wisata, ga boleh kerja dong.

      Delete
  38. gan.. sy pemegang visa korea exp desember 2017 kemarin, februari 2018 sy ke taiwan dan sdh pengajuan evisa taiwan melalui online sdh approved dan sy print. pertanyaan sy katanya jika hanya memiliki 1 nama contoh "Romeo" penulisan di kolom nama depan dan nama belakang tdk boleh di double seperti " Romeo Romeo" jika sdh terlanjur apa boleh saya buat ulang dr awal lagi (revisi nama) takut terdaftar 2x nanti jd masalah di imigrasi sana..mohon info nya gan, tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, buat ulang aja dari awal, yg lama ga usa d pake, alias d buang aja. ga akan jadi masalah kok, dan ga perlu kuatir soal terdaftar 2x.
      Karena kejadian ini sering terjadi, seperti salah input nama, tgl lahir dll, karena online visa jadi enak bgt, cukup daftar ulang dr awal, yg salah ya d buang aja alias d abaikan, cukup buat baru.

      Delete
  39. Kak kalo visa nya ga turun apa kita harus mengulang lagi teto nya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya udah apply visa ke teto, udah kasih passpor, trus passpornya d balikin tanpa ada visanya gitu? maksudnya di tolak? biasnaya kl ditolak musti minimal nunggu 6 months sblm bisa apply lg sih.

      Delete
    2. kalau biasanya kita buat visa pake jasa travel apa paspor asli kita harus di kasih juga ke travelny untuk di kirim ke jakarta. Asal Medan

      Delete
  40. Kak, rencana saya mau ikut exchange. Nah, kalau pakai rekening koran punya kakak sepupu saya gitu bisa ngga ya? Terus itu nanti ada tambahan persyaratan semacam pernyataan kalau bersaudara gitu ngga? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti diminta surat pernyataan yang menunjukkan kalau kakak sepupu kamu yang akan menanggung segala biaya kehidupan kamu nantinya.

      Delete
  41. Halo Gan, saya ada ajukan visa visitor study dgn admission letter belajar bahasa dan sudah diproses di TETO..namun baru ngeh skrg pas isi form saya salah tgl di proposed departure from taiwan..saya isi tanggal 1 bulan sejak tgl kedatangan. Apakah tidak masalah dan tetap dpt visa study yg 60 hari? Saya worry bahwa akan dapat visa tourism 39 hari yg gk bs diperpanjang. Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada saat isi form kmu kan pilih tujuannya study kan, jd pasti d kasih visa student harusnya. Walaupun proposed departure taiwannya kmu isi 1 bulan doang. Anyway mungkin kmu salah ketik kl visitor visa cm 30 hari ya, bukan 39hari.
      Semoga membantu

      Delete
  42. Mau nanya juga nih gan, kalo bank statement pake surat penjamin bisa ga ya? soalnya ga ada penghasilan tetap di bank, tapi punya uangnya untuk pergi-stay-pulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai surat pernyataan yang menyatakan kamu akan pulang ke Indonesia setelah trip selesai, dan tidak berniat mencari suaka / pekerjaan di taiwan, karena tujuannya hanya berlibur. Sertakan surat pernyataan gpp, harusnya kl memang kmu jelas tujuannya, ga masalah. Krn temen pernah apply visa tabungan hanya 10juta kl ga salah.
      Soal visa nya dapat atau nggak, ga bisa menjamin, krn kan itu kuasa masing2 pihak staff imigrasi. Tp dengan kamu kasih surat pernyataan harusnya membantu :)

      Delete
    2. Baik, terima kasih gan

      Delete
  43. Permisi mau nanya... tiket pesawat benar-benar opsional? Soalnya dengar dari sumber lain, katanya sudah harus punya tiket sebelum mengajukan visa.

    Ditunngu jawabannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba bantu jawab ya, baru jumat lalu saya urus visa dan posisi belum ada tiket pesawat..tidak ada masalah kok.. Semoga membantu

      Delete
    2. Terimakasih yaa..

      Delete
    3. jadi pas submit dokumen dll, ke TETO, gk perlu lampirkan tiket pesawat pulang pergi?, kyk tanggal tiba dan tanggal pulang di aplikasi visa online .

      Delete
  44. mau tanya gan,saya Terang bulan juni mo ke Y Taiwan jalan2 terus mau tinggal di Rumah teman
    temen saya mau menjamin,cara buat surat jaminannya gimana ya gan? thx









    ReplyDelete
    Replies
    1. buat surat pernyataan aja, pake mandarin lebih bagus malah kalau memang dia sudah warga negara Taiwan. contohnya garis besarnya sama dengan surat pernyataan di atas tuh, intinya menjelaskan siapa menjamin siapa, akan visit dr tanggal berapa sampai tanggal berapa, dan menyatakan ga akan mencari pekerjaan atau suaka di Taiwan, dan akan balik ke Indo kl sudah selesai trip nya. gitu aja :)

      Delete
  45. Halo Om. Kalo fotokopi KTP perlu ga ya utk pengajuan visa? Ktp ane udah blur gt soalnya. Terus kalo nama di KTP sama di paspor beda gimana ya?? *mau ke taiwan tgl 6 Mei, dan baru mau ngajuin visa tgl 30 april ini. *mendadak brktnya *ngeri ditolak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di syarat nya ga perlu fotocopy ktp, cuman pas isi form nya itu musti masukkan nomor ktp, tapi harus pakai fotocopy KK. Nama di KK sama passpor sama nggak? Kalau namanya beda, ikutin nama di passpor. Tgl 30 april (senin) , 1 mei (libur), tanggal 3 mei bisa keluar visanya kl dokumennya lengkap ya, jd brangkat tgl 6 ga masalah.

      Passpornya ga ada visa korea / jepang / Australia/ UK / schengen? Kl ada visa negara itu salah satunya, bisa apply online.

      Delete
  46. Halo ce, mau tanya, kalau misalnya mau bikin Visa penerjemah

    Ada gak syarat harus minimal s1 , karna aku lulusan SMA ce

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penerjemah minimal SMA bisa sist. Ga harus S1. Kalau SMP ga bisa dapt visa penerjemah.

      Delete
  47. Mau nanya doong, kira2 pernah tau ga kalo misal kita salah isi kota kelahiran di form pengajuan visa residence? Dan bisa ngga sih kita udah submit trus bikin baru lg krna kesalahan ngisi kota kelahiran itu? 😭 Mohon infonya . Terima kasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong dirubah, kamu cuba siapkan form baru dengan bukti kuat yang menunjukkan kota kelahiran kamu yang sebenarnya. lampirkan data-data nya seperti KK, akte, passpor dll.

      Delete
  48. Gan saya mau nanya nih, saya rencana belajar bahasa 1 thn. Trs saya apply visanya cuman du kasih 60 hari padahal 1 quarter kan 3 bln, seperti itu harus gimana? Apa sklhnya akan ngurus perpanjangan visa atau saya harus bolak balik Indonesia atau bisa ngurus di Taiwannya? Terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi visa kamu pertama di kasih 60 hari, tapi nanti di Taiwan bisa diperpanjang sampai max 180hari (perpanjangnya gratis di Taiwan, ga perlu bolak balik Indonesia). Lebih dari 180hari, karena kmu rencana 1 tahun, pada bulan ke 4 sampai bulan ke 6 (dimana visa 180hari kamu sudah mau habis), kamu bisa ganti visa kamu dengan ARC (semcam KTP sementara), itu juga urus di Taiwan, ga perlu bolak-balik Indonesia. \

      Buat info mengenai ARC bisa nengok di http://bazk3t.blogspot.com/2014/04/how-to-make-taiwan-arc.html

      Delete
    2. Hi kak aku juga punya pengalaman visa single 60 hari untuk belajar bahasa...
      Sebelum 60 hari saya mau pulang ke indo karna ada urusan keluarga... Dengan visa single 60 hr apa bisa sy bolak balik taiwan indo dengan visa tsb? Terimakasih

      Delete
    3. di dalam visanya ditulis kan single entry, berarti cuma bisa 1 kali pakai, kalau kamu keluar Taiwan, otomatis visanya sudah terpakai, jadi kalau mau balik ke Taiwan lagi, kmu harus buat visa lagi ulang, dengan syarat dokumen yang sama, hanya saja biasanya ga perlu interview lg.

