Saturday 20 May 2017

Taiwan Free Online Visa for Indonesia Passport

Kembali lagi mengenai Visa Taiwan. Karena banyak yang nanya mengenai hal ini, daripada simpang siur beritanya mending saya buat post untuk meluruskan. Jadi semenjak 23 September 2016, negara Taiwan memberlakukan free visa bagi warga negera India, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Laos dan Indonesia juga termasuk. Free visa ini sering disebut visa online free.

contoh visa online taiwan

Tapi bukan berarti kalian bebas masuk-keluar Taiwan seperti ke Singapura atau Malaysia yang tinggal bawa diri dan passpor lalu di cap passpornya pada saat melewati imigrasi di bandara. Jadi visa online ini mengharuskan kalian untuk daftar terlebih dahulu, cuma biayanya gratis. Lalu bentuk visanya itu adalah selembar kertas yang harus kamu print dan kamu bawa pada saat mau ke Taiwan.

Syarat-syarat tentunya pasti ada, tapi dengan adanya visa online ini, jauh menghemat dan mempermudah kita warga negara Indonesia untuk bepergian ke Taiwan. Intinya adalah, kamu harus punya SALAH SATU dari visa yang saya sebutkan ini: Australia / Canada / NZ / UK / America / Schengen / Jepang / Korea Selatan. Visa tersebut tetap dapat digunakan untuk aplikasi visa taiwan online walaupun sudah habis masa berlakunya alias expired, yang terpenting adalah expired-nya kurang dari 10 tahun sebelum tanggal kedatangan di Taiwan.

So, butuh apa aja sih datanya?
- Data passpor kita yang masa berlakunya tidak kurang dari 6 bulan.
- Nomor visa pendukung (salah satu visa dari 8 negera yang saya sebutin di atas)

Aplikasi bisa dilakukan di website ini : https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/

Pertanyaan yang biasanya ditanyain nih.
- Jadi ga perlu akte lahir? buku tabungan? foto?  TIDAK PERLU.
Serius ya guys, ini sudah terbukti, jadi percaya deh. Kalau masih ga percaya, cuba buka link yang saya kasih di atas, itu link dari website TETO asli, dan di baca bener-bener syaratnya apa. Kalau masih ga percaya, cuba langsung telp TETO nya ya, paling kamu disuruh baca di website juga. hehehe....
- Kalau ada salah ketik pas daftar gimana, sedangkan sudah di print? Daftar ulang aja.
Jadi visa yang ada kesalahan data diabaikan saja, cukup daftar yang baru. 

Yang perlu diperhatikan, nah ini informasi yang mau saya bagi buat temen-temen.
!!! Kalau visa pendukung kalian ada di passpor lama, kamu harus bawa passpor lama kamu ke Taiwan, karena nanti di Imigrasi pas di bandara, kamu akan diminta menunjukkan visa pendukung yang kamu pakai untuk daftar visa online taiwan ini.
!!! Kalau pakai visa Australia dimana visa-nya bentuknya juga elektronik, kalian harus print visa australia-nya, dan di bawa juga ke Taiwan. Pengalaman pribadi nih, visa Australia yang di print itu harus ada kop surat Australian Embassy nya loh, kalau ga ada kop suratnya alias hanya kertas polos walaupun tertulis jelas nomor visa kita, pihak airline di bandara Indonesia suka reseh dan ga mau proses check-in.
!!! Kalau pakai visa Waiver Jepang juga ga ada masalah, tapi visa waiver kita harus aktif ya (kan visa waiver Jepang masa berlakunya 3 tahun kan). Kalau sudah expired, atau di passpor lama, itu ga bisa dipakai.
contoh visa Australia dengan kop surat Australian Embassy

So, berkunjung ke Taiwan semakin mudah kan. Enaknya lagi, visa online taiwan ini selain gratis, juga merupakan visa multiple loh. Jadi dengan masa berlaku 3 bulan, kalian bisa berkunjung ke Taiwan berkali-kali. Selamat mencoba.

6 comments:

  1. Kumpulin duwit lageee dhe...buwat bales dendam...nyahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke hualien yah yang ga kesampean... hehehe lain kali perginya winter...jadi 90% bebas taifun.

      Delete
  2. kak, ini berlaku jugakah untuk visa belajar mandarin di taiwan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar mandarin kan mau minimal 3 bulan, sedangkan visa ini cuma max stay 30hari, jadi visa ini diperuntukkan untuk turis say... kl blajar mandarin, kmu harus buat visa student.

      Delete
  3. Tanya donk..
    Saya pernah ke taiwan.. tahun 2014..
    Kira2 bisa mengajukan aplikasi online kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo sorry br reply.. bisa banget... terhitung semenjak per 1 july 2017, bagi yang sudah pernah memiliki visa Taiwan (tidak lebih dr 10 tahun) dan bukan visa TKI / pelaut, bisa aplikasi visa online free.

      Delete