Sunday 22 January 2017

Taiwan Tea Eggs

Udah hampir 4 bulan-an semenjak dari Taiwan dan tinggal di negara asalku Indonesia, alhasil nostalgia kuliner-kuliner taiwan mulai bermunculan satu-per-satu. Karena tau pasti bakal kangen sama telor rebus teh yang suka dijual di 7-11 atau minimart di seluruh Taiwan, aku udah beli sebelum pulang ke Indonesia, kantong racikan teh yang memang khusus untuk bikin tea eggs ala taiwan.

Hari ini, udah bulat tekat-ku buat bikin tea eggs... berikut persiapannya:
- 1 kantong bumbu racikan teh tradisional (musti beli di Taiwan atau di toko obat cina)
- sepotong kayu manis
- black tea
- gula
- soy sauce (bisa diganti kecap asin campur kecap manis)
- telur ayam
Kali ini sih cuma buat menggunakan 8 butir telor ayam negri, tapi saran saya lain kali pake ayam kampung biar kenyal telurnya, terus masa banyakan soalnya masak dikit sama masak banyak porsinya, tetep aja waktu masak-nya sama. 1 kantong bumbu teh racikan itu bisa untuk sepanci telor aslinya.

Cara masak:
1. Rebus telornya dulu 6-7menit, lalu sisihkan.
2. Bikin bumbunya, caranya? campurin semua bumbu yang udah disiapkan lalu rebus jadi satu dengan air. Gula garam secukupnya sesuai selera.
3. Pecahkan telur / diretak-kan tapi jgn di kupas, terus cemplungin deh semua telornya ke cairan bumbu.
4. Rebus telur dengan api kecil selama 4 jam, sambil ditutupi kain.
Kain itu bertujuan agar bumbunya semua meresap kedalam telur. Yang menjadi persoalan itu biasanya bumbunya ga cukup meresap ke telornya. Setelah rebus 1 jam, masukkan kulkas, bisa disimpan sampai 1-2minggu loh. Pada saat inget atau lg iseng, dipanasin lg stengah jam, terus masukin kulkas lagi. Lama-lama akan meresap deh tuh, makin mantep rasanya.
Hasilnya, cukup mengobati rasa kangen Taiwan. hehehe.... Cuma karena kali ini pake telor negri, jadinya kurang enak, kurang kenyal. Next time musti pake telor kampung yahh..... Ohh yaa, kantong bumbu racikan ini juga bisa untuk rebus daging dll, jadi lu wei deh namanya.

2 comments: