Saturday 26 April 2014

How to make Taiwan ARC


ARC alias Alien Resident Card gampangnya bisa si bilang KTP nya Taiwan. Karena kita konteksnya kursus bahasa mandarin di Taiwan, jadi buat kamu yang berencana stay di Taiwan lebih dari 6 bulan, disarankan buat ARC.

Why? Karena memang harus buat, secara visa visitor (pelajar) kamu cuma bisa d extend sampe max 180hari (6bulan) dihitung sejak kamu menjajakkan kaki di Taiwan. Ennn, dengan adanya ARC kamu lebih mudah kluar masuk Taiwan, ennn apa2 lebih mudah kl ada arc lah.

Kecuali? Kalau kamu ga mau buat, well setelah full 6 bulan ya kmu harus kluar dari Taiwan dan buat visa baru. Untuk buat visa baru(bisa di Indo bisa di HK),yang prosedurnya sama kaya buat visa pertama kali cuma ga pake interview aja, tp kita ga bahas itu dulu ya.

Pastinya banyak yang kurang paham walaupun udah d jlasin, wajar kok, ga perlu kuatir, karena kalo kmu dah dateng di Taiwan pasti sekolah akan bantu kasih informasi juga, dan setelah kamu alamin sendiri pasti paham.

The requirement! (Last updates-Nov2013)
-Harus sudah stay minimal di Taiwan 4bulan tanpa keluar Taiwan. Kujlasin ya, jadi memang visa pelajar kamu max di extend sampai 180hari/6bulan, tapi stlh lewat 4bulan kamu sudah boleh apply ARC, or boleh juga applynya kalau visa kamu udah mau abis.
-Receipt resmi (bon resmi exchange kurs) atau surat keterangan dari local bank Taiwan (minta sama bank kamu di Taiwan) yang menunjukkan dalam 3bulan terakhir kamu ada mendapat kiriman dari luar Taiwan minimal total 90.000nt. Karena total, jadi boleh dalam beberapa kali kiriman, ga perlu dalam satu kali kiriman jg ga masalah. Untuk receipt resmi tuh intinya ada bon resmi penukaran uang dari duit apa aja ke NT.
-Fotocopy buku bank sama covernya.
-Surat keterangan Medical check-up min. 3bulan trakhir. Ini so pasti harus dari rumah sakit yang di tunjuk yah alias yang di akui lah. Jadi ga semua rumah sakit bisa. Untuk di Taichung (China Medical University Hospital & Veteran General Hospital).
-Formulir pendaftaran online http://www.boca.gov.tw/mp?mp=1
-Passpor asli dan Fotocopy.
-Pas Foto 2lembar, bewarna background putih, 6 bulan terakhir.
-Study Plan.
-Surat attendance record yang di dalamnya sudah ada keterangan jg kl kamu udah bayar tuition buat next term. Dan transcript nilai.
-Money! Total kurang lebih 7000nt.
3050 biaya medical check up untuk keperluan ARC, ini price di china medical.
3000 biaya ARC.
1000 biaya cetak kartu ARC nya.

******PENTING! Yang perlu di perhatikan.
Disarankan 2-3minggu-an sebelum visa kamu habis udah mulai urus, karena untuk medical check-up butuh waktu 1minggu(tergantung hospital ya) sblm kamu bisa terima hasilnya. Lalu setelah proses apply, nunggu dpt resident visa 7-10hari, lalu baru nunggu dpt ARC 1-2minggu sebelum terima kartu ARCnya.


Prosesnya gmana?!!!
1. Dimulai dari medical check-up, bilang saja ke rumah sakit, mau medical check-up untuk keperluan ARC, sblmnya ada baiknya tanya sekolah, rumah sakit mana saja yang ditunjuk. Untuk medical check-up ga perlu puasa, di rontgen bagian dada-perut, darah kamu di ambil sedikit, BAB kamu, dan konsul dikit sama dokter umum.
Oh ya, untuk medical kamu jangan lupa bawa foto 3 lembar, bebas 2x3 atau 3x4 atau 4x6. Yang penting bewarna :).
2. Medical beres, apply online, sama kaya kita apply daftar online pas mau buat visa Taiwan. Cuman kita pilihnya resident visa, kalau kemarin kan kita pilihnya visa visitor.
3. Ke imigrasi deh, serahin dokumen lengkapnya. Langsung di suruh bayar 3000nt. Proses 7hari kerja, baru nanti di kasih visa sementara yang namanya visa resident. Jadi di passpor d tempel visa baru, yang masa berlakunya cuma 15hari, artinya kmu harus cepet2 apply arc.
4. Lalu apply arc.
Nah ini butuh dokumen lagi. Apa aja?
- Isi formulir yg disediakan di kantor imigrasi
- foto 1 lbr bewarna
- copy passpor
- copy resident visa
- attendance record
- copy bukti kontrak / tagihan listrik / tagihan air tempat kamu tinggal
Serahin dokumen, langsung bayar 1000nt, trus nunggu waktunya (1-2mgg) sampai sudah bisa ambil ARC kamu alias ktp taiwan lah ibaratnya. Jadi deh ;)

16 comments:

  1. bank nya harus pakai bank taiwan ya? kalau pakai bank indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bank taiwan dong, karena kan keluarga kamu kirim uang dari indo ke bank taiwan kamu. Kalau ga gitu, memang gmana cara keluarga kmu kirim uang?

      Delete
  2. Pakai bank bca dari indo jd selama ini aku ambil uang pun pakai kartu bca indo. Kemarin sih ada temen pakai bank german dia dan bisa. Gatau juga kalau bank indo diakuin ato ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh maksudnya gitu... oke saya jawab, BISA! soalnya saya juga pernah pakai cara itu bantuin teman.
      Setiap kamu ambil uang, kamu harus simpan itu slip penarikan uangnya, nah biasanya di sllipnya ada sisa uangnya kan, sampai saat trakhir sisa uangnya harus ada skitar 90rb NT.
      Lalu slip penarikannya di kumpulin jadi satu di fotocopy ke satu lembar.

      Lalu jgn lupa fotokopi ATM kamu, depan blakang, dan kalau nama kamu tidak tertera di kartu ATM nya (soalnya biasa ATM bca ga di cetak namanya kan), kamu harus kasih liat tanda-tangan di blakang kartu atm kamu sama dengan di passpor, yang membuktikan itu ATM adalah milik kamu.

      Delete
  3. Hai. Saya mau Tanya kos yang murah dekat Feng Chia University dong

    ReplyDelete
  4. Tolong email dong, takutnya lama dibalas klo lewat comment.
    emailku : tiaraekaputriiskandar@gmail.com

    ReplyDelete
  5. hi..saya agustus ini akan ke taiwan untuk kursus bahasa,saya bingung nih, saya mau ambil 6 bln, tp kalau 6bln visa saya gak bisa nih dipakai, jd saya pikir kalau untuk buat ARC, Tp masih krg mengerti gmn, bisa tolong email saya ke @dsheffina@gmail.com
    mohon bantuannya yah...thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sist, sorry nih br sempet bales, jangan-jangan udah brangkat ke Taiwan ya hehehe....
      Jadi gini, visa kamu kan bisa berlaku sampai 180 hari, so harusnya ga masalah dong kalau kamu memang cuma mau ambil bahasa 6 bulan.
      kecuali kamu rencana stay longer than that, baru deh buat ARC. Cara buat ARC mananya yg bingung? ga perlu kuatir, nanti sekolah kamu bakal jelasin / bantuin arahin kalau kamu bingung.

      Delete
  6. halo kak! berkat blog kakakk ARC saya sedang dalam proses nih. makasih banyak kak ! btw mau tanya nih, ARC itu bisa buat seberang ke zhong guo ga ya? kyk hongkong atau china gitu? terima kasih banyak kak. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hong kong kan bagi indonesian passpor holder ga perlu pake visa (kaya ke singapore aja tinggal terbang, nanti tinggal d cap passpornya), tapi kalau china tetep perlu pakai visa, ARC ga laku buat ke zhong guo (china).

      Delete
  7. haii, mau nanya nih, aku kan harus pulang ke indo buat taon baru imlek, kalo misalnya dalam proses bikin arc yg bbrp minggu itu, ditengah nya aku pulang ke indo , boleh ga ya? apa paspor mrka tetep pegang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya bisa, TAPI harus lapor ke imigrasi dulu, jadi pihak imigrasi akan berikan visa sementara.

      passpor kmu akan di pegang sama mereka pada saat kmu pertama kali apply visa resident. setelah visa resident keluar passpor mu dibalikin, trus kamu musti apply arc dalam kurun waktu 15hari, nah pas ini passpor mu udah di tangan kamu sendiri.

      Delete
  8. Hi

    Saya sudah apply untuk studi di feng cia dan mereka meminta saya melakukan xray dada.
    Apakah bisa dilakukan di klinik mana saja atau hrs dilakukan di klinik tertentu saja?

    Waktu itu kakak lakukan pemeriksaan dimana? Dan pemeriksaannya apa saja?

    Saya coba telp beberapa klinik dan mereka sdh menetapkan paket pemeriksaan utk visa taiwan (darah, urine, feses, xray dada).
    Apakah itu memang standar teto? Jadi walaupun feng cia hanya minta xray dada, tapi kita tetap hrs ambil paket yg lengkap tsb?

    Saya coba telp teto nya tp tidak diangkat2.

    Thank you

    ReplyDelete
  9. Hi Kak.
    Saya ingin daftar kursus di Taiwan .
    Kata nya kalau utk bisa dapat ARC , minimal harus ambil berapa lama kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk dapat ARC Harus sudah stay minimal di Taiwan 4bulan tanpa keluar Taiwan.

      Delete
  10. Kak saya mau nnya , kalo misalnya saya bljr bahasa di sana lalu saya part time tanpa arc itu bisa ga kak? Dan kalo misalya bisa dan saya ga mau dikirim uang lgi tpi mau buat arc itu bisa ga kak?

    ReplyDelete