Tuesday 29 August 2017

Tongseng Pak Kumis khas dari Solo

Jakarta, kota metropolitan, ibukota, bener-bener di Jakarta apapun ada, nyari makanan apaaa juga ada, dari yang harganya selangit sampe yang pas di kantong pun ada, dari yang ga enak sampe yang enaknya patut di kasih empat jempol juga ada. Tapi kalau ketemu yang enak, wahhh buat orang Jakarta, sampe ke pelosok gang pun pasti dikerubutin, heran ya kok bisa tauuuu aja.

Kemarin di ajak temen SMP maksi alias makan siang bareng, pas kita janjian di daerah Harmoni, tau dong Jakarta Pusat. Di boyong lah naik motor panas-panas ke area komplek gitu, Jalan Kesehatan III, samping masjid. Begitu sampe, buset banyak orang-orang pake baju batik (kebetulan hari Jumat gitu loh, yang artinya adalah batik day), antri sampe ga dapat tempat duduk.
Menu lunch hari ini adalah Tongseng. Perasaan kemarin di telpon ngomongnya mau d ajak makan sate kambiang yang terkenal enak, ohhh ternyata warung pinggir jalan ini jual anything about kambing. Yang ga suka kambing boleh pesen daging ayam. Well ga anything sih, tp menu andalannya adalah Tongseng Kambing dan Sate Kambing, ga sedikit juga yang mesen nasgor kambiang (maksudnya nasi goreng kambing).

Sambil antri ya foto-foto dulu yah, biar bisa di share ke temen-temen, kapan lagi nemu yang enak-enak kan. Intip ke dalam, ohh ada si Pak Kumis yang turun tangan lagi menggodok pesanan tamu-tamu yang kelaparan (jam makan siang gitu loh). Yang bikin berbeda adalah ceritanya ini khas Solo, jadi di godoknya pake arang, di kipas-kipas biar panas. Hehehe...

Muncul-lah pertanyaan, biasa kan semacam interogator nih. Ini makanan murah jadi rame, apa karena enak dan murah, apa karena enak beneran, apa karena lokasi deket perkantoran dan di sekitar ga ada jualan yang lain jadi rame? Nah bingung kan, ai sendiri aja bingung. Abis makan baru tau jawabannya.

Seporsi tongseng kambing harganya 25000 rupiah, kalau pake tulang harganya 35000 (jadi bisa icep-icep itu sumsum nya). Ga murah juga kan, tapi emang rasanya enak, ciyusss deh. Kuahnya kental dan berasa, terus cabe nya itu loh ruarrr biasaaa puedess, di meja cuman ada kecap manis sama cabe rawit polos yang udah di ulek. Mantap dahhh.
Antri lohhh lamaaaa, antri ada kali 1/2 jam lebih, pas jam makan siang emang, cuman tetep aja lamaaaa ituhh. Pokoknya kemarin pesen dua porsi tongseng, seporsi yang biasa, seporsi yang pake tulang. Terus 5 tusuk sate kambing (empukkkk dagingnya, en anehnya ga ada baunya sama sekali, mungkin kambingnya dipilih yang rajin mandi kali ya). Terus nasi satu setengah, sama dua gelas es teh, totalnya 92000 rupiah. Kaga murah juga kan.

Cuman satu yang agak disayangkan, karena rame jadi kelamaan didisplay, pas lagi panas-panas eh digeletakin dulu, menunggu semua pesenan jadi semua baru skaligus dianterin ke meja kita, jadiiiii kuahnya kurang panas. Cuba kalau panas, wahhh jempol 5 deh pakkk. Tapi serius walaupun agak lama, cuman ga kapok sih makan disitu, pasti bakal balik lagi. Cuba deh guys, jamin ga nyesel heheheh...

No comments:

Post a Comment