Monday 2 April 2018

How Daylight Saving Time Affect The Flight

Di negara Australia khususnya bagian selatan seperti di negara bagian Victoria atau orang lebih paham kalau pakai sebutan nama kotanya, yaitu Melbourne, merupakan hal yang lazim mengenai daylight saving time. Selain Melbourne, Sydney also get daylight saving time. Dan beberapa negara bagian di US.

source of pic: http://www.business.vic.gov.au/
Apa itu daylight saving time? Susah juga jelasinnya, but i will try my best.
  • Jadi ketika musim panas tiba, ada beberapa negara atau kota yang terkena effect dari daylight saving, tanda umumnya adalah matahari akan muncul lebih awal dan tenggelam lebih lama, jadi langit akan tampak terang lebih lama. Sehingga pada saat musim panas tiba, daylight saving time akan berlaku, jadi jam-nya ditambah 1 jam lebih cepat.
  • Dibandingkan waktu musim dingin, dimana matahari agak lebih lambat muncul dan lebih cepat tenggelam, maka langit akan tampak gelap lebih lama. Sehingga pada saat musim dingin tiba, daylight saving tidak berlaku lagi, jadi jam-nya yang tadinya ditambah 1 jam, harus balik lagi ke awal yaitu dikurangi 1 jam.
  • Contohnya tanggal 1 October 2017 kemarin musim panas akan dimulai, daylight saving time dimulai jam 2am. Jadi pas tanggal 1 oktober 2017 kemarin, ketika waktu menunjukkan jam 2 subuh, maka jam harus dimajukan 1 jam, jadi seketika itu juga sudah jam 3 subuh.
  • Lalu pada saat tanggal 1 April 2018, musim dingin akan dimulai, daylight saving time selesai pada jam 3am. Jadi pada saat tanggal 1 April 2018 ini, ketika waktu menunjukkan jam 3 subuh, maka jam harus dimundurin kembali 1 jam, jadi seketika itu juga waktu balik lagi jam 2 subuh.

Nah, yang jadi pertanyaan, gimana kalau penerbangannya pas setelah masa daylight saving berlaku? Jawabannya don’t worry, ikutin aja jam yang berlaku saat itu. Karena perusahaan penerbangan sudah mengatur semua hal itu dari jauh-jauh hari, karena daylight saving time bukan terjadi mendadak, melainkan sudah di atur dari jauh jauh hari sebelumnya. (Mungkin 2-3 tahun sebelumnya).

Kebetulan saya mendapat pengalaman ini ketika saya berada di Melbourne, dan saya akan terbang ke Darwin tanggal 1 April 2018 jam 7am. Dan pada hari yang sama, daylight saving selesai jam 3am, jadi jam-nya harus dimundurin 1 jam. Jadi saya terbang jam 6 dong? Enggak, tetap jam 7, jadi intinya ikutin jam yang berlaku saat itu, ikutin jam hp aja, karena hp pasti adjust waktunya otomatis.

Jadi ketika waktu menunjukkan jam 3am, saya yang sebelumnya punya waktu 4 jam sebelum terbang jam 7am, sekarang saya punya waktu 5 jam sebelum terbang jam 7am, karena ketika jam menunjukkan jam 3am, waktu mundur 1 jam, yaitu balik lagi jam 2am, so masih ada 5 jam sebelum terbang jam 7am. Pahammm?? Wahahaha


Intinya maskapai penerbangan sudah tau benar akan hal ini, jadi ikutin waktu yang berlaku saat itu adalah hal yang paling benar. Tapi kalau masih ragu, why not just come earlier to avoid miss the flight. Paham sodarah-sodarah?

1 comment: