Monday 28 August 2023

Bikin visa turis Australia setelah visa WHV, dan visa pernah di reject

Australia, padahal negara tetangga, tapi visa Aussie ini terkenal susah susah gampang. Why? Karena banyaknya imigran yang menyalahgunakan visa turis ini buat bekerja secara ilegal di negeri kangguru ini. Terlebih lagi, Australia si negara maju ini terkenal dengan pendapatan yang cukup tinggi di dunia, dan kepuasan hidup yang melebihi rata-rata di dunia. Ga heran banyak yang berlomba-lomba mencari visa untuk dapat stay permanent bahkan resident di negara ini.

Sumber: wikipedia

Sebenernya setelah saya stay beberapa lama di sana, saya menyadari bahwa kebudayaan Australia itu intinya jujur. Jadi pada saat buat visa, jujur lah sejujur-jujurnya. Data yang kamu berikan pada saat apply visa harus yang bener, bukan yang dibuat-buat.

Langsung aja yok, jadi saya ex-whv tahun kedua, alias working holiday visa. Sudah expired semenjak 2019. Terus kemarin ini tgl 19 Agustus 2023 saya baru saja apply visa turis lagi dengan kode 600, karena rencana mau menghadiri pernikahan bestie di Sydney akhir Oktober.

1. TEMPAT APPLY VISA
Buat visa langsung online aja di https://online.immi.gov.au/lusc/login (kalau belum pernah buat visa, buat akun dulu daftar). Ga perlu datang ke kedutaan atau imigrasi-imigrasian, ga perlu foto, semuanya online!

2. BIAYA VISA
Jadi karena serba online, bayarnya juga online pake kartu kredit, buat visa turis tipe 600 di harga 190AUD, ga pake pungli ye heheheh, eh tapi ada biaya admin sistem karena bayar pake kartu kredit 2.66 AUD. Jadi dicharge per orang 192.66AUD.

3. DOKUMEN
Dokumen semua sistem nya di scan (saya pake hp scanner), bisa juga d foto, masukin upload semua di website itu. Apa aja tu dokumennya? Yang wajib cuma 2 pertama, yang sisanya optional, tapi bisa dibilang wajib juga karena itu yang menentukan penilaian apakah kamu turis tulen apa turis abal-abal...

#passport
#ktp
#another national id (sim/kk/akte lahir/akte nikah)
#passpor lama dengan bukti cap cap visa (kalau ini saya scan dari halaman biodata dan cap cap visa sebelumnya, terus dijadiin 1 pdf)
#itinerary
#statement bank 3 bulan terakhir (karena saya apply agustus, means saya sediain bank statement mei-juni-juli)
#surat keterangan kerja (dari kantor)
#payslip 3 bulan terakhir (sama kaya bank statement, mei-juni-juli)

!!! Tiket pesawat ga perlu, dan pihak Aussie ga pernah menyarankan kamu untuk beli tiket duluan.

4. TAMBAHAN
Sisanya ya isi data-data aja, yang perlu disiapin:
- Kontak temen (nama, d.o.b, email, alamat) yang mau kamu kunjungi
Kebetulan temen saya yang mau nikah ini juga masih pake visa turis, tapi gpp saya masukin nama temen saya, dan saya tulis status visa temen saya itu "other" (ada pilihan resident, citizen, other, unknown) karena saya ga mau masukin nama calon nya temen saya walaupun dia udah citizen, soalnya kan emang ga kenal banget sama si calon itu.
- Kalau sudah pernah granted visa sebelumnya, kamu masukin visa grant number yang dulu.
- Kalau pernah ke reject sebelumnya, masukin alasan ke reject sebelumnya.

Udah si itu aja, tgl 19 Agustus 2023 malam hari sekitar jam 11 12 malam saya submit dan bayar, tanggal 21 Agustus 2023 ga nyangkaaaaaa banget granted visa saya, multiple 3 taon. Mungkin karena persyaratan dokumen lengkap ya, dan dulu udh pernah granted juga sebelumnya.

Cerita versi yang sudah pernah di reject
Nah disini saya mau cerita juga, saya sekaligus apply visa buat mama saya dan temen saya. Ini kita submitnya pake group kode, waktu submitnya bersamaan -eh beda beberapa menit la masing masing ya- , karena ga bisa langsung submit sekaligus, mesti satu per satu dan bayar satu per satu. Mama saya kondisi pernah di reject dulu visanya gara-gara salah isi data (next saya ceritain), temen saya kondisi belum pernah granted dan belum pernah reject visa aussie. Mereka visanya keluarnya lama banget.

Dr tanggal 19 apply, tgl 28 agustus 2023 visa mama ku akhirnya granted 3 taon juga multiple. Yeayyy Tuhan emang baik. Hehehe

Jadi gini loh ceritannya, dulu pada saat saya masih whv dan posisi di Australia, saya juga apply visa buat mama saya. Memang rencananya dulu ajak mama jalan-jalan. Saya tulis semuanya saya yang jaminkan. Tapi dibagian pekerjaan, saya isi kalau mama saya kerja, karena kan niatnya jujur ya, memang mama saya kerja santai, kerja jadi guide di Bali, freelance. Tapi ga ada surat rekomendasi kerja khusus, ga ada slip gaji dll. Waktu itu karena isinya kerja tapi ga ada data yang membuktikan kerja, jadinya alasan penolakan data not match. Sedih waktu itu...

Nah sekarang, saya isi datanya kl mama saya itu housewife. Dan sama juga, seluruh pengeluaran saya yang jamin, saya sertain bukti keuangan saya. Dan ketika ditanya dibagian apakah akan visit Australia lagi di kemudian hari, saya isi "ya" tapi tanggal tidak tahu, dan alasannya "karena belum pergi ke tempat lain, seperti Melbourne, Gold Coast, dan mungkin bakal visit friend di Perth, karena visit kali ini rencana hanya akan vidit Sydney". Dan eng ing eng, Puji Tuhan granted 3 taon multilple.

Dan temen saya satu lagi yang apply bareng dengan pakai group kode juga bareng saya dan mama saya, tgl 28 agustus 2023 juga granted 3 tahun multiple. Dia sama apply nya pakai surat rekomendasi kerja, dan bank statement, tapi nggak pakai slip gaji. Dan passpor dia lebih kosong daripada mama saya, dengan nyertain passpor lama yang capnya cuma ke Malaysia Singapore, dan umurnya juga baru 34 tahun.

Buat temen-temen yang mau baca juga pengalaman WHV saya, dari cara apply visa whv, living cost, sampai beli mobil dan balik nama di Working Holiday Visa Australia
Jadi bagaimana dengan pengalaman visa Australia temen-temen? Leave di kolom komentar ya!!! :)

No comments:

Post a Comment