Thursday 23 June 2016

Inside Costco Taiwan

Hello guys, me again sharing un-important things. Tau ga COSTCO? Yang pasti ga bisa dimakan, terus sampai saat ini di negara-negara Asia Tenggara (kaya Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Philippine, dkk) belom ada cabangnya, nama perusahaan. Hehehe... Jadi main tebak-tebakan.
sumber: http://www.century21.com.tw/
Intinya adalah supermarket grosir yang berasal dari negara Amerika, dengan barang-barang produk aslinya bermerk Krikland, cuma di dalam ga cuma jual merk itu, tapi barang-barangnya rata-rata adalah barang impor yang orang Amerika suka pake, dan dijual dalam ukuran super duper big! \

Jadi kalau ke costco, kita bisa ketemuin barang-barang yang beda, ga bisa diketemuin di supermarket lokal, semacam carefour tapi jualannya porsinya lebih gede dan banyak, harga biasanya jatuh lebih murah (kan grosir-an).
Entrance of Costco - Taichung, Taiwan
Buat masuk sini, harus punya kartu member, buat bikin kartu member harganya 1200 NTD per tahun. Mahal yaaaakkk.... Kalau ga punya kartu ga boleh masuk. 1 kartu rasanya maksimal bisa ber-4 skali masuk. Pas di pintu masuk, ada petugas yang meminta kita menunjukkan kartu member kita. Walaupun kita diem-diem masuk nempel-nempel sama orang lain, tapi pada saat mau bayar di kasir, kita juga harus nunjukkin kartunya, kalau ga punya kartu juga ga bisa belanja.

Di dalam ga boleh foto, apalagi ngerekam, ga boleh bawa makanan minuman dan binatang piaraan. Bener-bener ketat loh, bukan sekadar peraturan. Ni saya foto diem-diem. Hehehe...
Saya di sini nyobain masuk Costco Taiwan, seru juga. hehehehe... Soalnya suasananya beda sama carefour. Barang-barang di susun sampe tinggi-tinggi kaya gudang, tapi mudah juga buat kita raih. Jadi gudang skaligus supermarket. Kulkas-nya aja guedeee bangettttt! Dari es krim, nugget, bakpao (soalnya di Taiwan sih ya), sampe susu. Lengkapppppp~~~~ Sebutin apa yang ga ada?
Terus yang seruuu, ada petugas khusus buat siapin tester. Jadi banyak banget makanan-makanan yang di demo dan promo. Udah murah promo lagi. Hehehe... Kalau hari sabtu-minggu, variasi tester makin banyak, tapi orang yang dateng jg makin banyak, jadi kadang musti sampe harus antri panjang buat nyobain makanan gratisss.

Yang di tester banyak, dari keju, susu, daging, mie, banyak dehhh, tergantung mrekanya. Tiap minggu atau mungkin tiap hari ganti-ganti. Kadang nyobain aja lama-lama kenyang. Hehehe...
Bagian fresh food alias makanan yang udah mateng dan siap dimakan, sangat bervariatif. Mulai dari ayam panggang, sushi, salad (buleee paling demen), nasi goreng, tortilla gulung, nasi bibimbap, dobokki korea, dll, dan semuanya porsi guedeee, kalau buat kita orang Asia, mungkin itu porsi 3 orang. Harganya dihitung-hitung jadi murah banget.

