Tuesday 3 October 2017

Balik Nama BPKB Mobil di Polda Metro Jaya

July 2017 kemarin habis urus ganti nama STNK, ternyata urusan balik nama kendaraan belum selesai sampai disitu saja, STNK memang betul sudah ganti nama, tapi BPKB nya belom kan. Awal Oktober (yap today) baru ada waktu luang untuk pengurusan balik nama BPKB. Lokasi balik nama BPKB semuanya di kantor Polda pusat, tidak sama seperti STNK dimana diurus di kantor samsat masing-masing wilayah.

Dokumen apa yang diperlukan sih?
- BPKB asli
- Copy STNK yang baru
- Copy KTP pemilik yang baru
- Copy kwitansi pembelian dan gesek mesin*
- Uang sebesar 375.000 rupiah untuk mobil
- Uang sebesar 225.000 rupiah untuk motor

* ini sebelumnya kita sudah serahkan pada saat ganti STNK kan, makanya sebelum diserahkan semuanya, di copy dulu, karena akan dibutuhkan untuk balik nama BPKB.
POLDA METRO JAYA

Kali ini bener-bener patut di acungin jemphoooll, karena pelayanan di tempat ini sangat-sangat rapih, jelas, cepat, ennnnn ramahhhhh betull pelayanannya, ga ada pungli-pungli!!! So, harii ginii yang masih pake calooo, ga gaulll lah yaawwww~~~

Pada saat di depan pintu masuk sudah ada petugas polisi yang standby, meminta kita untuk menunjukkan dokumen yang diperlukan. Ini baru betulll! Jadi kalo kita sudah masuk dan antri, berarti ga ada yang namanya di suruh balik lagi karena dokumen tidak lengkap. Nggak wasting time lah intinya. Sudah oke, langsung di kasih nomor antrian, terus disuruh tukar tanda pengenal dengan kartu tamu.
Masuk celingak celinguk, ehh sudah ada 2 polwan cantik yang standby berdiri dengan mengenakan pengenal bertuliskan "pemandu bpkb". Langsung aja samperin dan tanya mau ganti bpkb bagaimana. Nanti langsung diarahkan ke meja registrasi. Registrasi sekarang sudah komputerisasi, jadi ga pake tulis tangan isi form lagi. Di meja registrasi ada juga 2-3 polwan cantik (lagiiii!!!) yang standby untuk membantu kita melakukan registrasi dengan komputer. Setelah ketak-ketik kurang lebih 3menit, di print-lah itu formulirnya, dan diarahkan ke kantor kas Bank BRI.
Semuanya dilakukan di lantai 1, ke kantor kas BRI dan diberikan slip setoran oleh petugas security, isi kertas slip-nya dan langsung bayar di situ juga, nanti akan diberikan stiker barcode dan tanda bukti setoran. Stiker barcode-nya ditempelkan di lembar formulir yang tadi hasil print itu, ditempelkan di kanan bawah. Saya balik nama BPKB mobil, jadi saya bayar sebesar 375.000 rupiah. Habis itu duduk deh, di ruangan AC, bebas rokok, sampai nomor kita dipanggil, di loket pendaftaran 7-8-9.
Sekitar jam 13:20 saya sampai di polda metro jaya, jam 14:33 siang saya sudah dipanggil berdasarkan nomor antrian. Serahkan dokumen-dokumen, dikasih tanda terima dan selesai. Disuruh balik lagi 2 hari lagi untuk ambil BPKB baru-nya di lantai 2, anyway boleh diwakilkan kok. Gillaaaa cepetttt, siapa bilang kalau balik nama BPKB butuh waktu 1-2minggu sampai BPKB-nya terbit?!!!! Nyatanya, cuma 2 hariii, expresss boooo! Mantap lah Indonesia.

No comments:

Post a Comment