Wednesday 13 April 2016

Bikin Visa Waiver Jepang dengan E-Passpor

Japannn i am coming~~~ hehehe walau perginya masih belum pasti kapan, tapi kalau sudah punya e-passpor ya skalian aja minta visanya dulu, kan e-passpor udah identik sama yang namanya visa waiver japan, satu paket gitu lah.

Jadi maksudnya visa jepang dengan e-passpor adalah, khusus bagi WNI pemegang e-passpor dapat mengajukan visa jepang gratis! Visa waiver ini adalah visa berkunjung ke jepang berkali-kali, alias multiple visa gitu lah. Masa berlakunya max 3 tahun loh, dan setiap berkunjung ke jepang bisa stay en buang duit sampai maksimal 15 hari. Yuhuuuyy~~


Caranya gampang banget-nget-ngett! Bawa e-passpor kamu dan juga form pendaftaran yang sudah diisi. Trus ke kedutaan jepang deh yang lokasinya pas di sebelah EX plaza. Seriusan! Ga pake duit, ga pake ribet, dan ga perlu dokumen-dokumen lainnya.

Gedung Kedutaan Jepang di Jakarta-Indonesia (sumber: street view google)
 Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta Pusat (10350)
Tel: +62-21-31924308   Fax: +62-21-31925460   Fax: +62-21-3157156 (Bagian Konsulat/VISA)
http://www.id.emb-japan.go.jp/

Form pendaftaran bisa di unduh di PDF atau DOC
Untuk lebih lengkap mari dibuka link dari kedutaan jepang nya.
Waktu permintaan visa: Senin-Jumat (kecuali hari libur tidak buka) Pk. 08:30 - 12:00
Waktu pengambilan visa: Senin-Jumat (kecuali hari libur tidak buka) Pk. 13:30 - 15:00

So, begini cara mainnya, namanya kedutaan kan pasti ada aturannya, ya ga boleh seenak jidat kita kluar masuk.
-Sebelum masuk, tas-tas di cek seadanya sama satpam di luar.
-Lalu antri sblm dipersilahkan melewati pintu gerbang, masuk pintu gerbang lalu serahkan identitas diri untuk ditukar dengan kartu tamu.
-Melewati pintu lagi untuk di x-ray segala barang bawaan kita.
-Akhirnya masuk ke ruangan penuh dengan orang-orang yang sedang duduk mengantri. Jangan kuatir, ada ac dan bangku. Langsung pencet tombol untuk ambil nomor antrian.
-Nunggu saatnya tiba dan serahkan dokumen, datang lagi besok siang (hari kerja) untuk ambil passpor yang sudah ada visa jepang.

Yang bikin saya salut, permohonan visa tidak dibatasi kuota! Jadi selama masih dalam waktu yang ditentukan, maka masih boleh masuk dan akan dilayani sampai selesai. Trus cuman proses 2 hari langsung kelar gpl (ga pake lama). Hari ini masukkin data, besok sore ambil.

Berdasarkan pengalaman pribadi, datanglah menjelang batas waktu selesai, baik itu untuk daftar visa atau ambil visa, jadi ga perlu ngantri di luar panas-panas kaya orang pengangguran. Eheheh karena ga ada batas kuota jadi ga usah kuatir ga dikasih masuk, asalkan masih dalam waktu yang ditentukan. 

Dan satu lagi, menjelang batas waktu selesai, itu adalah waktu dimana menjelang istrahat siang atau selesai kerja, jadi menjelang waktu-waktu tersebut, pelayanannya menjadi sangat cepat, counternya juga dibuka lebih banyak, sehingga lebih hemat waktu. Hehehe...

Bagi yang mewakili keluarganya untuk daftar visa, jangan lupa sediakan KK atau akte lahir, atau dokumen resmi lainnya yang dapat menunjukkan bahwa benar ada ikatan keluarga dengan orang yang bersangkutan. Kalau ga bisa menunjukkan dokumen tersebut, maka dokumennya tidak akan diterima, anda harus kembali lagi besoknya.

Yang pasti, antrilah dengan tertib. :)

No comments:

Post a Comment