Wednesday 8 June 2016

Budget Airline of Vanilla Air to Japan

Buat yang mau berlibur ke Jepang nih, khususnya teman-teman yang lagi study atau kerja atau memang sudah berkeluarga di Taiwan dan pingin berlibur ke jepang, ditambah lagi sekarang pemegang e-passpor bisa ke Jepang free visa asal sudah didaftarkan terlebih dahulu sebelumnya, ada beberapa maskapai penerbangan yang murah dan bisa di compare harganya.

Japan budget airline, alias pesawat murah ke Jepang.
1. Vanilla Air http://www.vanilla-air.com/en/
2. Peach Aviation http://www.flypeach.com/pc/en
3. Tiger Air http://www.tigerair.com
4. Jet Star http://www.jetstar.com/
Yang disebut murah itu brapa? Karena terbangnya dari Taiwan, jadi kita ngomongin harga pake duit Taiwan NTD ya alias New Taiwan Dollar, murah itu harga pulang-pergi Taipei-Osaka atau Taipei-Tokyo mulai dari 2500ntd sampai 4000ntd. 1 ntd = sekitar 405 idr. Kalau normalnya antara 4500-5500ntd.

Nah, kemarin saya beruntung banget bisa dapat tiket harga promo Vanilla Air Taipei-Osaka pulang pergi seharga 3672ntd NETT, dibeli seminggu sebelum keberangkatan. Percaya apa nggak, tapi memang maskapai vanilla air dan peach aviation sering banget bikin promo, bukan promo boongan! Saya booking untuk 3 orang, mantep ga tuh! Sedangkan pada saat di pesawat, saya sempet ngobrol dengan tamu lainnya, yang ternyata sudah booking tiketnya sekitar 6 bulan sebelumnya, dan mereka juga ber-3 dapat tiket sekitar 2500ntd NETT per orang pulang-pergi. Mantapp~~~
Cuma yang kalian harus tau ya, namanya budget airline alias pesawat dengan harga super ekonomis, harga itu belum termasuk bagasi dan makanan. Jadi perusahaan maskapai penerbangan murah mengambil keuntungan dari penjualan bagasi dan makanan. Kalau vanilla air sendiri, kemarin saya cek harga bagasi Taipei-Osaka 20Kg dipatok 900ntd one-way.

Langsung ke topiknya, karena tiket murah, jadi penerbangannya tengah malam hari, sampai tujuan biasanya subuh, intinya capek dah! Hahaha... Kata temen-temen, penerbangan dengan mata merah (soalnya kurang tidur). Selagi masih muda, harusnya hal itu gak jadi masalah lah ya kalau niatnya memang mau jalan-jalan murah.
Tapi waktunya ontime, dari Taipei ontime, dari Jepang ontime juga depart-nya. Pada saat masuk pesawat, wah hampir penuh, rata-rata anak muda, dan kebanyakan orang Taiwan-nya. Saya dapat bangku nyaris paling belakang, jadi pas kosong sempet foto kondisi dalam pesawat-nya. Seperti biasa, pesawat standart dengan barisan bangku 3-3, peralatan keselataman seperti sabuk pengaman semuanya standar, meja lipat dan jendela, serta kondisi dalam cabin semua seperti pada umumnya.

Ga lama, sambil pesawat berjalan lamban di runaway, pramugari mulai memperagakan hal-hal perhatian keselamatan. Kesan yang saya dapat, seragam pramugarinya sangat sederhana, potongan bajunya juga sangat-sangat biasa bahkan bisa dibilang agak membosankan, soalnya namanya pramugari kan biasa identik dengan cantik dan sekseh. Liat sendiri deh, ga ada modisnya sama sekali! Tapi pelayanan sangat baik, cukup ramah dan murah senyum.

Selain itu, satu hal yang unik, ada beberapa pramugarinya agak pendek, karena ini maskapai penerbangan dari Jepang sendiri, mungkin mereka memahami kalau banyakan orang Jepang itu body-nya kecil dan agak pendek kali ya, jadi hal itu memungkinkan. Hahaha.... Dan disetiap samping kursi bagian bawah barisan koridor, ada semacam pijakan yang memang di desain untuk meraih barang di cabin pesawat kalau memang ga nyampe.
 

Terakhir yang bisa saya review hanyalah peragaan keselamatan yang diperagakan juga standar dan sederhana. Ga ada yang special dari penerbangan Vanilla Air, selain harga yang murah dan waktu yang ontime. Yang penting selamat sampai tujuan deh, itu aja udah bikin puas.

Vanilla Air JW178
Taipei (Taoyuan International Airport) - Osaka (Kansai International Airport)
25 Mei 2016 21:50 - 26 Mei 2016 01:35 (2 jam 45 menit, Jepang lebih cepat 1 jam dari Taiwan)
Vanilla Air JW179
Osaka (Kansai International Airport) - Taipei (Taoyuan International Airport)
30 Mei 2016 02:35 - 30 Mei 2016 04:30 (2 jam 55 menit, Taiwan lebih lambah 1 jam dari Jepang)
3672 ntd NETT / pax

No comments:

Post a Comment