Wednesday, 1 April 2015

Sekolah sambil kerja parttime di Taiwan

Terkadang saya berfikir mau cuba ke negara lain untuk sekolah skalian melanglang buana, belajar sesuatu yang baru dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru selagi masih ada waktu dan kesempatan. Setelah merasakan bagaimana indahnya kehidupan dan kebudayaan di Taiwan, saya mulai mencoba mencari informasi negara-negara lain seperti korea, jepang, dll.

Tentu kembali memperhitungkan dan menyesuaikan budget yang ada. Dan yang saya cukup perhitungkan adalah ada tidaknya kesempatan sekolah sambil kerja sambilan. Kesempatan sebenernya selalu ada, tapi berapa persentasenya, dan berapa pendapatannya, apakah bisa menutupi biaya hidup bahkan biaya sekolah kalau rajin kerjanya?

Dan mulailah mencari informasi, dan dari situ saya jadi berfikir, pasti banyak juga orang seperti saya yang ingin mencari tahu informasi mengenai sekolah sambil kerja di taiwan. So... di sinilah tulisan ini dimulai :)

LEGAL/ILLEGAL?
Sebenernya sekolah sambil kerja di Taiwan itu legal kalau punya ijinnya, dan illegal kalau ga ada ijinnya. Syarat agar bisa dapat ijin kerja sambilan itu gampang sih,
- khusus mahasiswa universitas biasanya kalau sudah di Taiwan kuliah selama 6 bulan dan nilainya di atas rata-rata maka bisa daftar dan langsung dapat ijin kerjanya.
- khusus pelajar sekolah bahasa, harus sudah di Taiwan belajar minimal 1 tahun dan nilainya juga di atas rata-rata maka bisa daftar dan langsung dapat ijin kerja.

BANYAK KESEMPATAN KERJA SAMBILAN KAH?  #BANYAK!
Taiwan terkenal banget akan pasar malam-nya yang tersebar di seluruh penjuru Taiwan, dan di pasar malam itulah banyak banget sebenernya para mahasiswa/i student bekerja sambilan alias parttime, selain itu juga banyak banget toko minuman semacam bubble milk tea, dan rumah makan kecil yang membutuhkan tenaga kerja sambilan.

APAKAH BAHAYA KALAU ILLEGAL?  #YES & NO
Mana ada sih kerja tanpa resiko apalagi yang illegal, tapi kita ngomong kaya hitam putih aja, alias terang-terangan, buanyakkkkkk bangettt pelajar yang kerja tanpa punya surat izin kerja, padahal mereka sudah bisa apply, tapi males aja. Kira-kira 85% kerja tanpa surat ijin kerja. Aman? namanya illegal, pasti ada aja kejadian yang pernah ketangkep dan hukumannya selain dipulangin, toko yang memperkerjakan juga kena denda yang cukup besar.

KOK BISA KETANGKEP?
Biasanya pak polisi bisa jalan-jalan sambil sweeping, bisa juga karena ada orang yang ga suka jadi ngelaporin. Jadi harus pinter lah, secara mana ada sih bos toko yang mau kena denda, dan mana ada sih yang mau ketangkep trus dipulangin, bikin malu aja. Jadi menurut kalian? Pasti baik dari bos atau dari kalian sendiri akan berusaha hati-hati dong.

BERAPA GAJI PART TIME / DAGONG ?
Pemerintah punya standard khusus untuk para pekerja sambilan, tapi biasanya karena para pelajar kita ga ada izin atau karena bahasanya kurang top cer, atau karena dia liat kita ga ada pengalaman, or karena dia liat kita orang Indo, gajinya di bawah standard. Contoh saat ini rata-rata pelajar taiwan gajinya 115-130nt/jam, kalau pelajar dari negeri lain biasanya 90-115nt/jam. But ga selalu seperti itu lohhh :) Depends. Ada juga bos yang nggak ngebedain.

BISA BUAT NUTUPIN BIAYA HIDUP?  #YES
First of all, inget ga tujuan kalian datang ke Taiwan? Adalah sekolah, dan pemerintah Taiwan juga ga menganjurkan kalian kerja sambilan, karena mereka tidak mau negaranya dijadikan ajang tempat kerja sambilan, meraup keuntungan, sampai ujungnya menyebabkan orang Taiwan itu sendiri susah mendapatkan pekerjaan. But, kalian itung sendiri deh, perkiraan biaya hidup di Taiwan berapa kira-kira, kalian anggep kerja sehari 4-5jam aja, cuba dapat brapa duit sebulan. Cukup ga tuh? Pasti cukup lahhh, malah ga sedikit juga pelajar yang masuk tahun ke 2, sudah kerja sambilan sampai ortu ga perlu kirim dana untuk bayar uang sekolah dan biaya hidup.

KERJANYA APA?
Kalau pengalaman saya, dari paling gampang lah, kerja di rmh makan bagian khusus cuci piring, atau dorong gerobak pada saat buka dan tutup toko, bagian jaga lapak di pasar malam (kalau di indo itu kaya tukang es cendol, tukang rujak buah segar, tukang gorengan) hahahaha.... ada juga jadi waiter bagian angkat piring kotor dan menyajikan makanan ke meja tamu, sampe diajarin bos masak juga, ada juga yang nyebarin selebaran di pinggir jalan, atau bikin minuman di toko minuman, toko baju, sampai terakhir jadi penerjemah sambilan.

CARA DAPAT KERJA?
Ngelamar lahh...hahaha Tapi paling penting relasi... hampir 95% pelajar dari Indo yang di Taiwan pasti pernah merasakan kerja sambilan, banyak-banyak nanya dan minta bantuan dari temen-temen. Rencananya sih ga mau deket-deket sama sesama orang Indo kannn biar bahasanya cepet maju, but for work? mau ga mau musti mulai pdkt. Hahahaha... Tapi ga menutup kesempatan juga untuk ngelamar sendiri. Karena biasanya di toko-toko itu akan di pasang tulisan butuh pegawai atau pekerja sambilan, dan itu buanyakkkkkkk bangettttt.

UNTUNG/NGGAK?  #OF COURSE
Kerja sambilan itu untung, jangan lah lihat dari segi uang, karena namanya kerja ya pasti ada uang. Kalau kerja tapi ga ada uang, ngapain cuba?!!! Hahahahah.... Liat dari pengalaman, ilmu, relasi, dan kesenangan yang kalian dapatkan dari kerja. Dari kerja juga melatih diri kita buat berani ngomong dan memperlancar bahasa mandarin kita, makanya pemerintah taiwan jg memberikan izin untuk kerja sambilan dengan syarat-syarat tertentu. 

Last pesan saya, dari tulisan ini saya nggak menganjurkan kalau kalian ke Taiwan tujuannya buat kerja, inget!!! Tujuannya buat sekolah, belajar, gali ilmu, fun. Dan saya melarang keras buat para pekerja sambilan yang illegal, apalagi sampe yang namanya kaburrrrr dari sekolah demi kerja. Tulisan ini bisa buat temen-temen menjadi bahan pertimbangan ketika memutuskan mau atau nggak sekolah ke Taiwan... Taiwan is Fun~~~~~

9 comments:

  1. Hi ... bazk3t , I like your blog and the way you share. however I cannot find your mail on it, what a pity. mine dagolni@cakjet.com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for your visited...
      Sorry for not public showing my email, due the privacy...
      So if you have something in mind, or question, feel free to write in here.
      Or leave your email here so i can reply using private email, as 'dagolni@cakjet.com' email address that u gave, actually i try to email it but it was rejected by the server due not exist email address problem.

      Delete
  2. Hai :) boleh nanya2 soal sekolah taiwan?
    Email saya : dessychandrawati@gmail.com
    Ditunggu emailnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nanya apa ya mas bro david? hehehhe boleh di sini, jd temen2 bisa blajar jg.

      Delete
  3. Nice info. Thank you. Sebenarnya kemarin saya dapat tuition waiver dari salah satu univ di Taiwan tapi saya kurang percaya diri untuk menghidupi diri saya sendiri disana, jadi saya lepaskan. Sempat ragu sekali. Adakah Cara lain untuk memenuhi kehidupan sebelum diijinkan resmi untuk bekerja? Mengingat ijin kerja diperbolehkan setelah 6 bulan kuliah. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sekolah itu berarti harus keluar uang, kalau dapat beasiswa atau subsidi dan tidak mencukupi, kekurangannya harus dilengkapi dari uang pribadi. tidak boleh kerja sebelum dapat izin resmi part time, dan lagi untuk kerja harus bisa bahasa mandarin walaupun hanya basic standar.

      jadi mau ga mau harus persiapkan uang dan direncakan matang-matang sebelum berangkat, sayang sekali kalau melepas kesempatan untuk study ke Taiwan, apalagi sudah dapat subsidi. Ingat hidup hanya sekali! hehehe...

      Tapi kembali lagi berserah sama Yang di Atas, minta jalan yang terbaik aja. :)

      Delete
  4. Waahh.. makasih bang.. informasinya sangat membantu sekali xD. Saya juga untuk tahun depan bakalan kuliah di Taiwan karena orang tua mendukung saya sekolah di luar negeri dan harganya juga masuk di kantong ortu.. cuman masalahnya saya gak pandai bahasa asing, apalagi bahasa Mandarin :'^ apakah bisa saya hidup di Taiwan dengan bahasa yang agak kurang? Mohon penjelasanya kk, thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rencana kuiah internasional dengan pengantar bahasa inggris ya? Mmm, bisa idup sih walaupun ga bisa bahasa mandarin asal ada kemauan... hehehe... apalagi kmu sedikit2 masih bisa (soalnya kamu bilang ga pandai, bukan ga bisa).

      kalau jadwal kuliahnya sudah keluar, cuba aja disesuaikan dengan jadwal kursus bahasa mandarinnya, lumayan kan, ada waktu ada kesempatan sayang kl sudah sampai Taiwan ga belajar mandarin sedikit-sedikit.

      Delete
  5. Terimakasih info yg sangat bermanfaat

    ReplyDelete