Friday 20 May 2016

Full Service Flight of Malaysia Airline Economy Class

Ini pertama kalinya review soal maskapai penerbangan. Dan karena dapat angle foto yang bagus, akhirnya muncul juga ide menulis artikel tentang service dan makanan di pesawat. hehehe...
Malaysia airline, merupakan maskapai penerbangan nasional Malaysia, dimana pusat operasinya adalah di bandara Kuala Lumpur International Airport sering juga disingkat jadi KLIA.

Siapa sih yang ga tau MH (kode penerbangan malaysia airlines)? Ya, semenjak ada 2 kejadian maut yang terjadi atas MH 370 dimana pesawat beserta kru dan penumpang hilang tidak berbekas pada tanggal 8 Maret 2014, belum lagi selesai baru saja selang waktu 4 bulan, datang lagi bencana maut atas MH 17 yang terkena tembak peluru rudal perang di zona Ukrania-Rusia pada tanggal 17 July 2014.

Tapi sebenernya, jauh sebelum itu, MH ini prestasinya cukup membanggakan, sempat meraih 10 besar best airline in asia pada tahun 2013, juga ada prestasi-prestasi lainnya yang diraih mulai dari pelayanan dan kualitas rasa dari makanan yang disajikan di atas pesawat.

Oke cukup soal history, intinya walaupun ada musibah-musibah melanda maskapai penerbangan dari negeri melayu tersebut, tidak mengurungkan niat saya buat terbang naik pesawat ini. Secara semenjak kejadian-kejadian itu, harga tiket pesawat anjlok, jadi murahhhhh, tiket pesawat full service airline bisa dibeli dengan harga ga jauh beda dari tiket pesawat low cost carrier. Soooo... sikattttt bleehhh~~~ kalau memang udah nasib, mau di rumah juga bisa aja pulang ke rumah Tuhan kan.
Jakarta - Kuala Lumpur 2 hours
Kuala Lumpur - Taoyuan (Taiwan) 5 hours
3 April 2016, 3.650.000 IDR

Saya beli tiket Jakarta - Taoyuan (Taiwan) transit di Malaysia, 3 april 2016 dengan harga 3.650.000 IDR all in nett. Tau sendiri kan maskapai full service, kebetulan malaysia airline menyediakan bagasi 30KG, dapat makan minum di pesawat, dapat bantal selimut selama di pesawat, ada hiburan tv selama di pesawat. Kurang enak apa lagi??!!  Kalau beli low cost carrier punya, harganya kurang lebih sama boooo, kalau lebih murah juga murah dikit paling beda 200-300rb. Rugi kan!

>>>> Jakarta-Kuala Lumpur, 2 hours flight
Check-in seperti biasa, trus masuk ke pesawat, eitsss... Eng-Ing-Eng.... Penerbangan dengan waktu 2 jam aja, di pesawat ada fasilitas hiburan TV di setiap bangku plus lubang colokan USB buat kita nge-cas hp atau gadget elektronik lainnya, trus headset juga sudah dibagikan di masing-masing bangku. Pesawat kecil jadi formasi bangku-nya 3-3.

Pagi jam 4 lewat, di luar masih gelap... Satu per satu bangku-nya diisi oleh penumpang walaupun ga penuh-penuh banget, ga lama pesawat lepas landas ontime. Karena hanya penerbangan dengan jarak waktu 2 jam, jadi ga disediakan bantal dan selimut secara otomatis, tapi kalau mau, boleh kok minta sama pramugarinya. Pelayanannya sangat baik dan sopan.

Sudah sampai jalur yang stabil, pramugari mulai deh sibuk siapin ransum buat penumpang. Udah mulai laper juga, padahal biasa jam sgini masih di alam mimpi... hehehe.... Ga lama dibagiin lah satu-per-satu. Sebelumnya di tanya, mau nasi lemak sama ayam atau apa gitu (lupa XD), saya pilih nasi lemak sama ayam, secara malaysia gitu loh, ahlinya nasi lemak, setujuhhh???

Simple, di kasih nampan isinya satu kotak main dish alias menu utama, karena saya pesan nasi lemak jadi ga ketinggalan dikasih teri kacang sebagai pelengkap. Trus peralatan makan yaitu sendok-garpu-pisau plastik, selembar tissue, tusuk gigi, dan adukan kopi/teh. Ga ketinggalan jus jeruk dalam gelas kemasan, yaaaa ampunnnn, ini jus jerukk udah lama bangettt ga minum. Rasanya ga berubah, jadi melow-melow... hahaha Trus makanannya disajikan hangat-hangat, dan yesss pilihan saya tepat, enakkkk nasi lemaknya, apalagi ditambah si teri kacang, jadi ada kriuk-kriuknya, sikat dehhh sampai ga bersisa.
Oh ada tambahan, waktu saya naik flight malam, dari Kuala Lumpur tujuan Jakarta, saya dapat set menunya beda lagi, puff curry, tapi yang antik tuh, dikasih ice cream lohh! Jujur baru kali ini di pesawat makan ice cream. heheheheh....


Ga lama, sang surya perlahan mulai bersinar, cieee elahhh~~~ Jadi makan di langit sambil menikmati keindahan sang surya yang perlahan menampakkan kemegahannya. Amazing isn't it?!!!!

>>>> Kuala Lumpur - Taoyuan (Taiwan), 5 hours flight
Sampai di Kuala Lumpur, transit dulu... Banyak orang ga suka transit-transit, tapi buat saya fine-fine aja. Soalnya skalian ngiter-ngiter cuci mata lah, secara ga diuber waktu ini kan (asal ga lama-lama aja transitnya).

Sampai waktunya masuk ke pesawat, eaaaaa... Biar kata penerbangan kali ini lebih lama, yaitu 5 jam, tapi sama aja pesawat kecil dengan formasi bangku 3-3. Bedanya di setiap tempat duduk sudah disediakan selimut tipis dengan bantal bersarung putih bersih. Di luar sana sudah terang benderang. Kalau untuk fasilitas hiburan TV dan meja lipat semuanya sama. Cuman film-nya pilihannya berbeda, tergantung asal dan tujuan terbangnya.

Baru duduk, setelah tamu-tamu sudah duduk tenang, dan pesawat sedang dalam persiapan untuk terbang, pramugari sudah mulai membagikan air putih dan kacang. Saya paling takut makan kacang di pesawat, soalnya pernah sakit tenggorokan, trus menderita banget di pesawat... Hiks....

Dan sampai di tengah langit entah di mana, pramugari kembali sibuk menyiapkan ransum. Dan kali ini set meal, karena penerbangan 5 jam gitu loh, jadi musti kenyang dikit kali ya. Hahaha... Seperti biasa, ada 2 pilihan chicken with potato or fish with noodles. Saya pilih chicken potato ah~~~ Seperti di foto, selain menu utama, ada buah-buahan, roti dan mentega sebagai appetizer, lalu cake sebagai dessert. Peralatan makan juga lebih cantik.

Buat saya, potato-nya wangi sama chicken-nya empuk, apalagi sayurnya, saya sih suka sayur ya. Tapi karena mungkin masih kenyang gara-gara nasi lemak sebelumnya, jadi saya merasa ayamnya lama-lama bikin enek. Kalau roti sama mentega, oh nomor satu itu, doyan banget, hehehe... Buah-buahan, manis semua, bahkan nanas-nya juga manis.Oh kalau minuman, so pasti di tanya, mau minum apa. Dari soda, jus, bahkan wine, atau kopi/teh? Saya pesen apple juice, soalnya agak enek, kalau minum yang asem-asem manis kan seger lagi tuh. Kalau kue-nya nih, ini nih!! Ga tau kenapa, ga gitu enak. Enek dan kebanyakan cream. Apa karena lagi-lagi saya kenyang ya? Saya cuma cobain dikit, tapi buat saya kemanisannnnn bangetttt. Kayanya lidah saya sudah terbiasa sama lidah Taiwan deh. Hahaha....

