Friday 8 June 2018

Darwin Living Cost and Public Transportation for Working Holiday Visa

Ga terasa sudah 2 bulan teryata saya tinggal di Darwin, dimana sebelumnya sempet stay di Melbourne selama kurang lebih 4 bulan. Darwin letaknya di utara Australia, sedangkan Melbourne letaknya di selatan Australia. Walaupun sama-sama Australia, tapi ternyata suhu udara di Darwin beda jauh dengan di Melbourne. Di Melbourne ada 4 musim seperti negara barat pada umumnya, sedangkan di Darwin hanya mengenal Dry Season dan Wet Season, kaya di Indonesia lah ya, musim kemarau dan musim hujan.
Source: https://news.experienceoz.com.au/
Negara bagian utara Australia alias Northern Territory punya slogan Outback Australia, artinya pedalaman Australia. Darwin, well... bisa dibilang kota kecil tapi merupakan pusat kota dari negara bagian utara Australia. Penduduknya ga seperti di Sydney or Melbourne yang rameeee banget. Di sini masih banyak suku lokal Australia, disebutnya Suku Aborigin, kulitnya hitam, dan punya bahasa lokal sendiri. Buat jadi bayangan aja seberapa ramainya Darwin (sumber: http://www.population.net.au/), populasi di Darwin sekitar 44 orang / km persegi, sedangkan di Melboune itu sekitar 453 orang / km persegi. Jadi kebayang kan, hampir sepersepuluhnya.



1. Biaya Tempat Tinggal atau kost (100$ /week)
Paling murah bisa dapat kost 80$/week (ga sedikit juga yang nawarin harga segini), standar-nya 100$/week, satu kamar isinya 3-6 orang, tapi ada juga yang 2 orang. Kalau 120$/week biasanya udah lemayan, dan sekamar paling 2 orang. Sudah termasuk bill (listrik, air, gas, internet). Bisa bandingkan sama biaya hidup di Melbourne klik di sini.
120$ /week, 2pax per room, total 4 people in 1 house
2. Biaya Makan (35$ /week)
Well kalau di Melbourne saya sempet bilang 25$ /week, karena memang harga sayuran dan buah-buahan lebih murah di Melbourne. Di sini ga ada sayuran atau buah yang murah, ibarat di Melbourne pisang harganya 1,5$-2$ /kg, di Darwin pisang mau 3$-4$ /kg. Kalau barang-barang supermarket sih kurang lebih sama, paling khusus supermarket Coles agak lebih mahal dikit, harga-harga barang di supermarket Coles di Melbourne sama di Darwin beda kurang lebih 15-20cent.

3. Biaya Transportasi (20$ /week)
Di sini pilihan transportasi umum-nya hanya ada bus atau taksi. Kita ga bicara taksi lah ya. Kalau yang biasa tinggal di city besar, begitu kemari pasti mengeluh soal transportasi. Karena bus di sini jadwalnya 30menit sampai 1 jam sekali baru lewat, dan jadwal paling pagi biasanya jam 6 pagi, dan paling terakhir malam jam 11. Cuman kalau hari minggu dan hari besar, bus terakhir jam 7 malam. Selebihnya, ga ada lagi kendaraan umum selain taksi. Ribet kan.... So temen-temen pastikan deh jangan lupa cek dulu timetable-nya sebelum bepergian, nanti bisa pergi ga bisa pulang lagi. hehehe...
Bus Fares per 2018   |   Source: https://www.nt.gov.au/

Sistem pembayaran tiket bus nya langsung beli dan bayar sama sopir bus-nya.
- Sekali naik 3$ berlaku untuk 3 jam. Jadi selama 3 jam bisa naik turun bus sesuka hati. Yang penting tiketnya jangan hilang aja.
- Kalau saya biasanya beli tiket terusan yang 20$ untuk 10 trip, karena ga tiap hari juga naik bus kan. Jadi 10 trip itu ga hangus kalau ga dipakai, bisa dipakai sampai berbulan-bulan. 1 trip itu juga sama berlaku 3 jam.
- Kalau yang kerja-nya perlu naik bus tiap hari, paling bagus beli yang 20$ per minggu. Jadi selama seminggu bebas naik turun bus sepuasnya. Tapi kalau ga dipakai ya dalam seminggu hangus.

4. Biaya Telpon & Internet (30$ /28days or 7,5$ /week)
Kalau ini kayanya seluruh Aussie sama yah, secara kan providernya sama. Biasanya kita ambil yang 30$ udah termasuk internet 3 giga, dan juga free text dan call ke seluruh nomor lokal Australia. Ga heran kenapa orang Aussie jarang banget yang namanya pakai aplikasi chat seperti wechat, line, atau whatsapp. Karena nelp dan sms gratis toh.


Secara keseluruhan yah, di Darwin biaya hidupnya cukup rendah, secara sepi juga, ga ada godaan nongkrong di cafe lah, atau hangout-hangout lah, atau godaan culinary. Tapi salary-nya paling bagus rate nya, jarang ada yang cash, dan selalu mengikuti standar yang ditetapkan pemerintah. So paling bagus buat ngumpulin duit dan mendulang dollar. Hehhee... Kalau di Melbourne tuh hampir 70% menurut saya kerjaan-nya pasti cash in hand dengan bayaran 13-15$/jam, sedangkan di Darwin hampir 95% kerjaan-nya pasti on tax dengan bayaran 21-24$ /jam.

That's it, sekilas tentang living cost in Darwin, biaya hidup khususnya bagi para Working Holiday Visa dan Student. Cheers mate~

5 comments:

  1. Nice info, sangat bermanfaat, Tempat karaoke nyaman bikin have fun cuma di karaoke purwokerto

    ReplyDelete
  2. Itu dollar amerika atau australia kak?

    ReplyDelete
  3. Selama di Darwin sudah pernah ke Cullen bay kah ?

    ReplyDelete
  4. Kak apakah ada info terbaru biaya hidup di darwin untuk tahun 2023. Terimakasih

    ReplyDelete