Wednesday 19 August 2015

All about SIM dan nyetir di Taiwan (Driving license)

Well kali ini mau bagi info, karena info riwa riwi sana sini ga jelas, di sini kujelasin sejelas-jelasnya. Banyak temen-temen yang mau nyetir (mobil atau motor sama aje) di Taiwan, tapi bingung gimana biar dapet sim nya? Ujian sim lagi di Taiwan kan ribetttt, tapi kl niat jg ga ada salahnya. Ada yang bilang bisa pake SIM internasional, ada juga yang bilang ga laku.... SOOOO? gimana toh?

SIM Internasional
Ga peduli sim motor atau mobil, asal kita udah punya sim indo yang masih laku, kamu bikin deh SIM internasionalnya di Indo. Gmana cara bikin SIM internasional di indo ya? Gampang, tar satu-satu jelasinnya, atau ga cek di sini dulu ya http://www.polri.go.id/. Intinya sebelum masuk Taiwan yang kmu siapin dulu SIM internasional, OK? Kalau cuma pake sim lokal indo ga laku lohh yaa... Jadi jangan maksa nanya lagi, boleh apa nggak pake SIM indo.



Habis punya SIM internasional, boleh ke Taiwan deh nyetir, tapi eitssss memang SIM itu masih blm laku di Taiwan, kl kenapa-kenapa amit-amit misal kesundul atau disundul motor hahahaha, nanti jadi bermasalah karena SIM nya ga laku, kita jadi kalah didenda. Kalau ga terjadi apa-apa ya laku-laku aje. hahaha... So gmana biar 100% laku? DAFTAR!


Daftar nya di mana dan gimana?
Karena saya di Taichung, jadi taunya di daerah taichung.
Taichung City Motor Vehicle Station (台中市監理所)
No.77 Beitun Road, North District, Taichung City, 404 (台中市 北區 北屯路77號)
Untuk daerah lain, cuba cek di website nya http://tmv.thb.gov.tw/ 

Daftarnya cukup siapkan
- passpor (dengan visa taiwan tercetak di passpor)
- atau ARC (intinya yg menjelaskan kmu bisa tinggal di Taiwan sampai brapa lama)
- pas foto 1 apa 2 lembar lupa
- sim internasional kamu
Abis itu langsung aja ke staff bilang mau daftar sim internasional, tepatnya di lantai 2.
5 menit kemudian dia ketak ketik di komputer dia, nanti dia cetak suatu kertas dan di tempel di bagian belakang sim internasional kmu. Beres deh, asliii ga ribet, ga pake duit pulak! Emang indo dikit-dikit duit ~~~~



Inget! Sim internasional kita kan 5 tahun, tapi sim kita laku di Taiwan nya brapa lama tergantung passpor atau arc kmu, dan paling lama 1 tahun. Jadi mereka akan kasih masa berlaku, ada bahasa inggrisnya juga kok. Kalau abis masa berlakunya ya langsung daftar lagi, toh gratis,dan cuma modal foto aja.

Informasi terbaru!!! updated 2019!!
Untuk pengasahan atau legalisasi SIM international di Taiwan (Taichung) yang dibuat di Indonesia dikenai biaya 150NT/license driver


SIM Taiwan
Ini juga boleh, kl ga punya sim indo apalagi sim internasional. Biar gampang, ikut belajar setir mobil aja, nanti ada biaya udah termasuk paket buat test ambil sim nya. Tapi syaratnya tentu harus ada ARC dan denger-denger harus udah 1 tahun di Taiwan br boleh test ambil sim nya.

Tapi itu ga menjamin kmu dapet sim loh ya, ya makanya pas belajar kursus nyetir, rajin-rajin dateng belajar tiap hari biar ga kaku. Soalnya di taiwan itu kl belajar mobil, paketnya buat kurang lebih sebulan (per semester gitu deh), trus kmu bebas datang tiap hari di kasih jatah 1 jam kurang lebih, kl ga dateng ya rugi kmu sendiri. Sampai akhirnya di test.

So? masih  bingung? Yu nanya~~~~ biar ga tersesat di jalan, kaya pepatah indo, malu bertanya nyasar di jalan lo... hahahahaha

37 comments:

  1. Nanya dong Ci (seblom nyasar), mobilnya stir kanan ataw kiri? Jalannya di sebelah kanan ataw kiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taiwan setir kiri, masa ndak tau, nyahahahaha kan bus-bus di Taiwan jg setir kiri. jalannya di kanan yah.... pokoknya kebalikan dari Indo.

