Thursday, 22 December 2016

Buat SKCK Mudah dan Transparan

SKCK alias Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah selembar surat yang dikeluarkan oleh polisi yang menjelaskan history kita, apakah kita pernah terlibat kriminal bahkan buronan atau bersih dari segala tindak kejahatan. SKCK dapat dikeluarkan dari Polres setempat atau Polda pusat tergantung kebutuhannya, jadi kalau kita buat skck untuk keperluan swasta seperti melamar pekerjaan atau sekarang yang lagi rameee tuh untuk daftar jadi driver uber atau driver grab atau driver gojek, bisa minta SKCK dari Polres setempat. Tapi kalau untuk urusan sampai keluar negeri atau urusan kenegaraan seperti untuk buat visa, nah itu musti minta ke Polda Pusat.
Sekarang semenjak Presiden Jokowi naik tahta dan Gubernur DKI Mr.Ahok menjabat, segala pengurusan dokumen udah makin mudah dan transparan. Saya sebagai masyarakat bener-bener merasakan perubahan loh, sekarang di Jakarta kalau ngurus surat-surat udah ga jaman yang namanya pake calo sama duit rokok, kecuali SIM yeh...
Yang pasti sebelum ke polres atau polda, wajib siapkan seluruh dokumennya yang lengkap.
-Surat pengantar dari Kelurahan (sekarang gratisssss, dulu kan ada duit rokoknyeee)
-Fotocopy KTP
-Fotocopy KK
-Fotocopy Akte Lahir
-Foto bewarna 4x6 latar belakang merah (5 lembar)
-Biaya 10.000 IDR

Kalau di web polda yah, ga dikasih tau kalau fotonya musti latar belakang merah, jadi saya sempet bolak balik 2x gara-gara saya bawa foto background putih. Informasi di web Polda kurang akurat, terus kalau namanya email biasanya jarang di cek, ini kelemahan kita sampai sekarang, kalau di luar negeri yah, informasi di website itulah yang akurat dan update.
Kemarin itu saya ke polres kemayoran (sesuai ktp masing-masing), kira-kira sampe jam 10 pagi trus langsung isi formulir, lalu disuruh cap sidik jari 10 jari (tangannya item semua...nyahahaha), ga lupa bayar biaya admin-nya sebesar 10.000 rupiah, habis itu disuruh balik lagi jam 2 siang untuk pengambilan.
Untuk pengisian formulir sendiri sudah disiapkan contohnya di atas meja, jadi ga usah bingung-bingung lagi, ikutin aja contohnya. 

Cepat ringkas murah! Hehehhe... Yang perlu diperhatikan, setelah SKCK kita selesai, saat itu juga cek lagi kesamaan data-nya, maklum kadang namanya manusia bisa salah ketik daripada bolak balik kan. SKCK yang baru, hanya berlaku 6 bulan, kalau sudah habis masa berlakunya ya lakukan perpanjangan lagi dengan proses yang sama.
contoh bentuk SKCK
Aslinya sebenernya sudah bisa buat SKCK online loh, tapi sayangnya kemarin websitenya down tuh entah udah berapa lama, tapi barusan saya cek sudah online lagi, jadi sekarang makin mudah deh buat skck online. Untuk buat SKCK online bisa di webnya http://skck.polri.go.id/.

No comments:

Post a Comment