Sunday, 7 May 2017

Keliling Jakarta Naik Transjakarta alias Busway

Ya ampunnn, hari giniiiii baru ngomongin Transjakarta, basi kaliii... hahaha... Guys, aku tuh dulu pas jaman kuliah tahun 2006-2009 (ketauan dong kl gw udah ketuaan ya) tiap hari naik busway, antrian-nya, desak-desakan-nya, lama nunggu bus-nya, bau keringet bahkan bau ketek-nya, diserobot orang, wahhhh semuanya udah ngerasain deh. Terus busway alias transjakarta sempet afkir dari agenda gw, sampai akhirnya sekarang 2017, cobain lagi yang katanya new transjakarta dengan bus baru dan berbagai fasilitas lainnya. Simak yuu~~~
Peta Transjakarta, Last Updated May 2017
First, dari petanya udah makin rumet dan makin ribet, tapi makin menjangkau ke seluruh sisi Jakarta. Toppp!! Jadi sekarang kalau misal dari utara ke selatan, kl naik angkutan umum itu mahal, Transjakarta bisa menjadi pilihan. Harga dari jaman tahun 2006 sampe sekarang udah 2017 masih tetap sama, IDR 3500,- per trip. Gilaaa yaa, beras naik, minyak naik, listrik air naik, Transjakarta ga naik-naik.

Harga ga naik, gimana dengan fasilitas-nya nih? Mulai dari penampakan bus-nya yah... hampir semua bus barunya dikasih wajah serba biru, kecuali bus-bus lama yang jurusan Blok M - Kota, masih sama merah. Bus-nya banyak yang baru, pake merk Scania lagi, kerennn ga tuh!!
Penampakan didalam bus, masih tetap bersih, rapih dan terawat, dengan AC yang dingin. Bangku biru untuk seluruh penumpang, bangku merah khusus untuk prioritas (lansia, wanita hamil dan yang membawa anak kecil, dan kalangan difabel). Yang jadi perbedaan signifikan, sekarang setiap bus transjakarta dibagi menjadi 2 bagian, bagian tengah ke depan khusus untuk si cantik, bagian tengah ke belakang khusus untuk si ganteng. Hehehe... Tapi kalau si cantik mau duduk di belakang juga boleh, jadi si cantik punya hak suka-suka.
 

Fasilitas halte yang sekarang ada free wi-fi (walaupun agak lemot), dan identitas pintu antrian yang sangat jelas tertulis sehingga memudahkan para buway-ers pemula.
 

Dan penampakan koridor halte yang atapnya sudah dibenahi, kalau dulu suka ada yg lobang ketiup anginlah, jadi suka ada yang bocor kalau hujan. Dan dulu itu kl ada yang rusak dibiarkan berlarut-larut, Yang pasti Transjakarta saat ini sudah cukup mencerminkan Jakarta yang terus dibenahi dan dipercantik.

Dari suka-duka buswayers jaman dulu sama jaman sekarang yang aku rasakan, dulu memang nunggu bus luamaaaaaa buangettttt bisa sampe stengah jam-1 jam, sekarang bus lebih banyak jadi lebih cepat. 2 minggu ini naik busway, ngerasain yang namanya nunggu bus dateng cuma sekitar 10menit sampe 20menitan. Antrian jadi ga menggila, tapi kalau jam-nya orang pulang kantor, ga dulu ga sekarang podo wae!! Ga sanggup deh aye kl naik busway jam pulang kerja, membludakkkkk....!!

Waktu tempuh menggunakan busway, masih sama aja kaya dulu, kalau mau naik busway, wajib harus kudu siapkan waktu 1-2jam untuk sampai tujuan. Bukan macet yah, hampir 85% jalur busway sudah steril, cuman kan tetep aja si busway ini harus setop untuk naik-turunin penumpang di setiap halte, plus kecepatan busway ga boleh lebih dr 50KM/jam. Murah, tapi lamaaaa sih jujur. Hehehe...

1 comment:

  1. Kalo dari BSD ke Kelapa Gading brapa jam nehh?

    ReplyDelete