Thursday 9 October 2014

Nasi Babi Taiwan / Braised Pork on Rice / Lu Rou Fan (滷肉飯)

Masakkk yuuu masakkk~~~ semenjak hidup di Taiwan, jadi hobby makan nasi babi deh. Secara di Taiwan itu makanan pualing murah, enak, dan menambah nafsu makan. Hehehehe Pulang indo, 4bulan ga makan, jadi terngiang-ngiang kangennn...

Lu Rou Fan  (滷肉飯) atau bahasa awamnya nasi babi taiwan, kalau bahasa inggrisnya braised pork on rice. Paling enak di makan dengan nasi hangat, dan cabai merah di ulek kasar campur dengan sedikit air dan gula dan garam.


Jadinya kuputuskan masak sendirii! Bahan-bahan sudah d kumpulkan dulu sebelum masak. Apa aja?
-daging babi bagian lemak 300gr(samchan)
-kecap taiwan 2 sd makan (jiang you 醬油)/
boleh di ganti kecap asin 1 1/2 sd makan + kecap manis 1/2 sd makan
-go hiong sedikit (wu xiang fen 五香粉)
-selai kacang 1 sd teh
-gula pasir 1/2 sd makan
-merica 1/3 sd teh
-bawang merah secukupnya
-air

TAMBAHAN:
-Daging babi boleh di ganti ayam
-Nanti boleh di tambahkan telur ayam dan atau tahu goreng

Bahan-bahan smuanya bisa d beli di pasar lokal/tradisional. Mudah dan murah. Yg mahal nanti gasnya, karena masaknyaaaaa lamaaaaaa butuh kesabaran. Hehehe

Cara masak:
1. Daging direbus pakai air panas mendidih 3menit agar baunya hilang. Masak sampai kotoran hitam-hitam busa-busa keluar.
2. Angkat daging yang sudah bersih direbus, cuci pakai air bersih dan potong dadu seperti di gambar. 
3. Siapkan kuali, tumis bawang merah sampai wangi kecoklatan, lalu masukkan daging yang sudah di potong kecil tadi, tumis sampai wangi dan minyak babi keluar.
4. Masukkan gula, kecap, merica, selai, go hiong satu persatu, aduk sampai merata.
5. Terakhir, masukkan air sampai penuh atau banjirrrr, ungkep dengan api sedang 90menit atau di presto sampai lembek dan lembut.
6. Sambil menunggu, boleh rebus telur, kupas dan cemplungin ke kuali ungkepan. Atau boleh juga cemplungin tahu goreng ke kuali ungkepan.
7. Jadi deh, sajikan dengan cara menyiram kuah daging di atas mangkuk berisi nasi hangat. Yummyy~~~~


Sambil masak harus sambil di cicipp, kalau kemanisan ya tambahin kecap asin, kalau keasinan tambahin kecap manis dikit dan air. Yaaa sesuai seleraaa...
Ada juga yang bingung seperti saya pastinya, kok masak pakai selai kacang? Itu di test ternyata hasilnya lebih gurih dan cucokkkkk kl pakai sedikit selai kacang.

Sudah terbukti ditest! Enak... Hehehe dan silahkan mencobaaa. Resep nya dari salah satu cici kuh di Taiwan (ci erna). Thank youuu yaaa....

2 comments: