Friday 5 April 2013

Ginger Snaps

Well, kadang kl ga mudeng pasti bingung apa sih Ginger Snaps? Gampangnya ya cookies jahe, itu loh yang di film Shrek juga ada, si kue jahe. Ya ya ya betul itu!! Biasanya kue ini bakal banyak muncul pas menjelang natal, karena jahe itu sendiri bikin badan kita anget. Cuma yaaa ga natal jg gak papah lah kita buat, iseng-iseng.


Oke, jadi bahannya apa aja? Ummm, sebelumnya ini bahan smua ngira-ngira, jadi ga pake takaran, hasilnya sih oke. LoL!!
- Flour alias tepung terigu (sekitar 500gr)
- Cooking Oil or Butter kl mau wangi. Jangan takut terlalu banyak minyak.(1/2 atau 3/4 aqua gelas)
- Chicken egg a.k.a. Telur ayam (1 butir)
- White sugar / Gula pasir putih (3 sendok makan)
- Brown sugar / Gula pasir coklat. Harus banyak, biar manis dan warnanya juga jadi coklat! (1/2 atau 3/4 aqua gelas)
- Honey alias madu (2-3 sendok teh)
- Cinnamon powder untuk penambah wangi (2-3 sendok teh).... ada yang ga suka?
- Ginger powder the most important one! Namanya aja ginger snaps! (2-3 sendok teh, ini kl ga gitu suka ginger, dikit aja)


Dan biar cantik dan sedap di pandang, juga rasanya makin enak juga, boleh di tambah bermacam-macam topping.
# Sprinkles atau Meses warna warni
# Choco Beads atau butiran coklat
# Kismis buat yang suka??

Trus bagaimana cara bikinnya? Kasih tau ga yaaaaa~~~~ Hahahaha!! Well sebenernya gampang banget, cuma 1 step! Smua bahan campurrrrr jadi 1 di mangkok adonan! Seriusssss ga bohong kok! Hahahaha... Nih pict nya...


Trussss di aduk aduk sampe benar-benar merata, so pasti warnanya jadi coklat. Dan adonan pasti jadi agak keras dan membutuhkan extra hand power. Kalau ada mixer sih enak...hehehe... Kalau adonannya dirasa kelembekan, tambahin flour sedikit demi sedikit, trus aduk lagi. Kalau dirasa berminyak banget, ya gpp, nanti kan mau di panggang.


Sudah jadi adonannya, Tinggal di cetak, kalau ada pemotong adonan berbentuk cetakan jg boleh. Kalau ga ada ya sikat aja pake tangan lah, di bikin mau jadi bentuk apa kek. Kalau males ya bentuk bola aja paling gampang. hehe.... Oh ya, penting untuk di ingat! Kalau bisa takaran setiap adonan yang dibentuk itu ga jauh beda. Jangan satu genduttttt banget, satu tipisssss banget. Nanti matengnya ga rata.

Ga lupa toppingnya. Biar enak cubain deh, beberapa adonan di isi choco beads (bukan di tabur ya, tapi di isi). Jadi kaya dumplings gitu. Hias sesuka hati. Kalau udah taruh di loyang yang sudah di olesi mentega. Masukin oven yang sudah panas selama 20menit lah kurang lebih. Anddddddddd........Tarahhhh!!!! Jadi deh.... Tunggu adem dulu bentar baru di makan, biar ga sakit tenggorokan! Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment