Saturday 19 March 2016

Marathon di Taichung-Taiwan

Perjalanan hidup sudah hampir separoh, belom sampe kepala 3 sih, heheheh cuman hari gini baru tau yang namanya marathon. Sebenernya dari kecil juga tau namanya marathon tuh kaya apa, marathon itu lari santai tapi jaraknya jauhhhhh bangettt (ber-kilo-kilo-meter). Cuman bedanya saya baru tahu, ternyata banyak banget acara marathon santai yang diselenggarakan perusahaan-perusahaan besar atau organisasi-organisasi masyarakat, dan terbuka untuk umum.

Dan acara ini selain mengajak masyarakat sehat bersama, juga sebagai salah satu cara untuk promosi bagi perusahaan-perusahaan besar, atau bisa juga sebagai cara bisnis untuk meraup keuntungan bagi penyelenggara. Kok gitu? Karena untuk berpartisipasi dalam marathon (alias ikutan lari), musti daftar jauh-jauh hari (sekitar 2-6bulan sebelumnya), dan harus bayar dimuka, biayanya juga ga murah loh. Memang dari uang itu kita biasanya akan mendapatkan kaos buat lari, dan merchandise lainnya kalau ada, tapi dari uang yang kita bayar tuh, kalau cuma buat beli kaos dan merchandise mah udah lebih-lebih kali kembaliannya.

So, kemarin 27 February 2016 akhirnya nyobain marathon sama doi, walaupun bukan di Jakarta melainkan di Taichung-Taiwan, tapi sebenernya prosedurnya sama aja kok. Daftarnya paling lambat akhir bulan desember, so 2bulan sebelum acaranya, ada juga yang pendaftarannya paling lambat 3bulan sebelum harinya (tergantung si penyelenggara). Pendaftaran semuanya dilakukan via internet.

Acara marathon gini biasanya ada pilihan jarak, jadi liat kalian kuatnya sejauh mana. Aslinya marathon itu lari 42KM, itu baru bener-bener dinamakan marathon. Tapi hidup udah susah, jangan dipaksa jadi susah kalau ga kuat yah. hehehehe.... Masing-masing jarak pun punya varian harga yang berbeda-beda.

21K    = 21 KM    NT$ 700 (1 NT$ = 400 IDR so sekitar 280.000 rupiah)
12.5K    = 12,5 KM    NT$ 600 (1 NT$ = 400 IDR so sekitar 240.000 rupiah)
5K    = 5 KM        NT$ 500 (1 NT$ = 400 IDR so sekitar 200.000 rupiah)

Soalnya kan pemula nih, kalau 21K takutnya ga kuat ga finish kan sayang yah, jadi saya pilih 12,5K bersama doi. Dan saya harus bayar per 1 orang, 600NT$ + 100NT$ deposit + 80NT$ ongkir = TOTAL 780 NT$. Karena saya bayarnya lewat 7-11 si mesin IBON, jadi tambah biaya service lagi 30 NT$. Duit habis 810 NT$ pokoknya semua-semua, ber 2 jadinya 1620 NT$, itung sendiri berapa rupiah deh.

Deposit ini adalah jaminan agar kita mengembalikan kepingan barcode yang dipinjamkan ke kita, kepingan barcode ini nanti harus diikatkan di sepatu, pokoknya semacam pencegah kecurangan dan pengukur waktu dan lari kita. Ongkir ya ongkos kirim, karena nanti kita akan dikirimkan barang-barang berikut si kepingan barcode.
Kira-kira 1-2minggu sebelum hari acara, barang-barang yang dijanjikan akhirnya sampai ke rumah. Isinya kaos, nomor urut peserta yang nantinya dipasang di baju, kepingan barcode yang nantinya diiket di sepatu, buku panduan yang didalamnya juga banyak iklan-iklan dari sponsor. Bayangin, ibaratnya kita beli sepotong kaos seharga 810 NT$, cuma biar bisa lari di jalan, yang capek juga kita sendiri. wahahhaha.... Fun ya fun, tapi pas lari capek banget ya ga fun juga. hahahah!!!
Akhirnya tiba juga harinya, acaranya mulai pagi-pagi banget, masih rada gelap, bulan Feb masih rada dingin udara di Taiwan, tapi semuanya ngumpul rameeeeee abisss, semua sudah siap-siap pemanasan dan lari. Kalau kamu terlambat datang, ga masalah sih, cuma jadi ga bareng-bareng start nya kan aneh. Ada disediakan counter penitipan barang, kalau di Taiwan sih aman-aman aja, walaupun disarankan jangan titipkan barang berharga.
STARTTTTTTT!!!!! Semua bergegas lariii, karena larinya di pinggir jalan, disetiap persimpangan ada petugas polisi yang sudah siap menjaga keselamatan para pelari dengan membantu mengatur alur pelari vs pengendara kendaraan. Kalau lampu merah ya stoppp dulu. Para petugas polisi juga ikut memberi semangat kepada para peserta marathon, katanya "jia you jia you" alias semangat semangat! Hehehe...
Tidak perlu takut nyasar, karena sudah disiapkan penunjuk arahnya, dan beberapa penanda sudah seberapa jauh kita berlari. Sudah masuk 3KM, sudah mulai terpencar, ada yang jauh di depan, ada yang jauh di belakang. Tapi masih banyak juga yang bergerombol.
Awalnya hanya di pinggir jalan raya biasa, tidak ada pemandangan special sampai akhirnya sampai di jalur sepeda dan jalur khusus pelari atau pejalan kaki. Walaupun capek, tapi semangat kembali begitu melihat pemandangan yang ada. Semangattttt~~~
Tadinya doi udah mau give up, baru awal-awal sudah pingin give up lari 5K aja, dengan pelan namun pasti akhirnya sampai di 8K dan hampir selesai. Terkadang di pertengahan jalan ada pit stop, semacam rest area, yang menyediakan sedikit cemilan dan air minum. Sampai akhirnya finishhhhhh! Yeayyy!

Ketika selesai, kita langsung disambut sama para panitia, dan langsung diberikan medali finisher! Artinya kamu lari sampai selesai, keren kannn~~~ Lalu ada bingkisan kecil yang isinya sedikit makanan penambah tenaga dan air minum. Dan ada juga sertifikat yang langsung di print di posko khusus print. Boleh juga untuk kenang-kenangan. Capek, lelah, tapi menarik!

No comments:

Post a Comment