Thursday 4 January 2018

Melbourne, Public Transportation

Sudah hampir 3 bulan berada di Australia, which is negeri kangguru, dan kali ini ga pake basa-basi saya mau jelasin mengenai transportasi umum yang ada di Melbourne.

Sistem transportasi umum di negara maju ga perlu diragukan lagi pasti cukup tertata dengan baik, dan di Melbourne, dimana merupakan kota tersibuk kedua di Australia setelah Sydney, punya 5 macam transportasi umum.
  • Taxi / Taksi
  • Uber / Taksi online
  • Train / Kereta (dibagi menjadi 2 macam, kereta metro alias kereta dalam kota, dan v/line alias kereta luar kota)
  • Bus / Bus kota
  • Tram / Trem
Untuk taksi dan taksi online ga saya jelasin lagi ya. Yang kali ini saya mau jelaskan adalah sistem pembayaran dari sistem transportasi kereta, bus dan trem, which is its too complicated alias ribet banget buat saya pada awalnya, dan setelah melewati berbagai macam browsing dan pengumpulan informasi, dan dipraktekkan dalam beberapa waktu, ternyata cukup mudah dipahami.
Metro Train
V/Line Train, source: https://www.premier.vic.gov.au/wp-content/uploads/2016/04/vline_header.jpg
Pertama saya mau jelasin dulu kalau kereta di Victoria dibagi 2 macam, ada kereta dalam kota alias metropolitan train, sama kereta luar kota atau regional train atau disebut v/line. Jadi Victoria itu adalah salah satu negara bagian Australia, dalam 1 negara bagian ada banyak kota, salah satunya melbourne. (semacam Jawa Barat kan ada Bogor, Bandung, dll). Jadi kereta luar kota punya tarif tersendiri (bergantung dari mana dan ke mana), sedangkan kereta dalam kota masuk kedalam sistem pembayaran metropolitan yang jadi satu sama bus dan trem.
Metropolitan Fare per Jan 2018.
Sistem pembayaran metropolitan di kota itu seperti sistem pebayaran terusan, dan dibagi menjadi 2 harga yakni harga zona 2 dan harga zona1+2. Zona 2 itu secara garis besar di area CBD, kaya di Jakarta tuh cuma daerah sudirman gitu, jadi kaya sistem three-in-one ada area-nya kan. (eh sekarang udah berubah jadi ganjil-genap ya). Zona 1 itu jakarta dan sekitarnya, kaya pluit, kelapa gading, sunter, cengkareng, kuningan dan lain-lain). Kalau bepergian dari dan ke zona 1,2 maka kamu akan dikenakan harga zona 1+2.

So kita ngomongin soal full fare ya, alias harga tiket penuh, karena yang concession itu diskon untuk pelajar atau orang pensiunan atau penyandang cacat. Seperti yang dilihat diatas, ada dua harga kan, 2 hour fare (atas) sama daily fare table (bawah). Ini yang bikin saya bingung. Jadi kalau kamu bepergian dari dan ke zona 1,2 maka kamu akan dikenakan biaya 4.30$. Dan itu berlaku selama 2 jam, jadi dalam 2 jam kamu bebas naik turun kereta atau bus atau trem berkali-kali.

Setelah lewat 2 jam itu, kalau kamu naik transportasi umum lagi, maka akan otomatis dikenakan biaya 8.60$, eitsss sabar dulu.... tadi kamu sudah bayar 4.30$ kan, jadi kamu cuma tinggal bayar 4.30$ lagi, otomatis kmu mendapat daily fare. Karena kamu sudah bayar daily fare, jadi kamu seharian bebas naik turun transportasi umum di kota tanpa harus bayar lagi.
sumber: http://2015.dancemassive.com.au/wp-content/uploads/2015/01/MYKI-Card-image-1160x650-1160x650.jpg
Pembayaran semuanya bisa pake uang cash, tapi biasa naik bus atau trem kalau pakai cash ya ga ada kembalian loh kalau kmu bayarnya ga siapin uang pas, dan ribet korek-korek uang di dompet ya gak sih? Jadi di sini kita biasa pake kartu Myki namanya. Myki adalah kartu pembayaran khusus untuk transportasi, seperti kartu E-Money mandiri atau Flazz bca, kartu kita ada saldonya.

Setiap kali naik dan turun kereta atau trem atau bus, sebaiknya selalu tap kartu myki kamu, cuma ya pada nyatanya di sini banyak juga yang pada ga peduli tap lagi pada saat turun, malah bahkan ga sedikit juga yang naik dan turun ga tap kartu sama sekali, jadi gratisan gitu. Tapi kalau pas ada inspeksi mendadak, ada polisi yang gak berseragam, kena denda loh, bisa nangis kalau kena denda di Australia, kalau ga salah sih mau 100-200$ loh!
Outside look of Melbourne's Tram
Inside look of Melbourne's Tram
Anyways, biar lebih jelasnya, yuk mari saya kasih contoh. Saldo Myki 10$.
Jam 09:00 naik bus, pada saat naik bus tap on myki kamu, langsung saldo kepotong 4.30$.
Jam 09:15 turun dari bus, tap off, trus nyambung naik kereta, pas masuk stasiun tap on myki kamu, dan saldo kamu ga akan kepotong lagi.
Jam 10:00 turun dari kereta, tap off, sisa saldo myki adalah 5.70$.
Jam 10:30 naik tram, tap on myki, saldo tetep ga akan kepotong lagi, karena masih dalam batas waktu 2 jam dari waktu pertama kali kamu tap on.
Jam 11:01 naik tram, maka saldo kepotong lagi 4.30$, dan otomatis myki kamu berlaku daily fare, jadi kamu bebas naik turun transpotasi umum dalam kota sampai jam 12 malam tanpa biaya tambahan lagi, ga peduli kamu mau tap on / off berapa kali pun.
Sisa Saldo Myki 1.40$.

Anyways, kalau kmu tinggal dan kerja di Melbourne, dan kamu harus naik transportasi umum setiap hari, disarankan beli tiket terusan yang namanya myki pass per 7 hari atau per 28hari+, jadi akan jauh lebih murah.
Kalau pake myki money (maksudnya adalah dipotong dari saldo kartu myki kamu) berarti sehari kamu harus bayar 8.60$ kan. Kalau kamu beli myki pass (jadi tetap pakai kartu myki yang sama cuma di kartu diprogram kalau kamu ada aktifkan myki pass, dan saldo myki money kamu akan tetap utuh), untuk 7 hari cukup bayar 43$, berarti sehari kan hanya kena 6.14$. Dan kalau kamu beli yang 28 hari atau lebih (jadi kamu boleh beli 28hari pass, 29hari pass, 30hari pass, 31hari pass, 56hari pass, dan seterusnya), sehari kamu cuma kena 5.18$, jauh lebih irit lagi toh.

But still it depends, apakah kamu perlu menggunakan transpotasi umum setiap hari atau nggak. Okayyy setelah panjang lebar ngejelasin, semoga semoga semoga bisa bermanfaat dan mencerahkan teman-teman semua yang sedang mau berkunjung ke Melbourne.

5 comments:

  1. Membantu sekali infonya,kr feb 2019 sy mau kesana,untuk kost2an ada anfo nya gak? Murah meriah klo bs

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuba deh comment di group WHV indonesia di facebook. Trus minta join group whats app nya whv melbourne. Nanti banyak kok yang bakal bantu nawarin kost-kostan. gut lak :)

      Delete
  2. Berarti zone 1+2 dan zone 2 ada bagian wilayah2 nya ya? Kalau mau liat wilayahnya apa aja dimana ya?
    Fungsi dari tap on tap off apa ya? Bukannya uang kita sudah kepotong pad tap on. Lalu knp harus tap off lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Melbourne memang ga perlu tap off, kalau di Sydney perlu, kalau nggak nanti kena mahal bayarnya. Zone 1 itu di CBD, kalau zone 2 diluar CBD. Ga ada patokan pasti sih... cuma patokan saya sih pakai free tram zone area, kl masih dalam free tram zone area berarti masih zone 1 alias CBD.

      Delete