Tapi beneran deh, saya sampe sekarang kebayang sama nasi lemak nya. Enak bener, rasanya passsss, malaysia banget gitu deh. Hehehe... Semoga, next time ada kesempatan bisa naik Malaysia Airline lagi. Secara keseluruhan, servicenya saya acungin jempol deh, pramugarinya selalu siap membantu dan ramah banget, murah senyum. Makanan juga ga kurang-kurang. Bagasi 30Kg lagi, harga oke! Coba kalau duluuuu?!! Mau naik Malaysia Airline, harganya lebih mahal dari Garuda Indonesia loh. So... teman-teman brani ga naik MH?

44 comments:

  1. Saya juga abis pesen tiket ke HK buat bulan Maret ini. CGK - HKG harganya 2.8 lho. Lumayan ya hehe. Silakan berkunjung ke http://tempatsampahpalsu.blogspot.co.id/ ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa...kl lg promo murahhh bangett... tahun lalu jg sempet dapet CGK-HKG PP harganya 2,2jt... lumayan bgt heheheh... tq yaa... nanti saya visit tinggalin jejak...

      Delete
    2. Transit brp lama di KLIA? Soalnya bln juli nanti saya jg mau ke HK dgn malaysia airlines dan transit hanya 1 jam.was2 jg jd nya...share yaa pengalaman transit di KLIA.

      Delete
    3. Saya waktu itu transit nya 1jam 30menit, keburu kok... tenang aja... yang penting ikuti petunjuknya lgs ke area transit pada waktu keluar pesawat...
      kl pun pesawat asalnya delay, pasti akan ada petugas yang standby untuk lgs menjemput kita di pintu keluar pesawat agar segera menuju ke transit area.

      Delete
    4. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Delete
  2. itu hendsetny blh bawa pulang gk tu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga boleh dong say... hehehe selimut, headset dan perlengkapan lainnya aslinya ga boleh di bawa pulang ... hehehe

      Delete
  3. Mau nanya dong. Tahun ini malaysia airlines apakah msh menyediakan fasilitas utk free bagasi?klo iya, dpt brp kg?
    Mohon bantuannya. Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malaysia Airline itu sama seperti Garuda Indonesia, mreka itu full service airline, jd pasti sudah termasuk free bagasi. Malaysia Airline dpt 30KG free nya untuk kelas ekonomi. Beda dengan Air Asia yang bagasinya harus beli lagi ya...

      Delete
  4. lagi promo MH, 900 ribu pp jakarta kl.langsung di web nya

    ReplyDelete
  5. Aku mau nanya klo transit mh itu bagasinya dikeluarin ga ya? Jdi ada check in lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh nggak di keluarin kok bagasinya, jd ga perlu check in bagasi lg yg transit, yg penting buat pas checkin pertama kali tuh, tanya ke staff nya aja, bagasinya sampe ke negara tujuan lgs apa nggak, atau kmu bisa lihat luggage tag yg dia print pas kmu checkin bagasi itu, tujuannya ke negara tujuan bukan.

      Delete
  6. Jarak dr keluar pesawat ke transit area nya jauh ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin itu sih pernah dapet yang agak jauh, pernah juga yang cuma beda beberapa gate....gpp lah, bisa cuci mata hehehe...

      Delete
  7. owh ia, mau tanya, saya pernah dapet info kalau pakek tiket MH yang promo suka di rubah jadwal penerbangannya secara sepikah dari maskapai.? bener tau tidak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya pernah jadwalnya diganti jam nya, lebih awal atau lebih lambat beberapa 1-2jam, karena seluruh nomor penerbangan sekian memang brubah semua jadwalnya untuk seterusnya. Cuma diberitahukan lebih awal kok. mungkin untuk yang ada kepentingan bisnis agak concern ini ya, tp kl untuk yg holiday so far so good kok. hehehe

      Delete
    2. Hallo..mau nanya..MH ini di klia atau klia2 ya..desember rencana mau naik ini.tq

