Friday 14 July 2017

Balik Nama Mobil Motor Jakarta

Ribet deh pasti! Kalau udah disuruh urus beginian, biasanya warga Jakarta udah stress duluan, kebayang prosedur yang berbelit-belit, antrian yang panjang, buang waktu seharian mending kalau kelar, kalau ga kelar mau sampe dua hari bolak balik, perkumpulan calo dan belom lagi pungli-pungli.

Eh tapi jangan salah, kalau sudah tau prosedur yang benar dan membawa data-data yang diperlukan lengkap, ternyata sekarang udah ga berbelit-belit lagi kok, kalau buang waktu pasti mau setengah harian memang, kecuali dateng pagi-pagi bener, mungkin 2jam kelar.
Samsat Jakarta Utara - Pusat, Sumber: Google Street View
Hmmm... mau mulai dari mana yah? Let see, kalau anda habis beli motor atau mobil bekas (second deh, jangan bekas, kesannya busuk banget ya bekas... hahaha), kemudian mau ganti nama motor atau mobil nya, kita mesti ke samsat tempat mobil atau motor itu terdaftar, jadi bukan ke samsat ktp kita (kita sebagai pemilik baru crita-nya nih). Contohnya pemilik awal mobil saya terdaftar di Jakarta Utara, padahal saya ktp-nya Jakarta Pusat, jadi saya harus menuju ke Samsat Jakarta Utara, Samsat Jakarta Utara dan Jakarta Pusat kebetulan saja digabung disatu gedung, di Jalan Gunung Sahari, tepatnya di sebrang Mangga Dua Square.

Untuk balik nama kendaraan bermotor, dibutuhkan dokumen sebagai berikut:
- STNK copy & asli
- BPKB copy & asli
- KTP pemilik baru copy & asli
- NPWP pemilik baru copy & asli
- Kwitansi pembelian kendaraan bermotor diatas materai 6000 dan ditanda-tangani oleh pemilik awal.

Kalau sudah ready, tancap deh.
1. Cek fisik. (10.000 IDR tip se-relan-ya)
# Membawa mobil yang mau dibalik nama ke samsat, terus langsung ke tempat cek fisik, jadi jangan cari parkiran dulu, langsung aja ke lokasi cek fisik, antriin mobilnya. Di sini ada dibagi 2 antrian (ada petunjuknya juga), antrian kiri untuk plat mobil Jakarta Utara, antrian kanan untuk plat mobil Jakarta Pusat.
# Setelah mobilnya antri, matikan mesin dulu aja, biarinin mobilnya standby antri, kitanya ke loket pendaftaran cek fisik, bawa stnk asli, daftar untuk cek fisik, nanti petugasnya akan berikan kita kertas kosong dan stiker untuk gesek nomor mesin dan nomor rangka mobil atau chasis.
# Bawa itu kertas ke petugas cek fisik yang sudah standby di depan mobil kita biasanya, petugas akan langsung gesek nomor mesin mobil kita dan chasis mobil kita, kurang lebih 5 menit juga beres kalau nggak antri ye.
# Terus hasil gesek itu kita serahin ke loket penyerahan berkas cek fisik (loketnya di samping kita daftar tadi), nanti di cap sama petugas, jadi habis serahin hasil gesek tinggal tunggu dipanggil (nanti dipanggil atas nama stnk kita, jadi ingetin stnk mobil kita itu terdaftar atas nama siapa).
# Oh, jangan lupa kasih tip ke petugas yang gesek-in, rata-rata semua udah tau jadi pada siapin goceng-ceban, kalau yang nggak tau nanti petugasnya bilang "serelanya saja". Pungli oh pungli!!

2. Daftar Balik Nama. (FREE!!)
Sembari nunggu dipanggil, mobilnya boleh digeser deh tuh, cari parkiran. Setelah dipanggil dan udah dapat berkas hasil gesek yang sudah dicap, langsung naik ke lantai 2, di lantai 2 juga ada terbagi dua area, area Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, petunjuknya jelas kok, jadi jangan salah antri loh ya.

JAM KERJA SAMSAT JAKARTA UTARA - PUSAT
Senin-Kamis 08:00 s/d 15:00, Istirahat 12:00 s/d 13:00
Jumat 08:00 s/d 15:00, Istirahat 11:00 s/d 13:00
Sabtu 08:00 s/d 11:30

Jumat
Pk. 10:50 langsung ke lantai 2, ke loket pendaftaran membawa seluruh dokumen yang dibutuhkan (yang saya sebutin di atas) ditambah hasil cek fisik tadi, biasanya antri-nya semrawut, jadi sodorin aja ke petugas dibalik loket pendaftaran, nanti akan dikasih formulir balik nama. 

