Saturday, 26 April 2014

How to make Taiwan ARC


ARC alias Alien Resident Card gampangnya bisa si bilang KTP nya Taiwan. Karena kita konteksnya kursus bahasa mandarin di Taiwan, jadi buat kamu yang berencana stay di Taiwan lebih dari 6 bulan, disarankan buat ARC.

Why? Karena memang harus buat, secara visa visitor (pelajar) kamu cuma bisa d extend sampe max 180hari (6bulan) dihitung sejak kamu menjajakkan kaki di Taiwan. Ennn, dengan adanya ARC kamu lebih mudah kluar masuk Taiwan, ennn apa2 lebih mudah kl ada arc lah.

Kecuali? Kalau kamu ga mau buat, well setelah full 6 bulan ya kmu harus kluar dari Taiwan dan buat visa baru. Untuk buat visa baru(bisa di Indo bisa di HK),yang prosedurnya sama kaya buat visa pertama kali cuma ga pake interview aja, tp kita ga bahas itu dulu ya.

Pastinya banyak yang kurang paham walaupun udah d jlasin, wajar kok, ga perlu kuatir, karena kalo kmu dah dateng di Taiwan pasti sekolah akan bantu kasih informasi juga, dan setelah kamu alamin sendiri pasti paham.

The requirement! (Last updates-Nov2013)
-Harus sudah stay minimal di Taiwan 4bulan tanpa keluar Taiwan. Kujlasin ya, jadi memang visa pelajar kamu max di extend sampai 180hari/6bulan, tapi stlh lewat 4bulan kamu sudah boleh apply ARC, or boleh juga applynya kalau visa kamu udah mau abis.
-Receipt resmi (bon resmi exchange kurs) atau surat keterangan dari local bank Taiwan (minta sama bank kamu di Taiwan) yang menunjukkan dalam 3bulan terakhir kamu ada mendapat kiriman dari luar Taiwan minimal total 90.000nt. Karena total, jadi boleh dalam beberapa kali kiriman, ga perlu dalam satu kali kiriman jg ga masalah. Untuk receipt resmi tuh intinya ada bon resmi penukaran uang dari duit apa aja ke NT.
-Fotocopy buku bank sama covernya.
-Surat keterangan Medical check-up min. 3bulan trakhir. Ini so pasti harus dari rumah sakit yang di tunjuk yah alias yang di akui lah. Jadi ga semua rumah sakit bisa. Untuk di Taichung (China Medical University Hospital & Veteran General Hospital).
-Formulir pendaftaran online http://www.boca.gov.tw/mp?mp=1
-Passpor asli dan Fotocopy.
-Pas Foto 2lembar, bewarna background putih, 6 bulan terakhir.
-Study Plan.
-Surat attendance record yang di dalamnya sudah ada keterangan jg kl kamu udah bayar tuition buat next term. Dan transcript nilai.
-Money! Total kurang lebih 7000nt.
3050 biaya medical check up untuk keperluan ARC, ini price di china medical.
3000 biaya ARC.
1000 biaya cetak kartu ARC nya.

******PENTING! Yang perlu di perhatikan.
Disarankan 2-3minggu-an sebelum visa kamu habis udah mulai urus, karena untuk medical check-up butuh waktu 1minggu(tergantung hospital ya) sblm kamu bisa terima hasilnya. Lalu setelah proses apply, nunggu dpt resident visa 7-10hari, lalu baru nunggu dpt ARC 1-2minggu sebelum terima kartu ARCnya.


Prosesnya gmana?!!!
1. Dimulai dari medical check-up, bilang saja ke rumah sakit, mau medical check-up untuk keperluan ARC, sblmnya ada baiknya tanya sekolah, rumah sakit mana saja yang ditunjuk. Untuk medical check-up ga perlu puasa, di rontgen bagian dada-perut, darah kamu di ambil sedikit, BAB kamu, dan konsul dikit sama dokter umum.
Oh ya, untuk medical kamu jangan lupa bawa foto 3 lembar, bebas 2x3 atau 3x4 atau 4x6. Yang penting bewarna :).
2. Medical beres, apply online, sama kaya kita apply daftar online pas mau buat visa Taiwan. Cuman kita pilihnya resident visa, kalau kemarin kan kita pilihnya visa visitor.
3. Ke imigrasi deh, serahin dokumen lengkapnya. Langsung di suruh bayar 3000nt. Proses 7hari kerja, baru nanti di kasih visa sementara yang namanya visa resident. Jadi di passpor d tempel visa baru, yang masa berlakunya cuma 15hari, artinya kmu harus cepet2 apply arc.
4. Lalu apply arc.
Nah ini butuh dokumen lagi. Apa aja?
- Isi formulir yg disediakan di kantor imigrasi
- foto 1 lbr bewarna
- copy passpor
- copy resident visa
- attendance record
- copy bukti kontrak / tagihan listrik / tagihan air tempat kamu tinggal
Serahin dokumen, langsung bayar 1000nt, trus nunggu waktunya (1-2mgg) sampai sudah bisa ambil ARC kamu alias ktp taiwan lah ibaratnya. Jadi deh ;)

4 comments:

  1. bank nya harus pakai bank taiwan ya? kalau pakai bank indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bank taiwan dong, karena kan keluarga kamu kirim uang dari indo ke bank taiwan kamu. Kalau ga gitu, memang gmana cara keluarga kmu kirim uang?

      Delete
  2. Pakai bank bca dari indo jd selama ini aku ambil uang pun pakai kartu bca indo. Kemarin sih ada temen pakai bank german dia dan bisa. Gatau juga kalau bank indo diakuin ato ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh maksudnya gitu... oke saya jawab, BISA! soalnya saya juga pernah pakai cara itu bantuin teman.
      Setiap kamu ambil uang, kamu harus simpan itu slip penarikan uangnya, nah biasanya di sllipnya ada sisa uangnya kan, sampai saat trakhir sisa uangnya harus ada skitar 90rb NT.
      Lalu slip penarikannya di kumpulin jadi satu di fotocopy ke satu lembar.

      Lalu jgn lupa fotokopi ATM kamu, depan blakang, dan kalau nama kamu tidak tertera di kartu ATM nya (soalnya biasa ATM bca ga di cetak namanya kan), kamu harus kasih liat tanda-tangan di blakang kartu atm kamu sama dengan di passpor, yang membuktikan itu ATM adalah milik kamu.

      Delete