      Delete
    3. KLIA ya, kalo KLIA 2 itu kayanya buat malindo air deh... :)

      Delete
  8. Halo.. Sangat informatif sekali tulisannya.. Saya mau tanya, kebetulan saya ada flight ke HK dan hanya transit 1jam5min sangat singkat, pertanyaan saya apakah keluar pesawat kita lsg connecting flight atau harus keluar imigrasi dulu (dan atau ambil bagasi) lalu checkin lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii, aduh maaf baru sempat balas, kayanya udah terbang nih... jadi saya jawab ya, mungkin bisa memberi informasi untuk teman-teman lainnya.

      Untuk transit biasanya ada 2 macam.
      1. pada saat check-in di negara asal, pihak check-in counter sudah bantu kita check-in kan untuk penerbangan lanjutan kita, jadi kita akan terima 2 boarding pass, kalau begitu berarti kita langsung ikuti petunjuk transfer atau penerbangan lanjutan, tidak perlu ambil bagasi dan tidak perlu keluar dan melewati imigrasi.

      2. jika pada saat check-in, petugas nya meyuruh kita untuk check-in lagi nanti di negara transit, berarti kita mesti keluar lewatin imigrasi, ambil bagasi dan check-in ulang. biasanya terjadi pada pesawat budget airline dan kita tidak membeli jasa connecting, atau terjadi jika pesawatnya beda company.

      Kalau untuk bagasi, sama juga, pas check-in di negara asal, tanyakan ke petugas counter check-in, apakah bagasi langsung dikirim ke negara tujuan, atau kita harus ambil bagasinya pas transit. bisa juga dilihat dari luggage tag yang diberikan pada saat kita check-in bagasi, yang tertulis negara tujuannya langsung negara tujuan akhir atau negara tujuan transit.

      Delete
  9. Kak, suka sama tulisannya..
    Mau tanya juga, rencana kan naik MH juga buat ke HKG, nah ini saya dapat harga malah dibawah AirAsia, apakah ini juga full service? Di website travel nya, tidak diberitahu kalau dapat makanan. Tapi kalau bagasi ada tulisan bagasi tercatat 30kg. Kira-kira masih full service gak yah kak? Hehe makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. MH itu full service kok say, dpt bagasi 30kg, dan dapat meals selama di penerbangan. jadi kamu kan bakal transit di KL, bakal dapat meals di jkt-KL flight, sama KL-HK flight. :) enjoy yaaaa!!!

      Delete
  10. sekarang sudah bagus lagi ya service nya MH kak? thanks in advance. mpengen nyoba tapi ragu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buatku sih oke yah servicenya hehehe.... meals nya enak, pramugarinya ramah... hehehe

      Delete
  11. Mau nanya dong, kalo bawa aqua boleh ga sih di MH? Atau makanan ringan dati indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ummm, boleh sih, cuman biasanya sblm masuk boarding gate kan ada pemeriksaan xray, kita ga bole bawa cairan yg lebih dr 100ml. Paling kalau mau, bisa beli aqua di kios setelah melewati xray itu. kalau cemilan ga masalah.

      Delete
  12. Kak mau nanya. Itu kan tujuan dari indonesia ke taiwan. Kalo dari hongkong ke indonesia apa bisa dapat service yang sama ya. Karna pas bagasinya tidak di jelaskan tersedia. Dan menurut catatan yang saya terima, harus transit selama hampir 3 jam. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Service nya sama kok, malaysia airline kan? dapat meals dan bagasi 30kg. Kalau transit jadinya dapat makan 2 kali malah. heheheh have a nice flight ya sist :)

      Delete
  13. pernah ngalamin transit 10 jam dengan MH gak mas? share dong. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ga pernah sih mas, cuma saran kl lama gitu transitnya cari spot yang nyaman aja di bandara KLIA, set alarm, trus cari bangku panjang yang memang khusus untuk baringan, banyak kok di KLIA.

