Saturday 19 December 2015

Taiwan's Hotpot a.k.a ShabuShabu

 
Ngomongin makan pasti ga ada abisnya, Taiwan salah satu negara yg terkenal buat food hunter, enn kali ini mau bahas soal shabu-shabu, atau di taiwan disebut huoguo 火鍋 yang artinya hotpot.

So pasti basic lah yaa... Hotpot adalah kuah dengan segala isinya di kuali panas dengan api yang terus menyala, dan langsung di masak sendiri sambil disantap.... Nyam nyamm nyammmm....

Dan setiap negara punya versi shabu-shabu nya sendiri, di Taiwan sendiri kalau boleh dibilang bisa dibedakan jadi 5 macem: small/mini hotpot, normal/set hotpot, all you can eat hotpot, order hotpot, homemade hotpot. Hehehe Sebenernya saya sendiri yang mengklasifikasikannya.




Buat yang versi small/mini biasanya dimakan 1 orang 1 porsi, trus bahan pendampingnya udh di dalem kuali semua, dan udah dimasak nyaris atau bahkan udah mateng, jadi udah mendidih tuh kuahnya pas disajikan, tinggal dikasih api kecil biar tetap panas dan mateng.

ma'la spicy duck blood hotpot 麻辣鴨血鍋
stinky hotpot 臭臭鍋

Yang paling terkenal di Taiwan sendiri adalah stinky hotpot 臭臭鍋, si hotpot dengan kuah bau busuk menyengat berasal dari tahu bau. Kedua, ma'la spicy duck blood hotpot 麻辣鴨血鍋, si hotpot dengan kuah pedas ma'la dan isinya penuh dengan potongan darah beku bebek.




Kalau versi normal/set, biasanya juga 1 orang 1 porsi, cm harganya lebih mahal dikit dan porsinya lebih banyak. Bahan-bahannya masih mentah, dan kuahnya hangat suam suam kuku, jadi musti nungguin kuahnya mendidih, masak sendiri. Dari segi kualitas biasanya juga lebih oke. Kalau versi kecil dipatok 100-130nt, kalau versi normal/set 250-700nt. Tergantung restoran lah, kalau yang sampe 700nt itu complete set, ada menu pembuka sampe penutup, lengkapppp.

Kalau ini kuahnya banyak macem, tapi rata-rata yang bestseller kuah ma'la pedes (tapi di taiwan ga pedes2 amat), kuah kimchi, kuah seafood, atau kuah bening yang rasa gurih manisnya dari kaldu. Masih banyak sih, lagi-lagi tergantung restoran, tapi paling banyak ya itu yang tadi disebutkan.




Kalau buffet alias all you can eat, di taiwan juga ga kalah banyaknya, mungkin bener ya katanya orang china mayoritas tabiatnya ga mau rugi (memang ga semua lohhh, tp dibandingkan orang indo dan orang barat???), jadinya restoran kaya gini menjamur di Taiwan. Dari yang murah 200nt-an sampe 700nt-an.

Biasanya di sini bisa pilih kuah juga, cuma dari segi rasa dan kualitas daging biasanya agak kurang, secara buffet gitu lhoooo, makan sepuasssssnya sampe muntah. Gahahahaha... Biasanya ada batas waktunya, 90-120menit.



Order hotpot, maksudnya si resto cuma siapin kuah (bisa pilih juga kuahnya), trus kita musti order satu per satu dari sayur, daging, seafood, bakso-bakso, dll. Kalau kaya gini biasanya resto juga menyediakan paket biar lebih hemat sihhh... Tapi tetap saja lebih mahal, tergantung ordernya apa aja.


Makan di tempat ginian, biasanya 1 kuali disantap bersama-sama. Bahan-bahan yang disediakan juga lebih lengkap, kualitas daging dan bahan pelengkap lainnya pastinya lebih bagus lagi.




Trakhir homemade hotpot, maksudnya siapin sendiri masak sendiri makan sendiri. Tapi kalau di Taiwan, mau menyantap hotpot di rumah itu ga repot, karena di supermarket2 besar juga biasanya sediain bahan-bahan nya udah lengkap sama sayur dan bakso-bakso, bahkan kuahnya juga udah disediain. Cukup beli tambahan daging atau pelengkap lainnya sesuai selera. 

Harga ya kalau makan rame-rame pastinya masak sendiri lebih hemat, tapi kalau sendirian, mending makan small hotpot di luar, selain lebih hemat, ga perlu juga repot-repot cuci peralatan abis masak.
Musim dingin tahun ini sedikit terlambat, tapi begitu udara perlahan mulai dingin, adalah saat yang tepat untuk makan shabu-shabu alias hotpot.

Hmmm~~~ Skali-skali pingin cuba buat sendiri, akhirnya ke carefour lah belanja daging 79nt isinya 10-11lembar tebel-tebel, sengaja pilih yang ga ada lemak, trus satu set bahan-bahan hotpot yang harganya 129nt udah termasuk sayur mayur, bihun, kuah rasa ma'la, dan beberapa macam bakso-baksoan, takut ga cukup akhirny beli lagi tanbahan bakso-bakso campur untuk bahan pelengkap hotpot yang seharga 30nt.
Porsinya rasanya sudah cukup untuk ber 2, di rumah tinggal siapin kompor kecil dan kuali, kuah yang tadi dibeli kita tambahkan air, lalu biasalahhh ala indo, ga pedes kurang oke, jadi skalian cemplungin 3-4biji cabai mentah iris biar hottttt~~~~ trus kebetulan di rumah ada mie kering yang sudah pernah dibuka, skalian aja di pakai, soalnya ga ada nasi putih, jadi makan mie saja deh, dan ga lupa telor ayam 1 biji buat lengkapin gizi wahahahahaha.....
 Kuah sudah mulai deh, mulai dehhh acara masak santap... Hehehe semuanya masukinnnn... Hajaarrrr!!!

No comments:

Post a Comment