      Delete
  49. mau nanya dong, kalo untuk ngeprint formnya harus pake laser jet? boleh ga pake printer biasa aja?

    ReplyDelete
  50. Gan, mau tanya. Ane dulu pernah kerja di Taiwan thn 2012-2017 pake ktp dan kk palsu (tdk trdftr di disduk) soalnya umur kurang memenuhi persyaratan. Terus sekarang ane dftr lagi ke pjtki jalur formal karena ktp di paspor dulu tdk online ane disuruh buat ktp-elektronik yg dirubah tgl dan tahun lahirnya sesuai paspor dan otomatis nik ktp berbeda, kira" kalo ane ngajuin visa tetto lolos gak gan? Soalnya paspor lama diperpanjang di taiwan sampe 2020.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutin saran agency aja sih saya bilang. cuma logikanya teto doang sih lolos harusnya, karena teto intinya mau liat passpornya, sama surat undangan kerja dari Taiwan, dia ga peduli nomor KTP kmu. Karena KTP ga laku juga di Taiwan.

      Delete
  51. Ada lampiran pemberitahuan kemarin di tetto gan. Dikeluarkan januari 2018.. Bunyinya apa..ane lupa pokoknya berhubungan dengan nik ktp. Sayangnya gk bisa lampirin foto dikomentar ini.

    ReplyDelete
  52. Untuk diterima apa gaknya via telp apa gak ya kadang bingung terima apa gaknya tuh visa... Soalnya waktu ngajuin pake penjamin besoknya ditelp untuk menyerahkan kekurangan dokumenya... Kemudian saya serahin dokumen yg kurang tapi gak ada tgl pengambilan kemudian besoknya saya telp kembali bilang suruh ambil aja dag dig dug gan soalnya paspor masih polos

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh memang ga di kabarin, biasa pas serahkan dokumen, lgs dikasih tau silahkan ambil passpornya 3 hari berikutnya, dr situ nanti br ketauan ada dpt visanya atau nggak pas kita cek di passpor kita. memang dag dig dug hahahah...

      Delete
    2. Bener gan bikin dag dig dug mana dari daerah mesti bulak-balik alhamdulillah accept juga

      Delete
    3. sipp deh bro kl dah keluar :) tp kayanya prosedur ambil visa rata2 memang gitu deh, ketolak atau nggak nya taunya ya pas kita trima passpor kita kembali, kl ketolak pun ga di kasih tau sebab nya knapa.

      Delete
  53. Gan, tau ga, waktu ngajuin visa tu berapa lama dari tanggal keberangkatan ya? Misalnya nih, mau berangkat tahun depan/ 12 bulan lagi, ngajuin visanya sekarang, bisa ga ya?

    Atau ada batasan waktu, 3/6/9 bulan sebelum keberangkatan gitu?

    Thanks sebelumnya Gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau visa visitor cuma berlaku 3 bulan dari tanggal visa dikeluarkan, dan masa tinggal di Taiwan cuma max 30 hari.
      jadi kalau misal mau brangkat 12 bulan lagi, ajukan visanya nanti paling cepat itu 3 bulan sblm keberangkatan. kalau kecepetan jg percuma, yang ada visanya hangus sebelum brangkat.

      Delete
    2. OK Gan.

      Dan kalau visa ditolak, baru bisa ajukan visa lagi 3 bulan kemudian kn ya Gan?

      Berarti, kalau sudah beli tiket yg berangkat 3 bulan lagi, trus ternyata visa ditolak. Harus rubah jadwal terbang dulu n ajukan visa baru?

      Maksud ane, kalo bisa ajukan visa lebih dari 3 bulan sebelumnya kan, kalau ditolak, masih ada kesempatan ajukan visa lagi setelah 3 bulan.

