Thursday 14 June 2018

Sensasi makan di Tana Toraja

Tana Toraja, dimana penduduknya mayoritas kristiani, sehingga makanannya juga banyakan mengandung pork alias b2 alias babi. Buat temen-temen yang lagi merencanakan perjalanan ke Tana Toraja, boleh mampir ke postingan saya sebelumnya di Tana Toraja Trip.

Tana Toraja itu kota kecil, jadi pilihan rumah makan dan restoran terbilang sedikit. Yang cukup terkenal dan menyajikan masakan khas warga lokal hanya ada 2, banyak warung pinggir jalan yang menyajikan makanan yang mirip, cuman yang terkenal ya cuma 2 ini. Langsung aja yuk...

1. Bakso Babi Almas
Lokasinya di Jalan Pongtiku, sebrangnya Hotel Puri Artha.
Tentu saya mesen menu andalannya dong, dan jus tamarillo yang cukup membuat saya penasaran, ternyata jus terong belanda toh, asem manis gitu lah. Seporsi bakso babi + jus buah, dengan total harga 28.000 rupiah, ga pake pajak-pajak.
Saya lebih suka bakso urat dibanding bakso halus, lebih bertekstur daging. Kuahnya manis, dan memang sekilas tampak seperti bakso biasa, tapi pas dimakan berasa asli bakso babi. Hehehe... Mesti di makan sebelum dingin, soalnya udara di Tana Toraja cukup dingin dan sejuk seperti di Lembang.



2. Warung Pong Buri
Lokasinya di Jalan Pembangungan, di pusat kota Rantepao, tepat di ujung jalan sebelum pertigaan.
Waktu saya kesana, itu pas jam makan siang, rame banget banyak warga lokal. Di sini kaya warteg lebih tepatnya. Tempatnya sederhana (namanya juga warung), saya sampe muter 2-3kali nyari-nyari, karena ga keliatan gitu, plang-nya kecil agak ketutupan genteng-nya yang menjorok kebawah, jadi agak nutupin tulisan merk-nya dia. Kalau mau ngerasain masakan khas Tana Toraja, disini tempatnya.
Left: Pa'piong Burak              Right: Pamarrasan
Menu favorit-nya "Pa'piong Burak", babi yang sudah dibumbuin terus dibungkus pakai daun pisang dan diungkep dalam bambu terus dibakar pakai bara api. Sama "Pamarrasan",(lagi-lagi non-halal food) sekilas seperti masakan babi kuah kecap, tapi ternyata kuah-nya kuah kluwek, mirip rawon gitu loh...
Paling enak dimakan panas-panas pakai nasi panas juga, sama sambel-nya yang nendang. Hehhe... Jadi kaya warteg pada umumnya, pesen dulu mau makan apa, nanti langsung disajikan di meja berikut nasi putih dan air putih. Cuman kadang kan lauk-nya sudah agak dingin, jadi kita bisa minta dipanasin lagi panas-panas sebelum disajikan, biar lebih enak. Dagingnya empuk, rasanya juga enakkk.

Mungkin buat kebanyakan orang bukan hal yang perlu dibesar-besarkan, namanya juga warteg kan, tapi menurut saya kebersihan-nya kurang banget, yaitu di perangkat makan-nya terutama di gelas. Soalnya yang tadinya saya kelaperan kan makannya napsu banget nih, terus pas minum airnya, berasa bau amis, oooo shittt, langsung deh napsu makan hilang.... Jadi kalau temen-temen yang agak sensitif, pas makan disini mending bawa air botol sendiri, atau beli air aqua aja yang botolan, biar ga menimpa kejadian serupa dengan saya. But overall, makanan-nya enak dan authentic banget. Hehehe... Saya ber-2 makan 2 nasi, 2 macam lauk, total 40.000 rupiah.

2 comments:

  1. wew post nya bikin laper, Tempat karaoke nyaman bikin having fun cuma di karaoke purwokerto

    ReplyDelete
  2. penasaran banget sama makanan khas toraja

    Elever Media Indonesia

    ReplyDelete