Sunday 22 October 2017

Panduan Membuat SIM Internasional

Yang sering ke luar negri, dan berencana beli atau sewa mobil dan nyetir di luar negri, ada baiknya menyiapkan SIM internasional sebelum berpetualang, toh mudah dan cepat, asalkan dokumen yang diperlukan lengkap dan benar.

Waktu kemarin saya tinggal cukup lama di Negeri Formosa alias Taiwan, saya juga hanya menggunakan SIM internasional, dan itu berlaku resmi kok, sudah dibuktikan waktu saya kena small-middle car accident. Silahkan tengok bagaimana lengkap-nya agar SIM internasional berlaku resmi 100% di Taiwan di https://bazk3t.blogspot.com.au/2015/08/all-about-sim-dan-nyetir-di-taiwan.html.

Sekarang saya mau merantau lagi nih ke negeri kangguru, osi alias Australia, dan saya juga berencana untuk road trip (cita-cita saya, semoga tercapai), dan untuk itu saya harus buat SIM internasional lagi, karena yang kemarin sudah habis masa berlakunya. Dan kali ini saya jelasin ya butuh apa aja dan bagaimana prosesnya.

Dokumen yang diperlukan:
- KTP asli dan fotocopy 1 lembar (digunting)
- Passpor asli dan fotocopy 1 lembar (digunting)
- SIM nasional yang masih berlaku asli dan fotocopy 1 lembar (digunting)
- Materai 6000 1 lembar
- Pas foto terbaru ukuran 4x6, 3 lembar, bewarna dengan latar belakang biru (untuk wanita HARUS pakai blazer foto-nya, untuk pria HARUS pakai dasi foto-nya)
- Uang Rp. 250.000,-

Untuk buat SIM internasional, inget yahh BUKAN DI POLDA, BUKAN DI SAMSAT, tapi di Korlantas Polri. Waktu pengurusan dibuka dari Senin-Jumat, 8:30-15:00.
Korlantas Polri
Jl. Letjen MT Haryono kav. 37-38
Jakarta 12770

So kemarin aku sampe di korlantas tepat jam 14:45, gilaaa yahhh mepet banget, jam 15:00 udah tutup itu, soalnya macettttt gilaaaa itu di jalan MT Haryono, jadi buat kawan-kawan musti lebih pagi ya! Padahal aku jam 11 udah jalan loh dari Cibubur! WTH banget kan. Tidak lupa dengan membawa dokumen yang dibutuhkan, lengkaps.

Pas masuk di pintu masuk, ada polisi bawa senapan yang jagain, nanya mau ngapain, so aku jawab mau apply sim internasional. Pak polisinya bilang "cepet ke dalam, sebelah masjid, jam 3 tutup, lariii!!!" hahahaha jadi kaya latihan tentara, otomatis lariiii lahhh ayee, sambil tergopoh-gopoh, sampai di dalam ada polisi lagi yang jagain, jadi gate ke-2 gitu, jelasin lagi, mau beli materai dan mau apply sim internasional pak. Pak polisinya SUPERRRRR! Langsung di kasih materai, terus di suruh lariii lagi buruan sebelum tutup, itu di arah jam 11. Okayyy siappp pakk!

Jadi ceritanya aku ga bawa materai, karena udah nyari di warung deket rumah semuanya kosong, jadi pikir kan di sana pasti ada materai, tapi OMG macetttnyaaaa, ga nyangka waktunya tipis bangetttt. Dan pak polisinya baikkk bangetttt, dan kerennn bawa senapan! Ga kalah deh polisi kita sama polisi di pilem-pilem bule. Hehehhe.... Nolong tanpa pamrih. Thats... EMEJINGGGG!!!

Sampai di gedung pembuatan sim internasional, langsung daftar, serahkan dokumen, bayar, terus foto dan sidik jari, eits ga sampe 10 menit, sim internasional sudah jadi, cling cling cling~ Jadi temen-temen, hariii giniii masih pake calooo???!! Banyak-banyak lah membaca berita yang bermutu dan bukan hoax biar pinterrrr. Setelah selesai, tenang dehh, keluar cari pak polisi yang ngasih materai, dan mau ajak foto bareng, ehhhh semuanya ditolakkkk. Duit materai di tolak, selfie juga di tolak. Benar-benar mengemban tugas, Terima Kasih Pak Polisi!

No comments:

Post a Comment