      Ok deh Gan, makasih banyak ya infonya

      Delete
    3. iya bro, kl visa d tolak br bisa ajukan lg 6 bulan kemudian deh, apa 3 bulan ya? lupaaaa deh....

      kl sudah beli tiket pesawat, visa d tolak, iya harus rubah jadwal atau hangus tiketnya. karena imigrasi ga menyarankan untuk beli tiket dulu sblm visa dapat, jd kl tiket hangus tanggung sendiri. gitu....

      hampir semua imigrasi itu peraturannya seperti itu kok gan :)

      Delete
  54. Ce, mau tanya kalau apply visa pelajar bahasa, interviewnya ditanyain apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa di tanya, kenapa milih Taiwan buat tujuan belajar bahasa? kenapa kmu milih universitas itu? rencana study brapa lama? tujuan kamu belajar bahasa apa? apa punya keluarga di Taiwan? kadang bisa juga di tanya background kamu, misal keluarga kerja apa, penghasilan keluarga brapa, dll. cuma intinya kmu jgn pernah bilang mau kerja sambilan atau mau cari kerja di Taiwan. karena tujuan kmu adalah sekolah bahasa.

      Delete
  55. gan..mau tanya pengajuan visa online taiwan memakai nomor visa korea apa boleh utk kunjungan lebih dari 1 kali? februari 2018 kesana pengajuan memakai visa korea, rencana mau ke taiwan lagi..
    pertanyaan kedua apa bisa pengajuan memakai visa taiwan sebelumnya? tapi visa ada di pasport lama (sudah ganti buku) nomor pasport yg diisi yg mana?
    tq gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban pertanyaan pertama, boleh buat lagi visa online taiwan-nya menggunakan nomor visa korea yang sudah pernah di pakai. so ga masalah buat ulang visa Taiwan online untuk setiap kunjungan.

      pertanyaan kedua, buat visa online taiwan menggunakan nomor visa taiwan sebelumnya? jawabannya adalah ga bisa, harus visa dari negara yang disebutkan, yaitu Australia / Canada / NZ / UK / America / Schengen / Jepang / Korea Selatan.

      Jika visa korea-nya ada di passpor lama, pada saat mengisi form, yang diisi adalah nomor passpor yang baru, tapi pada saat ke Taiwan, jangan lupa passpor lama yang ada visa korea-nya juga wajib dibawa.

      Delete
  56. Ce mau tanya , kalok tanda tangan paspor sama ktp beda saat teto bermasalah egk ya mohon penjelasannya ya terimakasih

    ReplyDelete
  57. Assalamualaikum, minta pencerahannya min kalau misalnya Nik ktp beda dengan tanggal lahir apa kah bisa masuk di taiwan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. NIK di KTP ga ada tanggal lahirnya kok bro. NIK itu nomor ktp kan??

      Delete
  58. Ce mau nanya kalau pakai surat penjamin lgsg dr taiwan(temen)pakai bahasa mandarin apa bs ? Trs apa mah diperlukan lg surat sponsor krj ? Soalnya posisi saya bkn karyawan melainkan saya hnya mengelola perkebunan mangga milik sndri dan itu kn permusim penghasilannya,mohon pencerahannya ce.

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat penjamin boleh banget apalagi dari Taiwan.... ga perlu lg surat sponsor.... di surat penjamin harus jelas ya yang menjamin siapa namanya, nomor ktp taiwan dia brapa, alamat dia brapa, lalu tulis hubungan kalian sebagai teman, dan ditulis jelas bahwa dia menjamin kamu, namanya siapa, nomor ktp, nomor passpor nya kmu juga, alamat tinggal kmu di indo juga. Semoga membantu.

      Delete
    2. Terimakasih jawabannya kak.. sangat membantu sekali ..

      Delete
  59. Ka, saya ngajuin visa study dan dokumen udah lengkap.
    Hari senin saya submit dokumen dan bayar admin, kemudian dikasih nomor antri untuk ambil visa hari rabu. Tapi hari selasa ini ditelpon untuk interview hari kamis.

