Wednesday 1 April 2015

Sekolah sambil kerja parttime di Taiwan

Terkadang saya berfikir mau cuba ke negara lain untuk sekolah skalian melanglang buana, belajar sesuatu yang baru dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru selagi masih ada waktu dan kesempatan. Setelah merasakan bagaimana indahnya kehidupan dan kebudayaan di Taiwan, saya mulai mencoba mencari informasi negara-negara lain seperti korea, jepang, dll.

Tentu kembali memperhitungkan dan menyesuaikan budget yang ada. Dan yang saya cukup perhitungkan adalah ada tidaknya kesempatan sekolah sambil kerja sambilan. Kesempatan sebenernya selalu ada, tapi berapa persentasenya, dan berapa pendapatannya, apakah bisa menutupi biaya hidup bahkan biaya sekolah kalau rajin kerjanya?

Dan mulailah mencari informasi, dan dari situ saya jadi berfikir, pasti banyak juga orang seperti saya yang ingin mencari tahu informasi mengenai sekolah sambil kerja di taiwan. So... di sinilah tulisan ini dimulai :)

LEGAL/ILLEGAL?
Sebenernya sekolah sambil kerja di Taiwan itu legal kalau punya ijinnya, dan illegal kalau ga ada ijinnya. Syarat agar bisa dapat ijin kerja sambilan itu gampang sih,
- khusus mahasiswa universitas biasanya kalau sudah di Taiwan kuliah selama 6 bulan dan nilainya di atas rata-rata maka bisa daftar dan langsung dapat ijin kerjanya.
- khusus pelajar sekolah bahasa, harus sudah di Taiwan belajar minimal 1 tahun dan nilainya juga di atas rata-rata maka bisa daftar dan langsung dapat ijin kerja.

BANYAK KESEMPATAN KERJA SAMBILAN KAH?  #BANYAK!
Taiwan terkenal banget akan pasar malam-nya yang tersebar di seluruh penjuru Taiwan, dan di pasar malam itulah banyak banget sebenernya para mahasiswa/i student bekerja sambilan alias parttime, selain itu juga banyak banget toko minuman semacam bubble milk tea, dan rumah makan kecil yang membutuhkan tenaga kerja sambilan.

APAKAH BAHAYA KALAU ILLEGAL?  #YES & NO
Mana ada sih kerja tanpa resiko apalagi yang illegal, tapi kita ngomong kaya hitam putih aja, alias terang-terangan, buanyakkkkkk bangettt pelajar yang kerja tanpa punya surat izin kerja, padahal mereka sudah bisa apply, tapi males aja. Kira-kira 85% kerja tanpa surat ijin kerja. Aman? namanya illegal, pasti ada aja kejadian yang pernah ketangkep dan hukumannya selain dipulangin, toko yang memperkerjakan juga kena denda yang cukup besar.

KOK BISA KETANGKEP?
Biasanya pak polisi bisa jalan-jalan sambil sweeping, bisa juga karena ada orang yang ga suka jadi ngelaporin. Jadi harus pinter lah, secara mana ada sih bos toko yang mau kena denda, dan mana ada sih yang mau ketangkep trus dipulangin, bikin malu aja. Jadi menurut kalian? Pasti baik dari bos atau dari kalian sendiri akan berusaha hati-hati dong.

BERAPA GAJI PART TIME / DAGONG ?
Pemerintah punya standard khusus untuk para pekerja sambilan, tapi biasanya karena para pelajar kita ga ada izin atau karena bahasanya kurang top cer, atau karena dia liat kita ga ada pengalaman, or karena dia liat kita orang Indo, gajinya di bawah standard. Contoh saat ini rata-rata pelajar taiwan gajinya 115-130nt/jam, kalau pelajar dari negeri lain biasanya 90-115nt/jam. But ga selalu seperti itu lohhh :) Depends. Ada juga bos yang nggak ngebedain.

BISA BUAT NUTUPIN BIAYA HIDUP?  #YES
First of all, inget ga tujuan kalian datang ke Taiwan? Adalah sekolah, dan pemerintah Taiwan juga ga menganjurkan kalian kerja sambilan, karena mereka tidak mau negaranya dijadikan ajang tempat kerja sambilan, meraup keuntungan, sampai ujungnya menyebabkan orang Taiwan itu sendiri susah mendapatkan pekerjaan. But, kalian itung sendiri deh, perkiraan biaya hidup di Taiwan berapa kira-kira, kalian anggep kerja sehari 4-5jam aja, cuba dapat brapa duit sebulan. Cukup ga tuh? Pasti cukup lahhh, malah ga sedikit juga pelajar yang masuk tahun ke 2, sudah kerja sambilan sampai ortu ga perlu kirim dana untuk bayar uang sekolah dan biaya hidup.

KERJANYA APA?
Kalau pengalaman saya, dari paling gampang lah, kerja di rmh makan bagian khusus cuci piring, atau dorong gerobak pada saat buka dan tutup toko, bagian jaga lapak di pasar malam (kalau di indo itu kaya tukang es cendol, tukang rujak buah segar, tukang gorengan) hahahaha.... ada juga jadi waiter bagian angkat piring kotor dan menyajikan makanan ke meja tamu, sampe diajarin bos masak juga, ada juga yang nyebarin selebaran di pinggir jalan, atau bikin minuman di toko minuman, toko baju, sampai terakhir jadi penerjemah sambilan.

CARA DAPAT KERJA?
Ngelamar lahh...hahaha Tapi paling penting relasi... hampir 95% pelajar dari Indo yang di Taiwan pasti pernah merasakan kerja sambilan, banyak-banyak nanya dan minta bantuan dari temen-temen. Rencananya sih ga mau deket-deket sama sesama orang Indo kannn biar bahasanya cepet maju, but for work? mau ga mau musti mulai pdkt. Hahahaha... Tapi ga menutup kesempatan juga untuk ngelamar sendiri. Karena biasanya di toko-toko itu akan di pasang tulisan butuh pegawai atau pekerja sambilan, dan itu buanyakkkkkkk bangettttt.

UNTUNG/NGGAK?  #OF COURSE
Kerja sambilan itu untung, jangan lah lihat dari segi uang, karena namanya kerja ya pasti ada uang. Kalau kerja tapi ga ada uang, ngapain cuba?!!! Hahahahah.... Liat dari pengalaman, ilmu, relasi, dan kesenangan yang kalian dapatkan dari kerja. Dari kerja juga melatih diri kita buat berani ngomong dan memperlancar bahasa mandarin kita, makanya pemerintah taiwan jg memberikan izin untuk kerja sambilan dengan syarat-syarat tertentu. 

Last pesan saya, dari tulisan ini saya nggak menganjurkan kalau kalian ke Taiwan tujuannya buat kerja, inget!!! Tujuannya buat sekolah, belajar, gali ilmu, fun. Dan saya melarang keras buat para pekerja sambilan yang illegal, apalagi sampe yang namanya kaburrrrr dari sekolah demi kerja. Tulisan ini bisa buat temen-temen menjadi bahan pertimbangan ketika memutuskan mau atau nggak sekolah ke Taiwan... Taiwan is Fun~~~~~

100 comments:

  1. Hi ... bazk3t , I like your blog and the way you share. however I cannot find your mail on it, what a pity. mine dagolni@cakjet.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your visited...
      Sorry for not public showing my email, due the privacy...
      So if you have something in mind, or question, feel free to write in here.
      Or leave your email here so i can reply using private email, as 'dagolni@cakjet.com' email address that u gave, actually i try to email it but it was rejected by the server due not exist email address problem.

      Delete
  2. Hai :) boleh nanya2 soal sekolah taiwan?
    Email saya : dessychandrawati@gmail.com
    Ditunggu emailnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nanya apa ya mas bro david? hehehhe boleh di sini, jd temen2 bisa blajar jg.

      Delete
  3. Nice info. Thank you. Sebenarnya kemarin saya dapat tuition waiver dari salah satu univ di Taiwan tapi saya kurang percaya diri untuk menghidupi diri saya sendiri disana, jadi saya lepaskan. Sempat ragu sekali. Adakah Cara lain untuk memenuhi kehidupan sebelum diijinkan resmi untuk bekerja? Mengingat ijin kerja diperbolehkan setelah 6 bulan kuliah. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sekolah itu berarti harus keluar uang, kalau dapat beasiswa atau subsidi dan tidak mencukupi, kekurangannya harus dilengkapi dari uang pribadi. tidak boleh kerja sebelum dapat izin resmi part time, dan lagi untuk kerja harus bisa bahasa mandarin walaupun hanya basic standar.

      jadi mau ga mau harus persiapkan uang dan direncakan matang-matang sebelum berangkat, sayang sekali kalau melepas kesempatan untuk study ke Taiwan, apalagi sudah dapat subsidi. Ingat hidup hanya sekali! hehehe...

      Tapi kembali lagi berserah sama Yang di Atas, minta jalan yang terbaik aja. :)

      Delete
  4. Waahh.. makasih bang.. informasinya sangat membantu sekali xD. Saya juga untuk tahun depan bakalan kuliah di Taiwan karena orang tua mendukung saya sekolah di luar negeri dan harganya juga masuk di kantong ortu.. cuman masalahnya saya gak pandai bahasa asing, apalagi bahasa Mandarin :'^ apakah bisa saya hidup di Taiwan dengan bahasa yang agak kurang? Mohon penjelasanya kk, thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana kuiah internasional dengan pengantar bahasa inggris ya? Mmm, bisa idup sih walaupun ga bisa bahasa mandarin asal ada kemauan... hehehe... apalagi kmu sedikit2 masih bisa (soalnya kamu bilang ga pandai, bukan ga bisa).

      kalau jadwal kuliahnya sudah keluar, cuba aja disesuaikan dengan jadwal kursus bahasa mandarinnya, lumayan kan, ada waktu ada kesempatan sayang kl sudah sampai Taiwan ga belajar mandarin sedikit-sedikit.

      Delete
  5. Terimakasih info yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Hi bazk3t, kalau boleh bagi info sekolah bahasa mandari yg bagus dan gak mahal ada gak di taiwan...( krn compare to china katanya taiwan lebih terjangkau).
    Dan perkiraan biaya hidup selama 1 thn disana berapaan ya ? Thx for info ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sekolah sih dulu cek plg murah di wenhua - taipei, tapi di taipei biaya hidup kmu jauh lbh mahal drpd di kota lain, jadi tetep plg murah di Taichung menurut saya untuk biaya sekolah dan biaya hidup.

      biaya sekolah kmu mesti rajin-rajin cari info, tiap sekolah beda harganya, dan total brp jam jg beda.
      musti rajin2 browsing say... cari aja di web nya www.studyintaiwan.org/ , trus ke web sekolahnya, informasinya lengkap banget kok.

      perkiraan biaya cuba kmu baca
      http://bazk3t.blogspot.co.id/2016/02/living-cost-aka-biaya-hidup-di-taiwan.html

      Delete
  7. Hai kak!! Boleh minta pendapat tntng jurusan di taiwan gak kak?
    Email saya : angelitaneoman@gmail.com
    Ditunggu ya kak (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendapat apa yah? jurusan apa yg kmu mau tanyain? aku bingung jawabnya kl nanyanya begini... T_T

      Delete
  8. hai kak, boleh minta saran agen pendidikan yang bagus ga buat ke Taiwan? (Fengchia University-TaiChung)

    sama kalau mau daftar sendiri gimana caranya ya.

    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo...kmu jdnya mau cari agen buat urusin sekolah ke Taiwan atau mau urus sendiri toh?

      Delete
  9. Hallooo, saya masi bingung nih. Jadi saya berencana untuk ke taiwan sama temen saya. Temen saya mandarinnya bisa dikatakan hampir gk tau apa2. Kalau daftar univ yg full mandarin, kira2 sanggup gak y? Walau ini sekarang sudah lagi gencar2nya belajar. Sekarang baru naik kelas 3. Kalau bisa, tolong beri kontak email kaka ke hkkmm18@gmail.com ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl ada niat semua sanggup sih walaupun ga bisa apa-apa, tapi biasanya nanti sambil kuliah sambil ambil kelas bahasa untuk basic jg. bisa, tapi harus punya niat yang kuat, karena kamu bakal kerja keras untuk belajar mandarin + belajar materi kuliah kmu. nanti saya email ya....

      Delete
  10. Hallo saya mw nanya klo lg sekolah smk di taiwan itu dpt kerja dgn surat izin atau ga ya? Trs minimal kerja hrs kuliah atau smk seperti saya bs ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin kerja bisa kok untuk smk, tp syaratnya biasa minimal udh 1 tahun sekolah di Taiwan, dan nilai nya harus d atas rata2 dr yg d tentukan.

      Delete
    2. hallo Ci,ada anak teman saya berangkat 2019 lalu sekolah SMK di Kaosiung. rencana anak aku juga akan mengikuti jejaknya. tetapi kemarin mamanya curhat, anaknya akan kembali ke Indonesia karena jam kerja di pabrik normalnya jam 08.00-17.00 menjadi 08.00-20.00, alias lembur. itu sekolah belum ada 1tahun. saya tanya memang tak boleh kalau tak ambil lembur? kata mamanya akan di cemberutin oleh pikah pabrik.dan kerja juga ada nilai untuk sekolahnya. lalu saya browsing google bbc.com dan jawapos.com memang ada pelanggaran oleh pihak pabrik. pertanyaan saya apakah memang peraturannya seperti itu dan berlaku di seluruh sekolahan smk di Taiwan? terima kasih sebelumnya atas tanggapannya.

      Delete
  11. kak, terima kasih infonya. salam kenal kak. insya Allah saya sepetmber ini berangkat ke taiwan. internship di pt hongfu selama 1 tahun. kak, sekarang masih di taiwan? aku pengen belajar bisnis pas dah sampe sana, kakak minat tdk? yah dagang2 kecil2an gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kerennn!! Semoga perjalanannya semua sukses dan lancar ya, pulang jg lebih ber-ilmu. Hehehe...
      Sy udh balik di Indonesia, memang pengen bisnis apa? Hehehe

      Delete
  12. mau nanya dong mas, kalau tungfang design university bagus ga? barusan liat ada program kukiah sambil kerja disana, apakag benar ada program itu atau hanya hoax? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu lihatnya di mana ya? soalnya program kuliah sambil kerja belum pernah denger yah, cm biasanya memang kita boleh kerja setelah kuliah 1 tahun di sana dengan nilai di atas rata-rata.

      Delete
    2. Source nya dari sini kak :

      http://tdu.jobindo.com/menu-tentang-28.html

      Memang kata adminnya sih ini Baru angkatan pertama yang akan dikirim.
      Jadinya Kita gak tau ini asli atau hoax, ya karena belum Ada alumninya.

      Minta bantu pencerahannya kak bazk3t. :)

      Terima kasih

      Delete
    3. Yang saya heran, disini memang tujuannya kuliah. Tapi bisa bekerja juga.
      Masalahnya jumlah jam kerjanya itu Kaya jam karyawan pada umumnya. Bukan jam kerja part time.
      Kemudian kuliahnya senin-sabtu.
      Saya akuin kayanya berat dengan sistem seperti itu selama 4 tahun.
      Jadi seakan2 program bekerja di Taiwan, tapi diiming2 bisa kuliah.

      Hehe..maaf kepanjangan kak ^^;;

      Delete
    4. thank you for your information, saya sih ga bisa bilang itu penipuan atau bukan, karena saya sendiri ga pernah dengar apalagi nyoba. tapi yang pasti dari pemerintah Taiwan belom ada tuh program resmi seperti ini. lebih baik cari yang pasti-pasti aja deh, daripada nyoba-nyoba. hehehe

      Delete
  13. Kk rata2 per smester kuliah di taiwan brp?
    Ini ad beasiswa gitu yg di tanggung skitar 17jt mau ikut tp agak ragu soalnya blm bisa bhs mandiri inggris jg blm lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tanggung sekitar 17juta per bulan apa per semester apa gmana nih? uang kuliah tiap sekolah beda-beda... uang kuliah di Taiwan rata-rata sekitar 30-35jutaan per semester (6 bulan), ada jg yang sampai 40jutaan.

      Delete
    2. Tergantung jurusan juga.
      Kak ada info part time gak, bagi info dong plisss 😊

      Delete
  14. bisa sekolah sambil kerja memang lebih enak.

    ReplyDelete
  15. Boleh tanya tanya gak kak
    Bagu email dong, aku juga lagi study di kaohsiung taiwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kamu musti ke pasar malam di kaohsiung cuba. siapin 履歷表 yang beli di 7-11 tuh, trus isi, trus ke pasar malam, liat kl ada lowongan kmu apply sambil kasih 履歷表 kmu.

      Delete
  16. Halo kak, saya rencananya mau ke taiwan bulan april depan rencananya mau cari mandarin course yg mungkin hanya 6 bulan utk nunggu wisuda. tp problemnya saya tdk mengerti sama sekali mandarin. kira2 ada tips gk ya utk kesana dan apakah ada rekomendasi mandarin course? thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandarin course banyak kok, tinggal pilih aja mau di daerah mana. walaupun ga bisa sama sekali, alias dari 0, pasti bisa kok, memang mandarin course itu gunanya untuk belajar mandarin, jadi yang dari ga bisa apa-apa juga boleh.

      tips nya, boleh cuba mulai rajin baca2
      https://bazk3t.blogspot.com.au/2013/01/how-to-study-in-taiwan.html
      tapi kalau males baca, boleh ke agency minta tolong urusin hehehe...

      Delete
    2. Thankyou utk refrensinya.

      Mau tnya lagi hehe, kan saya mau kesana nih modal nekat bgt memang. Kira2 gmn ya utk bs survive dan komunikasi disana kalau gabisa sama sekali mandarin, karena dengar2 disana tidak banyak orang yg bs berbahasa inggris.

      Delete
    3. Hehehe... pake bahasa tubuh say... dulu waktu saya ke sana jg asli ga bisa sama skali. kl makan aja, begitu liat menunya ga ada gambar langsung keluar lagi. hehehe... trus kl ada makanan yg kaya warteg, makanannya d pajang, tinggal tunjuk aja... yang penting berani dan ada niat... gut lak ya anyway.

      Delete
  17. halo kak, saya mau tanya. selepas kuliah di sana, apakah juga kakak lanjut kerja di Taiwan? Kesempatan kerja di sana besar atau gak ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin itu saya ga kuliah di Taiwan, cuma sekolah bahasa. Tapi kalau selepas sekolah bahasa mandarin, banyak kok kesempatan kerja di Taiwan, 90% di bidang penerjemah agency TKI, 10% peluang kerja di Travel agent.
      Chance untuk dapat kerja jadi penerjemah di Taiwan besar banget,lowongan sampe luber-luber kalo boleh di bilang. hehehe

      Delete
  18. Thanks infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  19. Btw sy mau tanya, bagaimana cara membuat surat ijin kerja, terus kemana membuatnya dan berapa lama surat ijin teesebut keluar? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu musti minimal sudah 6 bulan deh kuliah di Taiwan, or 1 tahun kalau skolah bahasa di Taiwan. Nanti bisa tanya ke bagian administrasi di sekolah / univ nya, mreka bisa bantu kasih info kok.
      Sehari langsung jadi.

      Delete
  20. Haloo kak
    Alhamdulillah aku dapet Beasiswa nih
    Nah perbulan dikasih uang saku 5000NTD
    kira kira cukup ga ya?
    Atau aku mesti cari part time juga?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow keren, 5000NTD itu per bulan kan?
      lokasi di Taiwan bagian mana ambilnya? tempat tinggal semua harus bayar dr 5000 NTD itu atau tempat tinggal sudah disediakan gratis, dan 5000 NTD itu hanya uang saku untuk makan?

      Delete
  21. Hai kak, saya mahasiswa baru univ nasional di Kaohsiung berangkat september 2018. Disana saya dapat beasiswa bebas spp dan tempat tinggal tapi tidak mencakup biaya makan.
    .
    Saya ingin kerja parttime sejak awal tapi kan seharusnya ilegal, apakah aman saya bekerja secara sembunyi selama setengah tahun ?
    Di mana tempat bekerja yang recomended di awal2 gini untuk case seperti saya ?
    .
    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kasih tempat tinggal-nya uang atau di kasih doem ga usa bayar? kl uang cuba brapa per bulan, jadi bisa d itung kira-kira cukup nggak untuk biaya makan. gitu...

      Kalau ga bisa bahasa mandarin sama sekali, awal2 agak susah dapat kerja, biasa kalau kerja sambilan itu di pasar malam, jadi butuh komunikasi.Kalau bisa dikit-dikit, masih memungkinkan untuk dapat kerjaan di pasar malam.

      Kalau saran saya sih, kl dapat beasiswa, jgn kerja ilegal lagi, soalnya beasiswa kamu taruhannya. Jadi minimal sekolah dulu 6 bulan, habis itu apply parttime license biar aman.

      Delete
  22. Hai, anak saya ditawari program kuliah sambil magang. Katanya ini program baru dari universitas Chien Hsin Tao Yuan, agency di Indonesia yang memgurus semuanya adalah PT Sinar Mutiara Bangsa. Jadi biaya kuliah, asrama dicicil bayar setelah magang dan dapat gaji. Cuma saya agak ragu karena saya search di google ga ketemu link atau nama PT ini. Menurut anda, ini agency resmi atau ga ya? Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya ga ada ya sistem seperti ini, karena aslinya kl kuliah itu boleh kerja sambilan tapi ada batas total jam maksimal kerjanya, ini kalo legal. kalau dia bisa menawarkan lebih dari itu, berarti itu ilegal (setau saya sih begitu ya).

      Cuma saya ga bisa jamin apa2, cuba aja diikutin aturannya kalau memang bener, berarti kan ga usah keluar duit, karena dia ngurusin semua dan bayarnya pas setelah magang. Yang penting dia ada bantu cari magang nggak?gitu... tapi balik lagi, kalau nanti dalam proses pengurusan disuruh keluar uang, nah itu udah jelas hati2 penipuan.

      Delete
    2. Kami dikasih formulir pendataan, rapor dan ijazah SMA harus ditranslate ke bahasa inggris baru dilegalisir, kemudian harus tes kesehatan dengan standar TETO. Kalo semua berkas sudah lengkap, masukkan ke PT Sinar Mutiara Bangsa di Jakarta (saya di Medan dan ada seorang perantara yang bantu urus pengiriman Medan-Jkt). Kalau lulus seleksi, bayar 5,5 juta sebagai DP untuk pengurusan visa dan tiket Jkt-Taiwan. Itu cuma jaminan katanya, pas tanggal berangkat ke Taiwan akan dikembalikan uangnya dan semua biaya baru akan dibayar setelah magang di bulan ketiga.Dua bulan pertama belajar dulu (belum magang). Saya sih belum kumpul formulir dan data2 lainnya.

      Delete
    3. yg carikan kerja siapa nanti? kerjanya dimana kata mreka?

      Delete
  23. Katanya sih, perusahaan Taiwan yg menjalin kerjasama dgn universitas Chien Hsin yang akan carikan pekerjaan magang sesuai jurusan yang kita pilih nanti.

    ReplyDelete
  24. Saya juga sama ditawarin program kuliah sambil magang sama PT. Sinar Mutiara Bangsa di Univ Chien Hsin. Ko beda ya katanya saya cuman suruh bayar biaya pasport aja 1,5jt nah setelah itu semuanya di tanggung oleh PT Sinar Mutiara Bangsa untuk proses ke taiwan nya dan biaya kuliah serta biaya hidup. Nah Yang dicicil nanti setelah kita kerja disana uang yang dicicil jumlahnya kisaran 20jt. Dan katanya kita kuliah 4 hari dan 2 harinya kerja. Tapi ko saya aga was was ya dari biaya yang murah banget kita udah dikuliahin dan katanya nanti magang nya langsung di arahkan dengan biaya yg sangat minim. Menurut kk tanggapan nya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semuanya dari PT Sinar Mutiara Bangsa ya. Aku susah berkomentar nih, kaya gini soalnya jaman sekarang yang namanya gratis itu mencurigakan.

      Kuliah dan bayar kuliah dari hasil kerja part time, di cicil, jadi secara ga langsung, kita pasti ada hutang loh sama PT. Pasti, ini menurut saya PASTI akan di suruh tanda-tangan surat persetujuan. karena kan ga segampang itu kirim anak sekolah, nanti kl anaknya ga mau kerja atau ga cocok mau pulang, trus PT rugi besar dong, udah biaya-in eh ga cocok.

      Saya sih takutnya anaknya di salurin kerja di pabrik, dan memang akan bayar uang sekolahnya dari tenaga pas kerja di Pabrik, karena pabrik di Taiwan butuh banyak TKA.

      kalau boleh tau, ini kuliah jurusan bahasa atau apa ya? berapa lama? 4 tahun ? 2 tahun?

      Delete
    2. Nah betul ka nanti kita suruh bayar uang itu secara berkala selama 6 bulan. Untuk kerjaan kita belum tau kerjaan nya seperti apa. Tapi kalo untuk kuliahnya jurusan manajemen industri, ada teknik juga salah satunya teknik sipil, elektro ada juga perhotelan pokonya lumayan banyak, itu kuliahnya selama 4 tahun. Kayanya bener deh ini disalurin nya ke pabrik.
      Menurut kaka baiknya gimana ya?

      Delete
    3. sebenernya kalau memang benar, ini merupakan salah satu jalur buat bantu anak2 yang dananya kurang tapi mau melanjutkan sekolah keluar negri. Otomatis namanya dihutangin, pasti lebih mahal daripada sekolah sendiri tanpa lewat PT. namanya PT pasti mau untung kan.

      Kalau menurut ku, cuba ditelusuri, kalau memang benar, dan memang berniat belajar tapi memang dananya kurang, ya gapapa, cuma pada saat itu pasti akan ada diminta tanda-tangan surat perjanjian, musti cek betul biayanya berapa, dan pertimbangkan baik-baik, apabila memang sejelek-jeleknya ga bisa bayar tepat waktu cicilannya, apakah ada bunga dan lain-lain.

      kedua, bila sejelek-jeleknya ga betah dan bener-bener ga bisa bertahan dan mau pulang, berapa sanksi atau biaya ganti rugi yg harus dibayarkan. Dari situ kamu pertimbangkan baik-baik, kalau memang sampai kejadian harus ganti rugi, apakah kamu sanggup bayar nominalnya (misal ada tabungan dll).

      seperti kaya kita mau ambil KPR aja, pasti kita udah hitung-hitung sanggup atau nggak bayar cicilan kan, dan kedua biasanya pasti kita siapkan dana di tabungan untuk 5-10kali cicilan kedepan just in case kita mendadak sementara ga ada pemasukan untuk byaar cicilan, tapi kita tetep ada dana cadangan untuk bayar cicilan.

      Jangan terburu-buru mengambil keputusan... :) semoga bisa membantu memberi sedikit pencerahan ya...

      Delete
    4. Ya, saya sih rasa memang beberapa perusahaan atau pabrik di Taiwan butuh banyak TKA. Makanya mereka menawarkan program kuliah seperti ini. Bahkan di Medan juga ada satu lembaga yang mengurus program sekolah SMK di Taiwan, juga sambil kerja. Karena anakku sudah tamat SMA, makanya kami ambil yg universitas ini. Kuliahnya 4 tahun, jurusan sama seperti yang dibilang Vivie Kurnia. Ada manajemen dan teknik.

      Delete
    5. iya, sebenernya agak ilegal saya bilang sih, soalnya kalau setau saya pemerintah membolehkan kerja sambilan tapi ada batasan waktunya (misal seminggu hanya boleh kerja 30jam), dan itu ga akan cukup untuk biayain hidup apalagi bayar sekolah/kuliah.

      kalau disalurin kerja di pabrik, saya saranin pikir 2kali deh, soalnya walaupun kita tahu kalau standar keamanan pabrik di Taiwan itu lebih aman dan bagus daripada di Indonesia, tapi tetap aja namanya di pabrik agak bahaya. Soalnya saya sempat kerja jadi penerjemah TKA, memang jarang yang namaya kecelakaan kerja, cuma ya ada juga.

      Banyakan kerjaan di pabrik itu keras, makanya orang Taiwan jarang yang mau kerja kasar seperti itu, makanya negara Taiwan ambil tenaga kerja dari Indonesia, Vietnam, Philipina. Gitu sist....

      Delete
    6. saya juga dapat tawaran ini, apakah ini benar benar yaa mohon pencerahannya dong takutnya ini penipuan

      Delete
    7. Klo mnrt kU Sih bagi pemula yg blm bisa bahasa mending belajar dulu yg tekun. Gausah takut gk bisa kebayar uang semesternya.. krn di Taiwan itu klo km bahasa lancar kerjaan gampang dicari, di Taiwan itu km mau cari kerja gampang, tapi Lbh bagus lagi klo km udah lancar berbahasa biar gk salah paham dan ribut sama bos

      Delete
  25. saya yudi dapat beasiswa free tuition aja biaya hidup sendiri. saya bingung karena ga punya dana untuk biaya hidup disana. mohon solusinya apakah ada kerja part time yang prosesnya cepat kalau bisa satu bulan disana sudah dpt kerja part time. saya dapat beasiswa S2 di da-yeh university. ini kontak saya, 085234006776. mohon bantuannya. siapa tahu ada info beasiswa lainnya yang dapat mensupport biaya hidup disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro, kl kerjaan musti cuba cari sendiri, cari kenalan sama anak2 Indonesia yang lain, atau beli kertas CV di 7-11 (kertasnya kecil, kaya sebesar postcard), di isi, terus di sebar ke toko-toko pasar malam yang lg nyari pegawai.

      Tapi musti bisa bahasa mandarin, at least sedikit sedikit bisa untuk komunikasi jual beli. Kalau ga bisa sama-sekali, aga susah ya jujur.

      kalau beasiswa dari pemerintah di kasih uang untuk dapat mencukupi seluruh biaya yang diperlukan. kalau dari Univ biasanya terbatas hanya digratiskan / disubsidi biaya kuliah dan kadang disediakan fasilitas asrama, tapi untuk biaya hidup seperti biaya makan harus keluar sendiri.

      Delete
  26. Kak... mau tanya... aku bulan februari tahun depan rencananya mau sekolah s1 ke taiwan tapi biaya sendiri di bantu sama overseaszone... nah, biaya sekolah dan dorm nya 1 semester sekitar 60.000 an... kira2 dengan biaya segitu cuma ngandelin part time aja bisa hidup ga ya kak ? Tolong dibales ya kak...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii... 1 semester 6 bulan, 60rb-an, jadi sebulan sekitar 10rb-an....
      kalau dr part time sih bisa dapet kalau sebulan 10rb yah. biasanya part time bisa dapat 8000-an sampai 15000-an, kadang bisa lebih.
      Cuma hati-hati ya, karena kita tidak dianjurkan untuk part-time guna membiayai sekolah dan biaya hidup. Part time cuma gunanya buat tambahan uang jajan, dan itu untuk yg legal, ada syaratnya, harus sudah kuliah min 6 bulan, dan maintain nilai kita di atas rata-rata.

      Delete
  27. Terimakasih atas seputar informasinya mas bro

    ReplyDelete
  28. Terimakasi infonya kak... bahasa taiwan sama bahasa mandarin memangnya beda ya ? Bukannya mereka mandarin juga ? Trus apa bedanya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa taiwan kaya kita punya bahasa sunda, kalau bahasa mandarin kaya kita tuh bahasa Indonesia.

      Delete
  29. kak minta infonya dong.. putri saya berminat sekolah sambil kerja di taiwan tapi kita sama sekali buta tentang taiwan. mahal gak sekolah di snaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuba silahkan d baca yah, biaya hidupnya di sini http://bazk3t.blogspot.com/2016/02/living-cost-aka-biaya-hidup-di-taiwan.html

      kl biaya sekolahnya tergantung mau sekolah apa, cek d website masing2 sekolahnya, biasanya jelas tuition fee nya brapa per semester.

      Delete
  30. Kakk mohon dibalas ya,saya dari jakarta di tawarin juga kuliah+maganng dan kerja di pabrik buat sampingan kelangsungan hidup dan saya ditawari masuk 12juta paspor+skck dan lain sebagainya kita yg bayar sendiri ini data yg sayya dapat dari mereka kak
    Sesampainya di taiwan:
    Langsung masuk mess,pembagian kartu telepon/internet,kartu mahasiswa.
    2 bulan pertama adalah masa adaptasi,fokus kuliah dan bahasa,sambil menunggu surat izin dari depnaker,ARC(ktp taiwan)
    Makan dijatah dari kampus selama 2 bulan blm kerja..

    Di bulan ke 3 /setelah permite kerja keluar Sudah lepas dari jatah makan...makan sendiri kira" sehari 100 nt(sekali makan 50 nt)

    Bulan februari-maret
    -jatah makan dpt 2xsehari
    -mess gratis

    Pembagian waktu 3 hari kuliah 3 hari kerja 1 hari libur

    April mulai kerja
    -makan sendiri (3000nt/30 hari)
    -mess gratis

    Mei trima gaji 12000/Rp5.760.000(480 kurs)
    -pot 7500nt/Rp.3.600.000
    -mess gratis
    -makan sendiri 3000nt
    12000(gaji)-7500(bank)-3000(uang makan)=1500nt/Rp.720.000

    Juni=mei

    Juli (libur semester)
    Bebas kerja full
    Trima gaji 22000nt/Rp.10.560.000
    -jatah makan 1x dari pabrik
    -tinggal di mess pabrik

    Agustus=juli

    September/oktober/november/desember=mei

    Januari libur=juli/ agustus

    Februari tahun ke dua
    2 hari kuliah 5 hari kerja
    -Gaji 22000nt
    -pot kuliah 7500
    -makan sendiri
    -mess gratis
    Sisa 14500nt/Rp.6.960.000

    Tahun ke 3 sama dengan tahun ke 2

    Tahun ke empat
    1 hari kuliah 6 hari kerja
    Gaji 25000-30000
    Pot kuliah 7500

    Nb.setiap bulan juli,agustus,januari libur boleh kerja full
    Bagi yg punya biaya liburan bisa pulang setiap libur semester

    Tolong dibantu jawab ya kk makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke jelas dan detail banget ya ini penjelasannya, gini deh soalnya banyak bgt yg ditawarin seperti ini, aku cari infonya lebih jelas ya untuk tau apakah penipuan atau nggak, seandainya ga penipuan pun, saya akan cari tau apakah resmi atau semi illegal.

      Delete
    2. boleh tau ga nama univnya apa di Taiwan?

      Delete
  31. Tolong di bls melalu wa ya kk 081266011285 soalnya saya jarang aktif kk,tolong bantuan pencerahan nya ya mumpung saya blom ambil keputusan nya

    ReplyDelete
  32. Saya juga sama ka di tawarin sama pt mutiara bangsa , dan pemjelasan nya pun sama kaya kk2 yg diatas ka .
    . Saya bingung ka itu penipuan atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke jelas dan detail banget ya ini penjelasannya, gini deh soalnya banyak bgt yg ditawarin seperti ini, aku cari infonya lebih jelas ya untuk tau apakah penipuan atau nggak, seandainya ga penipuan pun, saya akan cari tau apakah resmi atau semi illegal.

      Delete
  33. nanya dong ka... pingin belajar bahasa di taiwan itu
    modal paling sedikit berapaan ya ka?
    soalnya masih ga tau apa apa tentang syarat sekolah bahasa ditaiwan ka..
    mohon bantuannya ya ka...
    ericwijaya0339@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuba baca dl syarat2nya di sini infonya lengkap. https://bazk3t.blogspot.com/2013/01/how-to-study-in-taiwan.html
      tiap sekolah beda-beda biaya seklah bahasanya.

      setelah dpt biaya sekolahnya, tinggal hitung biaya hidupnya, untuk biaya hidup bisa liat disini sebagai referensi
      https://bazk3t.blogspot.com/2016/02/living-cost-aka-biaya-hidup-di-taiwan.html

      Delete
  34. Minta saran kak kalau program magister di taiwan ada yg murah gk ya, trs klo buat suami istri susah gk ya perizinannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. program magister banyak kok di Taiwan, kl soal harga tergantung jurusan dan tergantung univ nya, musti cek satu-satu, bisa cek d sini https://www.studyintaiwan.org/

      untuk suami istri ga susah, pertama yg mau sekolah apply dl, sudah diterima, mau apply visa kan, ajukan bersama pasangan, jadi pasangan ikut visa yang study.

      Delete
  35. kak boleh minta no wa nya ngga.. mau nanya nanya nih kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email aja yah.. kmu emailnya apa...? boleh kok nanya2, sebisa saya dijawab dan dibantu.

      Delete
  36. Tapi kalau kerja perhotelan untuk mahasiswa di taipei untung gak??bisa gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya untung gmana ya? kamu mahasiswa, dan mau kerja sambilan di hotel? kalau hotelnya mau trima, dan kalau kamunya ada ijin kerja sambilan, pastinya bisa-bisa aja. untung apa nggak, kalau kerja di bayar, ya untung dong... itung-itung nambah pengalaman juga toh.

      Delete
  37. Kak email saya dong,saya mau tanya2 selengkapnya...
    Id : ajidah38@gmail.com ditunggu yha kak...

    ReplyDelete
  38. kak boleh di bantu chat pribadi gak kebetulan saya dimedan dan saya pengen tau lebih lanjut
    email saya: liesherly30@yahoo.com

    ReplyDelete
  39. Halo kak , mau tanya tanya nih , saya pelajar di taiwan. Ini email saya detanovarief@gmail.com, mohon hubungi cepat waktu ya kak. Terimakasih

    ReplyDelete
  40. hai kak saya mau tanya" lebih lanjut. ini email saya shielabrigitta@rocketmail.com mohon dihubungi ya kak :)

    ReplyDelete
  41. Hai kak salam kenal,ceritanya saya kan udah diterima sekolah bahasa di taiwan di Taipei shida, tapi saya eks TKI. Menurut kakak apakah paspor yang ada cap visa els TKI Taiwan tersebut bisa bermasalah nanti kalau mau apply visa nya. Apakah saya harus bikin paspor baru lagi.
    Nb: sekarang masih menunggu LoA dikirim ke alamat rumah
    Mohon pencerahannya kak.

    Thanks in advance 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku harus bikin visa lagi kak, visa student.. tmn aku juga gt dya mntn TKI, trs pulang dulu dia semua nya urus sendiri

      Delete
  42. peluang pekerjaan di taiwan memang masuk terbuka lebar

    ReplyDelete
  43. pengen daftar kuliah.. tapi katanya yg bisa daftar batas umur max 23 thn yaa hadduhhh.. ini aku udah 25 thn bisa gk ya.. dan skrg posisi aku masih di Taiwan, aku dsni krja sktr 6 tahunan

    ReplyDelete
  44. Haii, saya rencananya mau ambil tempat kuliah Chung san, pendapat tentang tempat kuliah tersebut bagaimana? Apakah bagus? Lalu, cara mencari tempat tinggal diluar asrama bagaimana ya? Dan satu lagi, jika ingin belajar bahasa satu tahun terlebih dahulu daftarnya kemana ya?

    ReplyDelete
  45. Kak boleh email atau WA saya masalah ini. PT. Sinar Mutiara Bangsa. Yang menawarkan kuliah magang di Taiwan. Saya ada nomor kontak mereka.

    Email : windiwijaya4444@gmail.com
    Kontak mereka: +62 822-2718-0109

    ReplyDelete
  46. Apakah pernah mendengar yg sekolah disana malah ikut pergaulan yg tdk baik? Rentan kah lingkungan nya Klo anak yg labil ? Terima kasih

    ReplyDelete