Pk. 11:00 on-time banget semua serentak istirahat, pas hari Jumat, kena nungguin deh 2 jam. Sambil nunggu, kita isi formulir tadi sesuai data STNK dan BPKB, ada contohnya kok di meja tempat isi formulir, jadi ga bakal bingung. Tapi ga lama kira-kira lewat 10-15menit, kita diharapkan keluar gedung, karena gedungnya mau dibersihkan, jadi semua pengunjung diharapkan get out!

Pk. 13:05 menyerahkan formulir yang telah diisi beserta seluruh dokumen yang dibutuhkan, nanti petugasnya akan periksa apakah semuanya lengkap, kalau lengkap maka kita dipersilahkan menunggu di panggil kembali (nanti dipanggil berdasarkan nama pemilik lama kendaraan).

Pk. 13:19 "Jojon Jojon" ceritanya pemilik lama si abang Jojon nih. hahahah... Dokumen yang tadi kita serahkan sudah tersusun rapih dan dikembalikan ke kita dalam 1 map, lalu kita diarahkan menuju ke TU. TU letaknya juga masih sama di lantai 2.
Pk. 13:21 menyerahkan semua dokumen ke TU, kali ini BPKB asli kita pegang sendiri alias tidak perlu ikut diserahkan ke TU, tunggu dipanggil lagi (mulai dari sini dan seterusnya nanti dipanggil berdasarkan nama pemilik baru, jadi ingetin nama kita sendiri ya, jangan melamun ingetin nama pemilik lama terus, hehehe....)

Pk. 13:58 "Maya Maya" ceritanya pemilik baru si neng Maya nih. Dokumen dikembalikan lagi oleh petugas di loket TU, dan disuruh kembali ke loket pendaftaran.

Pk. 13:59 menyerahkan dokumen ke loket pendaftaran lagi.

Pk. 14:20 dipanggil dan dikasih potongan kertas kecil semacam tanda terima kalau seluruh dokumen ada di tangan mereka, dan disuruh balik lagi besok jam 11 siang. WTF!!!


Saya sih tahu yah jam 3 sore mereka akan on-time tutup pelayanan, tapi ini kan belom jam 3, masih ada 40menit lagi. PNS tega nian dehhh... Tapi Tuhan itu baik, dia tau kita orang sibuk, dan besok ga mungkin balik lagi.

Jadi critanya saya mau blokir kendaraan saya yang sudah saya jual duluan, biar mobil yang saya balik nama sekarang ini ga kena pajak progresif gitu, dan ternyata blokir kendaraan itu prosesnya mau 3 hari kerja, padahal saya pikir online langsung ajukan langsung keblokir. (Lain kali saya ceritakan bagaimana proses blokir kendaraan bermotor). Jadi saya pikir buru-buru deh cabut berkas yang tadi sudah saya serahkan ke petugas di loket pendaftaran, biar proses blokir nya selesai baru saya masukkin lagi berkas-nya.

3. Bayar.
Pk. 14:45 saya balik lagi ke loket pendaftaran, langsung bilang mau cabut berkas sebelum notice tagihan pajak mobilnya tercetak, petugasnya langsung cek berkas nomor mobilnya, terus ternyata sudah tercetak notice tagihan pajaknya, dikasih lihat sih, jadi kena pajak progresif dehhh. Tapi jadinya saya bisa hari itu juga bayar stnk dan biaya balik nama.

Pk. 14:50 bayar ke kasir, jadi sebelum menuju kasir, siapkan dulu uangnya sesuai yang tercetak di lembar notice tagihan. Uang yang di lipet dan atau di steples semuanya di rapihin dulu, yang disteples harap dibuka steplesnya. Terus sebelum bayar, WAJIB cek ulang data-data yang ada di kertas notice tagihan, apakah namanya sudah tepat (jangan sampai ada salah ketik), apakah alamatnya sudah benar, nomor mobilnya juga sudah benar. Kalau sudah bayar, tunggu lagi dipanggil namanya.

Pk. 13:05 dipanggil di loket penyerahan / penerbitan stnk baru, loketnya pas disamping kasir. Beres dehhh, kita diberikan stnk yang sudah ganti nama baru, tapi BPKB beloman lohhh.



Untuk ganti nama BPKB, harus ada :
- fotocopy cek fisik
- fotocopy kwitansi pembelian
- fotocopy ktp pemilik baru
- fotocopy stnk baru
- fotocopy bpkb
Dan pengurusan mesti ke POLDA!!!! Dan akan butuh duit lagi. Nanti yah kalau udah ganti bpkb saya ceritakan lagi.

No comments:

Post a Comment