      Delete
  2. Min sy sdh setahun sekolah drive car di taiwan dan sdh punya SIM nya ,apakah saya bisa bikin SIM internanional yang bisa di pakai di Indonesia,,,? Jadi kl pulang indonesia gk usah bikin SIM lg kan di negara kita bikin SIM ribet banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello,anda yang sudah sekolah driver car di taiwan, boleh nggak saya minta kontak sekolahnya ?thank you

      Delete
    2. kl ini saya kurang tau sih, tapi kl misalnya sim internasional Taiwan bisa dipakai di Indonesia, pastinya akan ada proses2 registrasi lagi di Indonesia. sama layaknya di Taiwan,ketika kita pakai sim internasional indonesia untuk nyetir di Taiwan, kita harus registrasikan sim kita di samsat taiwan. Cuma maslaahnya pengurusan dokumen di indonesia sama di taiwan kan beda jauh bgt tuh ya waktu proses dan keribetannya.

      Delete
  3. Itu kan penjelasan tentang cara bikin SIM ya.kalau tempat kursus nya di mana. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda di mana? di kota apa? bisa di google say...

      Delete
  4. min minta info dong dmn belajar kursus nyetir mobil ditaiwan .. so pengen bisa 😥🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kota apa ? Taiwan nya d mana? hehehe google paling gampang...

      Delete
  5. kendaran ditaiwan itu apa seperti diindo ya bro,, bayar pajak pertahun

    ReplyDelete
  6. Bisa di cari di google map,banyak sekali tempatnya

    ReplyDelete
  7. Min.. Kalo kita bawa sim indo... Apa di taiwan kita bisa tukar ato bikin sim internasional??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa, sim indo ga berlaku di Taiwan ya.

      Delete
  8. Min... buat sim internasional nya mesti di korlantas polri di jakarta ya? Kalau saya tinggal di medan, apakah harus ke jakarta dulu baru bisakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara yang saya tau di Jakarta aja ngurusnya gan, memang gitu dah, agak repot, urus dokumen-dokumen ujung-ujungnya harus ke Jakarta. Kasian kadang buat orang daerah, jauh2 buang ongkos.

      Delete
  9. kasih pnjlsn yg jelas dong dimana bisa dptkN private mobil...aq tinggal di taipei city

    ReplyDelete
  10. SIM : Surat Izin Mencintaimu

    ReplyDelete
  11. Ijin share informasi
    Untuk pengasahan atau legalisasi SIM international di Taiwan (Taichung) yang dibuat di Indonesia dikenai biaya 150NT/license driver

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh yaaa, peraturan baru ya... thanks bro... aku update di atas ....

      Delete
  12. Misi tumpang tanya Cara buat sim di Taiwan bisa offline gk ?

    ReplyDelete
  13. Maaf..Saya tidak punya sim motor kemarin..skrang berurusan sama polisi..kira"kena dendanya berapa ya

    ReplyDelete
  14. Maaf kak tanya kalau di daerah toyen dimna ya kak..?

    ReplyDelete
  15. 學姐你好,
    感謝您的分享喔~ 對我很有幫助 哈哈哈~

    我也是來自印尼的僑生,目前也是居住在台中。
    很高興認識學姐喔~


    方俊良 敬上

    ReplyDelete
  16. anak saya belajar mengemudi ditaiwan tapi test nyetirnya sudah empat kali gagal terus padahal nyetirnya benar bagaimana solusinya apakah harus kursus nyetir lagi ?

    ReplyDelete
  17. Mau tanya dong kak, Gimana kalau kita udh buat SIM INTERNASIONAL di Indonesia lalu kita pakai disini. Apakah akan diakui oleh pihak taiwan?

    ReplyDelete
  18. Kak mau tanya donk kalo saya turis dan ingin sewa mobil di taiwan dan saya punya SIM internasional , Apakah perlu legalitas SIM Taiwan juga ?? karena saya kan gak punya ARC

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak perlu, asalkan yang sewain mobil nya tahu dan paham kl kmu ada sim internasional yang valid.

      Delete
    2. Hi Kak, ada info sim internasional IDP yang valid masih tetap harus lapor ke Motor Vehicle Office dulu. Apakah tidak perlu?

      Delete
  19. Jika sudah setahun kok orang office nya bilg harus keluar negara dlu baru masuk taiwan lagi, dan setiap tahun gabisa dipake lg pdhl sim inter msih berlaku

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling lama 1 tahun. waktu itu saya setiap tahun perpanjang, ga perlu syarat keluar taiwan kok. apa mungkin peraturan sudah berubah?

      Delete
  20. Maaf mau tanya kalo samsat miaoli alamate dmana ya? 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuba kk buka website ini yah https://www.thb.gov.tw/en/News_Orgunit.aspx?n=686&sms=12821&page=2&PageSize=10

      Delete
    2. Maaf mas. Saya sudah punya SIM C internasional. Trs legalisir ny sudah habis dari masa berlaku arc. Arc saya baru dgn kontrak kerja baru LG. Apakah. Leglisir ny bisa di bikin/perpanjang LG. Terimakasih mas

      Delete