Wednesday, 19 August 2015

All about SIM dan nyetir di Taiwan (Driving license)

Well kali ini mau bagi info, karena info riwa riwi sana sini ga jelas, di sini kujelasin sejelas-jelasnya. Banyak temen-temen yang mau nyetir (mobil atau motor sama aje) di Taiwan, tapi bingung gimana biar dapet sim nya? Ujian sim lagi di Taiwan kan ribetttt, tapi kl niat jg ga ada salahnya. Ada yang bilang bisa pake SIM internasional, ada juga yang bilang ga laku.... SOOOO? gimana toh?

SIM Internasional
Ga peduli sim motor atau mobil, asal kita udah punya sim indo yang masih laku, kamu bikin deh SIM internasionalnya di Indo. Gmana cara bikin SIM internasional di indo ya? Gampang, tar satu-satu jelasinnya, atau ga cek di sini dulu ya http://www.polri.go.id/. Intinya sebelum masuk Taiwan yang kmu siapin dulu SIM internasional, OK? Kalau cuma pake sim lokal indo ga laku lohh yaa... Jadi jangan maksa nanya lagi, boleh apa nggak pake SIM indo.



Habis punya SIM internasional, boleh ke Taiwan deh nyetir, tapi eitssss memang SIM itu masih blm laku di Taiwan, kl kenapa-kenapa amit-amit misal kesundul atau disundul motor hahahaha, nanti jadi bermasalah karena SIM nya ga laku, kita jadi kalah didenda. Kalau ga terjadi apa-apa ya laku-laku aje. hahaha... So gmana biar 100% laku? DAFTAR!


Daftar nya di mana dan gimana?
Karena saya di Taichung, jadi taunya di daerah taichung.
Taichung City Motor Vehicle Station (台中市監理所)
No.77 Beitun Road, North District, Taichung City, 404 (台中市 北區 北屯路77號)
Untuk daerah lain, cuba cek di website nya http://tmv.thb.gov.tw/ 

Daftarnya cukup siapkan
- passpor (dengan visa taiwan tercetak di passpor)
- atau ARC (intinya yg menjelaskan kmu bisa tinggal di Taiwan sampai brapa lama)
- pas foto 1 apa 2 lembar lupa
- sim internasional kamu
Abis itu langsung aja ke staff bilang mau daftar sim internasional, tepatnya di lantai 2.
5 menit kemudian dia ketak ketik di komputer dia, nanti dia cetak suatu kertas dan di tempel di bagian belakang sim internasional kmu. Beres deh, asliii ga ribet, ga pake duit pulak! Emang indo dikit-dikit duit ~~~~



Inget! Sim internasional kita kan 5 tahun, tapi sim kita laku di Taiwan nya brapa lama tergantung passpor atau arc kmu, dan paling lama 1 tahun. Jadi mereka akan kasih masa berlaku, ada bahasa inggrisnya juga kok. Kalau abis masa berlakunya ya langsung daftar lagi, toh gratis,dan cuma modal foto aja.


SIM Taiwan
Ini juga boleh, kl ga punya sim indo apalagi sim internasional. Biar gampang, ikut belajar setir mobil aja, nanti ada biaya udah termasuk paket buat test ambil sim nya. Tapi syaratnya tentu harus ada ARC dan denger-denger harus udah 1 tahun di Taiwan br boleh test ambil sim nya.

Tapi itu ga menjamin kmu dapet sim loh ya, ya makanya pas belajar kursus nyetir, rajin-rajin dateng belajar tiap hari biar ga kaku. Soalnya di taiwan itu kl belajar mobil, paketnya buat kurang lebih sebulan (per semester gitu deh), trus kmu bebas datang tiap hari di kasih jatah 1 jam kurang lebih, kl ga dateng ya rugi kmu sendiri. Sampai akhirnya di test.

So? masih  bingung? Yu nanya~~~~ biar ga tersesat di jalan, kaya pepatah indo, malu bertanya nyasar di jalan lo... hahahahaha

2 comments:

  1. Nanya dong Ci (seblom nyasar), mobilnya stir kanan ataw kiri? Jalannya di sebelah kanan ataw kiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taiwan setir kiri, masa ndak tau, nyahahahaha kan bus-bus di Taiwan jg setir kiri. jalannya di kanan yah.... pokoknya kebalikan dari Indo.

      Delete