Yang saya udah cobain, ayam panggang-nya, wangi banget dan berminyak tapi enakkkk! Musti makan panas-panas. Hehehe... Sushinya juga segar, saladnya ga kalah enak. Sisanya tortila saya belom pernah coba, kalo nasi goreng (gambar sebelah kanan bawah) kata temen ga gitu enak.
Abis itu bicara soal roti-nya. Gilaaa porsinya banyak banget, kalau beli sendiri, ga tau musti makan sampe kapan baru abis. Yang ada keburu jamuran, kalau sama temen kadang bisa share. Hehehe... Tapi rotinya wangi dan enak! Recommended, apalagi roti gulung yang saya foto nih (gambar di bawah), wangi dan kenyal! Padahal polos aja ga ada isinya, tapi asli nagih dan enak. Oh ada soft cookies juga, itu saya pernah beli, ini juga enak, sayang ga sempet foto.
Roti enak bangettttt!!!
Suasana di dalam rame apalagi sabtu-minggu. Tapi semua harga dicantumkan jelas banget, ga kaya supermarket umumnya, kadang harga sama posisi barang-nya ga sama. Semua tersedia, mulai dari makanan siap saji, makanan beku, kue, roti, buah segar, dan sayuran juga ada.
Selain roti ada cake juga, ga usa diulangin lagi ya, semua porsi gede. Ga jual porsi kecil pokoknya. Cuman murah! Rasa?! Boleh di adu! Ini porsi kecil, kalau porsi gede ada 1 loyang. Cuman ga saya foto, ga sempet sih, sibuk nyoba-nyobain. LOL!
strawberry cake, bikin ngiler yahhh~~~~
Abis itu, ada jual baju, peralatan apa juga ada, elektronik, sampe barang branded. Lengkappppp bangetttt asli dehhh! Daging, ikan segar, seafood juga tersedia.
Kalau urusan kripik, bayangin deh segede apa, 1 bungkus gede bisa ukuran 450-550gram. Ga bisa bayangin? Nih tak foto, sambil dipeluk. Nyahahha...
Oh ya kalau kita warga negara asing, misal di Taiwan, kita bukan orang Taiwan, kita bawa passpor dan belanja di situ, bisa diskon refund pajak 5%, tapi di potong 1% biaya service. Syaratnya total belanja adalah diatas 3000NTD, tapi ga boleh barang fresh kaya daging, makanan siap saji, dll. Jangan kuatir, walaupun kartu member temen kita adalah orang Taiwan, asal kita bawa passpor yang warga asing, bisa dapat refund tax-nya.

Dan satu lagi, kartu costco itu berlaku untuk costco seluruh dunia. So... kalau kita memang buka bisnis, dan butuh belanja grosir, ga ada salahnya jadi member. Tapi kalau cuma 1 keluarga kecil, ini kartu ga worth, soalnya mahal. Hehehe...

15 comments:

  1. Kerenn..
    Kunjungi website kami yaa http://eip.ajou.ac.kr/index.php/Barang_promosi970 Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Mas bisa kasih tutor belanja di costco?dari order sampe barang masuk ke indo. Atau punya kenalan jasa order costco? Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. emmm kl mau impor gitu ke indo kayanya musti nanya yang lebih ahli deh, hehehe soalnya costco cuma supermarket wholesale aja, kaya di Jakarta jaman dulu namanya makro.

      Prinsipnya, cuma member aja yang boleh masuk ke costco dan belanja. Iuran member setahun sekitar 6-700rb kalau di rupiahkan.

      -Di pintu masuk anda diharuskan menunjukkan kartu member costco, 1 kartu member bisa membawa 2-3 orang teman / family. Kartu membernya ada foto juga.
      -Setelah masuk, ambil barang-barang yang ingin dibeli, kaya kita belanja supermarket saja, pake troli.
      -Setelah selesai belanja, antri di kasir, dan anda juga wajib memperlihatkan kartu member costco anda agar bisa di cek apakah masih berlaku atau tidak.

      So kalau ga punya kartu member, ga bisa masuk dan ga bisa transaksi.

      Delete
  3. cara bikin member gmn mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung ke costco nya bawa passpor / tanda pengenal (bisa kaya ktp, atau driving license dll), langsung daftar di bagian informasi.

      Delete
  4. wow.... emm jaman globalisasi
    di lihat nya seperti toserba jaman dhulu
    Rak Gudang di susun gede gede

    ReplyDelete
  5. sepengetahuan bro, setiap cabang costco diseluruh dunia, dimana mana, apakah jenis barang yg dijual sama ? atau mengikuti kebutuhan barang negara itu saja ? contoh di Costco canada ada barang A, di costco taiwan barang A jg pasti ada. apa gimana ?

    ReplyDelete
  6. Bagaimana caranya belanja online di costco hingga barang2 bisa smpe dirmah. Secara saya seorang tkw ditaiwan yg tidak ada wktu luang atau libur untuk belanja. Mksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya belanja d costco untuk dikirim ke rumah Indo gitu? ga bisa atuh, bisanya kirim ke rumah di Taiwan, terus anda kirim sendiri ke indo, yang pasti jadi muahallll....

      Delete
  7. Mas ya ditaiwan y, klo pmi mau bikin kartu member ya bisa gak y

    ReplyDelete
  8. terima kasih informasinya gan dan juga saya mau share info kalau ada yang buka supermarket denga sistem grosir akan sangat memudahkan kalau usaha anda menggunakan aplikasi grosir yang bisa membuat operasi menjadi lebih mudah karena banyak proses yang di digitalisasi dan di automasi oleh software itu

    ReplyDelete
  9. Mas klo belanja di situ pinjam kartu member teman apa boleh

    ReplyDelete
  10. Berarti Kita warga pendatang Dan tidak mempunyai member Gak bisa belanja dicotsco donk min🤦🤦

    ReplyDelete