Tuesday 6 November 2018

Jetstar, Australian Low Cost Airline Review

Yes, sesuai judulnya, Jetstar itu adalah penerbangan milik perusahaan Australia, dan seperti yang sudah temen-temen tau, kl jetstar itu juga merupakan penerbangan berbasis low cost alias hemat, jadi untuk bagasi dan makanan harus bayar biaya tambahan lagi. Jetstar merupakan anak perusahaan dari maskapai penerbangan Qantas, dan mulai beroperasi semenjak 2003.

Pertama kalinya naik Jetstar, karena saya terbang dari Darwin menuju Jakarta, dan karena ga ada pilihan lain, secara Dawin kota kecil gitu loh. Dulu ada Airasia, tapi semenjak beberapa tahun terakhir sudah ga ada lagi. Untuk yang ekonomis, ya mau ga mau lah naik Jetstar.

11oct2018 Darwin-Singapore-Jakarta 25kg luggage = 218$AUD

Langsung to the point ya, buat interior semuanya biasa aja dengan susunan bangku 3-3, dan pada saat landing dan take off juga biasa aja, ga alus-alus banget, ga kasar-kasar banget. Untuk perihal on-time, yah kemarin sih sempet delay 10-15menit, delay-nya pas boarding biasa. Puas sih puas aja lah, namanya juga penerbangan low cost kan. Kebetulan saya ga mesen meals jadi ga tau deh kualitas dan rasa makanannya. 

Untuk pramugari-nya, emmm kebanyakan pramugara deh. Mostly orang-orang asia, seragamnya simple, pakai kaos polo hitam dengan sedikit garis oranye di kerahnya, dengan bawahan celana panjang bahan hitam. Dengan tambahan jas nya, yang casual formal, wehh jas-nya kerennnn. Anyway, 2 kali terbang dan nemu-nya pramugara yang ganteng-ganteng dan full make up, you know lah, macam cowo metrosexual. 

Ga ada yang perlu di complain. Oh ya ada saran nih buat temen-temen. Kalau beli tiket jetstar, pastikan beli bagasi skalian saat membeli tiket pesawatnya, jangan beli tiket dulu, trus baru bagasi, soalnya harga bagasinya jadi mahal banget kalau beli-nya belakangan. 

Kemarin itu ada temen saya beli bagasi-nya belakangan, 30kg aja kena 125$aud (padahal tiket saya + bagasi 25kg cuma 218$aud). Tapi anehnya, harga bagasinya bisa berubah-berubah. Awal-awal saya cek 125$aud, trus 10menit kemudian saya cek lagi naik jadi 135$aud, trus sore-nya saya cek lagi turun lagi jadi 130$aud, besoknya saya cek lagi jadi 125$aud lagi. Jadi pastikan kebutuhan bagasi anda sebelum booking tiket, biar ga kena mahal.

1 comment: