Tuesday 4 July 2017

JAConnexion, Transportasi Jabodetabek Airport

Pasti sebagian orang udah denger nih soal transportasi JAConnexion, tapi ga sedikit juga yang sekadar tahu tapi ga jelas, or malah banyak juga yang bener-bener ga tau. Yu disimak, informasi ini sangat-sangat berguna loh.

JAConnexion, adalah shuttle bus yang disediakan oleh pemerintah Jakarta dengan rute dari mal-mal atau pusat perbelanjaan dan dari hotel-hotel, menuju ke dan dari Bandara Soekarno Hatta. Gunanya tentu untuk memudahkan para penumpang yang mau menuju atau dari airport menuju ke pusat kota. Selain itu juga untuk mendorong masyarakat agar mau menggunakan transportasi massal, secara ga langsung mengurangi macet.
Mulai beroperasi semenjak 30 Mei 2017, dengan harga pembukaan dari mal-mal 25.000 IDR untuk 1 orang sekali jalan. Banting harga! Bayangin kalau naik Damri aja sekarang mau 40.000 lohhhh, atau 45.000 gitu. Nah kalau dari hotel katanya sih 50.000 IDR, saya belom ngetest nih kalau yang ini. Semuanya dilayani dengan kerjasama 4 operator yakni Perum DAMRI, PPD, Big Bird dan Sinar Jaya Megah Langgeng.

Rute yang di-infokan, dari 15 Hotel di seputar Jabodetabek.
- Hotel borobudur
- Alila
- Luminor
- Sari Pan Pacific
- Aryaduta
- Grand Cemara
- Ibis Tamarin
- Milenium
- Grand Sahid Jaya
- Hotel Ascot
- Hotel Amaris Thamrin City
- Hotel Aston Sentul City
- Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang
- Hotel Mall BTM Bogor

Rute yang dari 7 kawasan mall seputar Jabodetabek.
- Mall Taman Anggrek  alias MTA
- Plaza Senayan
- Grand Indonesia alias GI
- ITC Cempaka Mas
- Mall Kelapa Gading alias MKG
- Thamrin City dan Tanah Abang
- Mall BTM Bogor
So, kemarin saya cobain fasilitas ini, naik dari Mall Kelapa Gading (MKG) menuju Airport Terminal 2. Bus JAConnexion yang masih baru, mulus dan berwarna biru, dari MKG ngetem di depan lobby MKG 2, intinya depan lobby yang ada JCO. Berangkat per 1 jam sekali, mulai jam 5 pagi sampai jam 7 malam, ON TIME! Bus mulai jalan, kita baru ditagih uang tiket, jadi ga perlu antri beli tiket.
Karena baru yah, jadi dalam bus-nya juga masih bersih dan baru. Pelayanan petugas juga ramah sekali, saya bawa koper gede, kata petugasnya, tinggal aja di depan pintu, nanti dia yang angkatin ke atas, saya dipersilahkan naik saja cari tempat duduk. Kualitas pelayanan dan kebersihan semoga tetap dijaga ya. Terus bus ini ga akan berhenti-berhenti ngetem-ngetem narik penumpang lagi, langsung jos naik tol menuju ke bandara.

Yang bikin bingung nih yaaaaa pulangnyaaaa, dari bandara mau pulang menuju ke kelapa gading, pertanyaannya adalah naik dari mana?? Ini yang masih bikin bingung, bangettt! Why? Kalau kita nanya satpam / petugas sekitar bandara, pada ga tau, taunya kita diarahkan ke shelter bus damri, pas nanya ke petugas damri lebih parah lagi, ga bakal dikasih tau. Dan di bandara, bus-bus JAConnexion ga ngetem, jadi kemarin saya nungguin bus JAConnexion di halte bus damri terminal 2 lebih dari 1 jam, ga lewat-lewat busnya, sampai akhirnya lewat jg!

So buat temen-temen yang mau naik JAConnexion dari bandara menuju ke pusat kota, kata petugas JAConnexion dan saya juga udah buktikan, lebih baik teman-teman yang dari Terminal 1 dan atau Terminal 2, naik shuttle bus airport yang gratis dulu ke Terminal 3 deh, lalu naik bus JAConnexion dari Terminal 3, itu pasti jamin ga bingung dan ga nunggu lama. Why? Karena di Terminal 3, ada petugas JAConnexion yang nungguin dan ngaturin, lalu setiap bus JAConnexion pasti bakal berangkat dari Terminal 3. Sedangkan Terminal 1 dan 2, mereka bisa masuk bisa nggak.
Jadi jangan bingung lagi ya, buat JAConnexion ada sedikit input nih, harusnya provide informasi di internet lebih jelas dong, siapkan website yang update jg. Soalnya jaman sekarang semua pada cari informasi serba di internet, tapi begitu saya cari informasi di internet mengenai JAConnexion, yang keluar hanyalah postingan-postingan dari media elektronik seperti kompas.com.

2 comments:

  1. Berapa lama thu dari MKG ke Terminal 2 dan sebaliknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung naik tol, jadi antara 45menit-1jam, tergantung kondisi traffic.

      Delete