      Untuk bagasi, harusnya semua sama yah, sudah di check-in kan sampai tujuan, jd ga perlu keluarin bagasi.

      Karena sudah tau bakal transit panjang, saran siapin handuk kecil, sikat gigi, bantal kecil, selimut tipis, popmie atau makanan lainnya (kalau mau hemat), kl nggak, siapin uang malaysia dikit buat jajan di KLIA.

      Delete
  14. hai kak, aku mau tanya nih klu transit sekitar 7 jam di KL kita bisa keluar gk dari bandara? atau jln2 sekitar KL ? dan untuk info perubahan jadwal penerbangan biasanya di infokan sebelum flight atau saat tiba di KL ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa keluar kok, yang penting kita disarankan untuk 2 jam sebelum keberangkatan sudah di bandara. perbubahan jadwal kapan saja bisa di-infokan, biasa melalui email atau sms.

      Delete
  15. Hi kak , sy jg beli tiket promo mh dari sub - hk untk bln november dgn transit di kl 1j45mnt ,tapi tiba2 sy dpt pemberitahuan klo ada reschedule yg berubah jadi transit di kl cuma 35menit . Apakah cukup wktu ny transit di kl 35menit kak ? Thx before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup kok, karena ga perlu kutak katik bagasi lagi, dan biasanya boarding pass sudah dapat 2 lembar dari surabaya, satu yang sub-KL, satunya lagi KL-HK. yang penting jgn cuci2 mata lagi d bandara ya, lgs menuju ke boarding gate penerbangan berikutnya.

      Delete
    2. Sama ky sy kak bln nov ini sub-hk transit KL 35mnt. Kepikiran jg wktnya ckp gak. Kl sdh berangkat share pengalaman transitnya ya kak. Thx u.

      Delete
  16. halo mau tny saya pernah baca2 soal bawaan kabin yg diperbolehkan hanya 1 tas dan tidak lebih dari 7kg, bgmn jika saya bawa 1 ransel uk 32L 7kg dan 1 tas jinjing utk taruh hp dompet dan paspor? apakah dibolehkan? trimakasih jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 32 itu gede bgt bukannya yah kak? stau ku kl cabin itu ada ukuran nya khusus bagasi ukuran kabin, jd kl ukurannya melebihi standar cabin size, walaupun beratnya ga lebih dr 7 kilo tetep ga boleh, musti masuk bagasi check-in.

      kl soal tas jinjing boleh, jadi 1 tas kabin size + 1 tas jinjing. total ga lebih dr 7kg.

      Delete
  17. Kok MH kl seat harus bayar yah

    ReplyDelete
  18. maksudnya pilih seat ya? selagi itu normal seat dan available, ga bayar kok. di websitenya bisa pilih seat pas kita web check-in. Kalau seat khusus, akan ada biaya tambahan.

    ReplyDelete
  19. hai mau tanya boleh ya, kmrn transit di KLIA brp lama ya, kmudian apakah transit nya harus kluar masuk imigrasi?
    kbtulan sy akan terbang dgn MH dan transit mulai 2-3,5 jam di KLIA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl transit pesawat sebelum dan sesudahnya sama-sama pakai MH, ga perlu keluar imigrasi, transit cukup main-main cuci mata, muter-muter di dalam bandara KLIA saja. transit 2-3,5jam cukup panjang kok, ga perlu keburu-buru.

      Delete
  20. hai tanya dong,kan malaysia airline dpt free bagasi 30kg nah itu dalam 30kg boleh bawa brp kg?
    kalau saya bawa koper isi 10kg, koper q lg isi 15 kg dan 1 dus isi 5kg apa itu bisa ya?
    apa maksudnya 30kg hanya blh 1 koper?? thx

    ReplyDelete
  21. Halo kak boleh tanya ya. Saya perdana naik MH ni. Itu kabin nya boleh bawa berapa ya kak? Boleh bawa 2 tas gak ya? Satu ransel dan satu koper kabin?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  22. These thoughts just blew my mind. I am glad you have posted this. theinspirationlist.com

    ReplyDelete