    Pertanyaanya :
    1. Apakah hari rabu saya udah bisa ambil visa? padahal jadwal interview hari kamis
    2. Yang ditanyakan dalam interview apa aja ya ka?
    3. Interviewnya pake bahasa apa? karena saya cuman bisa perkenalan diri doang pake bahasa mandarin, tapi lumayan fasih pake bahsa inggris.

    Mohon info ka. Thanks

    ReplyDelete
  60. Hallo ka..
    Begini adik saya kan urus visa study,semua sudah lengkap,pakai rekening saya dan saya juga ada buat surat sponsor,posisi saya di taiwan,jd saya krmnya lewat scan ke email adik saya. Tapi tetap saja dtolak. Yang saya mau tanyakan itu
    1. memangnya visa yang ditolak tidak ada pemberitahuannya yah?
    Berhubung saya pernah urus visa UK mereka ada kirim surat dan alasan mereka tdk bs memberikan visa.
    2. Jadi setelah dtolak visa berarti ng bisa pakai agen laen harus sendiri yg apply? Awalnya apply sendiri juga seh
    3. Waktu interview saya ada minta adik saya tunjukan aprc saya,tp dia lupa. Sarannya u/ pengajuan selanjutnya bagusnya gimana yah? Adik saya kesini memang murni buat study bahasa,dan memang plan mau lanjutin kuliah kalau dianya betah disini. Tabungan juga sudah 50jt lbh didlm,blum dtmbh tabungan saya di taiwan.
    Saya bingung kenapa koq bisa dtolak :(
    Mohon pencerahannya,sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
  61. Halo, saya apply visa residence untuk study di taiwan. Hari senin pengajuan, seharusnya rabu jadwal pengambilan karena tidak di telepon untuk interview sebelumnya. Tetapi saat saya mengambil, loket bilang bahwa visa saya di tahan oleh atasan. Maksud dari di tahan atasan itu bagaimana ya? Mohon pencerahannya dan bagaimana solusinya. Terimakasih

    ReplyDelete
  62. aku perna di tolak kira.kira berapa bulan lagi aku bisa ngajuhin

    ReplyDelete
  63. Mau tanya suami sy lewat spinsor mau bekerja ke pabrik taiwan tapi sudah 1 bulan belum ada kabar kalau ditanya katanya visa nya belum turun selalu itu jawabannya. Yg mau saya tanyakan visa itu turun sebelum TETO apa sesudah TETO.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Bantu jawab.
      Kalau visanya belum turun biasanya masalahnya menunggu karyawan lama di pabrik yg d tuju pulang dlu.

      Delete
  64. adakah anda sedang mencari tawaran pinjaman tertentu? Mungkin pemberi pinjaman yang sah untuk pinjaman besar, atau pinjaman murah dan cepat pada 2% setahun untuk membayar bil dan hutang kecemasan? hubungi kami sekarang, greatfuturefinancialservices@gmail.com

    ReplyDelete
  65. Gan maaf kalao pingin liat masa pencekalan bisa ndak ya??

    ReplyDelete
  66. Ka Mau nanya buat Surat sponsor tapi pake Surat dokter karna Saya Mau lahiran Bisa ga ya,Niatnya ngajak Kakak datang ke Taiwan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa minta sekalian Contohnya kak,Makasih dah bersedia Mau jawab

      Delete
  67. Kak mau tanya belum pernah ke Taiwan terus udah di blaklist itu bagai mana ya. ? Surat nya udah lengkap juga absah semua .visa nya ngak mau keluar bagai mana ya.tanya tanya semoga ada solusi

    ReplyDelete
  68. Kak saya mau tanya ni,kan saya nikah sama orang Taiwan sudah setahun prosesnya gk kelar".padahal dokumen sudah komplit semua.
    Emang si saya backlisan tadinya,dan pan wawancara tdk lolos.
    Katanya kalau blacklist an bisa keTaiwan lagi asal nikah sama orang Taiwan.
    Hla ini kok saya nikah beneran sama suami saya kok sulitnya minta ampun.
    Aq juga paket agenci masih ajha ribet.
    Gimana solusinya y kak.
    Sampe stress saya. Suami bolak balik terus keindo.
    Udah ngeluarin duit banyak.
    Gk dapat" tu Visa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jgn pake agency kl udah pake agency tp ga beres2.
      urus sendiri, datengin kantor-kantor yang bersangkutan, tanya butuhnya apa, atau mungkin memang ada masa tunggunya sebelum dokumen resminya keluar kali sist?
      di Taiwan, kl urus sendiri lebih ga ribet, kl pake agency lebih ribet, plus kita jg jd ga pinter-pinter.

      Delete
  69. Mau tanya gan, 2013 lalu saya masuk taiwan dan pulang 2018 pas masuk pertama saya pake ktp lama dan nik sesuai dan sekarang mau masuk lg pake ktp yg sudah saya ganti e ktp tp ternyata nik tidak sesuai dng yg dulu apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake passpor kan keluar masuk nya, ga pake ktp. ktp mana laku.... hehhee

      Delete
  70. Ka, saya kan udah ngelampirin semua dokumen visa itu lengkap. Dan saya disuruh datang interview selang 3hari pelampiran dokumen. Btw visa yg saya apply ini visa sekolah bahasa. Itu nnti yg nginterview kita org indo atau org taiwan ya ka?

    ReplyDelete
  71. Ka say pernah di tolak gara gra documen ad yg kurang di paspor di kasih tanda HCCB apakah saya bisa mengulangi y lagi

    ReplyDelete
  72. Ka, dulu saya pernah buat visa kerja jd tki,, apakah data saya yg dulu masih ada di pihak teto atau sudah hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berapa lama yang lalu? masih ada loh, biasanya data-nya sampai 10 tahun...

      Delete
  73. Slamat malam gan,
    Saya sdh pernah kerja pabrik d twn 12 th,
    Saat ini ada kantor agency twn yg menginginkan saya bekerja di kantornya sbg penerjemah,
    Bisa kasih gambaran kira2 akan ditanya hal apa saja saat wawancara di Teto nanti ya Gan, mohon pencerahanya dan Trimakasih🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu sih saya ga di interview pas ambil visa penerjemah ya... cuma kalau di interview, jawab aja jujur, jgn ada yang ditutup2in...karena kan kmu mau proses visa penerjemah resmi.

      Delete
  74. Gan maaf numpang penjelasan y.. Sya maw pengajuan visa taiwan tpi maslh rek tabungan atas nama adek sya bisa g y?? Maw jenguk ortu disana maw operasi jdi sya hrus kesana.. Dan org tua jg dah kirim smua berkas dri taiwan y serta buku tabungan dia jg bahwa sya tinggal dirmh ortu nanti y. Nah persyaratan laen dah komplit cuma binggung rek tabungan pke nama ade sya gmn solusi y gan.. Mohon pencerahan y..mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh maaf ya gan saya baru online, semoga sudah di Taiwan dan operasi berjalan lancar.

      Delete
  75. Siang Kak, mau nanya ya, klo saya mau urus visa taiwan untuk anak berumur 7 tahun persyaratannya apa saja ya? kami orang tuanya sudah pernah punya visa taiwan, dan mau brgkt lagi kan tinggal daftar on line. TQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. persyaratan sama, dan kasih surat sponsor yang menjelaskan kalau anak yang berumur 7 tahun itu anak anda, dan akan ke Taiwan bersama-sama dengan anda, dan anda sudah ada visa taiwan, jadi sertakan juga passpor dan visa taiwan anda yang sudah didaftarkan online.

      Delete
  76. Kalo ke Taiwan untuk kunjungan keluarga 3 bulan bisa GX yh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, musti minta surat sponsor dr keluarga yang di Taiwan, lalu jelasin kenapa mau 3 bulan di Taiwan, misal mau bantu urus cucu, karena mantu baru lahiran. atau ada alasan lain yang cukup kuat, dan pastinya bukan kerja ya.

      Delete
  77. Halo kak, lewat telepon saya SDH diterima kerja, saya bingung kenapa saya disuruh coba kerja 3 bln dulu dengan visa visitor, setelah cocok saya akan diberi surat sponsor balik keindo utk urus visa kerja, mau tanya 1. apakah dengan surat sponsor itu saya sdh mudah dan pasti mendapatkan visa kerja. 2. Apakah bisa mengurus izin tinggal ditaiwan dengan visa visitor? Kalau bisa kan tidak perlu balik keindo urus visa kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. for record, hati-hati kl kmu disuruh kerja dulu dengan visa visitor. karena kl ada apa-apa, kmu kalah loh dimata hukum, karena visa visitor ga boleh kerja.

      1. dengan surat sponsor sudah hampir 95% kayanya pasti dapat visa kerja. karena yang keluarkan surat sponsor bukan dari kantor saja, tapi dari depnaker Taiwan.

      2. kalau kmu dr visa visitor mau ubah ke visa kerja nantinya, kamu tetep harus pulang dulu, ga bisa urus di Taiwan.

      Delete
  78. Gan mau tanya.. Klw gak ada pekerjaan di tolak gak ya visa visitornya..
    Saya sering jalan cuma asia tengara doank

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta surat sponsor kali ya dr ortu, atau buat surat pernyataan...

      Delete
  79. Mbk aku mau nnya donk,visa aku belum trun jg,yg bermasalh di akte aku,soalny akte ak kemren diperbarui,jd aku lg nunngu balasan surat yang dikirm dari teto ke capil tempat aku tnggl,kira2 berapa lama lagi yanaku menuggu

    ReplyDelete
  80. Satu lagi mbk,bagimna cara mengetahui kalau surat dari teto it udh dikirim ke capil tempat daerah aku tgl,,soalny mbk capil tempt aku tgl it lumayan jauh jarak ny.jd klw surat ny blm sampe ke capil tmpt aku tgl it,ak kesana ny hanya buang2 waktu aj mbk,mnta solusinya donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, pertama kamu telp TETO tanya ... blg aja, doc kmu sampe sekarang kok blm ada kelanjutan, teto biasanya cek, dan kasih tau udah kirim email/surat ke capil, tapi BIASANYA capil yang belum terima, atau sudah terima tapi diabaikan. ini agak repot emang, pemerintahan kita kalau urusan gini super lemotttt...

      dulu teto kirim email/surat ke kampus ku, kampusku blgnya ga terima, pdhl teto kirim ada kali berkali2. akhirnya aku suruh teto minta kirim by email, dan saat itu jg aku standby di kampus, jadi kampus ga bisa blg ga terima, terus saat itu jg aku minta kampus langsung balas suratnya, malah aku yang kirim suratnya, seakan2 kampus yang kirim. biar cepet.

      Delete
  81. Ka untuk tempat fotokopi dekat teto dimana ya?

    ReplyDelete
  82. Gann mau tanya dong.. Kalau mau apply visa kerja (non tki) itu kira" pas interview ditanya apa aja ya?

    ReplyDelete
  83. Mau tanya ka...
    Sy kan mau proses tetto nih ka...
    Di ijazah nama sy tertulis " yuz'an "
    Sedangkan didokumen lain seperti KTP, KK,paspor tertulis " yuzan " .
    Apa itu bisa menjadi masalah dalam proses tetto??
    Mohon pencerahannya 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang masalah nama ini kadang bisa bermasalah. Di ijasah pasti ga ada tertulis nomor ktp kan. Ad abaiknya minta kampus buatin surat pernyataan berlegalisir menyatakan yu'zan yg d ijasah adalah benar yuzan yang sesuai dgn ktp ber nomor xxxx.

      Delete
  84. Untuk yang pernah dapat visa KorSel dalam kurun waktu 10 tahun, bisa dapat visa waiver Taiwan kan? Itu apply-nya di mana ya? Nyari dan belum ketemu soalnya. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kk, persyaratan visa waiver taiwan sekarang wajib yang sudah pernah pergi, (Pemegang Authorization Certificate dengan menggunakan visa Jepang/Korea, harus menunjukkan bukti riwayat kunjungan ke Jepang/Korea.)

      silakan cek link ini https://www.roc-taiwan.org/idsub_id/post/2657.html

      Delete
  85. gan untk sekarang haraga udah beraubah ya

    ReplyDelete